JagoHacks

Alasan Kenapa HP Samsung Tiba-Tiba Mati dan Cara Mengatasinya

6 Cara Memperbaiki HP Samsung Mati Hidup Sendiri - Blibli Friends
Source : Blibli

Ponsel yang tiba-tiba mati tentunya akan sangat mengganggu pekerjaan dan aktivitas sehari-hari pengguna, baik pada iPhone maupun Android seperti Samsung. Penyebab dari ponsel Samsung mati biasanya bermacam-macam, mulai dari baterainya yang rusak, bug dan lagging, overheat, hingga mesin ponsel yang rusak.

Kali ini Jagofon akan membahas beberapa penyebab kenapa ponsel Samsung yang rusak, termasuk juga cara untuk mengatasinya. Namun, jika ponsel Samsung kamu benar-benar mati total dan tidak dapat berfungsi kembali, ada baiknya kamu langsung membawanya ke Service Center terdekat.

Penasaran kenapa HP Samsung milikmu tiba-tiba mati total? Yuk simak artikel berikut ya Jagoans!

Penyebab HP Samsung Tiba-Tiba Mati

Untuk kamu yang bertanya-tanya kenapa HP Samsung tiba-tiba mati, ada beberapa kemungkinan penyebab HP Samsung milikmu mengalami hal tersebut, diantaranya :

Baterai Rusak

Gejala Baterai HP Rusak yang Perlu Kamu Ketahui Sekarang!
Source : VC Gamers

Salah satu alasan kenapa HP Samsung yang tiba-tiba mati adalah baterainya yang rusak. Baterai merupakan salah satu komponen paling penting dalam sebuah perangkat smartphone karena berperan sebagai sumber daya utama. Ketika baterai rusak, ponsel bisa saja mati total.

Untuk itu, ada baiknya kamu memeriksa kondisi baterai ponselmu ketika mengalami HP Samsung yang mendadak mati. Selain itu, periksa juga USB Port Samsung milikmu, karena bisa jadi baterai tidak terisi karena USB port yang tidak berfungsi normal.

Jika HP Samsung kamu masih tidak berfungsi dengan baik dan rusak, sebaiknya kamu membawanya ke Service Center atau pusat perbaikan untuk diperiksa dan diganti baterai. Pastikan saat memeriksa baterai, kamu tidak ikut membongkar baterai internal secara mandiri karena dikhawatirkan dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh perangkat.

CPU Overheat

Phone overheating? These tips will help your iPhone or Android from losing  battery life | How-to
Source : HT Tech

Penyebab lain dari kenapa HP Samsung tiba-tiba mati adalah CPU-nya yang mengalami CPU overheat, atau suatu kondisi ketika suhu ponsel mengalami peningkatan di atas normal. CPU yang overheat biasanya diakibatkan oleh banyaknya aplikasi yang dijalankan di latar belakang ponsel Samsung.

Meskipun HP Samsung dapat melakukan multi-task atau dapat menjalankan beragam aplikasi sekaligus, jika digunakan dalam jangka waktu yang lama tentunya akan mengakibatkan penggunaan arus tinggi dan kemudian CPU akan berusaha me-restart dan membuat HP kamu mati secara otomatis.

Jika HP Samsung tiba-tiba mati setelah meng-install aplikasi, ada baiknya kamu mencopot aplikasi tersebut dan melakukan restart HP, karena bisa jadi aplikasi tersebut yang menjadi CPU bekerja terlalu keras yang menyebabkan ponsel Samsung milikmu mati.

Cache Penuh

Bisa Bikin Penuh Memori HP Android, Apa Itu Data Cache dan Cara Hapusnya?
Source : Medcom.id

Kenapa HP Samsung tiba-tiba mati? penyebab lainnya adalah penuhnya cache pada ponsel. Dilansir dari laman Bhinneka, cache adalah proses penyimpanan data, baik pada browser dan aplikasi secara sementara di penyimpanan internal ponsel agar dapat loading lebih cepat.

Cache juga dapat berukuran besar dan akibatnya ponsel jadi tidak dapat berjalan dengan optimal, hingga menyebabkan ponsel mati total. Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya kamu menghapus cache secara berkala di HP Samsung kamu agar tidak memenuhi memori dan dapat menyebabkan ponsel eror hingga mati.

Adanya Bug di Firmware

Source : Kapan Lagi

Untuk Jagoans yang belum tahu, bug pada ponsel dapat didefinisikan sebagai sebuah kesalahan atau cacat dalam software, sehingga sistem tidak dapat berfungsi normal. Adanya bug pada firmware ponsel juga dapat menjadi alasan kenapa HP Samsung tiba-tiba mati.

Jika terdapat bug firmware pada ponsel Samsung milikmu, hal ini tentunya sangat mengganggu dan bisa dibilang cukup berisiko karena memengaruhi performa ponsel Samsung kamu. Selain ponsel Samsung yang sering mati sendiri, sistem operasi juga akan mengalami perlambatan dan tidak berjalan optimal.

