JagoHacks

7 Fitur Baru iOS 16: iPhone-mu, Milikmu

Genap sebulan iOS 16 rilis pada 12 September 2022, itu berarti cepat atau lambat seluruh pengguna iPhone 8 ke atas akan merasakan sistem operasi terbaru buatan Apple satu ini. Bagi pengguna iPhone yang belum meng-upgrade iOS-nya, mungkin iOS 16 hanyalah sekadar ‘hias lockscreen’ semata. Namun, iOS 16 sesungguhnya hadir dengan fitur yang canggih - lebih personal dan berguna bagi kehidupan sehari-hari. Mau tau apa aja? Yuk simak di bawah ini!

1. Lockscreen Lebih Personal

Meskipun fitur ini sudah ada di berbagai HP Android sejak lama, namun Apple tidak semata-mata  membuat fitur personalisasi lockscreen ini selevel dengan HP Android lainnya. Ada sentuhan khas Apple yang masih membuat pengguna kagum dan kejutan yang diberikan seperti mampu membuat ikatan yang lebih mendalam antara pemilik pada iPhone-nya.

Lockscreen di iOS 16

  • Pilihan jenis dan warna pada font penunjuk waktu
  • Terdapat widget untuk meringkas informasi dari aplikasi yang dipakai pengguna
  • Pengguna dapat membuat dan mengatur tema lockscreen lebih dari satu, juga menyimpan dan memilihnya secara cepat
  • Bank wallpaper dari iPhone, bisa dari foto pribadi rekomendasi iOS 16, kumpulan emoji yang dikreasikan menjadi wallpaper, palet warna aura, dll
  • Fitur depth effect untuk wallpaper yang membuat efek 3D pada lockscreen

2. Fokus

Source: 9to5Mac

Fitur Fokus di iPhone sebelumnya memang sudah ada di iPhone sebelumnya, namun iOS 16 memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk memakai Fokus sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas sehari-hari lebih detail lagi.

Fokus iOS 16

  • Fitur Fokus dapat dibuat untuk lebih dari satu aktivitas dan pengguna dapat mengatur kapan dan dimana Fokus diaktifkan secara otomatis
  • Notifikasi dan widget yang ditampilkan pada lockscreen akan lebih di-filter sesuai kebutuhan pengguna saat mengaktifkan Fokus
  • Tidak hanya pada lockscreen, bahkan aplikasi pada homescreen juga difiltrasi saat Fokus aktif

Lewat fitur terbaru dari iOS 16 ini, Apple menunjukan betapa aktivitas dan keseharian pengguna adalah prioritas mereka dalam berinovasi.

Baca juga: Cek Perbedaan iPhone 13 Pro dan iPhone 14 Pro Disini!

3. Edit atau Hapus Pesan di iMessage

Source: macrumors.com

iMessage merupakan fitur internal dari Apple dalam jejaring komunikasi yang sudah dikenal dan dipakai para pengguna iPhone maupun iPad. Ketika beberapa platform chat sudah mengeluarkan fitur hapus pesan, akhirnya di iOS 16 dihadirkan juga fitur ini dengan tambahan edit pesan yang telah terkirim.

iMessage di iOS 16

  • Hapus pesan yang telah terkirim selama 2 menit
  • Edit pesan yang telah terkirim sebanyak 5 kali revisi
  • Menandai pesan yang belum terbaca

4. Live Text

Source: VOI.id

Fitur paling berguna untuk kamu yang suka kelupaan dalam hal mencatat. Live Text adalah fitur dimana pengguna dapat meng-capture sebuah teks atau tulisan di sebuah gambar dan iPhone akan mengubah teks tersebut menjadi tulisan yang kemudian bisa dipakai (paste) sebagai tulisan dalam chat, catatan dsb. Sebenarnya fitur ini sudah ada di iPhone 13, namun semenjak kehadiran iOS 16 fitur Live Text mengalami berbagai kemajuan yang menarik untuk dicoba.

Live Text di iOS 16

  • Live Text mampu memindai tulisan pada sebuah video dan mengubahnya menjadi tulisan
  • Live Text dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia
  • Teks yang terdeteksi di video bisa disalin dan ditempel

Baca juga: Fakta Menarik dari iPhone 14

5. Visual LookUp

Source: Tech Crunch

Cocok buat kamu yang suka mengedit foto, LookUp memungkinkan kamu untuk mengambil objek utama pada sebuah foto dan menyalinnya ke platform lain. Alias, kamu dapat meng-crop sebuah objek utama dalam foto tanpa background-nya!

Objek yang dapat kamu ambil juga bebas dan beragam, bisa jadi orang, burung, serangga, patung, furnitur dsb dan kamu dapat menggunakan objeknya pada foto atau gambar lain. Kreativitas dan padu padan objek dapat digunakan lewat fitur ini.

Namun perlu diingat, Visual LookUp hanya tersedia di iPhone dengan chipset A12 Bionic mulai dari iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max dan yang terbaru dari generasi iPhone tersebut.

6. Lebih Personal di Galeri Foto

Source: AppleInsider

Koleksi foto pada HP merupakan suatu yang personal dan bersifat privasi. Apple menjawab kebutuhan ini dengan menghadirkan Hidden Photos & Album yang hanya bisa diakses oleh si empunya iPhone tersebut dengan Face ID atau Passcode.

Pengguna dapat langsung mengatur fitur ini lewat Settings > Photos > Face ID. Tidak hanya foto, beberapa album yang sifatnya privasi juga dapat disembunyikan di iOS 16 lho.

7. Passkeys

Source: CNet

Mengingat banyak password untuk tiap aplikasi atau sosial media yang kamu punya memang melelahkan, namun dengan kehadiran fitur Passkeys di iOS 16 ini hambatan menulis password bisa dikesampingkan.

Passkeys adalah fitur dari iOS 16 yang memungkinkan pengguna log in di tiap aplikasi atau akun tanpa menggunakan password melainkan iPhone akan mendeteksi sang pengguna melaluuiFace ID, passcode atau sidik jari.

iPhone-mu, Teman Dekatmu

Masih banyak fitur baru yang dapat kamu explore dengan kehadiran iOS 16 pada iPhone sekarang, karena iOS 16 juga memberi banyak perubahan di beberapa aplikasi bawaannya seperti Safari, Mail dan lainnya. Hal yang disampaikan di atas hanyalah beberapa fitur yang Jagofon yakini dapat membuat dampak yang signifikan untuk pengalamanmu dalam memakai iPhone.

Kehadiran iOS 16 membuat ikatan yang lebih kuat antara pemilik dan HP-nya, fitur yang dihadirkan sangat relatable dan berguna bagi kehidupan sehari-hari. Jika kamu ingin merasakannya, membeli iPhone yang kompatibel dengan iOS 16 adalah jawabannya. Mencari iPhone second dengan kualitas sama dengan HP baru namun harga yang jauh terjangkau adalah solusi dari Jagofon untukmu!

Sebagai spesialis HP second berkualitas dan terjangkau, Jagofon selalu menghadirkan iPhone terbaik dengan uji kelayakan yang dilakukan dengan teliti. Selain itu, tak perlu khawatir dengan legalitasnya, Jagofon hanya menyediakan iPhone dengan IMEI yang terdaftar di Kemenperin yang sudah terjamin keasliannya!