Comparison

Perbandingan iPhone 11 dan iPhone 14: Mana Yang Lebih Baik untukmu?

Meskipun Apple selalu merilis handphone baru tiap tahun, ada beberapa iPhone lama yang masih di hati banyak pengguna iPhone seperti iPhone 11. Tapi tentu saja, ada saatnya dimana pemilih iPhone 11 ingin ganti handphone ke iPhone yang lebih canggih. Kalau kamu punya iPhone 11 dan mau ganti ke iPhone 14 tapi masih ragu, yuk lihat perbandingan iPhone 11 dan iPhone 14!

Desain dan Display

Source: Tom's Guide

Karena iPhone 11 dan iPhone 14 sama-sama buatan Apple, kedua handphone ini pasti punya beberapa kesamaan.

Secara fisik, iPhone 11 dan iPhone 14 mempunyai ukuran yang sama. Ukuran iPhone 14 adalah 5.8 x 2.8 x 0.31 inci, sedangkan iPhone 11 berukuran 5.9 x 3 x 0.33 inci. Meskipun ada beberapa perbedaan di ukurannya, hal ini tidak akan terlihat jika dilihat sekilas saja. Selain ukuran, iPhone 11 dan iPhone 14 sama punya IP68 certificate, dipastikan tahan air dan debu.

Tentu saja, ada juga perbedaan jika kamu melakukan perbandingan iPhone 11 dengan iPhone 14. Meskipun keduanya punya layar sebesar 6.1 inci, layar iPhone 14 terbuat dari OLED dan layar iPhone 11 masih terbuat dari LCD saja.

iPhone 14 juga memiliki sudut yang flat dan tidak melengkung seperti iPhone 11. Perubahan ini sangat membantu pengguna iPhone karena iPhone 14 bisa digenggam lebih gampang berkat sudutnya.

Performa & Kinerja

Source: MacRumors

Salah satu highlight di perbandingan iPhone 11 dengan iPhone 14 ini adalah CPU mereka. Berbeda dengan iPhone 11 yang menggunakan A13 Bionic, iPhone 14 dirilis dengan A15 Bionic.

A15 Bionic terbukti memiliki performa lebih baik dibandingkan A13 Bionic. Menurut Geekbench 5, nilai tes A15 Bionic adalah 1,727 dan 4,553. Sementara itu nilai tes A13 Bionic adalah 1,333 dan 3,251. Jumlah benchmark yang naik higa 30-40% ini menunjukan bahwa A15 Bionic bisa bekerja lebih baik, cepat, dan efisien dibandingkan A13 Bionic.

Dalam aspek grafik, A15 Bionic bisa memberikan hasil yang lebih superior daripada A13 Bionic. Hal ini berkat 69 fps mereka, yang jelas lebih besar dibandingkan A13 Bionic yang hanya 48 fps. A15 Bionic juga mendukung berbagai aktivitas berhubungan dengan media dengan cepat, seperti video konversi mereka yang bisa dilakukan dalam 28 detik saja.

Storage yang dimiliki oleh iPhone 11 dan iPhone 14 juga berbeda. iPhone 11 datang dengan memori sebesar 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Sementara itu, iPhone 14 dirilis dengan 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. perbedaan yang cukup signifikan, melihat selisih antara memori iPhone 11 dan iPhone 14 cukup besar.


Baca juga: Perbandingan iPhone 14 Pro Max dengan iPhone 12 Pro Max


Kamera

Source: The Verge

Jika dilihat sekilas, tidak ada perbedaan yang terlihat di kamera iPhone 11 dan iPhone 14. Kedua handphone ini datang dengan 12 MP untuk kamera depan dan belakang. iPhone 11 dan iPhone 14 juga dapat ultrawide lens yang bisa memberikan pemandangan yang lebih lebar dan luas. Kamera ultrawide ini juga membantu iPhone untuk mengambil gambar yang lebih akurat dengan lensa 7P (seven elements) mereka.

Lalu apa perbedaan kameranya dalam perbandingan iPhone 11 dan iPhone 14 ini?

Jawabannya adalah aperture iPhone 14 yang lebih lebar (f/1.5) dibandingkan iPhone 11 (f/1.8). Aperture yang lebih lebar ini membantu iPhone 14 untuk menangkap lebih banyak cahaya ketika kamu mengambil foto. Hasilnya? Foto lebih terang dan akurat bahkan di tempat yang tidak banyak cahaya.

iPhone 14 juga mempunyai beberapa fitur yang tidak ada di iPhone sebelumnya. iPhone 14 dilengkapi dengan Photonic Engine, fitur yang sangat memperhatikan tekstur dan dan akurasi cahaya.