OS Eror

پیشگامان دیجیتال | جستجوی  how-to-fix-android-system-update-failed-to-install-error-read-more-https-www-slashgear-com-901900-how-to-fix-android-system-update-failed-to-install-error-utm_campaignclip
Source : pishgamandigital

OS (Operating System) atau yang dikenal dengan sistem operasi yang eror juga bisa menjadi kenapa HP Samsung tiba-tiba mati total. Hal ini dikarenakan sistem operasi yang sudah terlalu jadul dan memerlukan pembaharuan sistem, atau pun bisa juga disebabkan oleh sistem operasi yang tidak optimal sehingga mengakibatkan daya ponsel cepat habis.

Di samping itu, kerusakan pada sistem operasi ponsel Samsung yang sering eror juga dapat disebabkan oleh adanya kemunculan bug dan virus. Agar terhindar dari virus tersebut, pengguna hendaknya tidak menggunakan aplikasi dari pihak ketiga dan hati-hati terhadap pilihan cookies saat melakukan penjelajahan menggunakan internet.

Kondisi HP Sudah Rusak

Cara Menghidupkan HP Samsung yang Mati Total: Panduan Lengkap dan Efektif -  AnakTekno
Source : Anak Tekno

Kondisi terakhir ketika HP Samsung kamu mati total kemungkinannya adalah HP Samsung tersebut telah benar-benar rusak. Kondisi rusak ini dapat ditandai dengan layar yang bergaris, aplikasi yang dijalankan sering crash ataupun force closed, daya baterai juga cepat habis, hingga performanya yang melambat.

Apabila kamu mengalami tanda-tanda tersebut, sebaiknya jangan diabaikan karena bisa berdampak pada kondisi HP Samsung yang mati total. Sebaiknya segera bawa ponsel Samsung milikmu ke Service Center terdekat sebelum benar-benar rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi.

Baca juga: Simak! Penyebab HP Samsung Tiba-Tiba Mati!

Cara Mengatasi HP Samsung Tiba-Tiba Mati

Setelah mengetahui penyebab kenapa HP Samsung tiba-tiba mati, kamu dapat melakukan cara-cara berikut untuk mengatasi kondisi mati total tersebut. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan :

Melakukan Restart HP Samsung

Cara ini mungkin tergolong klasik dan merupakan cara paling mudah untuk dilakukan saat pengguna mengalami gangguan pada ponsel. Untuk melakukan restart, caranya adalah sebagai berikut :

  • Tekan dan tahan tombol Power yang berada pada samping ponsel.
  • Kemudian, tekan dan tahan Volume Down tanpa melepas tombol Power, tahan selama beberapa detik.
  • Tunggu beberapa saat hingga HP Samsung kamu melakukan restart secara otomatis.

Bersihkan Cache dan Memori Menumpuk

Cara selanjutnya adalah dengan membersihkan cache dan memori pada ponsel Samsung. Untuk menghapus chace kamu dapat langsung ke menu pengaturan lalu lakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Setelah membuka menu Pengaturan, pilih opsi menu Perawatan perangkat dan baterai.
  • Kemudian pilih opsi Optimalkan sekarang.
  • Perawatan perangkat secara otomatis akan mengoptimalkan HP Samsung kamu dan membersihkan cache aplikasi.

Ganti Motherboard

Ini Perbedaan CPU, Prosesor, dan SoC di Smartphone
Source : Bisnis Tekno

Cara terakhir untuk mengatasi ponsel Samsung yang tiba-tiba mati adalah dengan mengganti motherboard-nya. Motherboard sendiri bisa dibilang adalah perangkat keras atau hardware yang menjadi rumah bagi chipset dan komponen penting lainnya pada HP Samsung kamu.

Jika kamu tidak cukup mengerti tentang hardware pada ponsel, disarankan untuk melakukan penggantian motherboard di Service Center terdekat agar diganti oleh ahlinya dan dapat menghindari kerusakan komponen yang lebih jauh.

Untuk mengetahui alamat dari Pusat Service Samsung yang resmi, kamu dapat mengunjungi laman berikut : https://www.samsung.com/id/support/service-center/

Ganti HP Samsung di Jagofon!

Gimana Jagoans? sudah menemukan alasan kenapa HP Samsung tiba-tiba mati? Kalau kerusakannya sudah sangat parah dan tidak dapat digunakan lagi, mungkin ini saatnya kamu mempertimbangkan untuk meng-upgrade Samsung milikmu dengan membelinya di Jagofon!

Baca juga : Yuk Lihat Jajaran HP Samsung Terbaru dan Harganya! (Februari 2024)

Kamu nggak perlu pusing soal budget, karena semua produk yang ditawarkan Jagofon juga memiliki harga yang terjangkau. Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Jangan khawatir, semua produk Jagofon sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi! Yuk segera dapatkan HP impianmu hanya di Jagofon!