JagoHacks

August 22, 2022

7 Tips Membeli iPhone Bekas Agar Tidak Tertipu

Buat Jagoan yang suka bingung mengapa iPhone masih menjadi dambaan orang sampai sekarang, well HP besutan Apple satu ini memang punya karisma tersendiri. Disamping harganya yang masih tinggi, namun banyak user yang puas dengan performanya.

iPhone terkenal dengan kinerjanya yang powerful dan teknologinya yang inovatif. Selain itu, kenyamanan privasi pengguna yang terjamin membuat iPhone jadi eksklusif dan dinanti banyak orang dari segala kalangan. Maka dari itu, banyak yang beralih untuk mencari iPhone second dengan harga yang lebih terjangkau.

Membeli iPhone bekas pun tidak bisa sembarangan. Karena banyak diluaran sana yang menjual produk iPhone yang tidak ori dan ilegal. Alih-alih membeli iPhone second untuk menghemat pengeluaran, bisa jadi boncos jika Jagoan tidak memperhatikan hal-hal berikut.

1. Pastikan Apple ID telah Kosong

Untuk memakai iPhone, pengguna membutuhkan Apple ID yang terdaftar untuk log in ke iPhone tersebut. Jika kamu pengguna baru iPhone, kamu akan mendaftarkan diri dan membuat akun Apple ID baru untuk iPhone-mu sendiri.

Sebelum deal membeli iPhone bekas, kamu bisa cek ke Pengaturan dulu. Di paling atas, akan ada informasi Apple ID yang masih ter-log in. Pastikan informasi Apple ID tersebut kosong agar kamu bisa memasukan Apple ID kamu di iPhone tersebut.
Ini adalah salah satu eksklusifitas yang dibuat Apple untuk pada penggunanya.

Tips membeli iPhone bekas satu ini sangat penting karena Apple ID diibaratkan layaknya KTP untuk iPhone kamu. Jika kamu memakai iPhone yang masih ada Apple ID orang lain, maka kamu tidak akan bisa bebas memakai HP-mu sendiri.

2. Cek Fungsi dan Kesehatan Baterai iPhone

Perlu diperhatikan sebelum membeli iPhone bekas adalah mengecek kesehatan daya baterainya. Jangan sampai kamu membeli HP dengan baterai yang sudah bocor dan mengeluarkan modal tambahan untuk menggantinya.

Kamu bisa tes dulu dengan mengecas HP terlebih dahulu selama beberapa saat, lalu bisa dioperasikan dan lihat apakah penurunan baterainya cepat atau normal. JIka penurunan daya baterai terjadi dengan cepat, ada kemungkinan baterainya bocor.

Untuk  iPhone sendiri, kamu bisa melihat daya atau kesehatan baterai di Pengaturan. Cek ke Baterai > Kesehatan Baterai atau Battery Health. Tidak ada angka yang ideal untuk kesehatan baterai, namun performa baterai masih normal jika kesehatannya di angka 80%, sama seperti semua HP yang ada di Jagofon.

Baca juga: Perbedaan iPhone 12 Pro Max dengan iPhone 13 Pro Max

3. Cek Kondisi Fisik HP

Tips membeli iPhone bekas selanjutnya adalah melihat kondisi fisik HP dengan seksama. Kamu bisa memulai dengan mengecek goresan atau penyok yang ada di semua sisi HP. Cek juga permukaan layar serta kamera untuk melihat goresan yang mungkin ada.

Setelah itu, cek iPhone bekas yang ingin kamu beli dari touch screen-nya. Tes dengan menyentuh semua sisi layar dan keyboard. Selanjutnya, kamu bisa mengecek ke setiap tombol dan USB port, pastikan semuanya berfungsi 100% ya.

iPhone bekas di Jagofon sudah memiliki sertifikasi dimana layar, keyboard, tombol, port dll berfungsi sempurna. Untuk goresan atau penyok di bodi HP, semua tergantung pilihanmu, Jagofon menyediakan 4 kondisi HP dari level HP yang memiliki goresan atau penyok sampai yang mulus seperti HP baru. Cek disini.

4. Periksa Respon dan Kondisi Layar HP

Seperti yang sudah dijelaskan di tips membeli iPhone bekas sebelumnya, adalah penting untuk mengetahui kondisi layar dan LCD iPhone bekas pilihanmu. Selain mengetes semua karakter di keyboard bekerja dengan baik, ada beberapa yang bisa kamu coba untuk mengetesnya.

Tes layar iPhone 8 ke atas bisa dimulai dengan mengecek TrueTone, ini fitur white balance dari Apple untuk menyeimbangkan warna layar sesuai kondisi cahaya sehingga visual yang dihasilkan tetap prima dan tajam. Cek ke Pengaturan dan ketik True Tone, jika tidak ada fitur True Tone kemungkinan besar layar dan LCD iPhone bekas tersebut sudah diganti atau tidak asli.

Selain itu, kamu bisa download dan gunakan aplikasi Touchscreen Test pada iPhone bekas dan ikuti semua instruksi di dalamnya untuk mengetahui kondisi layar iPhone bekasmu.

5. Cek IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor seri yang dimiliki oleh setiap HP. Pastikan saat kamu membeli iPhone bekas untuk mengecek IMEI di kotak kemasannya. Atau kamu bisa cek langsung di dalam HP nya di bagian Pengaturan.

Cek IMEI merupakan salah satu tips membeli iPhone bekas yang penting karena jika iPhone bekas yang kamu beli tidak punya IMEI, HP tersebut akan langsung diblokir dan tidak bisa dipakai dengan semua operator seluler di Indonesia.

Semua iPhone di Jagofon sudah dipastikan legal dan mengikuti peraturan pemerintah yang terbaru. Adanya IMEI dan bukan barang curian menjadi salah satu pilihan utama yang bisa kamu pikirkan untuk beli HP di Jagofon. Selain itu, jika masih terjadi IMEI block, Jagofon juga menyediakan garansi IMEI sampai satu tahun, lho.

Baca juga: 6 Rumor iPhone 14, Sehebat Apa Sih?

6. Periksa Konektivitas iPhone

Berhubungan dengan IMEI, tips membeli iPhone bekas satu ini menyarankan kamu untuk memeriksa setiap konektivitas yang ada di iPhone bekas sebelum kamu beli. Konektivitas adalah setiap jaringan nirkabel yang terdapat pada HP.

Kamu bisa mulai dengan mengetes jaringannya dengan memakai berbagai operator serta jaringan internetnya. Selain itu, jangan lupa untuk mengetes konektivitas wifi dan bluetooth-nya.

7. Hindari Membeli iPhone Generasi Lama

iPhone datang dengan pembaruan generasi di tiap tahunnya. Pastikan saat kamu membeli iPhone bekas, pilihlah iPhone di generasi yang rilis dua atau tiga tahun yang lalu. Karena akan percuma jika kamu membeli iPhone bekas generasi lama yang spesifikasinya sudah tidak relate dengan zaman sekarang.

iPhone generasi lama cenderung akan kadaluarsa, biasanya satu generasi idealnya dipakai selama lima tahun. Setelah itu, iPhone tersebut tidak akan bisa dipakai karena sudah tidak bisa mendukung iOS atau aplikasi versi terbaru lagi. Lagipula, iPhone bekas dari generasi lama kebanyakan mempunyai kondisi yang lebih buruk daripada iPhone bekas generasi terbaru.

Kamu bisa mulai memilih iPhone bekas dari generasi iPhone 11 ke atas. Atau jika punya budget lebih, ada baiknya kamu membeli iPhone 13 bekas di Jagofon yang rata-rata kondisinya masih sama dengan yang baru.

Ribet Mikirin Semua? Jagofon Solusinya!

Membeli iPhone bekas bisa jadi hal yang rumit, apalagi jika kamu baru akan menjadi pengguna iPhone. Hal-hal diatas adalah tips membeli iPhone bekas yang bisa jadi melelahkan jika kamu melakukannya sendiri.

Jagofon sebagai spesialis HP second berkualitas dan terjangkau menyediakan berbagai HP bekas yang bisa kamu pilih sebagai daily driver kamu tanpa harus mengunjungi toko HP dan melakukan tips-tips diatas. Semua HP yang ada di Jagofon mempunyai Jagofon Certified dimana sudah lulus tes kualitas dan terjamin 100% berfungsi, bahkan bisa selevel dengan HP baru!

Beli HP second jadi nyaman karena pengiriman gratis untuk Pulau Jawa, serta dengan garansi 7 hari uang kembali, garansi mesin 30 hari serta garansi IMEI 1 tahun membuat HP di Jagofon dapat kamu percaya. Psst, lagi banyak promo juga loh, yuk langsung klik gambar dibawah ini!



Share on: