JagoHacks

September 19, 2022

5 Kekurangan iPhone Dibanding Android

Di skala internasional, iPhone menjadi HP yang paling banyak dipakai saat ini. Namun kenyataannya, masih banyak pengguna HP di Indonesia yang setia dengan HP Android. Hal ini membuktikan bahwa iPhone masih punya kekurangan yang belum bisa diterima oleh pasar Indonesia.

Kalau kemarin kita sempat membahas kelebihan iPhone dibanding Android, nah sekarang kita akan bahas kekurangannya. Jadi, jika kamu berminat untuk pindah dari Android ke iPhone, kamu bisa cari tahu dulu kekurangan iPhone agar semakin paham dan yakin dengan keputusanmu. Ketahuilah 5 kekurangan iPhone dibandingkan dengan HP Android di pasaran!

1. Harganya yang Jauh Lebih Mahal

iPhone memang dikhususkan untuk segmen menengah ke atas. Bahkan di Indonesia, memakai iPhone bisa menjadi simbol status sosial dimana penggunanya merasakan prestise dan kebanggaan tersendiri saat memakainya.

Sebenarnya, harga tinggi yang ditawarkan iPhone sepadan dengan kualitasnya karena iPhone merupakan HP flagship yang punya kualitas setara dengan HP premiumnya Samsung. Material dan performa iPhone dibuat dengan kualitas yang tidak hanya mewah, namun juga tangguh dan awet tahan lama.

Inovasi dan teknologi yang diusung iPhone juga selalu menjadi trend dan diikuti oleh brand HP lain. Selain itu, dampak dari inovasinya dapat langsung dirasakan oleh penggunanya. Jika kamu mau punya iPhone namun berat di budget, kamu bisa membeli di Jagofon dengan harga yang lebih terjangkau!

2. Desain dan Spesifikasi Kurang Inovatif

Terkenal dengan inovasinya, terkadang iPhone bisa ketinggalan zaman juga. Ketika HP Samsung sudah meninggalkan layar berponi dari tahun 2018, iPhone 13 yang baru dirilis tahun 2021 lalu masih memiliki layar berponi walaupun kecil. Disaat Samsung sudah memakai desain flip di Samsung Z Flip, nyatanya desain iPhone masih itu-itu saja.

Pembaruan yang dibuat iPhone dari waktu ke waktu juga terkesan stagnan, sedikit-sedikit alias nanggung, bahkan iPhone 14 masih memakai chipset yang sama dengan iPhone 13. Hal inilah yang menimbulkan pro dan kontra karena di setiap generasinya, iPhone jarang melakukan pembaruan yang signifikan.

Baca juga: 5 Kelebihan iPhone dibandingkan Android

3. Tidak Bisa Memakai Kartu Memori

iPhone dibuat dengan memori internal yang sebenarnya beragam, semakin besar memorinya semakin tinggi pula harganya. Jika membeli iPhone dengan memori yang kecil, maka akan sulit untuk menyimpan banyak dokumen. Pilihannya, antara pengguna harus rela menghapus beberapa dokumen atau mentransfernya secara berkala ke drive lain seperti komputer.

Kalau kamu terbiasa dengan HP Android yang punya slot memori eksternal, tentu ini akan menjadi pertimbangan yang sulit. Sebenarnya ada alternatif lain jika pengguna tidak mau repot, yakni pengguna iPhone bisa memakai iCloud dengan memori yang lebih besar untuk menyimpan dokumen. Hal ini memang praktis namun menambah biaya lagi karena pengguna harus berlangganan iCloud tiap bulannya.

4. Kapasitas Baterai Terlalu Kecil

Daya baterai iPhone di tiap generasi jarang berubah, bahkan upgrade-nya pun tidak terlalu signifikan. Contohnya, iPhone terbaru yang diklaim memiliki daya tahan baterai terkuat saja, masih kalah besar dibandingkan HP Android yang rata-rata sudah memiliki kapasitas baterai 5000mAh.

Sampai sekarang, belum ada daya baterai iPhone yang melebihi atau menyamai HP Android. Soal fast-charging pun iPhone hanya mampu di kisaran 23W saja, berbeda dengan HP Android yang kebanyakan sudah dibekali fitur fast-charging 67W.

Baca juga: 5 Tanda Kamu Harus Segera Ganti HP

5. Varian HP Android yang Jauh Lebih Banyak

Android merupakan sistem operasi terbuka dimana semua brand bisa mengembangkannya. Maka dari itu HP Android punya banyak pilihan dan harga. Misalkan, jika kamu menginginkan HP dengan kamera bagus dengan harga yang lebih terjangkau, Vivo dan Oppo dapat memenuhinya. Atau kamu mencari HP yang cocok untuk gaming, silakan cek Xiaomi yang terkenal dengan kinerjanya yang tangguh.

Android memiliki berbagai pilihan HP dengan desain dan kapasitas yang beragam, tidak seperti iPhone yang hanya memakai desain dan tipe yang itu-itu aja. Soal harga pun, Android menawarkan range yang lebih luas. Kamu bisa mendapatkan HP Android dari yang sangat terjangkau sampai ke harga yang cukup tinggi.

Haruskah Ganti ke iPhone?

Semuanya tergantung kebutuhan kamu. Jika sudah merasa bosan dengan Android, memakai iPhone pun tidak akan masalah. Banyak orang yang akhirnya nyaman dengan iPhone karena sistem iOS dirasa lebih praktis, tangguh dan lebih bisa mendukung produktivitas sehari-hari.

Jika kamu ingin membeli iPhone dengan harga yang terjangkau kamu bisa mencarinya di Jagofon. iPhone bekas dari Jagofon sudah dites di 90+ titik fungsi HP, lulus uji kelayakan dengan kualitas yang terjamin dan setara dengan iPhone baru. Dan yang pasti, harganya lebih murah!

Jagofon sebagai marketplace #1 di Indonesia spesialis HP second berkualitas, terjangkau dan ramah lingkungan menjawab kebutuhan kamu akan HP berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Selain itu, memakai HP bekas berarti kamu telah membantu lingkungan dalam mengurangi sampah elektronik lho. Yuk checkout HP impianmu sekarang di Jagofon!

Share on: