Comparison

Ini Perbedaan Kamera iPhone 13 & iPhone 12

Jika dilihat secara sekilas, setiap rilisnya model iPhone yang baru akan terlihat sama. Contohnya desain seri iPhone 12 dan iPhone 13.

Hal ini juga sama terjadi pada desain seri iPhone 7 dan iPhone 8. Meskipun banyak perbedaan, ternyata salah satu pembeda signifikannya adalah perbedaan bahan handphone.

Secara umum, cara membedakan kedua seri iPhone yang paling mudah dan jelas terlihat adalah menghitung jumlah kamera belakangnya.

iPhone dikenal sebagai handphone yang memiliki kamera terbaik dari waktu ke waktu, kualitas dan spesifikasi pada kamera iPhone menjadi salah satu pengambilan keputusan terbesar dalam pembelian iPhone.

Untuk iPhone 12 dan iPhone 13 memiliki jumlah kamera yang sama, hanya saja letaknya berbeda. Melihat jumlah kamera yang sama, apakah spesifikasi kamera pada iPhone 12 dan iPhone 13 sama?

Pada artikel ini akan dibahas perbedaan spesifikasi pada iPhone 12 dan iPhone 13 serta perbedaan kameranya.

Source: Blibli.com

Perbedaan iPhone 12 dan iPhone 13

Desain Bodi

iPhone 12 memiliki bodi yang lebih tipis dan ringan dibanding iPhone 13. Berikut adalah spesifikasi bodi kedua seri:

  • iPhone 12
    - Tinggi: 146.7mm
    - Lebar: 71.5mm
    - Tebal: 7.4mm
    - Berat: 164g
  • iPhone 13
    - Tinggi: 146.7mm
    - Lebar: 71.5mm
    - Tebal: 7.7mm
    - Berat: 174g

iPhone 13 menawarkan warna lebih banyak dibandingkan iPhone 12. Seri 13 tersedia dalam 6 warna: Starlight, Midnight, Pink, Biru, Merah, dan Hijau.

Source: Phone Arena

Sedangkan seri iPhone 12 tersedia dalam 5 warna: Hitam, Putih, Biru, Merah, Hijau, dan Ungu.

Source: Apple

Prosesor

iPhone 12 menggunakan Chip A14 Bionic dan iPhone 13 menggunakan Chip A15 Bionic. Sebenarnya, kedua chip prosesor ini sudah sangat bagus, namun tentunya prosesor yang lebih baru akan memiliki kinerja yang lebih baik dan canggih.

Satu hal yang membuat teknologi chip ini berbeda adalah seri chip akan dapat mempengaruhi teknologi kompabilitas sebuah fitur.

Contohnya adalah VR/AR headset yang saat ini sedang dikerjakan oleh Apple. Kabarnya, Apple akan merilis VR/AR headset yang mendukung handphone dengan Chip A15 Bionic keatas.

Source: Phone Arena

Baterai

iPhone 13 memiliki kapasitas baterai sebesar 3240mAh, dapat bertahan 2.5 jam lebih lama dibandingkan iPhone 12 yang hanya memiliki kapasitas baterai 2815mAh.

Namun, kedua handphone telah memiliki teknologi hemat baterai dan juga teknologi pengisian daya cepat.

Baca juga: Kamu Harus Tau Hal-Hal Ini Sebelum Upgrade ke iPhone 13

Kamera iPhone 12

Kamera iPhone 12 ada dua pada badian belakang dan satu pada bagian depan. Kamera belakang iPhone 12 letaknya sejajar kebawah, sedangkan kamera belakang iPhone 13 letaknya diagonal.

Berikut adalah spesifikasi kamera iPhone 12:

  • Kamera belakang 1: 12MP, wide, f/1.6
  • Kamera belakang 2: 12MP, ultrawide, f/2.4
  • Video kamera belakang: HDR, Dolby Vision HDR (30fps), resolusi 4K 24/30/60fps dan 1080p 30/60/120/240fps.
  • Kamera depan: 12MP, wide, f/2.2
  • Video kamera depan: gyro-EIS, resolusi 4K 24/30/60fps dan 1080p 30/60/120fps

Kamera iPhone 12 belum mendukung ‘Sensor Offset Stabilisation’ dan ‘Cinema Mode’. Sensor Offset Stabilisation adalah fitur untuk memaksimalkan stabilitas pada foto atau video yang diambil. iPhone 12 juga memiliki fitur ini, namun tidak secanggih iPhone 13.

