JagoHacks

Apa Itu Kamera Ultrawide dan Kegunaannya?

kamera 0.5

Salah satu parameter sebelum membeli HP baru pasti memerhatikan fitur kameranya. Selain memiliki konfigurasi yang baik, fitur ultrawide menjadi daya tarik sendiri ketika akan membeli HP baru maupun bekas.

Kamera ultrawide atau sering kamu jumpai memiliki julukan kamera 0,5 ini memiliki daya tarik karena bisa mengembangkan daya kreativitas dan menambah daya aesthetic ketika memotret sebuah atau beberapa momen.

Namun apakah kamu tahu, apa itu kamera ultrawide dan fungsi nya apa saja sih? Oleh karena itu yuk bahas apa itu kamera ultrawide dan kegunaannya di bawah ini.

Baca juga: HP Android dengan Kamera 0,5 (Ultrawide) Termurah

Apa itu Kamera UltraWide

Apa Itu Kamera Ultrawide dan Kegunaannya? - Jagofon
Image Source: TeknoGeng.ID

Kamera ultrawide atau sering disebut kamera 0,5 adalah salah satu fitur yang ada pada kamera yang memiliki fungsi salah satunya bisa mengambil sudut pandang yang luas. Fitur ini biasa terdapat pada HP yang memiliki kamera lebih dari satu atau dua lensa pada kamera belakangnya.

Namun, selain menyuguhkan sudut pandang yang luas, fitur ini memiliki beberapa fungsi lain. Penasaran akan fungsi kamera ultrawide yang lain? kamu bisa simak beberapa fungsinya di bawah ini.

Kegunaan Kamera UltraWide

Apa Itu Kamera Ultrawide dan Kegunaannya? - Jagofon
Image Source: Droila

Kamera ultrawide memiliki beberapa kegunaan yang bisa memudahkan kamu mengambil sebuah momen berharga di situasi yang tidak memungkinkan untuk mengambil gambar. Adapun beberapa kegunaan kamera ultrawide adalah sebagai berikut.

Mampu Menjangkau Sudut Pandang yang Luas

Pada umumnya, kamera HP dengan fitur ultrawide mampu memotret dengan sudut pandang yang luas di sekitar 120°. Dengan spesifikasi seperti ini kamu akan dimudahkan saat ingin melakukan foto grup atau memotret ruangan yang cukup sempit sehingga mencakup objek yang ingin kamu abadikan.

Menyuguhkan Visual yang Memanjakan Mata

Pengambilan angle yang pas saat menggunakan lensa ultrawide mampu menghasilkan efek visual yang ciamik. Saat kamu menggunakan lensa ultrawide, seolah-olah kamu mengambil gambar dengan jarak yang jauh padahal tidak seperti itu. Hal ini bisa explore daya kreativitas kamu lebih dalam lagi sehingga menghasilkan sebuah maha karya yang bisa dibanggakan.

Grup Foto Tidak Akan ada yang ke-Crop

Terima kasih kepada kemampuan yang mencakup bidang dengan luas. Kamu yang sedang foto beramai-ramai tak usah khawatir akan ter-crop jika posisinya berada di sisi paling kiri atau kanan, soalnya pasti semua orang yang ada dalam grup akan terfoto tanpa ada yang harus dikorbankan.

Menghasilkan Foto Landscape bak Fotografer Profesional

Untuk kamu para penikmat keindahan alam akan diuntungkan dengan fitur kamera ultrawide karena mampu memotret pemandangan laut maupun pegunungan dengan lebih dramatis dan luas. Sehingga sejauh mata memandang bisa kamu abadikan ke dalam sebuah gambar.

Foto Arsitektur Terlihat Lebih Menawan

Teruntuk para pecinta arsitektur maupun bangunan di perkotaan, foto yang kamu dapatkan saat memakai lensa ultrawide akan menjadi lebih menarik dan akan mendukung cerita apa yang ada di balik gambar yang kamu coba abadikan. Kamu bisa menyesuaikan angle yang sempurna untuk meraih gambar sesuai dengan tujuan kamu.

Menambah Opsi Perekaman Video yang Lebih Menarik

Membuat sebuah vlog dalam ruangan yang terbatas tak lagi menjadi sebuah masalah. Dengan memanfaatkan kamera dengan lensa ultrawide, kamu mampu mencakup hampir semua sudut ruangan dengan detail yang mengagumkan.