Jadi jangan kaget kalau hasil jepretanmu di iPhone 14 bisa terlihat sangat detail bahkan sampai ke hal-hal kecil yang tidak bisa dilihat dari jauh. Dan tentu saja, fotonya akan lebih cerah dan “ceria” dibandingkan iPhone 11.

Baterai

Source: DigitalTrends

Di perbandingan iPhone 11 dan iPhone 14 ini, kamu juga akan memberi highlight khusus untuk baterainya. Setelah melakukan tes, iPhone 14 terbukti bisa bertahan selama 9.5 jam untuk aktifitas berat, sedangkan iPhone 11 selama 11.5 jam. Fenomena unik ini terjadi karena fitur 5G iPhone 14 yang memakan energi cukup banyak ketika mereka digunakan. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa ganti ke 4G.

Untungnya, iPhone 14 bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama untuk hal-hal lainnya. iPhone 14 bisa bertahan selama 20 jam untuk menonton video saja, sedangkan iPhone 11 bisa melakukannya salam waktu 17 jam. Meskipun bedanya hanya 3 jam, perbedaan ini cukup signifikan apabila kamu butuh waktu tersebut.

iPhone 14 juga punya waktu streaming yang mengesankan. Dengan iPhone 14, kamu bisa streaming selama 16 jam, sedangkan iPhone 11 hanya bisa melakukannya dalam 10 jam. Jangka waktu ini cukup penting mengingat bagaimana streamer kadang harus streaming dalam waktu yang lama untuk beberapa aktivitas Twitch.

Kalau kamu lebih suka mendengarkan musik non-stop, kamu bisa mendengarkannya selama 80 jam dengan iPhone 14. Sementara itu, pengguna iPhone 11 hanya bisa bertahan selama 65 jam saja.

Secara keseluruhan, iPhone 14 mempunyai performa baterai yang mengesankan. Hanya saja, performanya bisa drop ketika kamu menggunakan 5G. Untungnya, kamu bisa ganti ke 4G atau melakukan fast charging yang bisa mengisi sampai 50% dari baterai selama 30 menit. Jadi, kamu nggak akan menghabiskan waktu untuk mengisi baterainya iPhone 14.

Baca juga: Perbandingan iPhone 8 dengan iPhone 14: Perubahan Pesat setelah 5 Tahun

Kesimpulan

Di Jagofon, kamu bisa mendapatkan iPhone 14 dengan harga 13 jutaan dan iPhone 11 dengan harga 5 jutaan. Dengan harga yang cukup affordable, kamu bisa memilih untuk upgrade ke iPhone 14 atau tetap menggunakan iPhone 11.

Jika kamu butuh handphone untuk hal-hal yang berhubungan dengan video, foto, atau streaming dengan kualitas yang tinggi, lebih baik upgrade ke iPhone 14. Kamu bisa mendapatkan hasil foto dan video yang memuaskan karena kameranya lebih canggih daripada iPhone 11. Kamu juga bisa menggunakan iPhone kalau kamu butuh 5G.

Kalau kamu butuh handphone untuk kegiatan sehari-hari saja, lebih baik tetap menggunakan iPhone 11. iPhone 11 sudah lengkap dengan berbagai fitur yang bisa membantu kamu untuk lebih produktif. Dengan standar baterai yang long-lasting, kamu bisa melakukan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari tanpa interupsi dengan iPhone 11.

Dapatkan iPhone 11 dan iPhone 14 Terjangkau

Source: Tech Radar

Kalau harga yang disebutkan masih mahal, kamu bisa melakukan opsi lain seperti membeli handphone second di Jagofon. Tidak usah khawatir, karena semua handphone Jagofon selalu melewati quality check untuk memastikan bahwa handphone-nya bisa berfungsi dengan baik seperti “handphone baru.”

Kalau kamu mau dapat lebih murah lagi, kamu bisa melakukan tukar tambah di Jagofon. Customer Service Jagofon akan melayanimu dari awal sampai akhir, jadi kamu nggak akan kebingungan ketika melakukan tukar tambah. Yuk, beli handphone second “baru” di Jagofon sekarang!