Cinematic Mode adalah fitur iPhone yang dapat merekam video dengan pengaturan depth of field dan dapat menambah transisi fokus agar kualitas video dapat menyerupai film.

Selain itu, kamera iPhone 12 masih menggunakan HDR 3, sedangkan iPhone 13 sudah menggunakan HDR generasi 4.

Source: The Verge

Kamera iPhone 13

Kamera iPhone 13 ada dua pada badian belakang dan satu pada bagian depan. Kamera belakang iPhone 13 letaknya diagonal., sedangkan kamera belakang iPhone 12 letaknya sejajar kebawah.

Berikut adalah spesifikasi kamera iPhone 13:

  • Kamera belakang 1: 12MP, wide, f/1.6
  • Kamera belakang 2: 12MP, ultrawide, f/2.4
  • Video kamera belakang: HDR, Dolby Vision HDR (60fps), resolusi 4K 24/30/60fps dan 1080p 30/60/120/240fps.
  • Kamera depan: 12MP, wide, f/2.2
  • Video kamera depan: gyro-EIS, resolusi 4K 24/25/30/60fps dan 1080p 30/60/120fps

Kamera pada iPhone 13 memiliki sensor yang berbeda dengan iPhone 12.

Sensor tersebut dapat menangkap cahaya 47% lebih banyak, artinya hasil foto pada siang hari semakin detail dan hasil foto di malam hari semakin baik.

Selain itu, fitur OIS pada iPhone 13 pastinya akan lebih baik daripada iPhone 12. Foto atau video yang diambil akan lebih stabil meskipun kita banyak bergerak.

Hal ini juga berlakuk pada lensa ultra wide, dimana hasil foto yang diambil pada malam hari akan lebih luas dan terang.

Kamera iPhone 13 juga didukung oleh prosesor yang digunakannya, yaitu teknologi HDR 4 yang dapat mendeteksi wajah seseorang dan dapat mengoptimalkan kontras, cahaya, dan warna kulit.

Source: dpreview.com

Photographic Style Kamera iPhone 13

Fitur Gaya Fotografi atau Photographic Style hanya tersedia pada kamera iPhone 13, iPhone 14, dan iPhone SE (generasi 3).

Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih gaya preset seperti kontras dan temperatur warna pada latar tanpa mengubah warna kulit.

Pengguna dapat mengubah pengaturan Photographic Style langsung di aplikasi kamera. Caranya adalah: Buka Kamera > Tekan ikon tanda atas

Tekan ikon beberapa lapisan kotak, lalu geser ke kiri untuk mengganti gaya sesuai dengan yang diinginkan.

  • Kontras: menjadikan bayangan lebih gelap, warna lebih cerah, dan kontras yang lebih kuat.
  • Kecerahan: warna ditampilkan dengan terang dan jelas.
  • Hangat: warna dasar emas menghasilkan aura yang hangat.
  • Dingin: warna dasar biru menghasilkan aura yang dingin.

Setelah memilih gaya, tekan control pada bagian bawah, lalu geser ke kiri atau kanan untuk menyesuaikan dengan keinginanmu.

Kamu juga dapat mengubah Photographic Style di menu Pengaturan > Kamera > Gaya Fotografi.

Perbedaan Hasil Kamera iPhone 12 dan 13

Pada bagian ini, kami akan memberikan hasil foto dari masing-masing kamera belakang wide dan ultrawide serta kamera depan iPhone 12 dan iPhone 13.

Ini adalah hasil foto menggunakan kamera wide iPhone 12 dan iPhone 13. Dari foto ini terlihat adanya perbedaan warna. Pada kamera iPhone 13, warna awan lebih biru dan kontras lebih jelas pada area yang gelap seperti yang ada di batu.

Source: iStyle.com

Selanjutnya, ini adalah hasil foto menggunakan kamera ultrawide secara landscape. iPhone 13 menangkap cahaya lebih banyak pada area gelap.

Source: iStyle.com

Lebih Bagus Yang Mana?

Jika dilihat dari spesifikasi dan fiturnya, kamera iPhone 13 jauh lebih unggul daripada kamera iPhone 12. Namun sebaiknya, kamu pertimbangkan juga dari segi fitur lain yang mendukung handphone, harga yang ditawarkan, kompabilitasnya, dan lainnya.

Setelah mengetahui perbedaan kamera atau spesifikasi handphone secara menyeluruh, memang paling baik kamu memutuskannya sendiri berdasarkan kebutuhanmu.

Jagofon bisa bantu kamu dengan menyediakan produk lain selain iPhone 12 dan iPhone 13 agar kamu dapat memilih handphone sesuai keinginanmu.