Nah, di atas adalah beberapa kegunaan kamera ultrawide yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan gambar atau video dengan lebih menarik. Kamu juga tak perlu beli HP mahal untuk menikmati fitur ini. Pasalnya sekarang fitur kamera ultrawide sudah tersedia di beberapa kelas menengah, bahkan ada juga yang menyediakannya di kelas entry level.

Baca juga: Ini Perbedaan Kamera iPhone 13 & iPhone 12

HP dengan Kamera UltraWide

Apa Itu Kamera Ultrawide dan Kegunaannya? - Jagofon
Image Source: Telset.id

HP dengan kamera ultrawide sudah banyak di pasaran. Namun untuk mendapatkan kamera ultrawide dengan harga yang pas, cukup tricky dalam memilihnya. Untuk itu berikut beberapa HP dengan kamera ultrawide terbaik yang bisa kamu perhatikan.

iPhone 12

Kamera iPhone 12 tak diragukan lagi kemampuannya. Salah satu yang membuat harga jual iPhone 12 tinggi adalah kameranya yang mampu mempersembahkan hasil jepretan yang menawan. Adapun kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut.

Kelebihan Kamera iPhone 12

  1. Memiliki konfigurasi kamera jempolan dengan resolusi 12 MP
  2. Memiliki fitur night mode yang hampir sempurna
  3. Memiliki tone warna natural tanpa ada efek lebay

Kekurangan Kamera iPhone 12

  1. Harga tergolong masih mahal
  2. Jika tidak memakai fitur night mode, hasilnya tidak akan memiliki kontras dan ketajaman yang bagus
  3. Noise yang mengganggu jika memiliki pencahayaan yang terlalu minim.

iPhone 13

Di atas kertas, kamera iPhone 12 dan iPhone 13 memiliki konfigurasi yang sama. Namun hasilnya bisa dipastikan akan berbeda karena parameternya tak hanya ditentukan oleh konfigurasinya saja. Adapun kelebihan dan kekurangan kamera iPhone 13 adalah sebagai berikut.

Kelebihan Kamera iPhone 13

  1. Dibekali dengan sensor yang lebih baik ketimbang seri pendahulunya
  2. Fitur night mode yang tersedia pada kamera ultrawide
  3. Dukungan chip A15 yang mutakhir menghasilkan gambar yang outstanding

Kekurangan Kamera iPhone 13

  1. Tidak ada peningkatan hardware kamera yang signifikan
  2. Detail sedikit mengalami kemunduran
  3. Harga termasuk mahal

Redmi 10

Redmi 10 adalah satu HP Android dengan kemampuan kamera yang terbilang lengkap. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan kamera Redmi 10 adalah sebagai berikut.

Kelebihan Kamera Redmi 10

  1. Memiliki kualitas dengan kontras, warna yang cerah, dan dyanic range yang baik
  2. Ada fitur night mode
  3. Fitur video yang lengkap mampu mengasah kreativitas kamu

Kekurangan Kamera Redmi 10

  1. Memiliki detail dan ketajaman yang kurang begitu bagus
  2. Semakin jauh perspektif gambar, semakin buruk detailnya
  3. Layar dengan panel IPS LCD kurang mendukung hasil jepretan kamera

Samsung Galaxy A34

Kamera Samsung Galaxy A34 mungkin tak sebagus kualitas jajaran flagshipnya. Namun untuk menunjang kebutuhan akan dunia fotografi kamu, ponsel ini menyuguhkan beberapa kelebihan yang patut kamu perhitungkan.

Kelebihan Kamera Samsung Galaxy A34

  1. Menyuguhkan hasil yang mengagumkan dengan detail yang baik dan noise yang sedikit
  2. Memiliki warna yang cerah
  3. Kontrasnya sangat pas

Kekurangan Kamera Samsung Galaxy A34

  1. Terkadang hasil jepretan tidak terlalu halus
  2. Bobot sedikit berat
  3. Detail kecil yang terasa tidak terlalu tajam

Nah, beberapa HP di atas bisa kamu dapatkan di Jagofon loh Jagoans! Dengan modal HP bekas berkualitas di Jagofon, kamu bisa gaya menggunakan kamera ultrawide untuk kebutuhan fotografi kamu.

Buat kamu yang belum tahu, Jagofon adalah marketplace pertama Indonesia yang menyediakan HP bekas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!