Product

February 12, 2024

7 Alasan Kamu Harus Pakai POCO X3 Pro

Siapa yang tak tahu POCO X3 Pro. Ponsel besutan sub-brand dari Xiaomi ini digadang-gadang sebagai ponsel kelas menengah rasa flagship. Ponsel yang memiliki tag-line "Exactly What You Need, and More" ini memang mengedepankan kebutuhan para fansnya akan ponsel saat ini. Oleh karena itu POCO berfokus kepada peningkatan performa ketimbang gimmick belaka.

POCO X3 Pro dirilis pada tahun 2021. Saat itu harga POCO X3 Pro menyentuh angka Rp 3,9 jutaan untuk versi 8/256 GB. Harga yang tergolong bersahabat melihat performa yang ditawarkan.

Namun setelah selang beberapa tahun, performa POCO X3 Pro masih bisa kamu andalkan untuk kebutuhan kamu. Oleh karena itu, berikut kita jabarkan 7 alasan kamu harus pakai POCO X3 Pro di tahun 2024!

Desain Gagah dan Solid

Image Source: mi.co.id

Desain POCO X3 Pro tidak memiliki perbedaan dengan seri pendahulunya, yakni POCO X2 NFC. Ponsel ini memiliki bahan plastik di bagaian frame dan tutupan belakangnya. Dengan perpaduan polesan warna glossy di bagian tengah dan warna matte di bagian pinggirnya, ponsel ini terlihat gagah dan solid.

Sementara itu tulisan POCO terpampang jelas di bagian bawah dan mengarah ke atas yang memiliki efek pergantian warna yang menawan ketika mendapatkan cahaya di satu sudut tertentu.

POCO X3 Pro sendiri memiliki dimensi bodi yang cukup bongsor, yakni 165.3 x 76.8 x 9.4 mm dengan berat 215 gram. Pengalaman menggenggam ponsel ini terasa solid dan memiliki daya cengkram yang baik walaupun memiliki polesan warna glossy.

Ponsel ini juga sudah tersertifikasi IP53 yang tahan percikan air dan debu. Jika kamu mencoba merendam ponsel ini, otomatis akan mati total ya Jagoans!

Beralih ke sektor layar, ponsel ini memiliki layar lega dan memukau dengan panel IPS LCD seluas 6,67 inchi dan memilik refresh rate 120 Hz dan memiliki rasio bodi ke layar ~84.6%. Layarnya juga memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2400 pixel) dengan rasio 20:9 dan memiliki kerapatan pixel 395 ppi. Kemudian layarnya sudah terproteksi Corning Gorilla Glass 6!

Untuk mendukung pengalaman bermain game dan menonton film kamu, POCO X3 Pro akan sukses memuaskan mata kamu. Apalagi ponsel ini sudah mengantongi fitur HDR10 dan Widevine L1 yang bisa menyuguhkan kualitas video tertinggi saat streaming di Netflix atau platform sejenis.

Baca juga: Xiaomi Poco X3 Pro: Review dan Harga Termurah 2023

Performa yang Tangguh

Image Source: mi.co.id

Spesifikasi POCO X3 Pro

  • Layar: IPS LCD 6,67 inchi
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 860
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Kamera: 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan: 20 MP (wide)
  • Baterai: Li-Po 5160 mAh

POCO X3 Pro menggandeng Qualcomm untuk memasukkan chipset Snapdragon 860 sebagai dapur pacunya. SoC ini sendiri terbuat dari fabrikasi 7nm yang memiliki prosesor Octa-core. Prosesornya sendiri terdiri dari 1 core performance Kryo 485 Prime (2,96 GHz), 2 core medium Kryo 485 Gold (2,42 GHz), dan 4 core hemat daya Kryo 485 Silver (1,78 GHz) dan memiliki GPU Adreno 640.

Spek gahar seperti di atas tentu saja mencetak skor mengagumkan di AnTuTu 8. GSMArena mencatat bahwa ponsel ini meraih skor 453.223 yang sukses mengalahkan ponsel kelas mid-range lainnya, seperti Xiaomi Redmi Note 10 Pro, Samsung Galaxy A52, dan saudaranya sendiri, yakni POCO X3 NFC.

Sementara itu, untuk menunjang performa multitaskingnya, ponsel ini dibekali 2 pilihan RAM, yakni 6 GB dan 8 GB serta ruang penyimpanan di 128 GB atau 256 GB yang menganut teknologi UFS 3.1. Dengan teknologi ini kecepatan baca memori internalnya sangat ngebut berada di 1448,91 MB/detik, sementara itu kecepatan tulisnya berada di 522,71 MB/detik.

Untuk bermain game, sudah jelas hasilnya akan sangat lancar. Ketika ponsel ini mencoba memainkan game mainstream seperti PUBG Mobile, MLBB, dan CoD Mobile di settingan grafis tertinggi, ponsel ini bisa menyuguhkan performa yang apik tanpa ada kendala sedikitpun. Namun untuk memainkan game Genshin Impact, kamu harus menurunkan kualitas grafisnya agar performanya terjaga.

