JagoNews

6 Rumor iPhone 14, Sehebat Apa Sih?

Penggemar iPhone pasti tahu kalau HP keluaran Apple satu ini selalu datang dengan upgrade mencengangkan setiap tahunnya. Khusus di tahun 2022, warga dunia sedang menanti perilisan iPhone 14 yang telah diantisipasi sejak lama.

Mungkin diantara Jagoan sendiri sudah ada yang menyiapkan budget untuk beli iPhone 14 saat perilisannya nanti. Rumor dan bayangan akan seperti apa iPhone 14 memang sudah tersebar dimana-mana, namun tetap saja kita tidak bisa memastikannya sebelum pihak Apple benar-benar merilisnya.

Sembari menunggu Apple Event meluncur di September ini, yuk simak dulu apa saja prediksi dari para pengamat kenamaan dunia soal iPhone 14. Siapa tahu kamu setuju dan mengaminkan salah satu prediksi di bawah ini.

Body Design iPhone 14

Dirumorkan tidak jauh berbeda dengan iPhone 13, iPhone 14 diprediksi memiliki ukuran sekitar 6.1 - 6.7 inci. Ini juga berarti bahwa iPhone 14 tidak akan memiliki seri mini yang mana ukurannya akan selalu lebih kecil dari seri standar.

Pengamat tech kenamaan Jon Prosser mengatakan bahwa iPhone 14 akan memiliki bump kamera yang tidak menonjol seperti series iPhone sebelumnya. Namun, lensanya akan lebih besar dengan posisi diagonal untuk dual kamera seperti iPhone 13, dan tetap dengan triple camera untuk versi Pro dan Pro Max-nya kelak.

Source: macrumors.com

Camera iPhone 14

Bakal ada perubahan besar dari segi resolusi kamera, prediksi seorang analis Apple, Ming-Chi Kuo, percaya bahwa kamera iPhone 14 akan hadir dengan 48 megapixel. Ini merupakan kemajuan yang sangat pesat dibanding resolusi kamera iPhone sebelumnya yang hanya di angka 12 megapixel.

Untuk kamera depan sendiri, Ming-Chi Kuo juga yakin bahwa akan ada kemajuan dari segi fitur dan resolusi. Diprediksi iPhone 14 akan memiliki sensor yang lebih besar untuk menangkap cahaya lebih banyak serta fitur auto-focus yang mumpuni.

Sebenarnya kamera iPhone 13 sudah memiliki kemajuan yang pesat dan terkini diantara HP flagship lainnya. Kamu bisa cek ulasannya disini. Jadi, kalau kamu nggak sabar nungguin iPhone 14, nggak ada salahnya kok kamu mencoba iPhone 13 dulu sebagai HP andalanmu.

Source: macrumors.com

Fitur dan Spesifikasi iPhone 14

Kita semua tahu bahwa chipset bawaan iPhone 13 sekarang merupakan chip tercanggih dan terkuat masa kini. Namun, banyak pihak yang memprediksi bahwa iPhone 14 akan hadir dengan chip A16 yang jauh lebih tangguh lagi. Diperkirakan A16 hanya akan hadir di series Pro sedangkan series standar tetap memakai chipset A15 Bionic seperti series iPhone 13.

Tidak hanya dari segi prosesor, ada juga perbedaan lainnya yang terjadi antara iPhone 14 series Pro dan standar. Series Pro dari iPhone 14 akan diberikan RAM 8GB sedangkan yang lain akan tetap memakai RAM 6GB. Selain itu dari segi memori, iPhone 14 akan dimulai dari 512 GB - 1 TB dan tak menutup kemungkinan bahwa akan ada yang mencapai 2 TB.

Banyak yang mengharapkan agar fitur Touch ID kembali pada HP iPhone terbaru, namun sepertinya hal ini tak akan terjadi mengingat Apple memang hanya akan fokus pada Face ID untuk series iPhone terbarunya.

Layar dan Baterai

Banyak dari pecinta Apple yang mendambakan iPhone tanpa notch atau poni di sisi layarnya, dan ternyata banyak pula sumber yang juga memprediksi hal ini. Apakah era baru iPhone tanpa notch akan benar-benar hadir di iPhone 14? Kita lihat saja nanti.

Dengan performa yang lebih mumpuni dari iPhone series sebelumnya, bisa dipastikan bahwa iPhone 14 hadir dengan daya baterai yang lebih baik dari sebelumnya juga.

Source: macrumors.com

Warna dan Tipe

Sepertinya iPhone 14 tetap hadir dengan warna basic seperti black, white, blue, red, dan purple. Sedangkan iPhone 14 Pro dan Pro Max kemungkinan akan hadir dalam warna graphite, gold, silver dan juga purple.

Source: macrumors.com

Tanggal Rilis dan Harga iPhone 14

Direncanakan bahwa iPhone 14 akan rilis di tanggal 13 September 2022. Belum ada kabar atau rumor yang  beredar soal harganya, namun sebagai referensi kamu bisa memprediksi harganya sesuai dengan harga iPhone 13 yang dimulai dari Rp 13.000.000 - Rp 30.000.000.

Haruskah Ditunggu?

Antisipasi masyarakat soal iPhone 14 memang cukup tinggi, namun jika kamu ingin beli iPhone 14, bisa dipastikan harga yang dibanderol juga akan tinggi mengingat berbagai kemajuan yang dibawa iPhone 14 cukup signifikan dari iPhone 13. Kamu bisa beli iPhone 14 dengan harga yang lebih terjangkau dengan menunggu sampai harganya turun di pasaran suatu saat.

Jika ingin merasakan pengalaman memakai HP dengan teknologi terbaru, sebenarnya kamu masih bisa mendapatkannya dengan membeli iPhone terkini dari Jagofon. Dimulai dari series iPhone 12 yang masih memakai teknologi terbaru untuk prosesor dan kameranya.

Jika kamu punya budget yang lebih, kamu pun bisa membeli iPhone 13 yang untuk saat ini - sebelum kehadiran iPhone 14, sudah memiliki upgrade dan fitur terkini dengan berbagai kecanggihan dan ketangguhannya.