Comparison

Perbedaan Macbook Air dan Pro, Mana yang Lebih Cocok Buat Kamu?

Setiap tahun, laptop keluaran Apple yakni, Macbook, sukses dijual dalam jumlah jutaan. Di Q3 2022 sendiri, ada sekitar 5.8 juta Macbook yang berhasil dikirim ke berbagai penjuru dunia (Statista).

Banyak jenis Macbook yang dijual, tetapi Macbook Air and Pro selalu sukses mengambil perhatian sebagai yang paling diminati. Apa sih, perbedaan dari Macbook Air dan Pro? Simak artikel berikut ini untuk lebih tahu perbedaannya!

Perbedaan Macbook Dari Design

Source: Newyork Times

Kamu akan merasakan perbedaan dari berat Macbook Pro dan Air. Macbook Air dikenal sangat ringan dan tipis, sedangkan Pro yang didesain dengan kipas di dalam mesinnya selalu akan lebih berat dari Macbook Air.

Perbedaan kedua yang cukup signifikan adalah layarnya. Macbook Air yang terbaru (2022) mempunyai layar sebesar 13,6 inci, sedangkan Macbook Pro hanya berukuran 13,3 inci. Dari segi desain juga, Air memiliki banyak kemajuan dibanding Pro yang masih memakai model lama.

Perbedaan Macbook Dari Layar

Source: 9to5mac.com

Keunikan dari Macbook Air versi 2022 adalah Liquid Retina yang ada di layarnya. Liquid Retina ini lah yang membuat warna di layar terlihat tajam, tegas, dan cerah. Meskipun layar Macbook Air cukup canggih, mereka tidak bisa mengalahkan Liquid Retina XDR yang ada di layar Macbook Pro.

Macbook Pro juga mempunyai fitur lain yang tidak dimiliki oleh Macbook Air, seperti 10,000 nits dan juga ProMotion. Jumlah nits tersebut melebihi standar jumlah nits untuk display yang baik, sedangkan ProMotion membuat layar Macbook Pro lebih responsif daripada Macbook Air.

Baca juga:

3 Macbook Terbaik untuk Pelajar

Perbedaan Macbook Dari Spesifikasi

Dulu, Macbook Air dan Pro dirilis menggunakan chip M1. M1 adalah chip yang cukup revolusioner pada masanya karena M1 adalah upaya dari Apple melakukan integrasi dari berbagai chip yang dipakai sebelumnya.

M1 juga bisa melakukan processing lebih cepat, setidaknya sampai 3.9x dan 7.1x lebih cepat untuk video dan image processing. Processing yang cepat ini dikarenakan oleh 8 GPU yang ada di M1.

Source: yangcanggih.com

Namun, sekarang, Macbook Air dan Pro sudah menggunakan chip M2. Jika M1 bisa processing dengan cepat, maka M2 bisa melakukannya dengan lebih cepat lagi. M2 mempunyai CPU yang 18% lebih cepat, GPU yang memberikan performa 35% lebih baik, dan juga Neural Engine yang 40% lebih cepat dibandingkan kakaknya.

Ketahanan baterai di antara dua Macbook ini pun juga berbeda. Macbook Air bisa bertahan selama 14 jam, sedangkan Macbook Pro bisa bertahan sampai 21 jam. Perbedaan yang cukup signifikan, namun dua laptop ini memberikan performa baterai 40% lebih baik daripada Intel.

Seperti yang dilihat di atas, ada banyak perbedaan di antara Macbook Pro dan Air. jika mereka ada persamaan, persamaan tersebut adalah Touch ID mereka. Dengan Touch ID, kamu tidak perlu menggunakan passcode untuk membuka kunci Macbook kamu.

Perbedaan Macbook Pro dan Air dari Port dan Ekspansi

Source: bukalapak.com

Perbedaan yang paling mencolok dan bisa langsung dilihat dari kedua laptop ini adalah port dan ekspansi mereka. Macbook Air hanya memiliki dua USB / Thunderbolt, dimana salah satunya digunakan untuk charging. Hal ini memberikan kesan yang bersih dan minimalist, tapi bagi beberapa orang hal ini cukup merepotkan karena mereka butuh USB port yang lebih banyak lagi.

Kalau kamu adalah mereka yang butuh lebih dari dua USB port, kamu bisa menggunakan Macbook Pro. Macbook Pro mempunyai tiga Thunderbolt port (Type C), HDMI, dan juga slot untuk SD card kamu.

Baca juga:

5 Alasan Macbook Air Cocok bagi Pelajar

Yang Mana Yang Lebih Cocok?

M1 dan M2 mempunyai perbedaan dalam segi fitur, sehingga kamu tidak akan langsung sadar akan perbedaannya. Tapi, jika kamu benar-benar peduli dengan fitur Macbook, maka  kamu harus memilih mana yang lebih cocok untuk kamu.

Jika kamu ingin menggunakan Macbook untuk kegiatan sehari-hari, maka Macbook Air cocok untuk kamu. Macbook Air mempunyai performa yang baik dan juga storage yang cukup untuk banyak file. Meskipun tidak secanggih Macbook Pro, harganya yang tidak mahal membuat laptop ini cocok untuk semua orang.

Kalau kamu adalah power user yang menggunakan Macbook untuk pekerjaan dan hal berat lainnya, maka kamu bisa menggunakan Macbook Pro. Jumlah portnya banyak dan layarnya yang responsif cocok digunakan untuk multitasking, dan RAM-nya yang besar cocok bagi mereka yang harus mengunduh software berat seperti Adobe atau Unreal.

Source: IDN Times

Tentu saja, tidak ada Macbook yang tidak pricey. Bagi kamu yang ingin mendapatkan Macbook dengan harga yang murah, kamu bisa membelinya di Jagofon. Seperti biasa, Jagofon melakukan pengecekan di tiap produknya sebelum sampai ke tanganmu. Dipastikan berkualitas dan aman, eits, malah ada beberapa Macbook yang baru juga loh di Jagofon!