JagoNews

Apakah HP Second Bagus Untuk Dibeli? Simak 5 Tipsnya!

Tidak sedikit orang mengira bahwa mereka harus membeli handphone baru apabila mau upgrade HP lama mereka. Padahal, ada banyak HP second yang tidak kalah dengan HP baru, dan mereka  bisa dibeli dengan harga terjangkau. Ingin tahu apakah HP second bagus dan dimana bisa beli HP second berkualitas? Yuk, bara artikel di bawah ini!

Apakah Beli HP Second itu Bagus?

Kalau kamu mau menyisakan waktu untuk riset, kamu pasti tahu bahwa HP second bagus itu tidak kalah dengan HP baru. Bahkan, ada beberapa orang yang lebih suka beli HP second daripada HP baru karena alasan di bawah ini:

Lebih terjangkau dan tetap berkualitas

Source: Wikipedia

HP flagship second cenderung lebih murah dan masih berkualitas. Hal ini karena brand selalu merilis HP baru tiap tahunnya. Ketika HP baru mereka dirilis, HP “lama” mereka akan mengalami drop di harga.

HP second cocok untuk mereka yang sering ganti HP karena  HP second lebih terjangkau dengan harga yang lebih murah tanpa mengurangi kualitasnya.

Tidak merusak lingkungan

Source: Waste4change

Tiap tahun, kita selalu menambah limbah elektronik. Hal ini terjadi karena ada banyak HP yang dirilis tiap tahun untuk menggantikan HP yang akan dibuang. Apabila kamu membeli HP second, kamu mencegah HP lama tersebut menjadi limbah elektronik.

Baca juga: Keuntungan Beralih ke HP Bekas dari Segi Finansial, Sosial, hingga Lingkungan

Tips Membeli HP Second

Kamu mau beli HP second? Sebelum membelinya, pastikan kamu melakukan tips di bawah ini agar kamu bisa mendapatkan HP second dengan kualitas maksimal:

1. Tentukan Budget dan HP yang Akan Dibeli

Source: Freepik

Hal pertama yang wajib dilihat adalah harga dari HP second-nya. Kalau kamu mau membeli HP second bagus, kamu harus memastikan bahwa harga secondnya tidak terlalu murah atau terlalu mahal. Apabila terlalu murah, ada kemungkinan bahwa HP-nya bermasalah. Dan kalau terlalu mahal, kamu bisa menggunakan uangnya untuk beli HP second yang lebih baik.

Harganya juga harus sesuai dengan spek HP yang dijual. Softwarenya harus up to date dengan upgrade HP terbaru. Aplikasi penting pun wajib di upgrade agar kamu tidak repot. Kalau HP yang diinginkan belum di-upgrade, kamu bisa minta penjualnya untuk upgrade sebelum mengirim produknya ke kamu.

Jika tidak yakin dengan harganya, kamu bisa melakukan riset di pasar. Kamu bisa menjelajahi online marketplace. Di marketplace, kamu bisa melihat harga HP second yang kamu inginkan dari beberapa seller. Kamu juga bisa melihat review dari pembeli lain untuk memastikan bahwa harganya sesuai dengan produk yang dijual atau tidak.

2. Cari Penjual yang Terpercaya

Source: iStock

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah sang penjual. Kamu harus memastikan bahwa penjualnya adalah penjual yang terpercaya.

Ada beberapa cara kamu bisa memastikan apakah orangnya bisa dipercaya atau tidak. Pertama, kamu bisa melihat reviewnya di marketplace. Pastikan reviewnya  yang ada komen dan foto. Jika reviewnya hanya ada bintang saja, ada kemungkinan bahwa reviewnya bukan review asli. Kamu juga bisa search penjualnya di media sosial seperti Twitter untuk memastikan bahwa penjualnya tidak bermasalah.

Kedua, kamu wajib ke website sang penjual. Penjual yang baik dan tekun akan membuat berbagai opsi bagi pembeli agar sang pembeli bisa langsung beli handphone yang mereka inginkan. Contohnya, Jagofon sudah membuat opsi agar pelanggan bisa membeli HP second mereka secara online. Tidak usah khawatir akan ditipu, karena ada opsi COD dan pick-up dimana kamu baru membayar produknya setelah mendapatkan handphonenya.

