Comparison

Cek Perbedaan iPhone 14 Pro dan iPhone 13 Pro Disini

iPhone 14 Pro kerap dijuluki sebagai “iPhone 13 Pro mahal” karena ia mempunyai fitur yang sama dengan iPhone 13 Pro. Padahal, jika orang-orang melihat lebih seksama, mereka akan melihat perbedaan di antara kedua HP Apple tersebut. Jika kamu ingin tahu apa saja kedua perbedaan tersebut, yuk baca artikel di bawah ini!

Layar & Desain

Jika kamu ingin melihat perbedaan desain di antara iPhone 14 Pro dan iPhone 13 Pro, kamu harus melihatnya dengan sangat jeli karena perbedaan fisik di antara dua HP ini sangatlah jarang sehingga kamu tidak akan langsung melihatnya.

Perbedaan pertama yang gampang dilihat adalah Notch milik iPhone 14 Pro. Notch iPhone 14 Pro memiliki Notch yang lebih besar dan terlihat lebih modern dibandingkan notch iPhone 13 Pro. Menurut preview yang ditunjukan oleh Apple, notch iPhone 14 Pro akan mempunyai fitur Dynamic Island dimana notch HPnya akan menunjukan berbagai hal seperti screen time, notifikasi untuk AirPods, dan lain-lain.

iPhone 14 juga akan dirilis dengan fitur Always-On-Display (AOD) yang mungkin sudah pernah dirasakan oleh pemilik HP Android. AOD akan menunjukan display yang sudah kamu buat ketika HP kamu dalam lock mode. Selain AOD, iPhone 14 juga akan mempunyai refresh rate yang bisa kamu ubah dari 1Hz sampai 120Hz.

Sayangnya, tidak semua orang menyukai fitur baru yang ada di iPhone 14 Pro. Notch yang menjadi highlight bisa mengganggu pengalaman menonton video kamu, dan AOD bisa membuat orang bingung karena tampilannya hampir mirip ketika HP saat sedang menyala. Hal ini bukan berarti fitur iPhone 14 Pro tidak bagus, namun masih ada orang-orang yang merasa bahwa fitur tersebut tidak memberikan dampak yang signifikan untuk iPhone 14 Pro.

Baca juga: Kekurangan iPhone dibanding Android

Spesifikasi & Performa

Spesifikasi

iPhone 13 Pro

iPhone 14 Pro

Layar

6.1in Super Retina XDR, ProMotion 

6.1in Super Retina, ProMotion, Always On Display 

Ukuran

146,7 x 71,5 x 7,65 mm

147,5 x 71,5 x 7,85 mm

Berat

203 gram

206 gram

Prosesor

Chip A15 Bionic dengan CPU 6-core dan GPU 5-core

Chip A16 Bionic dengan CPU 6-core dan GPU 5-core

RAM

6GB

6GB

Memori

128. 256, 512 GB, 1 TB

128. 256, 512 GB, 1 TB

Kamera

  • 12MP Kamera belakang dengan ultrawide dan telefoto

  • 12MP kamera depan dengan TrueDepth

  • Mempunyai Photogenic Engine yang memberikan hasil warna yang tajam

  • 12MP Kamera belakang dengan ultrawide dan telefoto

  • 12MP kamera depan dengan TrueDepth dan sensor otomatis

Perubahan terbesar dari iPhone 14 Pro adalah prosesornya, yaitu Chip A16 Bionic. Chip ini sudah di-design dengan sedemikian rupa sehingga ia bisa memberikan performa 20% lebih baik daripada Chip A15 Bionic dan 40% daripada rivalnya yaitu Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Meskipun Apple menggembor-gemborkan chip yang baru, masih belum ada data yang bisa menunjukan bagaimana chip tersebut akan mempengaruhi daya baterai HP. Bahkan, ada yang memprediksi bahwa chip ini akan mempengaruhi daya baterai secara signifikan karena ada perubahan chip tetapi tidak ada perubahan di CPU core dan GPU core yang digunakan di iPhone 14 Pro.

Meskipun iPhone 14 Pro lebih cepat daripada pendahulunya, HP ini hanya memberikan 20% performa lebih baik, dan jumlah tersebut bisa dibilang kecil dibandingkan dengan daya baterai yang akan digunakan hanya untuk 20% tersebut.

Baca juga: Cek Perbedaan iPhone 14 dan iPhone 13: Hampir Sama?

Kamera

Jika kamu adalah pecinta kamera, maka kamu akan senang dengan perubahan yang dibuat oleh Apple di iPhone 14 Pro. Pertama, iPhone 14 Pro mempunyai fitur Photonic Engine yang akan membantu kamu ketika kamu mengambil foto di tempat remang-remang. Berkat Photogenic Engine, jumlah cahaya yang minim tidak akan mempengaruhi kualitas fotonya. Fitur ini cocok bagi mereka yang sering keluar pada malam hari.

Source: techcrunch.com

Selain Photonic Engine, iPhone 14 Pro juga dilengkapi dengan megapixel yang lebih banyak yaitu 48 megapixel. HP ini juga mempunyai sensor 65% lebih besar dari pendahulunya dan juga cinematic mode yang lebih baik. Hal-hal yang disebutkan akan mempengaruhi kualitas foto kamu bahkan ketika tangan kamu tidak stabil atau kamu zoom in. dengan fitur-fitur tersebut, foto yang dihasilkan akan tetap konsisten dan lebih baik.

Source: techcrunch.com
Source: techcrunch.com

Meskipun iPhone 14 Pro mempunyai kamera yang lebih baik, kamu harus ingat bagaimana fitur-fitur tersebut bisa mempengaruhi daya baterai. Kita juga harus ingat bagaimana iPhone 14 Pro menggunakan  Chip A16 Bionic tanpa perubahan di CPU core dan GPU  core-nya. Semakin banyak dan berat fiturnya, semakin berat juga dampaknya ke daya baterainya.

Harga

Di official store, iPhone 13 Pro dijual dengan harga Rp. 17.999.000 sampai Rp. 26.999.000, tergantung dengan memori yang kamu ambil. Masih belum ada harga untuk iPhone 14 Pro karena mereka akan dirilis bulan November nanti, tapi prediksi harga untuk HP terbaru Apple ini adalah Rp. 251,52,279 apabila kamu mengambil spek paling minim. Mengingat bagaimana iPhone 14 Pro ada versi 1 TB-nya, harganya pasti bisa mencapai lebih dari Rp. 30,000,000.

Baca juga: Fakta Menarik iPhone 14

Kesimpulan

Meskipun iPhone 14 Pro tidak terlihat berbeda dari luar, HP ini mempunyai fitur-fitur baru yang kamu bisa temukan ketika kamu menjelajahi sistemnya. Chip terbaru Apple membuat HP ini bekerja lebih cepat daripada “kakaknya,” dan kameranya pun sudah dilengkapi dengan fitur baru. Jika kamu mau HP yang lebih besar dengan kamera yang OK, kamu bisa mencoba untuk membeli iPhone 14 Pro.

Namun, jika kamu ingin menggunakan HP kamu untuk kegiatan sehari-hari dan hal lain yang bisa tahan seharian, kamu bisa menggunakan iPhone 13 Pro. meskipun iPhone 13 Pro tidak dilengkapi dengan kamera terbaru seperti iPhone 14 Pro, iPhone 13 Pro masih bisa bekerja dengan baik untuk kegiatan sehari-hari. Dan, kamu tidak usah mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkannya.

Dapatkan iPhone 13 Pro yang terjangkau!

Jika kamu butuh HP yang mempunyai daya baterai yang bisa bertahan ratu hari penuh dan juga performa yang baik, maka kamu bisa menggunakan iPhone 13 Pro. jika harganya terlalu mahal, kamu bisa membeli iPhone 13 Pro second di Jagofon.

Jagofon mempunyai berbagai variasi iPhone 13 Pro yang bisa kamu pilih. Selain itu, mereka juga selalu melakukan testing untuk HP mereka untuk memastikan bahwa HPnya bisa digunakan oleh pembelinya. Jadi, kamu tidak usah khawatir dengan IMEI dan fungsi HPnya karena semua HP Jagofon sudah lolos tes fungsi dan dijamin akan bekerja dengan baik. Ayo, beli iPhone 13 Pro second di Jagofon sekarang juga!