Product

5 Kelebihan Membeli iPhone 11 Di Tahun 2023

Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, iPhone 11 adalah iPhone yang paling digemari di Indonesia, bahkan melebihi iPhone 12. Tidak aneh mengingat bagaimana harganya sangat murah dibandingkan iPhone baru. Harganya yang affordable membuat iPhone 11 cocok untuk pengguna baru iPhone atau mereka yang mau upgrade iPhone lama mereka ke model yang lebih baru.

Kalau kamu adalah salah satu orang yang mau beli iPhone 11, yuk baca dulu kelebihan iPhone 11 apa!

Kelebihan iPhone 11

Source: Apple

Berikut adalah kelebihan iPhone 11 yang wajib kamu ketahui:

1. Masih Bisa Upgrade iOS

Secara ideal, iPhone paling cocok digunakan selama 6 tahun. Hal ini karena Apple selalu memberikan update iOS maksimal 6 tahun setelah iPhone-nya dirilis.

Contohnya, iPhone yang kamu beli dirilis pada tahun 2020. iPhone tersebut akan mendapat update iOS terbaru sampai tahun 2026. Setelah tahun 2026, update iOS-nya akan berhenti.

Karena iPhone 11 dirilis pada tahun 2019, maka ia akan dapat life support iOS sampai tahun 2025. Jadi, kalau kamu menggunakan iPhone 11 sekarang, masih ada 2 tahun lagi sampai HP kamu berhenti dapat upgrade iOS.

2. Desain Modern

Kelebihan iPhone 11 yang lain adalah desainnya. iPhone terkenal dengan desainnya yang halus, simpel, minimalis, tapi juga terkesan mewah. Hal ini tentu saja juga diterapkan di iPhone 11. Meskipun ujungnya tidak flat-edge seperti iPhone model baru, iPhone 11 masih terlihat keren dan modern.

Ukuran iPhone 11 sangatlah pas di tangan. Apapun tipe iPhone 11 yang kamu beli, mulai dari iPhone 11 SE sampai iPhone 11 Pro, semuanya pasti pas ketika mereka digenggam oleh tangan. Hal ini sangatlah unik, mengingat bagaimana berbagai tipe iPhone 11 punya ukuran yang berbeda, tapi entah kenapa semuanya bisa terasa pas di genggaman.

Selain ukuran, iPhone 11 juga punya banyak variasi warna. Mulai dari warna umum seperti Hitam atau warna paling langka seperti HIjau, kamu bisa dapatkan berbagai warna di iPhone 11.

Setiap tipe iPhone 11 juga punya warna yang “beda” juga. Kalau kamu mau warna yang muted, kamu bisa coba iPhone 11. Kalau kamu mau warna yang lebih sparkly dan mewah, kamu bisa menggunakan iPhone 11 Pro. Jadi, ada berbagai warna dan berbagai tipe warna di setiap series iPhone 11 yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu

3. Chipset Tangguh

Yang membuat series HP buatan Apple ini unik adalah chipset mereka. Chipset iPhone adalah chipset buatan Apple, dan mereka selalu membuat chipset baru yang melebihi kapasitas chipset sebelumnya.

Tentu saja, iPhone 11 juga punya chipset yang lebih tangguh dibandingkan “kakaknya.” iPhone 11 menggunakan  A13 Bionic. Secara teori, A13 Bionic lebih superior ketimbang A12 Bionic. Skor AnTuTu mereka adalah 631k VS 528K, dan nilai clock speed untuk CPU adalah 2650 MHz VS 2490 MHz.

Untungnya, performa performa A13 Bionic sesuai dengan skornya. A13 Bionic sudah terbukti memberikan daya baterai yang lebih hemat dan efisien. Performa CPU-nya juga sama yaitu lebih kuat, cepat, dan efisien dibandingkan A12 Bionic.

Bagaimana dengan performa gaming-nya? Jangan ditanya lagi, A13 Bionic bisa memberikan pengalaman gaming yang lebih mulus dan tidak laggy. Secara keseluruhan, A13 Bionic memberikan performa 31% lebih baik daripada A13 Bionic.

4. Kamera Mumpuni

iPhone 11 datang dengan kamera belakang dengan 12 MP dan Ultra Wide. Dan tentu saja, sesuai dengan reputasi kamera iPhone, hasil jepretan yang dihasilkan iPhone 11 dijamin akan terang, tajam, dan warna yang mirip dengan warna aslinya.

Tapi, highlight dari kamera iPhone 11 adalah fitur True Depth. Fitur True Depth di iPhone 11 sudah dimodifikasi sehingga lebih canggih dan cepat untuk mendeteksi sensor Face ID. Dan dengan True Depth, kita bisa mengambil slofies – selfie video yang slow motion. Hal ini karena True Depth bisa mengambil rekaman slow motion dengan kualitas 120 fps. Jadi, meskipun semuanya dilakukan dengan kamera depan, hasilnya akan tetap jernih dan berkualitas tinggi.

Baca juga: Perbandingan iPhone 11 dan iPhone 14: Mana Yang Lebih Baik untukmu?

Kekurangan iPhone 11

Source: Detik

Sayangnya, Kelebihan iPhone 11 juga didatangi dengan kekurangan yang bisa mempengaruhi penggunaan iPhone kamu. Beberapa kekurangan dari iPhone 11 adalah:

1. Refresh Rate Rendah

Meskipun layar iPhone 11 cukup besar dan jernih, iPhone 11 masih datang dengan 60 Hz. Hal ini cukup disayangkan mengingat sudah banyak HP lain – termasuk HP Android – yang bisa memberikan refresh rate sebesar 120 Hz. Meskipun 60 Hz tidaklah buruk, jumlah tersebut juga bukan jumlah yang luar biasa karena tidak ada hal yang signifikan dari refresh rate standar tersebut.

Refresh rate yang biasa ini juga bisa mempengaruhi user ketika mereka menggunakan iPhone terutama saat scrolling. Karena refresh rate-nya rendah, kamu bisa mengalami laggy atau scrolling yang lemot. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu menggunakan banyak aplikasi atau ganti aplikasi dari yang berat ke aplikasi ringan/sama-sama berat. Kamu juga mungkin akan mengalami ini ketika suhu HP kamu agak hangat.

2. Daya Baterai Masih Rata-Rata

Secara teori, baterai iPhone 11 bisa bertahan dalam waktu yang lama. Kamu bisa menonton video nonstop selama 17 jam, streaming video 10 jam, dan mendengarkan musik selama 65 jam.

Sayangnya, baterai iPhone 11 tidak tahan selama yang ditulis. Ya, kamu bisa menggunakannya selama 1 hari, Tapi, dengan kondisi bahwa kamu tidak menggunakan aplikasi berat. Apabila kamu menggunakan aplikasi berat, HP-nya tidak bisa bertahan selama satu hari. Dengan aplikasi berat, iPhone 11 hanya bisa bertahan selama 12-14 jam saja. Kamu bisa melakukan beberapa trik seperti mengurangi kecerahan layar, tapi hal tersebut hanya bisa menambah beberapa jam saja.

Baca juga: Beli iPhone 11 atau iPhone XS Max 2023? Yang Mana Yang Terbaik Untukmu

Kesimpulan

Source: Digital Trend

Secara keseluruhan, iPhone 11 masih bisa digunakan sekarang pada tahun 2023 ini. Kamu masih mendapatkan update iOS sampai tahun 2025, dan berbagai fiturnya bisa membantu kamu untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan dalam pekerjaan seperti video editing dan fotografi.

Sayangnya, iPhone 11 juga datang dengan beberapa kekurangan. iPhone 11 punya refresh rate yang rendah sehingga bisa lagging, dan baterainya cuma bisa tahan seharian apabila kamu menggunakan aplikasi ringan. Dengan aplikasi berat, HP-nya cuma bisa tahan selama setengah hari saja.

Kalau kamu masih mantap mau beli iPhone 11, kamu bisa beli di Jagofon. Jagofon jual iPhone 11 baru dan second, sehingga kamu bisa menyesuaikan pengeluaran sesuai budget kamu. Selain itu, Jagofon juga selalu melakukan quality checking di 90+ titik setiap produknya, sehingga produk kamu pasti berfungsi dengan baik.

Atau kamu mau HP dengan spek yang lebih tinggi daripada iPhone 11? Tenang saja, Jagofon juga punya iPhone lain yang bisa kamu pilih. Ayo, pilih iPhone yang kamu mau di Jagofon sekarang juga!