Comparison

Penasaran? Ini Perbandingan Poco X3 Pro dan X3 GT

Sumber: bhinneka.com

Saat ini ponsel dengan merk POCO menjadi sorotan oleh masyarakat. Bahkan, di dalam kandang pun, POCO tetap memiliki perlawanan sengit antara satu dan lainnya, salah satu contohnya adalah Poco X3 GT dan Poco X3 Pro.  Sebagian besar produk POCO telah berhasil mengguncang pasar dengan harga yang sangat kompetitif dan tak jarang menjadi incaran untuk banyak orang.

Ketika kita membandingkan Poco X3 Pro dan Poco X3 GT, keduanya menawarkan kualitas flagship dengan harga yang sangat terjangkau. Sejumlah parameter yang dimiliki oleh kedua ponsel ini juga membuatnya tidak kalah saing dengan ponsel yang memiliki harga di atasnya. Penasaran dengan spesifikasinya? Yuk simak pembahasan Jagofon mengenai perbedaan antara Poco X3 Pro dan Poco X3 GT!

Performa Poco X3 Pro vs Poco X3 GT

Poco X3 GT, dengan chipset MediaTek Dimensity 1100, memberikan kinerja yang gahar. Chipset ini mengungguli Qualcomm Snapdragon 860 yang ada di Poco X3 Pro. Poco X3 Pro membawa chipset Snapdragon 860 dengan fabrikasi 7 nanometer dan kartu grafis Adreno 640 yang memiliki frekuensi tinggi. Chipset ini memiliki clock speed mencengangkan, serta kombinasi 8-core yang menghasilkan performa yang sangat baik. Di sisi lain, Poco X3 GT mengandalkan Dimensity 1100. Keunggulan Dimensity 1100 terletak pada penggunaan inti ARM Cortex-A78 yang lebih baru.

Meskipun Snapdragon 860 memiliki keunggulan dalam skor single core pada pengujian Geekbench 5, Dimensity 1100 unggul dalam skor AnTuTu v8 dan skor multi-core. Dengan demikian, pemilihan antara Poco X3 Pro dan Poco X3 GT akan sangat tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna dalam hal performa yang mereka cari dalam smartphone Jagoans. Spesifikasi lengkap dari kedua ponsel ini dapat dilihat pada tabel berikut :

Fitur

Poco X3 GT

Poco X3 Pro

Chipset

MediaTek MT6891Z Dimensity 1100 (6 nm)

Qualcomm Snapdragon 860 (7 nm)

CPU

Octa-core (4×2.6 GHz Cortex-A78 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)

Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 Gold & 3×2.42 GHz Kryo 485 Gold & 4×1.78 GHz Kryo 485 Silver)

GPU

Mali-G77 MC9

Adreno 640

RAM

8GB RAM

6GB RAM, 8GB RAM

ROM

128GB, 256GB

128GB, 256GB

Layar

6.6 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio

6.67 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio

Kamera Belakang

64 MP (Kamera wide), 8 MP (Kamera ultrawide), 2 MP (Kamera macro)

48 MP (Kamera wide), 8 MP (Kamera ultrawide), 2 MP (Kamera macro), 2 MP (Kamera depth)

Kamera Depan

16 MP (Kamera wide)

20 MP (kamera wide)

Baterai

Li-Po 5000 mAh, non-removable

Li-Po 5160 mAh, non-removable

Dimensi

163.3 x 75.9 x 8.9 mm

165.3 x 76.8 x 9.4 mm

Berat

193 g

215 g

Warna

Stargaze Black, Wave Blue, Cloud White

Phantom Black, Frost Blue, Metal Bronze

Baca juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 Pro Yang Sudah Lebih Murah Tahun 2023

Baterai Poco X3 Pro vs Poco X3 GT

Baterai Poco X3 Pro dan Poco X3 GT memiliki kapasitas yang hampir serupa, Poco X3 Pro memiliki baterai 5.160 mAh, sedangkan Poco X3 GT memiliki baterai 5.000 mAh. Meskipun perbedaan kapasitasnya tidak begitu signifikan, keduanya menawarkan pengisian daya yang sangat berbeda.  

Poco X3 Pro menawarkan fast charging 33W yang mampu mengisi baterai hingga penuh dalam waktu kurang dari satu jam.  Poco X3 GT mengalahkan saingannya dengan daya pengisian 67W, yang diklaim hanya memerlukan 42 menit untuk mengisi baterai hingga penuh.

Namun, ketika hasil klaim tersebut diuji, terdapat sedikit perbedaan. Pada Poco X3 Pro, baterai mencapai 50% dalam waktu setengah jam dan memerlukan 1 jam 15 menit untuk mengisi penuh, sedikit melebihi klaim dari Xiaomi. Sementara Poco X3 GT mencapai 75% dalam waktu setengah jam dan memerlukan 48 menit untuk pengisian penuh.  

Kamera Poco X3 Pro vs Poco X3 GT

Kamera Poco X3 Pro dan Poco X3 GT menawarkan perbedaan menarik dalam hal konfigurasi dan resolusi. Poco X3 Pro memiliki keunggulan dalam jumlah lensa belakang dengan konfigurasi Quad Camera, sementara Poco X3 GT hanya memiliki Triple Camera.

Meskipun demikian, Poco X3 GT dilengkapi lensa utama dengan resolusi yang lebih tinggi, yaitu 64 MP, dibandingkan dengan lensa utama Poco X3 Pro yang hanya memiliki resolusi 48 MP. Kedua ponsel ini juga memiliki lensa ultrawide 8 MP yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan jangkauan yang lebih luas, seperti gambar pemandangan maupun foto grup.

Pada bagian kamera depan, Poco X3 Pro memiliki resolusi yang lebih tinggi, yaitu 20 MP, sementara Poco X3 GT dilengkapi dengan kamera depan 16 MP. Poco X3 Pro memiliki Quad Camera dengan komposisi 48 MP, 8 MP, 2 MP, dan 2 MP. Sedangkan Poco X3 GT memiliki Triple Camera dengan komposisi 64 MP, 8 MP, dan 2 MP.

Kedua ponsel ini memiliki sejumlah fitur tambahan seperti fitur penstabilan gambar optik, perekaman video hingga 4K, aperture lebar untuk menangkap lebih banyak cahaya, lampu flash LED dual-tone, dan dukungan untuk perekaman video slow-motion.

Hasil Foto Poco X3 Pro:

Sumber: Youtube GadgetIn
Sumber: Youtube GadgetIn

Hasil foto Poco X3 GT:

Sumber: Youtube GadgetIn
Sumber: Youtube GadgetIn

Baca juga: Xiaomi Poco F2 Pro: Spesifikasi Lengkap Tahun 2023

Konektivitas Poco X3 Pro vs Poco X3 GT

Jika Jagoans seorang pecinta musik yang suka mendengarkan lagu melalui headphone kabel, Jagoans akan senang mengetahui bahwa Poco X3 Pro masih memiliki soket 3.5 mm audio jack, yang memungkinkan Jagoans untuk menghubungkan earphone favorit Jagoans langsung tanpa perlu adapter tambahan.

Sayangnya, Poco X3 GT tidak memiliki soket audio 3.5 mm, sehingga Jagoans harus menggunakan adapter jika ingin mendengarkan musik dengan headset yang menggunakan konektor kabel. Dalam hal jaringan seluler dan konektivitas WiFi, Poco X3 Pro hanya menyediakan jaringan 2G hingga 4G, sedangkan Poco X3 GT telah mendukung jaringan dual SIM 5G.

Ketika berbicara tentang audio, kedua ponsel ini memiliki pengeras suara stereo yang menghasilkan suara yang kaya dan berkualitas. Namun, Poco X3 Pro memiliki beberapa keunggulan tambahan dalam hal codec audio Bluetooth, seperti aptX dan LDAC, yang tidak tersedia di Poco X3 GT.

Hal ini memungkinkan pengguna Poco X3 Pro untuk merasakan kualitas audio yang lebih baik saat menggunakan perangkat Bluetooth. Poco X3 Pro juga memiliki radio FM internal, yang memungkinkan Jagoans mendengarkan sebagian besar stasiun radio FM tanpa perlu menggunakan internet.

Perbedaan Lain Poco X3 Pro vs Poco X3 GT

Poco X3 Pro dan Poco X3 GT menawarkan pengalaman visual yang mengesankan dengan layar Full HD Plus 1080 x 2400 piksel yang menggunakan panel IPS LCD. Kedua ponsel ini juga mendukung standar HDR10 dan memiliki refresh rate sebesar 120 Hz.  

Poco X3 Pro memiliki layar 6,67 inci dan Poco X3 GT sedikit lebih kecil dengan layar 6,6 inci. Meski begitu, keduanya memiliki aspek rasio 20:9, yang memberikan tampilan luas. Keduanya juga memiliki tingkat kecerahan tipikal sebesar 450 nit, yang cukup terang untuk digunakan di bawah sinar matahari.

Terkait layar, keduanya telah menggunakan kaca antipecah, Poco X3 Pro menggunakan Gorilla Glass 6, sementara Poco X3 GT telah dilengkapi dengan Gorilla Glass Victus. Poco X3 Pro memiliki keunggulan dalam hal dukungan codec audio Bluetooth seperti aptX dan LDAC, yang tidak tersedia di Poco X3 GT.

Jadi, bagi mereka yang mengutamakan kualitas audio saat menggunakan perangkat Bluetooth, Poco X3 Pro adalah pilihan yang lebih baik. Poco X3 Pro menawarkan fleksibilitas dengan varian RAM yang tersedia, mulai dari 6GB hingga 8GB, serta pilihan memori internal 128GB atau 256GB.

Selain itu, pilihan warna yang beragam seperti Phantom Black, Frost Blue, dan Metal Bronze. Sementara itu, Poco X3 GT menonjol dengan varian RAM tunggal yang kuat, yaitu 8GB. Pilihan warnanya meliputi warna stargaze black, wave blue, dan cloud white

Series Poco Terjangkau!

Kesimpulan

Setelah membaca berbagai perbedaan antara Poco X3 Pro dan Poco X3 GT, mungkin kamu sudah semakin mantap untuk menambatkan hati ke satu pilihan. Sebagai penutup tulisan, Jagofon akan merangkum beberapa keunggulan yang dimiliki keduanya.

Alasan untuk Membeli Poco X3 GT:

  1. Koneksi 5G
  2. Prosesor MediaTek Dimensity 1100
  3. Layar yang Lebih Kecil
  4. Poco X3 GT hadir dalam warna Stargaze Black, Wave Blue, dan Cloud White,

Alasan untuk Membeli Poco X3 Pro:

  1. Kinerja Gaming Superior
  2. Resolusi Kamera yang Lebih Tinggi
  3. Pilihan Kapasitas RAM yang Lebih Fleksibel
  4. Layar yang Sedikit Lebih Besar
  5. Penawaran Harga yang Menarik

Gimana nih, Jagoans? sudah memutuskan untuk membeli  Poco X3 Pro atau Poco X3 GT? Dengan berbagai keunggulan di atas, kamu bisa memilih ponsel sesuai dengan kebutuhan kamu lho! Daripada bingung untuk mendapatkan produk yang original dimana, mending lansung cek di Jagofon aja!

Karena di Jagofon, semua ponsel menjalani pengujian ekstensif dan sistematis dengan lebih dari 90 tes untuk memastikan keberfungsian 100% dan originalitas dari produknya. Yuk dapatkan gadget impian kamu hanya di Jagofon!