Lifestyle

December 15, 2023

Ini Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Antivirus di iPhone

Dalam era digital saat ini, keamanan smartphone menjadi perhatian utama para pengguna. Pemahaman orang-orang terhadap penggunaan antivirus di handphone seringkali bergantung pada sistem operasi perangkat tersebut. Kalau pengguna Android mungkin lebih cenderung memahami pentingnya antivirus karena sifat terbuka dari platform ini yang dapat membuatnya lebih rentan terhadap serangan.

Source: Panda Security

Beberapa orang memilih untuk menginstal aplikasi antivirus sebagai langkah tambahan, sementara yang lain lebih mengandalkan keamanan bawaan saja. Orang yang menjaga perangkatnya dari virus, kemungkinan besar akan lebih berhati-hati dalam menggunakan handphone.

Melakukan update dari sistem operasi, tidak sembarangan mengunduh aplikasi, dan penggunaan kata sandi yang kuat adalah faktor-faktor lain yang berkontribusi pada pemahaman ini. Oleh karena itu, pemahaman orang-orang terhadap antivirus di HP tidak hanya berkaitan dengan keberadaan aplikasi tambahan, tetapi juga melibatkan kesadaran dan kebiasaan yang mendorong keamanan digital secara keseluruhan.

Baca juga: Inilah Spesifikasi iPhone 15

Apakah iPhone Perlu Antivirus?

Tapi tahukah Jagoans, bahwa iPhone sebenarnya tidak memerlukan antivirus? Secara umum, iPhone memiliki sistem keamanan yang cukup ketat, dan Apple telah membangun beberapa lapisan perlindungan untuk mencegah masuknya malware dan aplikasi berbahaya ke perangkat iOS. Namun, seperti platform lainnya, tidak ada sistem yang sepenuhnya kebal terhadap risiko keamanan.

Source: Pinterest

Apple menyediakan App Store yang dikurasi dengan ketat, yang berarti setiap aplikasi yang disetujui untuk didistribusikan melalui toko tersebut telah melalui serangkaian pengujian dan verifikasi keamanan. Selain itu, iOS memiliki sistem keamanan yang disebut "sandboxing" yang membatasi kemampuan aplikasi untuk berinteraksi satu sama lain atau dengan bagian sistem operasi yang sensitif.

Cara Melindungi iPhone dari Ancaman Virus

Keamanan iPhone dapat ditingkatkan melalui langkah-langkah pencegahan yang efektif. Jagoans yang menggunakan iPhone bisa mengikuti tahap di bawah ini, yaitu:

1. Update iOS

Pertama, pastikan untuk selalu menjalankan versi terbaru dari iOS. Pembaruan sistem operasi tidak hanya memberikan fitur baru, tetapi juga mencakup perbaikan keamanan yang kritis. Pembaruan ini dirancang untuk menutup celah keamanan potensial dan memberikan perlindungan tambahan terhadap ancaman keamanan terbaru.

2. Memperhatikan Sumber Aplikasi

Berhati-hati dengan sumber aplikasi. Unduh aplikasi hanya dari App Store resmi. Apple menerapkan proses kurasi yang ketat, memastikan bahwa setiap aplikasi yang disediakan di App Store telah melalui pengujian keamanan yang ketat. Menghindari mengunduh dari sumber yang tidak dikenal mengurangi risiko aplikasi berbahaya yang dapat merugikan keamanan perangkat.

3. Mengaktifkan Fitur Keamanan

Aktifkan fitur keamanan bawaan dan gunakan pengaturan privasi dengan bijak. Pastikan bahwa "Find My iPhone" selalu aktif untuk membantu melacak perangkat jika hilang. Gunakan kata sandi yang kuat dan batasi izin aplikasi hanya untuk yang benar-benar diperlukan.

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini, kamu dapat membuat iPhone milikmu lebih tangguh terhadap potensi ancaman keamanan digital. Dengan begitu, keamanan terbaik berada dalam genggaman penggunanya sendiri.

Source: Privado VPN

Rekomendasi Aplikasi Eksternal

iPhone perlu antivirus jika Jagoans tidak memperbarui perangkat lunak iOS secara teratur atau suka mencoba mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Jagoans mungkin merasa lebih aman dengan tambahan lapisan keamanan, ada beberapa aplikasi antivirus dan keamanan yang tersedia di App Store untuk iPhone. Beberapa contohnya termasuk Avast, McAfee, dan Norton.

Kalau kamu masih kurang yakin dengan sistem pengamanan iPhone, mungkin iPhone perlu antivirus untuk menjawab keraguanmu. Jagoans bisa mengunduh aplikasi antivirus yang memberikan perlindungan ekstra. Berikut beberapa rekomendasi antivirus untuk iPhone:

1. Avast Security & Privacy

Avast Security & Privacy merupakan aplikasi keamanan yang dirancang untuk perangkat iPhone, dikembangkan oleh perusahaan keamanan digital Avast. Aplikasi ini menyediakan pemindaian malware dan privasi untuk mendeteksi dan menghapus potensi ancaman, serta memberikan kontrol terhadap izin aplikasi.

Fitur perlindungan Wi-Fi melindungi perangkat dari jaringan nirkabel yang tidak aman, sementara monitor pelanggaran keamanan memberikan pemberitahuan tentang pelanggaran data pribadi. Avast Security & Privacy juga mencakup manajer kata sandi, pembaruan otomatis, dan pencarian web aman untuk meningkatkan keamanan selama penggunaan internet.

2. McAfee Mobile Security

McAfee Mobile Security adalah aplikasi keamanan yang ditujukan untuk perangkat iPhone, dikembangkan oleh perusahaan keamanan digital terkemuka, McAfee. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur perlindungan, termasuk pemindaian malware, pelacak perangkat, dan cadangan data. McAfee Mobile Security memberikan Jagoans kontrol terhadap izin aplikasi dengan memberikan informasi tentang setiap aplikasi yang terpasang.

Selain itu, fitur perlindungan Wi-Fi dan pencegahan pencurian memberikan lapisan tambahan keamanan terhadap ancaman online dan kehilangan perangkat. Dengan antarmuka yang ramah pengguna, McAfee Mobile Security menawarkan solusi komprehensif sebagai tambahan keamanan iPhone-mu.

3. Norton Mobile Security

Norton Mobile Security pada iPhone menonjol dengan sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang solid untuk melindungi perangkat dari ancaman cyber. Fitur pemindaian malware yang andal memastikan deteksi dini dan penghapusan ancaman potensial, sementara pelacak perangkat memungkinkan pemilik iPhone untuk melacak dan mengunci perangkat jika hilang.

Keamanan Wi-Fi membantu melindungi Jagoans dari risiko di jaringan nirkabel yang tidak aman. Norton Mobile Security juga menonjol dengan kemampuan penghapusan jarak jauh dan pemantauan privasi yang memberikan Jagoans kendali lebih atas data pribadimu. Norton Mobile Security menawarkan solusi keamanan yang komprehensif dan dapat diandalkan untuk pengguna iPhone yang mengutamakan perlindungan terhadap berbagai ancaman cyber.

4. Trend Micro Mobile Security

Trend Micro Mobile Security menonjol sebagai solusi keamanan terkemuka untuk pengguna iPhone dengan sejumlah keunggulan yang signifikan. Aplikasi ini menawarkan perlindungan melalui fitur pemindaian malware yang canggih, memastikan deteksi dan penghapusan ancaman cyber dengan efektif. Pelacak perangkat yang disertakan memungkinkan kamu untuk melacak dan mengamankan perangkatmu jika hilang.

Keamanan Wi-Fi membantu melindungi kamu dari potensi risiko di jaringan nirkabel. Trend Micro Mobile Security juga menyediakan manajemen privasi yang kuat, memberikan Jagoans kontrol penuh atas izin aplikasi dan memberikan peringatan pelanggaran privasi. Trend Micro Mobile

5. Kaspersky Security Cloud

Kaspersky Security Cloud menonjolkan fitur manajemen privasi yang kuat, memberikan kamu kendali penuh atas izin aplikasi dan memberikan peringatan terkait pelanggaran privasi. Keamanan Wi-Fi melindungi kamu dari potensi risiko di jaringan nirkabel, sementara antarmuka pengguna yang intuitif membuat pengaturan dan pemantauan keamanan menjadi mudah.

Dengan pembaruan yang teratur dan responsif terhadap ancaman terkini, Kaspersky Security Cloud menjadi pilihan yang cukup bagus bagi pengguna iPhone yang mengutamakan keamanan dan privasi digital.

Baca juga: Inilah Cara Mudah Mendeteksi Layar Asli iPhone X

Kesimpulan

Meskipun iPhone memiliki keamanan bawaan yang kuat, penggunaan aplikasi antivirus dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin tambahan lapisan keamanan dan pemantauan keamanan yang lebih aktif. iPhone perlu antivirus apabila Jagoans seringkali tidak terlalu memperhatikan perkembangan dan detail dari iPhone-mu. Tetapi tidak perlu terlalu khawatir, karena iPhone memberikan perlindungan yang menjamin keamanan penggunanya.

Kalau kamu yang belum menggunakan iPhone dan ingin mencoba menggunakan perangkat yang satu ini, kamu bisa membelinya di Jagofon. Jagofon merupakan marketplace yang menjual gadget dan HP bekas Indonesia yang sudah terbukti pelayanannya. Kamu bisa menemukan beragam model dan tipe gadget di Jagofon, yang sudah melalui serangkaian tes fungsi. Jadi, iPhone yang kamu terima akan berfungsi seperti perangkat iPhone baru.

Di sini, kamu bisa mendapatkan HP bekas dengan jaminan garansi mesin 1-6 bulan, loh. Tidak perlu ribet lagi mau membeli HP, karena di Jagofon sudah terjamin dan terpercaya. Jagoans hanya perlu mengunjungi website Jagofon saja, dan langsung check out iPhone pilihanmu! Cusss...

Share on: