Comparison

Kamu Harus Tau Hal-Hal Ini Sebelum Upgrade ke iPhone 13

Kalau kamu berkecimpung di dunia iPhone, maka kamu pasti tahu bahwa iPhone 13 lebih laris dibandingkan kakaknya yaitu iPhone 14. Menurut Dazeinfo, 19% penjualan Apple untuk iPhone di tahun 2021 adalah iPhone 13, sedangkan penjualan iPhone 14 di tahun 2022 hanya 15%.

Tidak aneh jika iPhone 13 lebih laris daripada iPhone 14. Selain keduanya mirip, iPhone 13 juga mempunyai banyak fitur yang masih bisa digunakan sampai sekarang. Apa saja fitur dan kelebihan iPhone? Yuk, simak semua fakta iPhone 13 disini sebelum kamu upgrade ke iPhone 13!

Source: blackxperience.com

Persamaan

iPhone 14 dan iPhone 13 punya banyak persamaan yang membuat orang-orang tidak bisa membedakan kedua handphone tersebut. Pertama, mereka mempunyai desain yang sama. Kedua handphone ini mempunyai flat edge design. Meskipun ada perbedaan seperti lensa kamera, hal tersebut tidak cukup untuk membedakan iPhone 14 dan iPhone 13.

Source: Apple

Selain model, “kakak beradik” ini juga mempunyai display yang sama, yaitu OLED display. OLED display ini mempunyai beberapa fitur yang sama seperti Haptic Touch, True Tone, HDR Support, dan fitur lainnya. Untungnya, ada beberapa hal yang membuat display-nya berbeda seperti teknologi yang digunakan dan juga resolusinya.

Source: GSM Arena

Tentu saja, ada fitur-fitur lain di handphone yang benar-benar sama. Beberapa dari fitur tersebut adalah Face ID dengan sistem Touch ID. berbagai fitur untuk melindungi handphonenya seperti level water-resistant IP68 dan juga dust resistance juga dimiliki oleh kedua handphone ini.

Software dan koneksi diantara dua HP ini juga sama. Ketika dirilis, iPhone 13 dan iPhone 14 sama-sama mendukung 5G. Keduanya juga dirilis menggunakan iOS 15.

Dari persamaan di atas, kita bisa melihat bahwa iPhone 13 dan iPhone 14 tidak begitu jauh. Meskipun keduanya ada perbedaan, ada banyak kesamaan juga yang membuat orang enggan untuk membeli iPhone 14. Untuk apa membeli iPhone 14 ketika ada iPhone dengan fitur yang sama dan lebih murah?

Baca juga: iPhone 14 Kalah Laku dripada iPhone 13, tapi...

Desain & Display

Kalau kamu ingin pindah ke iPhone 13, ada beberapa model yang harus diperhatikan. Berikut adalah daftar iPhone 13 yang sudah dirilis oleh Apple.

Model

Ukuran

Refresh Rate

iPhone 13 Mini

131.5 x 64.2 x 7.65mm

60Hz

iPhone 13

146.7 x 71.5 x 7.65mm

60Hz

iPhone 13 Pro

146.7 x 71.5 x 7.65mm

120Hz; ProMotion

iPhone 13 Pro Max

160.8 x 78.1 x 7.65mm

120Hz; ProMotion

Seperti yang dilihat, ukuran iPhone 13, Mini, Pro, dan Pro Max tidak jauh berbeda. Dari list di atas, kita bisa lihat bahwa semakin ke bawah produknya, semakin besar juga ukurannya. Jadi jika kamu benar-benar butuh iPhone 13 yang cukup di kantong, kamu bisa mencoba iPhone 13 dan 13 Mini.

Source: Liputan6

Tapi kalau kamu mau handphone yang terlihat lebih high-end, kamu bisa mencoba iPhone 13 Pro dan Pro Max karena mereka terbuat dari stainless steel. Sayangnya, sidik jarinya gampang terlihat di stainless steel ketimbang aluminum.

Ada beberapa model seperti iPhone 13 dan iPhone 13 Pro yang mempunyai warna baru yaitu alpine green dan green. Jadi bagi pengguna iPhone yang hobi koleksi iPhone dengan warna unik, ini lah kesempatan untuk mendapatkan warna baru.

