Product

January 11, 2024

5 Kelebihan dan Kekurangan Macbook Air M2 15 Inch

Source : Tekno Kompas

Untuk kamu para penggemar produk Apple, pasti tidak asing lagi dengan tambahan nama "Air" di belakang berbagai produk Apple. Penamaan "Air" di belakang produk Apple biasanya menandakan produk besutan Apple tersebut memiliki fitur yang canggih namun dengan budget yang lebih friendly dari produk Apple yang lebih advanced atau versi Pro. Contoh dari produk Apple-nya yaitu iPad Air dan MacBook Air.

Kali ini, kita akan membahas tentang MacBook Air M2 15 inch yang menjadi primadona di tahun 2023. Dilansir dari kompas.com Apple merupakan satu-satunya vendir yang mengalami pertumbuhan pada kuartal II-2023, atau mencapai angka 5,3 juta unit.

Dikenal dengan performanya yang lebih baik karena prosesor M2 nya dan menawarkan harga yang lebih terjangkau, MacBook Air M2 15 inch banyak diincar banyak orang. Nah, untuk Jagoans yang penasaran dengan MacBook Air M2 15 inch ini, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Yuk langsung simak artkel berikut!

Baca juga: Review Macbook Air M1 2020: Ringan, Kuat, dan Tahan Lama

Kelebihan MacBook Air M2 15 inch

Simak kelebihan dari MacBook Air M2 15 inch yang telah Jagofon rangkum dari berbagai sumber!

Layar 15 Inch yang Memukau

Source : Kontan Lifestyle

Daya tarik pertama dari MacBook Air M2 15 inch ini adalah layarnya yang sudah menggunakan teknologi Liquid Retina Display yang dapat menampilkan ketajaman warna dan tempilan yang memukau. Memiliki ukuran layar 15,3 inci pada resolusi 2.880 x 1.864 piksel, MacBook satu ini juga punya tingkat kerapatan 224 ppi dan mampu mencapai kecerahan 500 nit.

Meskipun memiliki layar yang memukau, hal yang mungkin agak sedikit mengganggu adalah bezel dari layarnya yang masih berukuran 5 mm, walaupun tidak setipis bezel di MacBook Pro. Selain itu, hal yang cukup disayangkan adalah adanya desain notch di bagian tengah layar untuk menampung webcam beresolusi 1080p yang mengurangi desain estetiknya. Namun, secara keseluruhan layar dari MacBook Air M2 15 inch ini akan sangat nyaman ketika digunakan.

Chip M2 yang Tangguh

Source : Tekno Kompas

Hal lain yang menjadi fitur unggulan dari MacBook Air M2 15 inch ini tentu saja terletak pada chip M2 nya sebagai otak dari MacBook ini. Chip M2 diklaim Apple dapat membuat MacBook memiliki performa yang lebih baik, cepat, dan dikemas dengan empat core Avalanche dan empat core efisiensi Blizzard. Varian dasar dari MacBook ini menggunakan RAM 8 GB (unified memory) dan storage SSD 256 GB.

Di samping itu, Chip Apple M2 ini juga dilengkapi  GPU 10-inti dan Neural Engine yang sanggup mencapai kecepatan hingga 15,8 TOPs (trillion operations per second). Apple juga mengeklaim bahwa performa dari MacBook Air M2 15 inch ini memiliki performa yang lebih cepat 12x lipat dibandingkan MacBook Air terbaik yang menggunakan Intel prosesor.

Kualitas Audio dan Trackpad Meningkat

Source : Carisinyal.com

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh MacBook Air M2 15 inch adalah kualitas audio dan trackpad-nya yang sudah di upgrade oleh Apple. Pasalnya, MacBook Air M2 15 inch dilengkapi dengan empat stereo speaker dengan dua tweeter untuk bass yang lebih dalam serta menggabungkan dua pasang force-cancelling woofer.

Selain itu, MacBook Air ini juga telah didukung teknologi audio spasial dan teknologi Dolby Atmos, yang dapat menghasilkan suara yang setara dengan MacBook Pro. Sistem speaker ini juga didesain secara tersembunyi di antara sela-sela hinge, sehingga memantulkan suara dari display menuju wajah pengguna.

Untuk kamu yang lebih senang menggunakan Trackpad dibandingkan dengan mouse, kamu tidak perlu khawatir Jagoans. Pasalnya, Trackpadnya juga sudah ditingkatkan menjadi lebih lebar, sehingga kamu akan sangat nyaman untuk melakukan drag and drop, ataupun scroilling saat menggunakan MacBook Air M2 15 inch.

Desain Ergonomis

Source : Hiraoka

Setelah berbicara tentang performa dan fitur, rasanya tidak lengkap jika tidak membicarakan desain dari MacBook Air M2 15 inch ini. Dari sisi desain, Apple memang tidak pernah gagal untuk memberikan desain yang elegan dan berkesan mewah. Hadir dengan beberapa warna yaitu Silver, Starlight, Space Gray, dan Midnight yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna.