Pada saat digunakan bermain game dengan intensitas tinggi, ponsel ini tidak mengalami peningkatan suhu yang begitu signifikan. Hal ini dikarenakan POCO X3 Pro memiliki Teknologi LiquidCool 1.0 Plus yang mampu mendinginkan prosesor hingga 6 derajat celcius yang menggunakan bahan Pipa panas tembaga D5.

Kamera yang Memuaskan

Image Source: mi.co.id

Kamera adalah salah satu sektor yang dikorbankan untuk memaximalkan performanya. Pasalnya kamera utamanya tidak mengalami peningkatan dari seri sebelumnya, POCO X3 NFC yang memiliki resolusi 64 MP, sementara POCO X3 Pro memiliki resolusi 48 MP. Yah, untuk para fans yang mementingkan performa ketimbang kemampuan fotografi tentu tidak akan masalah dengan hal ini.

Nah, untuk detailnya, ponsel ini dibekali dengan quad camera, yang mana kamera utamanya memiliki resolusi 48 MP dengan bukaan lensa f/1.8 selebar 25mm dan menggunakan sensor Sony IMX582 Quad-Bayer 1/2" yang menghasilkan 0.8µm pixel dan didukung PDAF.

Selanjutnya ada kamera ultrawide 8MP dngan lensa 15mm dan bukaan f/2.2. Kemudian ada kamera macro dan sensor depth beresolusi 2 MP (f/2.4). Untuk kamera depan, ponsel ini menyuguhkan konfigurasi 20 MP (f/2.2).

Kualitas gambar yang dihasilkan lumayan bagus, detailnya ok namun tidak terlalu memuaskan dan dynamic range nya tergolong bagus. Sementara itu, warna yang disuguhkan bersifat natural dan gambar yang dihasilkan cukup tajam.

Berikut contoh hasil jepretan kamera POCO X3 Pro.

Hasil Kamera Utama | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Ultrawide | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Selfie | Image Source: GSMArena

Baterai Bertenaga

Image Source: mi.co.id

POCO X3 Pro dibekali baterai berkapasitas jumbo 5,160 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, kamu tidak akan khawatir kehabisan daya baterai saat beraktifitas di luar ruangan.  

Ponsel ini memiliki endurance rating 112 Jam dari GSMArena yang bisa melakukan panggilan selama kurang lebih 33 jam, 17 jam berselancar di dunia maya, atau 12 jam menonton video non stop.

Ponsel ini dibekali adapter tangguh 33W bersamaan dengan kabel Type-C yang satu paket setiap pembelian ponsel. Xiaomi mengklaim bahwa dalam 30 menit POCO X3 Pro mampu mengisi daya sampai dengan 59%. Sementara itu, untuk mengisi sampai penuh dibutuhkan waktu hanya dalam 59 menit.

Speaker Berkualitas

Image Source: mi.co.id

Untuk mendukung performa dan spek layarnya yang mumpuni, POCO X3 Pro menghadirkan speaker stereo untuk menyempurnakan pengalaman kamu bermain game atau menonton film.

Speaker ponsel ini terletak di bagian bawah dan atas yang menyatu dengan earpiece. Suaranya juga termasuk lantang di -26,1 LUFS (Loudness Unit Full Scale) yang mana termasuk ke dalam kategori bagus. Menurut GSMArena, satu-satunya yang kurang adalah bagian bassnya yang kurang terasa.

Port dan Konektivitas Lengkap

Image Source: GSMArena

POCO X3 Pro masih menghadirkan port jack audio 3,5 yang mana sangat berguna untuk menghadirkan kualitas suara yang bagus. Menyediakan port yang mulai hilang di berbagai ponsel keluaran baru ini menjadi nilai plus untuk POCO X3 Pro.

Kemudian untuk mengisi daya, ponsel ini didukung oleh port Type-C yang terbukti lebih ringkas dan lebih powerful ketimbang Micro USB.

Untuk dukungan konektivitas, ponsel ini sudah didukung fitur NFC, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0, FM radio, hingga Infra Red. Namun sayang ponsel ini belum didukung jaringan 5G. Hal ini dikarenakan chipset yang disematkan hanya support modem 4G.

Baca juga: Penasaran? Ini Perbandingan Poco X3 Pro dan X3 GT

Harga Terjangkau

Image Source: mi.co.id

Nah, hal yang lumayan penting untuk semua ponsel adalah memiliki harga yang terjangkau. Jangan risau dan jangan galau, Jagofon bisa mewujudkan wishlist kamu menjadi kenyataan. Harga POCO X3 Pro yang sekarang di range Rp. 3 jutaan bisa langsung kamu dapatkan loh! Langsung cek aja katalog Jagofon ya!

Di Jagofon juga selalu ada promo Bulanan yang bisa membuat angan-angan beli POCO X3 Pro menjadi kenyataan. Yuk, tidak perlu ragu lagi, saatnya mengambil keputusan dan langsung checkout HP nya di Jagofon!

Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!

Marketplace Smartphone Second Berkualitas | Jagofon
Semua smartphone di Jagofon lolos pengecekan ketat. Semua berfungsi 100%, orisinil, & memiliki jaminan 30 hari.

Share on: