Lifestyle

January 25, 2024

5 Tips Menggunakan Fitur Penting AirPods Max.

Source : Macrumors.com

Di tahun 2020, Apple mengejutkan para penggemarnya dengan meluncurkan over-ear headphones pertamanya dengan nama AirPods Max. Meskipun menuai beragam kontroversi, mulai dari desainnya yang dinilai aneh oleh sebagain orang dan harganya yang cukup tinggi, AirPods Max ini memiliki fitur-fitur canggih yang mumpuni.

Apple Airpods Max hadir dengan lima varian warna, yaitu Green, Pink, Silver, Space Grey dan Sky Blue. Di samping itu, sebagai bentuk komitmen Apple untuk menjaga lingkungan, Airpods Max ini dibuat dengan material yang ramah lingkungan, yaitu bebas BFR, PVC, Berilium, dan juga bebas Merkuri.

Dibanderol dengan rentang harga 9 jutaan, Airpods Max ini memiliki beragam kelebihan yang tidak ada pada over-ear headphones biasa. Penasaran dengan fitur dan tips penting dari headphone ini? Simak artikel berikut ya Jagoans!

Baca juga: Review AirPods Max Tahun 2023: Headphone Sempurna Apple

Fitur Airpods Max

Desain Nyaman dan Mewah

Source : CNET

Airpods Max memiliki dimensi 168,6 mm x 83,4 mm x 187,3 mm dengan bobot 384,8 gram dan telah dilengkapi smartcase yang menampilkan kesan mewah. Dari segi desain, Apple juga sangat memperhatikan kenyamanan pengguna agar Airpods Max bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Hal ini dibuktikan dengan kanopi atau bagian atas dari Airpods Max dibuat dari material jaring berongga untuk mengurangi tekanan pada kepala saat digunakan. Desain yang sama juga diaplikasikan pada bantalan telinga agar tidak menekan telinga dan terasa lebih halus dan lembut.

Selain itu, desain penghubung antara kanopi dan penutup telinga atau yang disebut sebagai gagang teleskopik juga dapat disesuaikan dengan cara memanjangkan atau memendekkan gagang sesuai kebutuhan pengguna. Hal ini tentunya akan membuat pengguna sangat nyaman saat memakai Airpods Max.

Fitur Menarik dengan Daya Tahan Baterai yang Mumpuni

Source : Mactrast

Selain desainnya yang nyaman untuk digunakan, Airpods Max memiliki beragam fitur menarik. Contohnya fitur Digital Crown yang berfungsi sebagai kontrol untuk volume, mengganti lagu, sampai dengan menjawab panggilan. Airpods Max juga memiliki fitur lain seperti Audio Spasial Personal dengan pelacakan gerakan kepala dinamis serta fitur Peredam Kebisingan Aktif.

Daya baterainya juga awet untuk digunakan dalam beraktivitas sehari-hari. Apple juga mengklaim bahwa Airpods Max ini dapat bertahan selama 20 jam untuk digunakan dalam pemutaran film. Airpods Max juga di dapat melakukan pengisian daya cepat, yaitu dalam pengisian daya selama 5 menit, dapat memberikan waktu untuk mendengarkan sekitar 1,5 jam.

Tips Penting Airpods Max yang Perlu Kamu Tahu!

Menggunakan Digital Crown

Source : Expert Reviews

AirPods Max tidak memiliki kontrol sentuh apa pun, dan mengandalkan fitur Digital Crown-nya, seperti yang ada pada Apple Watch. Airpods Max ini juga dilengkapi tombol kontrol kebisingan yang berdiri sendiri. Kedua tombol ini berada di atas penutup telinga kanan, serta memiliki berbagai fungsi.

Berikut shortcut dari penggunaan Digital Crown :

  1. Tekan sekali untuk memutar atau menjeda musik.
  2. Tekan dua kali tombol pemutar untuk forward musik.
  3. Tekan tiga kali untuk kembali.
  4. Tekan dan tahan untuk mengaktifkan Siri.

Digital Crown juga dapat digunakan untuk menjawab dan menutup telepon, seperti :

  1. Tekan sekali untuk menjawab atau mengakhiri panggilan.
  2. Tekan dua kali untuk menolak panggilan.
  3. Saat panggilan berlangsung, tekan sekali untuk menjawab panggilan masuk kedua dan menahan panggilan pertama. Dengan dua panggilan aktif, tekan dua kali untuk menutup panggilan saat ini dan beralih ke panggilan lainnya.
  4. Tekan dan tahan untuk menolak panggilan masuk kedua.
  5. Tekan dua kali untuk berhenti mendengarkan melalui Airpods Max dan mengirim panggilan ke telepon.

Mengontrol Airpods Max dengan iPhone, iPad, atau Mac

Source : soundguys,com

Untuk penggemar Apple, tentunya akan sangat dimudahkan dengan kelebihan yang dimiliki ekosistem Apple, dimana perangkat Apple dapat terhubung satu sama lain ke perangkat Apple lainnya, tak terkecuali Airpods Max. Active noise cancellation dan  spatial audio yang menjadi fitur unggulan Airpods Max juga dapat dikontrol melalui iPhone, iPad, maupun Mac pengguna.

Setelah AirPods Max pengguna telah terhubung ke iPhone atau iPad, geser ke bawah dari sudut kanan atas layar untuk mengakses Pusat Kontrol. Kemudian tekan beberapa saat pada kontrol volume,  lalu pengguna dapat menyesesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan. Di Mac, klik ikon AirPods Max di bar menu, lalu pilih mode yang ingin digunakan.

Menghubungkan AirPods Max ke perangkat non-Apple

Source : CNET

Airpods Max dapat dihubungkan ke perangkat selain Apple, karena pada dasarnya Airpods Max adalah bluetooth wireless headphone. Pengguna dapat menghubungkan Airpods Max ke perangkat Chromecast terbaru, ponsel Android atau bahkan PC Windows.

Namun, memasangkan Airpods Max ke perangkat non-Apple memerlukan beberapa langkah tambahan. Pertama, pengguna harus menempatkan headphone dalam pairing mode dengan cara menahan tombol pengontrol kebisingan sampai lampu indikator mulai berkedip.

Tombol ini terdapat pada bagian atas ear cup kanan, sedangkan lampu indikatornya berada di sisi yang sama pada bagian bawah. Saat Airpods Max dalam pairing mode, pengguna harus membuka pengaturan bluetooth pada perangkat yang ingin dihubungkan, kemudian pilih AirPods Max dari perangkat tersebut dan tinggal mengikuti petunjuk selanjutnya.

Fitur Auto-play and auto-pause Airpods Max

Source : soundguys.com

Saat pengguna sedang memakai Airpods Max di kepala dan memutar audio, kemudian melepaskan Airpods Max dari kepala, audionya akan ter-pause atau dijeda secara otomatis. Hal ini juga berlaku jika pengguna hanya mengangkat salah satu earphone dari telinga. Sangat praktis untuk Jagoans yang sering lupa menonaktifkan audio saat tidak digunakan.

Namun, jika pengguna memakai Airpods kembali dalam 15 detik, audio yang sedang didengarkan tadi akan diputar kembali secara otomatis. Bantalan telinga dari Airpods Max juga sudah ditandai dengan huruf R dan L, pastikan Jagoans tidak salah menempatkannya agar dapat menikmati kualitas audio terbaik. Jika tidak digunakan sebaiknya Airpods Max disimpan kembali ke dalam smartcase untuk menghindari kerusakan.

Cek Status Baterai AirPods Max Melalui Perangkat Apple lainnya

Source : Apple

Lampu status di earphone kanan akan menunjukkan status pengisian daya AirPods Max pengguna. Untuk mengetahui berapa persen daya yang telah terisi, pengguna dapat memerhatikan lampu status dari Aipods Max dengan menekan tombol pengontrol kebisingan (noise control button).

Lampu status akan berubah menjadi hijau jika daya tersisa lebih atau sama dengan 95%. Sedangkan warna lampu status akan berubah kuning jika daya tersisa kurang dari 95%.

Saat AirPods Max tidak tersambung ke daya, lampu status akan berubah menjadi hijau jika daya tersisa lebih dari atau sama dengan 15% dan berubah menjadi warna kuning jika daya tersisa kurang dari 15%.

Selain itu, pengguna dapat memeriksa status baterai Airpods Max saat sedang diisi daya melalui iPhone, iPad, iPod Touch, ataupun Mac. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memegang AirPods Max di dekat perangkat Apple lainnya, kemudian tunggu beberapa detik atau tekan tombol pengontrol kebisingan untuk melihat status pengisian daya AirPods Max. Cara lainnya adalah dengan menggunakan fitur battery widget.

Baca juga: Asal Usul Airpods: Earphone Revolusioner Buatan Apple

Dapatkan Airpods Max hanya di Jagofon!

Nah itu dia beragam fitur dan tips penting dari Airpods Max. Apakah Jagoans tertarik? Daripada bingung mau beli Airpods Max dan beragam Airpods dari Apple dimana, mending langsung ke Jagofon aja! Jagofon adalah marketplace pertama Indonesia yang menyediakan gadget dan HP bekas berkualitas!

Kamu juga nggak perlu khawatir lho Jagoans, karena semua gadget dan HP bekas di Jagofon sudah lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dan gadget dengan kualitas terbaik! Kapan lagi kamu beli HP atau gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Beli HP dan gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP maupun gadget impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon! Jadi, tunggu apalagi Jagoans? segera dapatkan gadget incaranmu hanya di Jagofon!

Share on: