Product

February 2, 2024

5 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23

Dalam event Samsung Unpacked di Bulan Februari 2023, Samsung memperkenalkan ponsel flagship nya, yakni Samsung Galaxy S23. Berbarengan dengan peluncuran Samsung Galaxy S23, Samsung juga meluncurkan Samsung Galaxy S23 Plus dan Samsung Galaxy S23 Ultra.

Samsung Galaxy S23 merupakan kelas terendah dari jajaran Seri S23. Meskipun demikian, ponsel ini memiliki daya jualnya sendiri. Bentuknya yang paling mungil membuat ponsel ini nyaman digenggam menggunakan satu tangan. Walaupun mungil, performa yang disuguhkan tidak semungil bentuknya.

Performa yang ditawarkan Samsung Galaxy S23 memang mumpuni, namun disamping itu ada saja kekurangan yang sedikit mengganjal.

Nah, untuk Jagoans yang penasaran akan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23, yuk kita simak ulasan berikut.

Baca juga: Jajaran Samsung Galaxy S23: Kamera Epik, Performa Ciamik!

Kelebihan Samsung Galaxy S23

Samsung Galaxy S23 sudah pasti memiliki peningkatan dari pendahulunya, Samsung Galaxy S22. Namun ada beberapa sektor yang dipertahankan juga. Penasaran? yuk langsung saja kita bahas 5 kelebihan Samsung Galaxy S23.

Kamera 50 MP

Image Source: GSMArena

Samsung Galaxy S23 memiliki 3 kamera belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan lensa f/1.8 berukuran 24mm (wide) dan memiliki sensor Samsung S5KGN3 yang berukuran 1/1.56 inchi yang menghasilkan pixel sebesar 1.0µm. Kamera ponsel ini juga didukung fitur Dual Pixel PDAF dan OIS.

Selanjutnya, Samsung Galaxy S23 memiliki kamera telephoto beresolusi 10 MP dengan bukaan lensa f/2.4 berukuran 70mm dengan sensor Samsung S5KGN3 berukuran 1/3.94 inchi yang menghasilkan pixel 1.0µm. Sensor ini didukung fitur PDAF, OIS, dan mampu melakukan 3x optical zoom.

Kemudian ada kamera ultrawide dengan resolusi 12 MP dengan bukaan lensa f/2.2 berukuran 13mm dan memiliki field of view sampai dengan 120˚. Kamera ini menggunakan sensor Sony IMX564 berukuran 1/2.55 inchi yang menghasilkan pixel 1.4µm dan dilengkapi fitur Super Steady video.

Sementara itu, kamera selfie Samsung Galaxy S23 memiliki resolusi 12 MP dan memiliki bukaan f/2.2 berukuran 26mm (wide) serta memiliki fitur Dual Pixel dan PDAF.

Berikut contoh hasil jepretan kamera Samsung Galaxy S23.

Hasil Kamera Utama - Image Source: 91mobiles.com
Hasil Kamera 3x optical zoom - Image Source: 91mobiles.com
Hasil Kamera dengan fitur Night Mode - Image Source: 91mobiles.com

Desain Premium ala Samsung

Image Source: Samsung

Desain Samsung Galaxy S23 mengedepankan tampilan yang simple tanpa ada embel-embel corak seperti seri sebelumnya. Ponsel ini memiliki dimensi 146,3 x 70,9 x 7,6 mm dengan berat 168 gram. Dinilai dari dimensinya, ponsel ini bisa dengan nyaman kamu genggam menggunakan satu tangan.

Samsung Galaxy S23 memiliki material Corning Gorilla Glass Victus 2 untuk layar dan cover belakangnya. Sementara itu untuk frame nya ponsel ini menggunakan armor aluminium. Selain menggunakan material premium, ponsel ini juga dilengkapi sertifikat IP68 yang tahan debu dan cipratan air. Ponsel ini juga bisa bertahan dalam keadaan terendam air sampai dengan 1,5 meter selama 30 menit.

Desain ponsel yang cantik sekaligus tangguh ini memiliki 3 varian warna yang menarik, yakni Lavender, Cream, Phantom Black, dan Green.

Baterai Lebih Bertenaga

Image Source: GSMArena

Samsung Galaxy S23 dibekali daya baterai 3900 mAh. Walaupun daya baterainya tergolong kecil dari kebanyakan ponsel yang sudah menanamkan daya baterai 5000 mAh, endurance baterai Samsung Galaxy S23 tergolong tahan lama, mengalahkan seri sebelumnya, Samsung Galaxy S22.

Menurut pengetesan daya tahan baterai yang dilakukan oleh GSMArena, ponsel ini meraih skor 101 jam endurance rating. Samsung Galaxy S23 mampu melakukan panggilan selama 30 jam 52 menit, sementara itu ponsel ini mampu bertahan selama 17 jam 5 menit untuk menonton video offline, dan mampu bertahan selama 16 jam 20 menit untuk berselancar di dunia maya.

Performa Tertangguh

Image Source: GSMArena

Samsung menyematkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) khusus untuk Samsung Galaxy S23. Kenapa bisa berbeda dengan Snapdragon 8 Gen 2 yang disematkan di ponsel yang lain? Perbedaan nya adalah terletak pada clockspeed nya yang lebih kencang.

Chipset ini sendiri memiliki prosesor Octa-core yang terdiri dari 1 core Cortex X3 (3,36 GHz), 2 core Cortex-A715 (2,8 GHz), 2 core Cortex-A710 (2,8 GHz), dan 3 core Cortex-A510 (2,0 GHz). Kemudian di dalam chipset ini terdapat GPU tangguh Adreno 740 (719 MHz).

Sementara itu untuk RAM, Samsung Galaxy S23 memiliki RAM LPDDR5X 8 GB dan memiliki 2 pilihan memori intrernal, yaitu 256 GB atau 512 GB sudah menggunakan teknologi UFS 4.0 yang dijamin memiliki kecepatan yang baik.

Kaya Akan Fitur

Image Source: Samsung

Tampilan layar Samsung Galaxy S23 dipercantik dengan interface One UI 5.1. Sedangkan untuk OS nya menggunakan Android 13. One UI 5.1 sendiri memiliki beberapa fitur yang menarik. Salah satunya adalah fitur menyalin teks yang ada di gambar dan bisa menempelkannya di sebuah catatan.

Di sektor kamera, kamu bisa menikmati mode RAW Expert yang memungkinkan kamu menjepret gambar mentah tanpa ada pemrosesan untuk menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. Kemudian ada fitur Photo Remaster yang memungkinkan kamu bisa mengubah gambar beresolusi rendah menjadi tinggi.

Untuk keadaan darurat, kamu bisa memanfaatkan fitur SOS. Adapun cara mengaktifkannya, yaitu dengan memencet tombol power sebanyak 5 kali berturut-turut sampai dapat melakukan panggilan darurat.

Baca juga: 5 Rekomendasi Smartphone Terbaik Tahun 2023 Versi Jagofon

Kekurangan Samsung S23

Nah, setelah diberi tsunami fakta bahwa Samsung Galaxy S23 memiliki performa yang mumpuni, sekarang saatnya membeberkan kekurangannya. Yuk kita simak kekurangan Samsung Galaxy S23 berikut.

Tidak Ada Slot Memori Eksternal

Image Source: GSMArena

Salah satu hal yang disayangkan dari Samsung Galaxy S23 adalah absennya slot external untuk menambah memori. Hal ini sebenarnya termasuk penting untuk menunjang kamu yang membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Apalagi jika kamu beli Samsung Galaxy S23 yang versi 128 GB. Pasalnya versi 128 GB hanya menggunakan UFS 3.1 di storage nya, sementara versi 256 GB dan 512 TB menggunakan UFS 4.0.

Rawan Mengalami Throttle

Image Source: GSMArena

Efek samping dari performa chipset yang dioverclock adalah tidak stabilnya performa ponsel saat dimainkan untuk bermain game atau membuka aplikasi yang memerlukan kerja keras sebuah pemrosesan grafis.

Hal ini dibuktikan dengan tes yang dilakukan oleh GSMArena yang mendapatkan temuan yang mengecewakan. Saat melakukan kestabilan performa CPU, ponsel ini mengalami penurunan setelah 15 menit dari 68% ke 70%. Sementara itu untuk pengetesan GPU, hanya dalam 6 menit, performa langsung turun berada di 60%.

Absen Charger dan Pengisian 25W

Image Source: GSMArena

Atas dasar sustainability untuk lingkungan, Samsung tidak lagi memasukkan adaptor charger dan earphone ke dalam satu paket pembelian ponselnya. Jika kamu ingin mendapatkannya, kamu harus membeli adaptor charger secara terpisah.

Hal ini memang sangat disayangkan karena sifatnya yang tidak praktis dan akan menambah cost kamu untuk membeli charger yang support dengan ponsel yang baru kamu beli.

Cek Samsung Galaxy S23 di Jagofon!

Samsung Galaxy S23 masih sangat bisa kamu jadikan sebagai daily driver. Selain serinya masih tergolong baru, ponsel flagship ini juga mempunyai performa yang masih sangat mumpuni. Buat kamu yang sudah ngebet ingin beli Samsung Galaxy S23, yuk langsung saja cek katalog Jagofon ya.

Jagofon merupakan marketplace spesialis gadget/HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja gadget/HP bekas. Semua gadget/HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP/gadget dengan kualitas terbaik.

Beli HP/gadget bekas di Jagofon seperti beli HP/gadget baru, karena HP/gadget punya jaminan garansi mesin 1-6 bulan. Cukup checkout HP/gadget impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!

Share on: