JagoNews

iPhone 14 Tetap Kalah Ketimbang iPhone 13, Tapi…

Source: Phone Arena

Menurut data Display Supply Chain Consultants, pesanan yang mereka dapatkan untuk layar iPhone 14 menurun 36% dibandingkan dengan iPhone 13. Data ini secara tidak langsung memberikan hasil bahwa produksi iPhone 13 lebih dominan dibandingkan iPhone 14.

Padahal, iPhone 14 adalah handphone series iPhone terbaru dari iPhone. Lantas apa yang membuat penurunan ini? Dan apakan semua iPhone 14 dalam “bahaya”? Yuk, simak beritanya di artikel ini!

Kenapa iPhone 14 vs. iPhone 13: Sama tapi Beda

Source: AmateurPhotographer

Penurunan produksi iPhone 14 menunjukan bahwa iPhone 14 tidak begitu diminati dibandingkan iPhone 13. Data ini tidak mengejutkan, mengingat ada beberapa faktor yang membuat iPhone 13 “lebih bagus” daripada iPhone 14.

Mempunyai fitur yang sama

Source: CNN

Secara fisik, tidak ada perbedaan di antara iPhone 13 dan iPhone 14. Kedua handphone ini dibuat dengan material yang sama dan memiliki edge persis sama yaitu flat edge untuk genggaman yang lebih presisi. Selain edge, keduanya juga desain notch yang mirip.

Selain fisik yang tidak berbeda, iPhone 13 dan iPhone 14 memiliki fitur yang sama. Kedua handphone ini memiliki Ceramic Shield yang tahan banting dan juga rating IP68 untuk ketahanan airnya. iPhone 13 dan iPhone 14 bisa bertahan sampai 6 meter dalam air selama 30 menit.

Fitur sama dari handphone kakak-beradik ini adalah koneksi. Keduanya mendukung 5G sehingga kamu bisa menggunakan kedua handphone ini di negara yang mendukung 5G.

Perubahan yang tidak signifikan

Meskipun iPhone 14 dan iPhone 13 mirip, ada beberapa fitur lain yang ada di iPhone 14. Perbedaan terpenting di iPhone 14 adalah A15 Bionic-nya.

Chip A15 Bionic milik iPhone 14 mempunyai komponen yang berbeda dengan chip milik iPhone 13 yaitu GPU tambahan. Dengan tambahan GPU ini, Apple berharap bahwa performa iPhone 14 bisa mengalahkan performa iPhone 13.

Sayangnya, realita tidak sesuai ekspektasi Apple. GPU tambahan ini tidak memberikan boost performa yang diharapkan sehingga tidak ada perbedaan di antara performa iPhone 13 dan iPhone 14.

Salah satu dari beberapa perbedaan yang cukup signifikan adalah RAM. iPhone 14 memiliki RAM sebesar 6 GB, dan iPhone punya sebesar 4 GB. meskipun jumlah RAM-nya tidak mempengaruhi performa sehari-hari, RAM iPhone 14 bisa digunakan untuk update iOS dan aplikasi yang akan didapatkan di masa depan.

Selain RAM, perbedaan lain yang cukup penting adalah Crash Detection. Crash Detection adalah fitur khusus variasi iPhone 14 dimana handphone kamu bisa “mengetahui” bahwa kamu kena kecelakaan. Sayangnya, Crash Detection sering gagal dalam mendeteksi kecelakaan dan malah membuat false alarm.


Baca juga: Perbandingan iPhone 14 Pro Max dengan iPhone 12 Pro Max


iPhone 14 Pro dan Pro Max: Laris Manis

Source: PCMag

Jika penjualan iPhone 14 lesu dibandingkan dengan iPhone 13, maka kebalikannya terjadi dengan iPhone 14 Pro dan Pro Max. Menurut Display Supply Chain Consultants, pesanan layar untuk pembuatan iPhone 14 Pro dan Pro Max melesat ke 22% dan 23% dibandingkan iPhone 13 Pro dan Pro Max.

Tentu saja, kenaikan dalam pesanan ini terjadi karena beberapa faktor.

Banyak fitur baru

Source: Kompas

iPhone 14 Pro dan Pro Max adalah masterpiece series 14 milik Apple. Desain mereka sangat unik dengan warna deep purple dan notch yang hilang. Ya, notch milik iPhone 14 Pro dan Pro Max diganti dengan  Dynamic Island, fitur pengganti notch yang bisa digunakan untuk berbagai notifikasi.

Fitur unik lain dari iPhone 14 Pro dan Pro Max adalah AOD yaitu Always on Display. AOD milik iPhone 14 Pro dan Pro Max memanfaatkan teknologi adaptive refresh rate yang membantu untuk menjalankan display bahkan ketika refresh rate-nya hanya 1 Hz. Dan tentu saja, fitur ini khusus untuk versi Pro dan Pro Max.

Performa yang bagus

Source: Popsci

Berbeda dengan iPhone 14, versi Pro dan Pro Max dirilis dengan chip A16 Bionic. A16 Bionic adalah salah satu chip yang sangat kuat sekarang, dan hanya beberapa chip seperti Snapdragon 8 Gen 2 yang bisa mengalahkan A16 Bionic.

Perbedaan CPU sangat mempengaruhi performa handphone. Setelah melakukan testing Geekbench, iPhone 14 mendapatkan nilai 1,727 / 4,553 untuk single core dan multicore. Sementara itu, iPhone 14 Pro mendapatkan skor 1,891/5,469 – perbedaan nilai yang cukup signifikan dibandingkan dengan iPhone 14 biasa.

Fps diantara iPhone 14 reguler dan Pro/Pro Max pun beda. iPhone 14 hanya bisa memberikan 69 fps, sedangkan versi Pro 74 fps. Dengan fps, CPU, dan berbagai upgrade baru, iPhone 14 Pro dan Pro Max menjadi HP yang sangat powerful sampai bisa dibandingkan dengan software seperti Adobe Premiere Rush.


Baca juga: Perbandingan iPhone 8 dengan iPhone 14: Perubahan Pesat setelah 5 Tahun


iPhone 15: Penyelamat Apple?

Source: HT Tech

Meskipun penjualan iPhone 14 menurun, ada prediksi bahwa penjualan iPhone akan naik lagi ketika iPhone 15 dirilis. Menurut analis teknologi Jeff Pu, iPhone 15 akan dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan iPhone sebelumnya.

Harga yang naik ini bukan tanpa alasan. Menurut Jeff Pu, iPhone 15 akan dilengkapi dengan berbagai fitur dan upgrade yang membuat handphonenya berbeda dari iPhone biasanya. Mulai dari RAM, CPU, lensa kamera, material – semuanya akan berubah di iPhone 15.

Kesimpulan

Source: Kompas.com

Produksi dan penjualan iPhone 14 cukup mengecewakan karena gagal melewati penjualan iPhone 13. Padahal, iPhone 13 dirilis lebih awal daripada iPhone 14. Hal ini karena iPhone 14 tidak memiliki ciri khas khusus yang membuatnya berbeda dari iPhone 13. Banyaknya fitur iPhone 14 yang dimiliki oleh iPhone 13 membuat orang lebih menyukai iPhone 13.

Tapi meskipun iPhone 14 tetap kalah ketimbang iPhone 13, penjualan iPhone 14 Pro dan Pro Max malah melejit dibandingkan iPhone 13 Pro dan Pro Max. Ketenaran iPhone 14 Pro dan Pro Max dikarenakan oleh berbagai fitur unik yang membuatnya berbeda di antara iPhone yang ada. Fitur dan upgrade yang ada juga bisa meningkatkan performa mereka, sehingga orang-orang tidak merasa rugi ketika membeli iPhone Pro dan Pro Max.

Beli iPhone 14 Murah di Jagofon

Source:CNET

Kalau kamu mau mencoba iPhone 14 versi normal, Pro, dan Pro Max, kamu bisa membelinya di Jagofon. Di Jagofon, kamu bisa mendapatkan ketiga handphone tersebut dengan harga yang miring karena handphonenya second. Tidak usah khawatir akan kualitasnya, karena semua handphone Jagofon sudah melewati quality check untuk memastikan bahwa handphonenya berfungsi dengan baik.

Kalau kamu merasa harganya tetap mahal, kamu bisa mengikuti program tukar tambah Jagofon dimana kamu bisa menukar handphone lamamu dengan handphone idaman. Jadi, kamu tidak usah mengeluarkan banyak dana untuk membeli handphone barunya. Yuk, register di Jagofon dan dapatkan iPhone 14 yang paling kamu suka sekarang juga!