JagoHacks

Cara Memilih Macbook yang Tepat untuk Kebutuhan Anda

Demand untuk Macbook sangatlah tinggi hingga mencapai $11.5 miliar pada Q3 2022. Jika anda ingin membeli Macbook, pastikan anda membeli Macbook yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau masih ragu, silakan gunakan guide di bawah ini untuk mencari Macbook yang sempurna untuk anda.

1. Pilih Prosesor Sesuai Kebutuhan

Source: channelnews.com

Ketika anda masuk ke iBox dan pergi ke bagian Macbook-nya, pastikan anda memperhatikan processor Macbook yang diminati. Processor adalah “otak” dari Macbook yang akan memastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar.

Sejauh ini, ada dua tipe processor yang digunakan oleh Macbook – M1 dan M2. M1 mempunyai kombinasi CPU dan GPU dengan jumlah 8 dan 7. M2 juga mempunyai jumlah CPU dan GPU yang sama.

Yang membuat M2 berbeda adalah desain dan teknologinya, dimana M2 dirancang sedemikian rupa agar mereka bisa memberikan performa 18% lebih cepat daripada M1.

Source: jagatreview.com

Dengan berbagai optimasi, M2, bisa membuka berbagai software tanpa harus menghabiskan baterai yang banyak. Tapi jangan khawatir, meskipun M2 lebih cepat daripada M1, M1 masih bisa melakukan aktivitasnya dengan baik.

Jika anda bingung mau memilih yang mana, anda bisa review software yang digunakan. Apakah anda menggunakan software berat? Apakah anda menggunakan dua software atau lebih dalam waktu yang sama? Jika iya, anda bisa membeli Macbook yang menggunakan M2.

Jika anda hanya menggunakan laptop anda untuk aktivitas ringan, anda bisa mencari Macbook yang menggunakan M1 sebagai processornya.

Baca juga: Perbedaan Macbook Air dan Pro, Mana yang Lebih Cocok Buat Kamu?

2. Lebih Besar Storage-nya, Lebih Mahal Harganya

Source: howtogeek.com

Salah satu cara Apple menentukan harga mereka adalah jumlah memori yang tersedia di perangkat mereka. Semakin besar memorinya, semakin besar juga harganya.

Perbedaannya pun cukup besar. Contohnya, Macbook 128 GB dijual dengan harga 20 juta lebih, sedangkan Macbook 256 GB dijual dengan harga minimal 23 juta. Melihat perbedaan harga yang cukup signifikan ini, anda harus memikirkan dengan baik jumlah memori yang anda butuhkan.

Kalau anda tidak ingin mengeluarkan biaya ekstra untuk memori, anda bisa berlangganan iCloud untuk menyimpan file anda. Tapi, anda harus menghabiskan minimal Rp. 50,000 per bulannya untuk memori tambahannya.

3. Apakah Kamu Butuh Layar MacBook Terbaik?

Source: engadget.com

Salah satu poin plus dari Macbook adalah display atau layar mereka. Produk Apple terkenal dengan layar yang jernih, tajam, dan realistis sehingga warna yang mereka keluarkan mirip dengan warna yang ada di dunia nyata.

Bagi anda yang masih bingung cara memilih display yang benar, anda bisa menggunakan beberapa poin di bawah:

Resolusi

Jika anda menggunakan wallpaper, anda mungkin merasa ada momen dimana wallpaper-nya terlihat lebih detail ketika  menggunakan resolusi yang tinggi. Hal ini karena jumlah pixel yang digunakan. Semakin tinggi pixelnya, semakin banyak juga detail yang ditunjukan di layar.

Jumlah pixel juga menentukan cara anda menggunakan aplikasi. Jika Macbook anda mempunyai pixel lebih dari 1920, anda bisa membuka dua aplikasi dalam satu layar tanpa mengalami lag.

Kualitas Warna

Meskipun display Macbook bisa menghasilkan warna yang tajam, tidak semuanya mempunyai kemampuan untuk menghasilkan warna RGB dengan sempurna. Pastikan Macbook yang anda pilih bisa menghasilkan warna setidaknya 95% dari warna aslinya. Semakin besar persennya, semakin baik juga warna yang dihasilkan.

Brightness

Brightness atau cahaya dihasilkan oleh laptop anda juga menentukan warna yang diberikan. Semakin terang cahayanya, semakin tajam dan cerah pula warnanya. Tetapi, ada saatnya dimana warnanya terlalu terang untuk mata kita. Oleh sebab itu, Macbook anda harus bisa mengubah jumlah cahaya sesuai yang anda butuhkan.

Refresh Rate

Refresh rate sangatlah penting untuk performa laptop anda. Semakin tinggi refresh rate-nya, semakin responsif layar dan software anda. Jadi, jika anda punya dana untuk Macbook dengan refresh rate 120Hz, pastikan anda memilih Macbook tersebut.

Baca juga: 3 Rekomendasi Laptop Macbook Terbaik Untuk Pelajar dan Mahasiswa

4. Portability atau Performa?

Source: techuisite.com

Macbook juga dikenal dengan beratnya yang ringan, tetapi tidak semua Macbook mempunyai berat yang sama. Tentu saja, Macbook Pro lebih berat dibandingkan Macbook Air.

Macbook Pro mempunyai display 16 inci, setidaknya 2 inci lebih besar daripada Macbook Air. Selain displaynya, Macbook Pro juga lebih berat 0.50 kg dibandingkan Macbook Air.

Kalau anda harus membawa laptop anda kemana-mana, Macbook Air adalah laptop yang cocok karena mereka tipis dan ringan. Tapi jika anda ingin performa yang maksimal dan bisa membuka software yang berat, Macbook Pro-lah jawabannya.

5. Pilih Harga Yang Sesuai

Dengan processor yang cepat, display yang luar biasa, dan memori yang besar, tidak aneh apabila Macbook menjadi laptop favorit banyak orang sekarang. Hal ini membuat Macbook sebagai perangkat yang worth it untuk dibeli.

Untungnya, sekarang ada banyak cara anda bisa membeli Macbook dengan harga yang terjangkau. Di Jagofon, anda bisa membeli Macbook mulai dari 6 juta saja. Cukup jauh dengan harga di iBox yang bisa mencapai dua digit, membuat Jagofon sebagai alternatif yang cocok untuk Macbook dengan harga yang murah.

Anda tidak usah khawatir dengan kualitasnya. Meskipun harganya murah, bukan berarti kualitasnya murahan! Semua perangkat di Jagofon termasuk Macbook selalu melalui proses screening untuk memastikan bahwa perangkatnya bekerja dengan baik.

Jadi, anda akan mendapatkan Macbook dengan harga murah dan bekerja dengan bagus. Macbook-nya pun dirawat dengan baik sehingga mereka terlihat brand-new.

Baca juga: 5 Alasan Macbook Air Sangat Cocok Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Segera Miliki Macbook impianmu

Source: shutterstock.com

Dari guide ini, anda bisa memutuskan Macbook mana yang cocok dengan kebutuhan anda. Jika Macbook yang anda inginkan melebihi budget anda, jangan khawatir karena anda bisa mendapatkannya dengan harga yang miring di Jagofon. Tunggu apa lagi? Ayo, cari Macbook yang anda inginkan di Jagofon sekarang!