JagoHacks

5 Tips Merawat Macbook Agar Awet dan Tahan Lama

“Ada harga, ada barang”

Kalimat itu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dalam kehidupan, seringkali kita ditawarkan dengan dua hal, antara harga murah tapi barangnya cepat rusak atau harganya relative mahal tapi barangnya awet dan tahan lama.

Kalimat tersebut merupakan salah satu definisi yang mencerminkan produk Apple, yaitu merek yang memproduksi produk untuk kelas menengah keatas dengan kualitas yang memuaskan.

Meskipun sudah dipakai bertahun-tahun lamanya, produk Apple masih awet apalagi jika dirawat dengan tepat. Kali ini, Jagofon ingin membahas soal tips merawat Macbook, laptop dari Apple, yang terkadang bisa cepat rusak juga meskipun kualitasnya dikenal baik.

Sebelum membahas tips Macbook, kenali terlebih dahulu dua jenis Macbook yang ada, yaitu Macbook Pro dan Macbook Air.

Bagi yang belum tahu bedanya Macbook Pro dan Macbook Air, ini adalah perbedaannya secara singkat namun rinci:

Desain

Macbook pro memiliki desain yang tebal dan kokoh, sedangkan Macbook Air memiliki desain yang tipis dan datar. Salah satu alas an yang membuat Macbook Air tipis adalah karena tidak memiliki kipas di dalamnya, alasannya bahwa sistem atau program yang berjalan pada Macbook Air dipercaya tidak membutuhkan teknologi pendingin seperti kipas.

Perbedaan MacBook Air dan Pro Penting Diketahui Sebelum Membelinya
  • Berat
    Macbook Pro lebih berat dibanding Macbook Air yang dirancang sebagai laptop ringan. Pada tahun 2008, Macbook Air merupakan laptop paling ringan yang pernah ada. Namun sekarang, berat Macbook Pro sudah banyak dikurangi, jadi beratnya tidak terlalu berbeda jauh meskipun Macbook Pro tetap lebih berat.
  • Touch Bar
    Hanya Macbook Pro yang memiliki Apple’s Touch Bar strip, sistem touch bar yang ada di bagian atas keyboard.
Apple MacBook Pro with Touch Bar review: Second-screen dream machine - CNET
  • Layar
    Layar pada Macbook Pro memiliki Retina yang lebih baik dibandingkan Macbook Air. Namun, pengeluaran Macbook Air yang terbaru memiliki Retina yang baik.
  • Baterai
    Untuk saat ini, baterai Macbook Air lebih tahan lama dibandingkan Macbook Pro.

Jika sudah memutuskan untuk membeli atau upgrade Macbook, di Jagofon aja ya! Soalnya, kualitasnya terjamin dan bergaransi.

Tapi, apakah kamu sudah pernah mencari-cari atau membaca-baca tentang tips Macbook? Salah satu pencarian terbanyak adalah tips merawat Macbook.

Lalu, gimana sih caranya merawat Macbook? Kalau kamu belum tahu tips Macbook yang satu ini, yuk baca tips merawat Macbook kamu agar tetap awet.


Baca juga: Cara Memilih Macbook yang Tepat untuk Kebutuhan Anda


1. Membersihkan Macbook Secara Berkala

Debu-debu kecil yang tak terlihat dapat masuk ke komponen Macbook. Hal ini akan berdampak pada kinerja laptop jika dibiarkan dalam jangka waktu lama.

Kamu dapat bersihkan Macbook dengan jelly pembersih perangkat atau dengan tisu dengan sedikit alcohol. Namun perlu diperhatikan bahwa Laptop jangan sampai terlalu basah, segera keringkan dengan tisu kering.

Perhatikan juga dengan apa kamu membersihkan laptopmu, jangan sampai tambah merusak seperti debu bisa keluar masuk kembali.

Bagian yang penting untuk dibersihkan adalah bagian luar perangkat, agar tidak masuk ke perangkat bagian dalam yang sensitif.Jika kamu ragu atau takut, kamu bisa bawa Macbook kamu ke service center terdekat, pastikan official dan terpercaya ya.

2. Gunakan Aksesoris Pelindung

Sudah banyak aksesoris yang tersedia untuk melindungi perangkat kamu dari kotoran debu atau air. Kamu bisa menggunakan pelindung yang bukan merusak laptop kamu, contohnya komponen yang dapat meleleh dan masuk ke dalam Macbook.

Namun, tidak semua perangkat memiliki pelindung ekstra yang lengkap, seperti produk Apple Watch.

Berikut adalah daftar pelindung untuk Macbook yang dapat kamu gunakan:

  • Case Macbook
Promo Macbook Case Sand Ice Blue Hard Cover Macbook Pro Dan Air -  Multicolor Diskon 26% di Seller METALIC - Wanajaya, Kab. Bekasi | Blibli
  • Screen guard/pelindung layar
  • Pelindung keyboard
PLASTRON Keyboard Skin Cover (MacBook Air Pro 13" 15", Black - Letter  Printed) - Buy PLASTRON Keyboard Skin Cover (MacBook Air Pro 13" 15", Black  - Letter Printed) Online at Low Price
  • Pelindung slot
7PC] Dust Plug Cover for MacBook Pro 14 & MacBook Pro 16 inch w/M1 M2 Chip  Model A2779 A2780 A2442 A2485, Dust Plug for HDMI,Thunderbolt,SD,Charger  Port & Headphone, MacBook Pro 14 Dust

Ini adalah salah satu tips merawat Macbook yang paling menyenangkan, karena kamu bisa memilih desain dan warna untuk setiap aksesoris ini.


Baca juga: Review Macbook Air M1 2020: Ringan, Kuat, dan Tahan Lama


3. Hindari Terkena Cairan

Salah satu tips Macbook ini sangat jelas, yaitu hindari terkena cairan dalam bentuk apapun.

Semua perangkat elekronik akan rawan rusak bila terkena air. Meskipun teknologi pada perangkat elektronik saat ini memiliki fitur water-proof atau kebal air, kamu tetap harus berhati-hati untuk menjaga perangkat dari air.

Namun, teknologi water-proof hanya terdapat pada smartphone dan belum mendukung Laptop. Saat ini, Macbook belum water-proof atau kebal air.

Bicara soal handphone water-proof, kamu bisa cek Samsung A53 yang merupakan salah satu handphone kebal air.

Are MacBook Airs waterproof? | KnowTechie

Sebenarnya tidak hanya air, namun cairan apapun, mulai dari makanan seperti kopi, teh, atau susu, hingga parfum atau minyak.

Bila sudah terlanjur terkan air, segera keringkan dengan tisu kering. Jangan pakai pendingin elektronik lainnya seperti pengering rambut (hairdryer) karena itu akan membuat suhu laptop menjadi semakin panas dan akan merusak mesin di dalamnya.

4. Hindari Suhu Panas

Pihak resmi Apple menyatakan kinerja terbaik Macbook adalah pada suhu 10 derajat celcius hingga 35 derajat celcius.

Jika suhu melebihi 35 derajat, maka daya tahan mesinnya bisa berkurang, termasuk daya baterai.

Memang lebih jarang perangkat rusak jika pada suhu yang rendah, namun jika terlalu rendah, perangkat bisa “membeku”. Sama seperti mesin pada motor atau mobil, mesin pada perangkat elektronik pun harus panas agar dapat bekerja dengan maksimal, namun pada laptop tidak melebihi 35 derajat.

Why Do MacBooks Get So Hot? - YouTube

Namun untuk Airpod, perangkat jarang memanas. Jika mudah panas, bisa sangat tidak nyaman untuk dipakai atau digunakan.

Jika memang harus memakai hingga lebih dari 35 derajat celcius, maka kamu bisa menggunakan cooling pad atau pengingin laptop. Setiap laptop sudah ada pendinginnya atau kipasnya, namun pemakaian berlebihan hingga lewat dari 35 derajat memerlukan pendingin tambahan.


Baca juga: Beli Airpods Pro Nggak Perlu Mahal, Ini Spesifikasi dan Harganya!


5. Jangan Sembarang Shutdown dan Sleep

Dalam keadaan Sleep, Macbook dapat menjalankan update sistem, menandakan bahwa mesin masih terus berjalan.

Jadi sebaiknya jika tidak digunakan lagi, Macbook kamu perlu di shutdown. Hal ini membuat mesin Macbook beristirahat sehingga komponennya dapat lebih bertahan lama.

Mode sleep berarti Macbook masih aktif, sedangkan Shutdown menandakan Macbook dalam keadaan mati total.

Oleh karena itu, kamu harus tahu waktu untuk shutdown dan kapan untuk sleep laptop kamu. Hal ini berlaku tidak hanya untuk Macbook, tapi semua jenis laptop dan tablet.

Should You Shut Down Your Mac or Let It Sleep Every Night?

Kesimpulan

Cara untuk merawat Macbook Pro dan Macboor Air kurang lebih sama. Mungkin tidak ada cara merawat Macbook yang sempurna, tapi ini dapat meminimalisir kemungkinan adanya kerusakan.

Dikenal dengan kualitasnya yang sangat baik, Macbook Pro dan Macbook Air dapat bertahan selama bertahun-tahun lamanya jika kamu merawat Macbook dengan baik. Sudahkah kamu merawat Macbook milikmu dengan baik?

Tidak perlu takut untuk membersihkan laptopmu, karena tips Macbook yang telah disebutkan diatas sudah cukup berdampak pada umur Macbook jika kamu terapkan.

Jika kamu ragu, kamu bisa bawa Macbook kamu ke service center yang official dan terpercaya. Jika kamu kontak bantuan dari Apple langsung, mereka akan memberikan kamu cabang dan/atau alamat partner yang resmi.

Tapi kalau kamu belinya dari Jagofon, semua perangkat elektronik telah dibersihkan dengan profesional sehingga tidak merusak komponen laptop.

Kamu juga bisa punya produk Apple terbaru lainnya dengan harga yang sangat terjangkau loh! Tidak hanya Macbook, kamu juga bisa dapatkan iPhone, Apple Watch, iPad, dan Airpod.

Jangan heran kalau Jagofon memberikan harga yang terbaik untukmu karena produk yang ditawarkan bukanlah barang kw atau replika. Meskipun secondhand, kualitas produk Jagofon telah melalui pengecekan sesuai regulasi.