Source: Macrumors

Perbedaan lain yang cukup penting di iPhone 13 Pro dan Pro Max adalah refresh rate. Kedua handphone tersebut dirilis dengan refresh rate yang cukup tinggi yaitu 120 Hz. semakin tinggi refresh rate-nya, semakin mulus juga kita scrolling layar handphone dan juga nonton video. Jadi, jika kamu mementingkan performa video, mungkin kamu harus menggunakan iPhone 13 Pro dan Pro Max.

Kamera

Model

Kamera

iPhone 13 Mini

Dual rear camera

iPhone 13

Dual rear camera

iPhone 13 Pro

Triple rear camera dan fitur baru

iPhone 13 Pro Max

Triple rear camera dan fitur baru

Kamera dari iPhone 13 Mini dan biasa mempunyai dual camera dengan 15 megapiksel yang memberikan hasil sempurna. Meskipun hasilnya tidak sebaik triple camera iPhone 13 Pro dan Pro Max, setidaknya hasilnya tidak beda jauh.

Selain megapiksel yang sama, semua iPhone model 13 juga mempunyai berbagai fitur yang mirip. Beberapa dari fitur tersebut adalah Smart HDR 4, Portrait Mode, Depth Control, Deep Fusion, Cinematic Video, dll. Jika dimainkan dengan baik, fitur-fitur ini akan memberikan hasil profesional yang tidak kalah dengan hasil jepretan kamera profesional.

Source: DPReview

Tentu saja, model Pro juga punya fitur unik seperti LIDAR Sensor. LIDAR Sensor adalah fitur yang bisa membantumu untuk “mempercantik” hasil jepretan di malam hari. Dengan LIDAR Sensor, fotonya bisa lebih terang dan tajam dengan sendirinya tanpa mengubah setting-nya.

Jika kamu ingin menggunakan iPhone 13 Pro Max, kamu akan mendapatkan fitur ProRES. Fitur ini bisa membantumu untuk merekam dengan kualitas sampai 4K dan 30 fps.

Baca juga: iPhone 12 Masih Layak Dipakai Sampai Sekarang, Simak Alasannya!

Fitur & Baterai

Kalau kamu adalah user iPhone yang sering menggunakan handphone mu untuk pekerjaan, maka kamu harus memperhatikan battery life handphonenya. Khusus untuk iPhone 13, mereka bisa bertahan selama 17 - 28 jam tergantung modelnya seperti data yang di bawah ini:

Model

Battery Life

iPhone 13 Mini

17 jam

iPhone 13

19 jam

iPhone 13 Pro

22 jam

iPhone 13 Pro Max

28 jam

Daya tahan untuk video, bermain, game, streaming, dan mendengarkan musik pun berbeda.

Source: iFixit

Untuk iPhone 13 Mini, kamu bisa menonton video non-stop selama 17 jam, streaming 13 jam, dan mendengarkan lagu selama 55 jam. Waktu ini cocok bagi mereka yang punya iPhone untuk kegiatan sehari-hari saja.

Sementara itu, iPhone 13 bisa bertahan selama 19 jam untuk video, 15 jam untuk streaming, dan 75 jam untuk lagu.

iPhone 13 Pro dan Pro Max bisa bertahan paling lama. Kedua handphone ini bisa bertahan selama 22/28 jam untuk video, 20/25 jam untuk streaming, dan 75/95 jam untuk lagu.

Kesimpulan

Seperti yang dilihat di atas, iPhone 13 adalah handphone yang mempunyai fitur tidak jauh dengan iPhone 14. Dan, fitur milik iPhone 13 masih bisa digunakan untuk aktivitas kita baik itu kegiatan sehari-hari atau bekerja. Dengan harga lebih murah, kamu bisa mendapatkan handphone setara dengan iPhone 14. Lumayan, bukan?

Source: Youtube Carl Konrad

Kalau kamu mau menggunakan handphone untuk kegiatan sehari-hari, kamu bisa menggunakan iPhone 13 Mini atau iPhone 13. Bagi mereka yang menggunakan handphonenya untuk kegiatan berat, kamu bisa menggunakan iPhone 13 Pro dan Pro Max.

Seandainya harganya masih terasa berat, kamu bisa membelinya di Jagofon. Di Jagofon, kamu bisa mendapatkan iPhone 13 mulai dari 10 jutaan saja lho. Ayo, beli iPhone 13 di Jagofon sekarang juga!