Walaupun masih mengusung desain dengan menggunakan notch sebagai penampung webcam pada layar, MacBook Air M2 15 inch ini memiliki desain  yang ramping dan mudah dibawa kemana-mana. MacBook Air ini memiliki dimensi panjang 34,04 cm, lebar 23,76 cm, ketebalan 1,15 cm, dan berat 1,51 kilogram.

Baterai Bertenaga

Source : VCGamers

Selain performa dan desainnya yang bisa diacungi jempol, baterai dari MacBook Air M2 15 inch ini tidak kalah mumpuni. Apple bahkan mengkalaim bahwa MacBook ini mampu bertahan hingga 18 jam pemutaran video dan 15 jam browsing. Sedangkan untuk MacBook Air M2 yang berukuran 13 inch, baterainya dapat bertahan 14 jam 6 menit dengan pengujian yang sama.

Selain itu, MacBook Air 15 M2 punya penanganan termal yang cukup baik. Isu hrottling atau overheating juga tidak ditemukan dalam MacBook Air M2 15 inch. Dilansir dari carisinyal.com, penggunaan MacBook Air M2 15 inch untuk streaming video Full HD selama 15 menit, suhunya hanya mencapai 83 derajat Fahrenheit, sangat baik untuk MacBook Air yang  fanless.

Baca juga: Perbedaan MacBook Air M1 dan M2, Layak Upgrade?

Kekurangan MacBook Air M2 15 inch

Setelah lihat kelebihannya, berikut Jagofon rangkum kekurangan MacBook Air M2 15 inch sebagai referensi kamu!

Minimnya Port

Source : Carisinyal.com

Salah satu kekurangan yang sangat disayangkan pada MacBook Air M2 15 inch ini adalah portnya yang sedikit. MacBook ini hanya dilengkapi Port Thunderbolt berjumlah 4/USB 4 dan jack audio, dimana salah satu portnya digunakan untuk pengisian daya atau charging. Port yang sedikit ini merupakan salah satu strategi Apple untuk mempertahankan desainnya yang ramping, namun menjadi tidak efisien karena Jagoans harus membeli port eksternal tambahan.

Refresh Rate Tidak Tinggi

Source : Carisinyal.com

Kekurangan selanjutnya pada MacBook Air M2 15 inch ini yaitu refresh rate-nya yang hanya mencapai 60 Hz. Hal ini berbeda dengan MacBook Pro yang telah mendukung fitur ProMotion 120 Hz. Padahal,  refresh rate yang tinggi dapat menghasilkan tampilan layar dan performa yang lebih mulus dalam menjalankan aplikasi, serta dapat mengurangi efek motion blur dalam bermain game.

Rawan Overheating

Source : Tech Wiser

Ketidakhadiran sistem kipas untuk membuat desain MacBook Air yang ramping dan tipis, membuat MacBook Air M2 15 inch ini mudah sekali mengalami overheat atau cepat panas. Perangkat ini masih menggunakan metode pendinginan pasif melalui bantalan termal untuk menghilangkan panas namun tidak memiliki ventilasi dan pembuangan.

MacBook Air M2 15 inch masih dapat digunakan untuk melakukan tugas yang berhubungan dengan grafis. Namin, jika digunakan dalam jangka waktu lama atau ketika melakukan banyak tugas lainnya, chip dapat mengalami pelambatan termal yang akan membatasi kinerja chip pada puncaknya yang dapat mengakibatkan masalah pemanasan berlebih yang dapat merusak chip dan perangkat.

Notch Besar Tanpa Face ID

Source : PCMag

Desain notch yang sudah jarang ada, kembali dihadirkan pada desain MacBook Air M2 15 inch. Notch ini berfungsi untuk menampung kamera atau webcam yang telah beresolusi 1080p untuk mendukung video meeting. Namun, sayangnya notch ini malah terkesan mengganggu, dan malah tidak bisa dijadikan sarana log in melalui fitur Face ID. Namun Apple masih menyediakan Touch ID di sela-sela keyboard, yakni sensor pemindai sidik jari tanpa harus memasukkan kata sandi.

Storage Tidak Bisa Upgrade

Source : Carisinyal.com

Kekurangan yang satu ini memang sudah terkenal di kalangan produk Apple, dimana produk-produk Apple tidak memungkinkan untuk melakukan upgrade RAM dan SSD jika perangkat sudah dibeli dan dibawa pulang. Oleh karena itu, pastikan Jagoans memilih storage yang sesuai dengan kebutuhan sebelum membeli MacBook Air M2 15 inch.

Baca juga: Spesifikasi dan Line Up Macbook Air 2023

Cek MacBook Air Impianmu di Jagofon!

Nah, gimana Jagoans? setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, sudah memutuskan untuk membeli MacBook Air M2 15 inch? Daripada bingung mau beli dimana, yuk check out di Jagofon aja!  Dijamin, semua produk yang ditawarkan Jagofon 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished lho!

Jagofon merupakan marketplace spesialis gadget/HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja gadget/HP bekas. Semua gadget/HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP/gadget dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP/gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Cukup checkout HP/gadget impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa! Tunggu apalagi? Yuk segera dapatkan gadget impianmu hanya di Jagofon!

Share on: