JagoHacks

August 11, 2023

4 Masalah iPhone yang Paling Sering Dialami

iPhone adalah salah satu brand handphone yang paling diminati masyarakat sekarang. Hal ini karena Apple dikenal dengan produk yang berkualitas dan juga customer service-nya yang cukup memuaskan walau harganya cukup pricey.

Sayangnya, barang yang mahal bukan berarti barangnya akan selalu berfungsi dengan baik. Akan ada saatnya ketika barang tersebut mengalami error atau malfungsi lainnya pada iPhone. Kalau kamu mau tahu 4 masalah iPhone yang paling sering dialami, yuk baca artikel di bawah ini!

1. iPhone mendadak panas dan mati

Kalau iPhone kamu adalah iPhone lama seperti iPhone 6, iPhone 7, atau 7 Plus, handphone kamu mungkin akan panas atau mati mendadak. Hal ini terjadi bukan tanpa sebab. Berikut adalah alasan kenapa iPhone kamu mendadak panas dan mati:

Masalah iOS

Source: 9to5Mac

Ketika iPhone merilis iOS baru, mereka selalu menyertakan upgrade baru dan juga perbaikan dari bug yang dialami oleh iOS sebelumnya.

Sayangnya, tidak semua iPhone mendukung iOS terbaru. Semakin lama iPhonenya, semakin besar kemungkinan iPhone tersebut tidak mendukung iOS terbaru. Jadi jangan kaget apabila Apple mengumumkan apabila iOS mereka tidak support beberapa iPhone lama mereka.

Selain iPhone versi lama, ada kemungkinan bahwa internet kamu sedang eror sehingga update iOS-nya di interupsi.

Aksesoris bermasalah

Source: iPhoneHacker

Aksesoris original iPhone memang mahal, tetapi mereka tidak akan memberikan masalah ke iPhone kamu. Beda dengan aksesoris palsu atau brand lain. Mungkin aksesoris brand lain bisa digunakan untuk iPhone-mu, tetapi mereka tidak akan efektif seperti aksesoris keluaran Apple.

Sama halnya dengan aksesoris brand lain, aksesoris palsu juga tidak akan efektif dan mungkin akan membuat handphone kamu rusak. Biasanya, handphone kamu bisa menjadi panas kalau kamu menggunakan aksesoris palsu.

Jailbreak

Source: iDownloadBlog

Jailbreak, sesuai dengan namanya, adalah trik yang dilakukan oleh pengguna iPhone untuk menghilangkan limitasi yang diberikan oleh Apple. Kamu bisa mendapatkan semua akses handphonemu, sehingga kamu bisa melakukan berbagai hal seperti mengunduh software bajakan atau tidak resmi tanpa menggunakan Apple Store.

Penghilangan batasan ini tentu saja bisa memberikan beberapa masalah, dan salah satu masalah tersebut adalah handphone kamu yang bisa mendadak panas atau mati begitu saja.

Selain hal di atas, ada juga hal-hal lain yang bisa membuat handphone cepat panas seperti sering menjatuhkan handphone kamu, handphone sering terbentur, dan lain-lain. Kalau handphone kamu sering mengalami kejadian yang disebutkan, semakin besar kemungkinan iPhone kamu bisa cepat panas dan mati mendadak.


Baca juga: 5 Fitur iPhone ini Dapat Membantu Produktivitas


2. Data Seluler iPhone Tidak Berfungsi

Source: Apple

Apakah kamu sering kehilangan sinyal? Jika iya, ada kemungkinan bahwa handphonemu sering mati mendadak karena data seluler yang kamu gunakan tidak berfungsi. Hal ini akan terjadi jika kamu tinggal di daerah susah sinyal.

Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah pindah lokasi ke daerah yang ada sinyalnya. Kamu bisa mencoba untuk pindah ke daerah yang dekat jalan besar karena sinyal biasanya kencang di jalan besar. Atau, kamu bisa menyalakan mode pesawat lalu mematikannya untuk refresh sinyal iPhone kamu.

3. iPhone tidak dapat terhubung ke WiFi

Source: OtakAtik

Kalau kamu punya iPhone XR, kamu mungkin sering mengalami isu dimana WiFi tidak tersambung ke handphone kamu. Hal ini akan sering terjadi jika ada isu di iOS atau hardware iPhone yang kamu pakai.

Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan hal di bawah ini:

Periksa iOS dan router

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memperbarui iPhone kamu ke iOS terbaru. Tentu saja, kamu harus memastikan bahwa iPhone XR-nya mendukung iOS terbaru.

Kalau isunya masih terjadi setelah kamu update iOS, kamu bisa cek router kamu. Kamu bisa menghubungi penyedia router dan meminta agar mereka “refresh” jaringan WiFi yang digunakan.

Atur ulang jaringan

Kalau kamu cukup mahir, kamu bisa mencoba untuk mengatur atur ulang jaringannya. Untuk mengatur ulang jaringan, kamu bisa mengikuti langkah ini:

  1. Buka “Settings/Pengaturan.”
  2. Cari dan buka “General/Pengaturan.”
  3. Pilih “Atur Ulang” dan cari “Atur Ulang Pengaturan Jaringan.”
  4. Bagi kamu yang mau mengembalikan pengaturan jaringan ke pengaturan awal handphone, kamu bisa memilih “Atur Ulang Semua Pengaturan.”

“Lupakan” WiFi yang dipakai

Trik lain yang bisa kamu gunakan adalah “melupakan” wifi yang kamu pakai:

  1. Pergi ke “Pengaturan” dan “Wi-Fi.”
  2. Cari Wi-Fi yang digunakan laku ketuk tanda “i” di bagian kanan nama Wi-Fi.
  3. Pilih “Lupakan jaringan ini.”
  4. Kembali ke tempat sebelumnya lalu koneksikan ulang Wi-Fi yang sudah dilupakan tadi.

Baca juga: Perbandingan iPhone 14 Pro Max dengan iPhone 12 Pro Max


4.  Layar sering Freeze Mendadak

Source: Macpoin

Kalau iPhone kamu lemot atau menggunakan iPhone XR, ada kemungkinan kalau layar handphone yang kamu gunakan sering freeze mendadak. Hal ini cukup merepotkan mengingat bahwa layar yang frozen bisa mengganggu aktivitas kita seperti saat kita sedang bekerja menggunakan handphone kita.

Jika hal ini terjadi ke handphonemu, kamu bisa mencoba beberapa trik.

Pertama, kamu bisa force restart handphone kamu dengan menekan tombol volume up/down dan side button secara bersamaan. Ketika kamu melakukan force restart, kamu bisa reset handphone kamu sehingga handphonenya kembali ke setting awal.

Setelah handphone kamu sudah di forced restart, kamu bisa menginstall ulang iOS yang digunakan. Install ulang bisa dilakukan, namun langkahnya cukup kompleks:

  1. Sambungkan iPhone ke komputer, lalu nyalakan iTunes
  2. Forced restart iPhonenya dan jangan lepas tombolnya ketika logo Apple muncul.
  3. Tekan tombol sampai mode recovery muncul (logo iTunes dan lightning connector).
  4. Kembali ke iTunes dan lihat apakah mode Restore/Update muncul di iTunes.
  5. Jika iya, pilih “Update” agar iTunes instal ulang iOS di iPhonenya.
  6. Jika langkah ke lima gagal, klik “Restore” agar iTunes bisa instal ulang semuanya. Mungkin kamu akan disuruh untuk restore backup juga.

Generasi iPhone 12 Keatas Sangat Baik

Source: EndGadget

Apabila iPhone kamu tetap gampang panas dan mati mendadak setelah kamu memperbaikinya, sudah saatnya kamu ganti handphone ke iPhone yang lebih baru seperti iPhone 12 ke atas. iPhone dengan model dan iOS terbaru tidak akan sering malfungsi karena mereka mendukung update yang diberikan oleh Apple.

Kalau kamu ragu untuk membeli iPhone 12 atau iPhone 13 karena harganya mahal, kamu bisa membeli iPhone second di Jagofon. Tidak usah khawatir, karena semua barang di Jagofon sudah lolos tes teknik. Jadi, semua barang yang dijual di sana pasti berfungsi dengan baik.

Kalau kamu mau yang lebih murah, kamu bisa mengikuti program tukar tambah Jagofon. Ketika kamu menukarkan handphone kamu di Jagofon, kamu bisa menukarnya dengan handphone yang kamu mau dengan harga yang sangat lebih murah. Ayo, pilih handphone yang kamu mau di Jagofon dan tukar dengan handphone kamu sekarang juga!

Share on: