Comparison

Perbandingan iPhone 14 Pro Max dengan iPhone 12 Pro Max

Sebagai produk unggulan terbaru dari Apple, iPhone 14 Pro Max menjanjikan teknologi dan fitur menarik dibandingkan pendahulunya yang rilis dua tahun sebelumnya yakni, iPhone 12 Pro Max.

Dari segi kamera yang mengalami kemajuan pesat hingga fitur Dynamic Island yang unik, kira-kira apalagi ya perbedaan yang terasa antara iPhone 14 Pro Max dan iPhone 12 Pro Max? Yuk kita ulas!

1. Desain dan Tampilan

Apple masih memakai desain yang sama dari iPhone 12 Pro Max ke iPhone 14 Pro Max. Hanya saja, iPhone 14 Pro Max sedikit lebih kecil dan ringan.

Ukuran kedua layar HP sama-sama 6,7 inci dengan OLED display. Notch kini hilang digantikan oleh Dynamic Island, fitur notifikasi interaktif yang memberikan penyegaran baru bagi iPhone 14 Pro Max.

Source: phonearena.com

Perbedaan lainnya, iPhone 12 Pro Max tidak memiliki refresh rate 120Hz ProMotion yang membuat scrolling tidak akan semulus iPhone 14 Pro Max. Fitur layar Always On, yang tersemat sejak lama di HP Android, juga absen karena refresh rate iPhone 12 Pro Max tidak menjangkau 1 Hz seperti iPhone 14 Pro Max.

Selain hal di atas, fitur-fitur kedua HP ini sebenarnya masih sama. Keduanya hadir dengan warna Silver, Gold, Space Black atau Graphite, serta tambahan baru pada iPhone 14 Pro Max yakni Deep Purple.

Source: tomsguide.com

Keduanya masih dilengkapi port lightning USB-C  khas iPhone tanpa audio jack 3,5mm, dan keduanya memiliki modul kamera belakang berjumlah tiga buah. Saat kamu membelinya, kedua HP ini akan sama-sama memberikan kabel USB saja.

Baca juga: iPhone 14 Pro Max VS iPhone 13 Pro Max – Peningkatan Yang Signifikan?

2. Kinerja dan Software

Source: uzone.id

iPhone 14 Pro Max dilengkapi dengan chipset A16 Bionic, prosesor terbaru dan tercepat di industri saat ini. Tidak hanya cepat, A16 Bionic juga lebih efisien dari segi penggunaan baterai daripada A14 Bionic yang tersemat di iPhone 12 Pro Max.

Dari tes benchmarks, iPhone 14 Pro Max unggul 17% dari segi single-core CPU, 30% untuk multi-core dan 36% untuk GPU. Ini menunjukkan iPhone 14 Pro Max sangat mulus saat dipakai gaming dan kegiatan multitask lainnya. Walau sesungguhnya, kinerja iPhone 12 Pro Max masih sangat cukup untuk sehari-hari.

Source: dewa.gg

Kedua HP ini sudah dilengkapi dengan iOS 16, bedanya iPhone 14 Pro Max dilengkapi fitur car crash detection dan SOS via satelit yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan darurat saat tidak ada sinyal sama sekali.

Kedua prosesor dan software kedua HP ini masih layak dipakai hingga lima atau enam tahun ke depan, namun perlu diingat bahwa iPhone 12 Pro Max mungkin sudah cukup tua pada waktu itu.

Baca juga: Perbedaan iPhone 12 Pro Max dengan iPhone 13 Pro Max

3. Kamera

Source: phonearena.com

Terdapat tiga modul kamera atau kamera boba di bagian belakang kedua HP ini. Perbedaannya, iPhone 14 Pro Max punya sensor kamera yang lebih besar dengan kemajuan pesat yakni resolusi kamera 48MP.

Berikut perbedaan sensor dari kedua HP:

  • Wide camera: iPhone 14 Pro Max 48MP | iPhone 12 Pro Max 12MP
  • Ultra-wide camera: Sama-sama 12MP
  • Telephoto: iPhone 14 Pro Max 3.5x zoom | iPhone 12 Pro Max 2x zoom

Hasil iPhone 14 Pro Max

Kondisi terang (source: tomsguide)
Portrait (source: tomsguide.com)
Ultra-wide (source: tomsguide.com)

Hasil Kamera iPhone 12 Pro Max

Kondisi terang (source: tomsguide.com)
Portrait (source: tomsguide.com)
Ultrawide (source: tomsguide.com)

Secara garis besar, hasil kamera kedua HP ini sama-sama tajam dan menghasilkan warna yang nyata, namun iPhone 14 Pro Max memiliki hasil yang lebih akurat dan detail. Namun, apakah kamu benar-benar perlu hasil setajam itu? Semua kembali ke selera masing-masing.

Tidak hanya hasil yang detail, iPhone 14 Pro Max yang pasti sudah dilengkapi dengan Cinematic Mode, fitur auto focus di video yang berkualitas, Action Mode yang berfungsi seperti gimbal, dan Photographic Style untuk mengatur filter secara manual sebelum merekam atau mengambil gambar.

4. Daya Baterai

Salah satu keunggulan iPhone 14 Pro Max yang mencolok dari iPhone sebelumnya yakni daya baterai yang punya kemajuan pesat. Jika iPhone 12 Pro Max hanya memiliki 3687 mAh, iPhone 14 Pro Max sudah mencapai 4323 mAh.

Berikut perbedaan dari kedua baterai HP:

Source: phonearena.com

5. Kesimpulan

Perbedaan iPhone 14 Pro Max vs iPhone 12 Pro Max:

  • Adanya Dynamic Island pada iPhone 14 Pro Max, iPhone 12 Pro Max masih dengan desain lama dan memiliki notch pada layarnya
  • Prosesor yang cepat dan tahan lama pada iPhone 14 Pro Max yakni A16 Bionic
  • Resolusi 48MP pada kamera iPhone 14 Pro Max, serta beberapa fitur baru seperti cinematic mode, photographic style dan action mode
  • Fitur SOS pada iPhone 14 Pro Max yang memberikan keamanan pada penggunanya
Source: phonearena.com

Jika kamu menginginkan HP terbaru dan teranyar untuk saat ini, iPhone 14 Pro Max sudah merupakan pilihan tepat. Dari segi baterai, kamera, prosesor hingga fitur Dynamic Island bisa menjadi pertimbanganmu untuk upgrade ke iPhone 14 Pro Max.

Namun sesungguhnya, iPhone 12 Pro Max masih sangat worth it untuk dipakai bahkan sampai lima tahun ke depan. Pun jika kamu tetap ingin upgrade namun terhalang budget, series iPhone 13 bisa menjadi alternatif yang sempurna.

Baca juga: iPhone 13: Pembaruan dari Apple yang Sempurna

iPhone 14 Pro Max & iPhone 12 Pro Max Terjangkau di Jagofon

Dari perbandingan di atas, semoga kamu dapat memilih dengan bijak HP mana yang akan kamu purchase. Untuk dapatkan iPhone 14 Pro Max ataupun iPhone 12 Pro Max dengan harga terjangkau namun berkualitas tinggi, kamu bisa cek di Jagofon!

Jagofon adalah spesialis gadget second di Indonesia yang memberikan kenyamanan serta keamanan untuk kamu belanja gadget terkini dengan harga terjangkau dan teruji layak pakai.

iPhone 14 Pro Max atau iPhone 12 Pro Max yang tersedia di Jagofon sudah teruji dan juga bergaransi. Jika ada pertanyaan, kamu bisa langsung menghubungi CS Jagofon agar lebih jelas dan tenang. Yuk, checkout HP impianmu sekarang di Jagofon!