Product

Ini Dia Alasan iPhone 8 Masih Bagus di 2023!

Series iPhone 8 adalah series yang cukup jadul, mengingat bahwa mereka pertama kali dirilis pada tahun 2017. Apple juga tetap memproduksi HP ini sampai tahun 2020 dan masih memberikan update iOS sampai sekarang di tahun 2023.

Apakah iPhone 8 yang “jadul” ini masih layak di tahun 2023? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk tahu jawabannya!

Baca juga: Perbandingan iPhone 8 dengan iPhone 14: Perubahan Pesat setelah 5 Tahun

Apa yang membuat iPhone 8 ketinggalan?

Source: Apple

Ada beberapa faktor yang membuat iPhone 8 “ketinggalan” dibandingkan iPhone yang lain. Berikut adalah faktor-faktor tersebut:

Usia

Usia iPhone 8 adalah faktor utama yang membuat Hp ini “jadul.” iPhone 8 dikeluarkan 6 tahun yang lalu dan berhenti diproduksi tiga tahun kemudian. Meskipun Apple masih memberikan update, update ini akan berhenti pada tahun 2024 karena Apple hanya memberi update selama 6 tahun untuk produk yang sudah tidak diproduksi lagi.

Kalau kamu tidak masalah dengan iOS lama, maka iPhone 8 bisa menjadi HP idamanmu. Tapi, kalau kamu butuh iOS versi baru, kamu bisa mencari iPhone yang lebih baru dibandingkan dengan iPhone 8.

Kamera

iPhone 8 dilengkapi dengan kamera 12 megapiksel. Selain megapiksel yang tinggi, kameranya juga dilengkapi dengan 5x zoom dan True Tone sehingga kamu akan mendapatkan warna yang mirip dengan objek aslinya. Gelas untuk kamera pun juga cukup kuat sehingga tidak gampang pecah.

Meskipun kamera iPhone 8 cukup oke, sayangnya kualitasnya masih kalah dibandingkan “adik” iPhone 8 seperti iPhone XR. Display iPhone XR lebih besar, aspect ratio yang lebih bersahabat untuk orang-orang sekarang (karena lebih cocok untuk sosial media), dan juga mempunyai True Tone.

Secara keseluruhan, iPhone XR punya kamera yang lebih superior dibandingkan dengan iPhone 8. Mengingat bahwa harga mereka tidak begitu jauh, kalau kamu butuh HP jadul dengan kamera yang oke, kamu bisa menggunakan iPhone XR.

Desain

Kalau kamu suka HP dengan model terbaru, sebaiknya kamu mencari HP lain selain iPhone 8. Dibandingkan iPhone baru, iPhone 8 modelnya lebih kuno dan tidak sesuai dengan “standar” model HP jaman sekarang.

Tidak sedikit orang merasa bahwa ukuran iPhone 8 sangatlah kecil sehingga tidak pas di tangan kita. Selain itu, ada banyak desain lain yang tidak ada di iPhone 8 seperti notch baru dan phone jack yang tidak cukup banyak.

Selain itu, iPhone 8 juga masih menggunakan tombol di bagian bawah mereka, sehingga layarnya terlihat kecil dibandingkan HP jaman sekarang.

Kalau kamu mau iPhone lama dengan desain yang lebih modern, kamu bisa mencoba iPhone 8 Plus. meskipun desainnya tidak jauh dengan iPhone 8, setidaknya iPhone 8 Plus lebih besar dan pas di tangan.

Performa

Meskipun performa iPhone 8 tidak lambat, bukan berarti HP-nya memuaskan. Ya, chipset A11 mereka tergolong tangguh. Namun, tidak banyak HP iPhone yang menggunakan chipset A11 sekarang.

Kebanyakan iPhone baru menggunakan Bionic A15 untuk chipset mereka. Chipset ini sangatlah powerful karena chipsetnya bisa membuat HP bekerja lebih cepat dan efisien tanpa menghabiskan baterai.

Kalau kamu masih mau menggunakan iPhone 8, jangan kaget kalau performanya sangat beda dengan iPhone sekarang. Chipset 11 bukanlah chipset yang jelek, tetapi performanya dibandingkan iPhone baru yang menggunakan Bionic A15 sangatlah jauh.

Baca juga: Apakah iPhone 8 Masih Layak Pakai di Tahun 2023?

Alasan Memilih iPhone 8

Source: Digital Trends

Tentu saja, bukan berarti iPhone 8 tidak ada kelebihannya. Berikut adalah alasan kenapa iPhone 8 adalah HP yang patut untuk dipertimbangakan oleh pengguna iPhone:

Performa masih oke

Meskipun iPhone 8 tidak se-powerful iPhone baru, bukan berarti mereka tidak bisa melakukan pekerjaan sehari-hari dengan baik.

Pada jamannya, Chipset 11 adalah chipset yang terkenal dengan kecepatannya dibandingkan dengan HP pada jaman itu. Dengan iPhone 8, kamu bisa melakukan berbagai hal tanpa lelet seperti buka media sosial, YouTube, dan lain-lain.

Tentu saja, perlu diingat bahwa kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan yang tidak menggunakan aplikasi berat seperti Lightroom, Capcut, Photoshop, dan lain-lain. Jadi, kalau kamu butuh HP yang bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, maka iPhone 8 lah jawabannya.

Desain minimalis

iPhone 8 terlihat mungil dibandingkan HP jaman sekarang, tapi tidak sedikit orang yang suka dengan ukuran dan desainnya yang mini dan “jadul.” desain iPhone 8 yang “jadul” ini tetap memiliki desain minimalis yang terlihat bersih dan elegan. Selain itu, iPhone 8 masih memiliki desain ikonik HP Apple yang membuat mereka terkenal jaman dulu.

Tombolnya pun dianggap sebagai kelebihan dari desainnya. Home button yang terletak di tengah bawah sangat digemari orang-orang yang tidak suka dengan konsei fingerprint di layar HP. ada juga yang senang dengan tombolnya karena terlihat klasik.

Kelebihan lain dari iPhone 8 adalah bahannya yang premium. Dibandingkan iPhone sekarang, iPhone 8 masih menggunakan aluminium dan baja yang memberikan kesan mahal. Dipadukan dengan warna iPhone 8 yang terlihat glittery dari jauh, iPhone 8 menjadi salah satu HP dengan model “jadul” yang disenangi banyak orang.

Harga terjangkau

iPhone 8 pertama kali dirilis dengan harga minimal 8 juta atau lebih. Meskipun harganya tidak semahal dulu, iPhone 8 masih cukup pricey karena harga iPhone cenderung sama setelah beberapa tahun. Hal ini cukup disayangkan mengingat banyak orang yang ingin menggunakan iPhone 8.

Untungnya, kamu masih bisa mendapatkan iPhone dengan harga yang murah. Kalau kamu mau iPhone 8 dengan harga 3 jutaan, kamu bisa beli iPhone 8 second. Tentu saja, kamu juga tetap memastikan bahwa HP second yang kamu beli itu berkualitas dan pasti bisa berfungsi dengan baik ketika kamu pakai. Untuk HP second yang berkualitas, kamu bisa membelinya di seller HP second terpercaya seperti Jagofon.

Saran dari Jagofon

Source: Apple Insider

Apakah kamu wajib menggunakan iPhone 8? Jawabannya tergantung dengan kebutuhanmu. Kalau kamu butuh Hp yang bisa digunakan untuk kegiatan berat seperti editing, streaming, dan yang lainnya, kamu bisa beli iPhone yang lebih heavy-duty seperti iPhone XR atau iPhone 11.

Tapi, kalau kamu butuh iPhone dengan harga terjangkau untuk kegiatan sehari-hari, maka kamu bisa menggunakan iPhone 8. Meskipun iPhone 8 masih menggunakan chipset dan desain lama, performanya masih oke untuk kegiatan sehari-hari.

Kameranya juga oke untuk ambil foto yang cerah dan tajam. Kalau harganya terlalu mahal, kamu bisa beli iPhone 8 second.Kalau kamu tidak tahu mau beli iPhone 8 di mana, kamu bisa membelinya di Jagofon.

Jagofon selalu memeriksa semua produknya di 90+ titik produknya, sehingga, semua HP dari Jagofon terjamin sehat dan bisa berfungsi dengan baik. Mereka juga punya 7 hari garansi uang dan 30 garansi mesin untuk menjamin kualitas HP-nya. Jadi kalau kamu mau iPhone 8 second berkualitas, beli di Jagofon sekarang juga!