Penjual yang baik juga punya customer service (CS) yang responsif dan terbuka untuk berbagai pertanyaan. Jagofon memiliki CS yang selalu siap untuk menjawab pertanyaan pelanggan, jadi kamu bisa tanya apapun soal produk yang diinginkan ke CS Jagofon.

Kalau kamu ingin ganti produk, sang penjual juga harus menyediakan berbagai opsi yang bisa dipilih oleh pelanggan. Semakin lengkap produk yang dijual, semakin banyak juga variasi yang dipilih.

Baca juga: Cara Merawat HP Bekas agar Awet Bertahun-Tahun

3. Pastikan HP Second-nya Berkualitas

Setelah kamu mendapatkan penjual terpercaya, saatnya melakukan inspeksi ke produk yang akan dibeli. Pertama, kamu harus cek fisiknya. Pastikan bahwa kondisi fisik HP sesuai dengan deskripsi penjual.

Setelah cek fisik, kamu bisa cek fungsi lain seperti port dan juga baterai. HP second bagus biasanya mempunyai port yang lengkap dan baterai dengan battery health minimal 80%. Kamu juga wajib cek IMEI karena tidak semua IMEI bisa digunakan di Indonesia kecuali kalau IMEI-nya telah didaftarkan ke pemerintah.

Kalau kamu tidak mau ribet, kamu bisa membeli di Jagofon karena Jagofon sangat transparan. Mereka menulis detail kondisi handphone di websitenya dan selalu melakukan quality check di 90+ titik fungsi HP. Jagofon juga memberi opsi IMEI seperti Signal On, IMEI verified dan Wifi Only.

4. Usahakan Transaksi Offline

Meskipun kita sering transaksi online, ada lebih baiknya jika kita transaksi offline untuk HP secondnya. Dengan transaksi offline, kita tidak usah khawatir jika kita ditipu karena kita belum memberi uangnya ke seller.

Sayangnya, tidak semua seller menyediakan opsi offline. Jika seller yang kamu mau tidak memberikan opsi transfer offline, lebih baik jika kamu mencari seller lain. Atau, kamu bisa membeli HP second-nya di Jagofon. Jagofon menyediakan transaksi offline dengan jasa COD dan pick-up mereka. Jadi, kamu tidak usah khawatir uang kamu hilang begitu saja.

5. Tanyakan Garansi

Source: kompas

Meskipun HP yang kamu beli adalah HP second, pastikan kamu punya garansi juga. Dengan garansi, kamu bisa minta refund apabila performa HP tidak sesuai yang dijelaskan oleh seller. Garansi juga bisa membantumu untuk memperbaiki handphonenya apabila mesinnya rusak.

Kebanyakan seller HP second menyediakan garansi hanya seminggu saja. Jadi, pastikan kamu cek produknya secara maksimal selama tujuh hari tersebut agar kamu bisa mendapatkan refund jika memang harus mengembalikan produknya.

Kalau kamu mau garansi yang lebih dari 7 hari, kamu bisa mencoba Jagofon. Jagofon memberikan garansi 7 hari untuk full refund dan garansi 30 hari untuk mesin. Jadi, kalau handphone kamu bermasalah kurang dari 30 hari, kamu bisa minta Jagofon untuk memperbaikinya.

Membeli HP Second adalah Langkah yang Tepat

Apakah HP second bagus dan cocok untuk kita semua? Ya, HP second bisa digunakan untuk semua orang. Selain harganya murah, kamu bisa membeli HP second untuk mendapatkan HP impianmu dengan harga terjangkau. Dengan HP second, kamu bisa menghemat uang dan juga mengurangi limbah elektronik.

Jika kamu tidak tahu mau beli HP second bagus dimana, kamu bisa membelinya di Jagofon. Jagofon punya berbagai servis untuk semua pelanggannya. Mulai dari variasi yang lengkap, transaksi offline, garansi mesin – semua ada di Jagofon. Jadi kalau kamu mau mendapatkan HP second bagus dan aman, Jagofon lah jawabannya.

Yuk, dapatkan HP impianmu di Jagofon sekarang juga!