Lifestyle

5 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Untuk Anda

Dengan perkembangan teknologi yang sangat dinamis dan cepat, smartphone yang dahulu merupakan barang mewah, telah beralih fungsi menjadi kebutuhan primer untuk menjalani aktivitas sehari-hari di zaman sekarang.

Hal ini dikarenakan semua aktivitas kita telah shifting, dari yang tadinya offline, sekarang semua bisa terlaksana dan terkoneksi secara online menggunakan internet.

Bahkan, menurut data yang dikutip dari Newzoo, pada tahun 2022, China menjadi negara dengan jumlah pengguna ponsel pintar (smartphone) terbanyak di dunia. Jumlah pengguna smartphone di China mencapai 910,14 juta orang. India berada di urutan kedua dengan jumlah pengguna smartphone sebanyak 647,53 juta orang, diikuti oleh Amerika Serikat dengan 249,29 juta pengguna smartphone. Indonesia menempati urutan keempat dalam daftar tersebut, dengan catatan terdapat 192,15 juta pengguna smartphone di negara ini sepanjang tahun tersebut.

Smartphone diibaratkan seperti life support, dimana smartphone + internet = life.

Yuk simak kelebihan-kelebihan yang bisa didapatkan dari smartphone!

Sebagai Alat Komunikasi


Kemajuan teknologi komunikasi telah membawa perubahan besar dalam cara kita berinteraksi dengan orang lain. Dulu, untuk berkomunikasi dengan seseorang yang jauh, kita terbatas pada surat, telepon, atau bertemu langsung secara fisik. Namun, dengan kemunculan aplikasi chat dan media sosial di smartphone, segalanya menjadi lebih mudah.

Sekarang, kita bisa saling berinteraksi dengan mudah dan cepat, tanpa terpengaruh oleh jarak fisik. Melalui aplikasi chat, kita dapat mengirim pesan teks, foto, video, atau bahkan panggilan suara dan video. Semua ini dapat dilakukan dengan bantuan koneksi internet.

Aplikasi chat memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara real-time dengan teman, keluarga, atau bahkan orang asing di berbagai belahan dunia. Kita bisa berbagi cerita, berdiskusi, atau melakukan obrolan ringan lainnya. Tidak ada lagi batasan geografis yang menghalangi kita untuk berinteraksi dengan orang-orang yang kita cintai ataupun memiliki minat yang sama.

Namun, penting bagi kita untuk menggunakan teknologi ini dengan bijak dan seimbang agar tidak mengorbankan interaksi manusia yang sebenarnya.

Baca juga: Merk Smartphone Apakah yang Paling Peduli Atas Lingkungan? Ini Jawabannya!

Sumber Mencari Informasi

Hadirnya internet dan smartphone memudahkan kita untuk mencari dan menggali informasi tentang apapun, mulai dari cara berkebun, memasak, fotografi, berjualan, dan lain sebagainya.

Dengan smartphone, kita seperti mempunyai perpustakaan yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja, yang tentunya memudahkan aktivitas atau pekerjaan kita sehari-hari.

Terhubung oleh Dunia

Ingat soal sahabat pena? Istilah sahabat pena dulu kerap digunakan untuk seorang teman jauh yang saling berkirim surat untuk berkomunikasi. Di era sekarang, kita bisa mencari teman dengan mudah tanpa harus mengirim dan membalas surat.

Kita bisa langsung terhubung dengan teman-teman maupun kerabat, baik di dalam maupun luar negeri, melalui e-mail, sosial media, aplikasi chat, dan layanan konferensi video seperti aplikasi zoom, dicord, dan google meet.

Menambah Kreativitas dan Produktivitas

Fitur-fitur yang tersedia dalam smartphone sangat membantu dalam meningkatkan kreativitas dan produktivitas pengguna, selain smartphone praktis dan mudah dibawa, penggunaannya juga dibilang cukup mudah.

Misalnya, pengguna tidak perlu lagi untuk membuka laptop untuk meg-edit dokumen word, cukup mengunduh aplikasi dari smartphone, pekerjaan dapat dengan mudah di-edit dan bisa langsung di kirim melalui e-mail.

Contoh profesi lain yang sedang banyak diminati dan banyak menggunakan fitur smartphone adalah content creator. Dengan fitur kamera yang mumpuni, aplikasi editing sederhana, dan publikasi melalui sosial media menjadikan smartphone alat tempur yang wajib dimiliki para content creator.

Walaupun banyak keuntungan dan kemudahan yang kita dapatkan dari penggunaan smartphone, kita juga harus selalu aware dengan kekurangannya juga ya Jagoans!

Mulai dari penipuan online, pencurian identitas, penyalahgunaan data privasi, sampai dapat mengganggu kesehatan.

Yuk kita lihat beberapa kekurangan yang harus diwaspadai dalam menggunakan smartphone!

Baca juga: 5 Fitur iPhone ini Dapat Membantu Produktivitas

Penyebaran Berita Negatif atau Hoax

Kecepatan peredaran informasi menjadi salah satu keuntungan dan juga kekurangan dari penggunaan smartphone. Hal tersebut disebabkan karena kemudahan dalam memberi dan mengakses informasi.

Tanpa adanya validitas, berita bohong dan hoax pun dapat dengan mudah tersebar. Oleh karena itu, sebagai pengguna smartphone kita harus lebih berhati-hati dan waspada terhadap informasi yang tidak memiliki sumber yang jelas.  

Rawan Penipuan Online

Kekurangan smartphone lainnya adalah rawan terjadi penipuan online. Penggunaan data anonim dan kemudahan penggunaan internet banking untuk berinteraksi dan bertransaksi menjadi salah satu alasan terjadinya penipuan online.

Modus penipuan online pun beragam, mulai dari menyamar sebagai pihak berwajib, mengirim link atau aplikasi tidak dikenal yang dapat meretas data pribadi, pemerasan, maupun penipuan undian berhadiah. Untuk itu, Jagoans harus selalu teliti dalam berinteraksi maupun bertransaksi.

Pencurian Data Pribadi

Kejahatan siber juga menjadi salah satu kekurangan smartphone, contohnya adalah pencurian data pribadi. Pencurian data pribadi ini merupakan ancaman serius karena informasi pribadi yang dikumpulkan oleh para penjahat siber dapat digunakan untuk berbagai tujuan jahat.

Salah satunya adalah melakukan penipuan, di mana mereka dapat menggunakan data yang mereka curi untuk meretas akun bank, kartu kredit, atau layanan finansial lainnya.

Dengan akses terhadap informasi tersebut, para penjahat siber dapat dengan mudah mencuri uang atau mengambil alih identitas korban.

Biasanya para pencuri ini akan menggunakan data kamu untuk melakukan penipuan, masuk ke akun pribadi kamu dan berpura-pura menjadi kamu, dan kejahatan lain yang bisa mencoreng nama baik dan reputasi kamu. Jadi, jangan pernah membagikan data pribadi kamu kepada orang lain ataupun  oversharing di sosial media ya.

Penting bagi setiap individu untuk memahami dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi informasi pribadi dan menjaga reputasi kita dalam dunia digital yang semakin kompleks ini.

Menggangu Kesehatan

Kekurangan smartphone yang terakhir yaitu dapat mengganggu kesehatan. Hal ini disebabkan oleh radiasi dan gelombang elektromagnetik dari smartphone. Menurut beberapa penelitian epidemiologi, penggunaan smartphone yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala, rasa lelah, kesulitan berkonsentrasi, gangguan tidur, gangguan pendengaran, serta berbagai masalah kesehatan lainnya.

Meskipun dampak kesehatan yang terkait dengan penggunaan smartphone masih diperdebatkan dan penelitian lebih lanjut diperlukan, sangat penting untuk menyadari dan mengelola penggunaan smartphone secara bijaksana.

Beberapa langkah yang dapat diambil untuk menjaga kesehatan adalah mengurangi waktu penggunaan smartphone, menggunakan headset atau earphone dengan volume yang moderat, dan menghindari penggunaan smartphone sebelum tidur. Selain itu, menjaga jarak antara smartphone dan tubuh ketika tidak digunakan, seperti saat tidur, juga dapat membantu mengurangi paparan radiasi.

Dapatkan Smartphone Terbaik dan Terjangkau

Gimana nih Jagoans? Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari smartphone, udah memutuskan mau beli smartphone yang mana?

Untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau, kamu bisa langsung cek websitenya Jagofon!

Jagofon sendiri adalah marketplace pertama di Indonesia yang merupakan spesialis gadget second berkualitas, menawarkan harga terjangkau, dan juga mempunyai tujuan untuk mengurangi limbah elektronik di Indonesia.

Jagoans nggak perlu khawatir soal kualitasnya karena di Jagofon, kami selalu melakukan quality test dan memberikan garansi untuk produk gadget kami.

Yuk cek Jagofon sekarang!