JagoHacks

Inilah Cara Mudah Mendeteksi Layar Asli iPhone X

Mencari produk iPhone X yang berkualitas sudah mulai sulit. Hal ini dikarenakan Apple sudah tidak memproduksi model tersebut dan hanya ada versi second nya yang ada di pasaran. Meskipun diluncurkan pada tahun 2017, model iPhone X yang masih banyak dicari oleh kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan masih banyak para pengguna smartphone yang penasaran dengan fitur mumpuni dari iPhone tapi mencari model iPhone dengan harga yang sudah terjangkau di tahun 2023.

Namun, belakangan ini beredar rumor bahwa banyak versi iPhone lama yang spare-part nya diganti dengan yang palsu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, khususnya layar dari iPhone.

Mengutip dari website Apple, Layar iPhone dirancang bersama dengan perangkat lunak iOS untuk kinerja dan kualitas yang optimal, sehingga layar iPhone yang tidak asli dapat menyebabkan masalah kompatibilitas atau kinerja, seperti Kinerja Multi-Touch menurun, yaitu sentuhan layar yang meleset hingga tidak terbaca di lokasi yang benar. Selain itu, kecerahan maksimum yang menurun dan baterai bisa terkuras tanpa disengaja. Jagoans, tentunya tidak ingin membeli iPhone dengan layar yang tidak original kan? Yuk simak langkah-langkah berikut untuk memastikan layar iPhone yang akan kamu beli menggunakan spare-part yang asli!

Cek Melalui Informasi iPhone

Sumber : CNET

Nah Jagoans, hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk memeriksa keaslian layar iPhone adalah dengan melihat langsung informasi dari iPhone. Informasi ini dapat kamu peroleh melalui menu settings atau pengaturan dengan beberapa langkah sebagai berikut :

  • Cari menu Settings atau Pengaturan, kemudian pilih General atau Umum, dan pilih About/Tentang.
  • Pada bagian ini kamu akan bisa melihat informasi suku cadang. Jika bertuliskan “Genuine Apple Part”atau “Komponen Asli Apple”, hal ini berarti layar iPhone kamu menggunakan komponen yang terverifikasi Apple.
  • Sedangkan, jika infromasi yang tertera pada iPhone bertuliskan “Unknown Part” atau “Komponen Tidak Dikenal” hal ini berarti komponen layar telah diganti menggunakan layar yang tidak original atau tidak asli.

Nah gimana nih Jagoans? Sudah yakin kalau iPhone X incaran kamu menggunakan layar atau LCD original? Kalau kamu masih ragu, tenang, kita masih ada beberapa cara untuk mengecek apakah iPhone X kamu sudah menggunakan komponen-komponen yang asli atau belum.

Baca juga: 8 Cara Cek iPhone Asli Dan Palsu

Cek Melalui True Tone

Cara selanjutnya untuk mengetahui keaslian layar iPhone adalah dengan memeriksanya lewat fitur True Tone. Namun perlu diingat ya Jagoans, fitur ini hanya bisa didapatkan untuk versi iPhone dengan seri 8 ke atas, termasuk iPhone X.

Bagi Jagoans yang belum tahu, fitur True Tone adalah fitur yang memungkinkan layar pengguna untuk berganti warna cahaya secara otomatis, dari warna yang terang ke warm, ataupun sebaliknya, sehingga pengguna bisa lebih nyaman dalam menggunakan ponsel dalam durasi yang lama.

Secara garis besar, True Tone ini sangat bermanfaat agar mata pengguna tidak mudah lelah saat mengoperasikan ponsel karena kecerahan layarnya dapat berganti secara otomatis seiring dengan kondisi pencahayaan yang ada di sekitar pengguna.

Jika menggunakan komponen layar yang tidak original, maka fitur True Tone ini tentunya tidak akan tersedia. Kalaupun fitur ini tersedia pada layar dengan komponen yang palsu, kemungkinan besar fitur True Tone ini tidak dapat berfungsi dengan baik.

True Tone pada iPhone juga dapat dinyalakan ataupun dimatikan dengan cara ; Buka Pusat Kontrol, sentuh dan tahan , lalu ketuk. untuk menyalakan atau mematikan True Tone.

Untuk memeriksa apakah True Tone ini dapat berfungsi bisa melakukan cara berikut :

Buka aplikasi pengaturan, lalu pilih tampilan dan kecerahan, dan pilih menu True Tone. Setelah menyala, coba lihat perubahan warna pada layar. Jika terjadi perubahan warna, seperti dari putih menjadi kekuningan, hal ini menandakan True Tone pada layar iPhone kamu benar-benar sudah bekerja.

Cek Melalui Kecerahan Layar

Cara lainnya untuk mengetahui keaslian layar dari iPhone ataupun iPhone X kamu yaitu dengan cara memeriksa kecerahan layar. Terdapat perbedaan yang signifikan pada layar yang tidak original (atau yang kita sebut KW) dengan LCD yang asli.

Pada komponen LCD yang tidak original, kecerahan maksimumnya juga jauh berbeda. Selain itu, LCD yang KW juga tidak sama cerahnya dengan LCD yang menggunakan komponen asli dari Apple. Oleh karena itu, kamu harus selalu berhati-hati ya Jagoans! Jika menjumpai model iPhone dengan ciri layar seperti ini sebaiknya jangan dibeli ya Jagoans, sekalipun ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca juga: 10 Trik iPhone Yang Jarang Kamu Ketahui

Cek Tampilan & Sentuhan Layar

Perbedaan signifikan lainnya antara layar KW dan yang asli adalah tampilan warna layarnya, Menurut lama resmi Apple, layar iPhone yang menggunakan KW akan memiliki tampilan kalibrasi warna yang tidak sesuai. Warna dari layarnya bisa terlihat terlalu kuning ataupun biru. Selain itu, baterai juga dapat terkuras tanpa disengaja.

Di samping itu, sentuhan layar dan responsivitas sentuhan juga dapat menentukan keaslian layar iPhone. Hal ini dikarenakan kinerja Multi-Touch yang ada pada iPhone akan menurun jika menggunakan layar yang tidak asli atau KW.

Sentuhan layar pada iPhone KW tidak dapat bekerja secara normal, bahkan beberapa sentuhan mungkin tidak dapat terbaca. Sentuhan juga bisa meleset, ataupun tidak terdeteksi di lokasi layar semestinya. LCD KW juga dapat bergerak sendiri tanpa sengaja.

Nah cara-cara tadi dapat Jagoans terapkan sebelum memutuskan untuk membeli iPhone X second ataupun iPhone seri lainnya agar terbebas dari layar yang palsu atau KW. Jangan tergoda dengan harganya yang sangat murah ya Jagoans! Karena menggunakan komponen-komponen asli pada ponsel itu penting lho!

Mengapa menggunakan komponen asli dari iPhone itu penting? Karena penggunaan komponen palsu memiliki banyak kekurangan, khususnya pada layar. Kekurangan menggunakan layar KW diantaranya sering terjadi hang pada saat pengetikan maupun saat bermain game, mempunyai kontras warna yang jelek, baterai mudah habis, touch screen yang lambat, hingga dapat membuat mata menjadi perih dan juga cepat lelah.

Kalau kamu ingin membeli iPhone tapi nggak mau repot untuk melakukan berbagai langkah-langkah di atas, mending kamu cek Jagofon aja deh! Dijamin semua produk gadget yang ada di Jagofon adalah produk original.

Hal ini dikarenakan Jagofon selalu menjalankan berbagai tes untuk semua komponen ponsel, khususnya layar yang digunakan. Jagofon juga telah menjalankan lebih dari 90+ tes untuk memastikan semua produk yang ditawarkan di Jagofon merupakan produk asli yang juga menggunakan komponen original!

Selain harganya yang terjangkau, dengan membeli produk gadget incaran kamu di Jagofon, kamu juga berkontribusi untuk mengurangi limbah elektronik lho Jagoans!

Di samping itu, Jagofon juga menyediakan garansi untuk semua produk gadget yang ditawarkan.

Jadi tunggu apalagi? Yuk dapetin model iPhone impian kamu di Jagofon!