Product

Apakah iPhone 8 Masih Layak Pakai di Tahun 2023?

Harga iPhone yang rata-rata dibanderol sekitar 10 juta ke atas mungkin terasa berat bagi beberapa orang. Pada akhirnya, banyak yang beralih untuk membeli iPhone second atau series lama iPhone yang sudah tidak lagi diproduksi seperti iPhone 8.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sendiri rilis pada tahun 2017 dan sudah berhenti diproduksi sejak tahun 2020. Walaupun sebenarnya rata-rata umur iPhone dapat mencapai 6 tahun sejak pertama kali diproduksi. Nah, jika kamu mencari iPhone dengan harga murah, pengalaman on-screen yang mulus serta fitur wireless charging dan kamera portrait, mungkin iPhone 8 jadi pilihannya.

Desain yang Simple

Source: Apple

iPhone 8 bisa jadi sangat layak bagi pengguna yang tepat, terutama bagi mereka yang tidak terlalu mementingkan desain dan aesthetic handphone-nya. Dengan display 4,7 inci untuk iPhone 8 dan 5,5 inci untuk iPhone 8 Plus, HP ini cocok bagi kamu yang tidak suka HP yang besar dan berat.

Soal ketangguhan tidak perlu khawatir, iPhone 8 punya glass door di bagian belakang untuk wireless charging yang terkesan premium dan tahan gores. Ada juga sertifikat IP67 yang memungkinkan HP ini tetap hidup jika tidak sengaja terbenam air untuk beberapa waktu yang singkat.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga hadir dengan warna-warna yang kekinian dan elegan seperti Space Grey, Silver, Gold dan Red serta terdiri dari ragam storage yaitu 64GB, 128GB dan 256GB.

Prosesor Masih Bertenaga

Source: Apple Insider

Menghemat banyak uang dengan membeli iPhone 8 memang baik, namun ada risiko yang juga harus ditanggung terutama soal performanya. Chipset A11 Bionic di iPhone 8 dengan RAM 2GB dan iPhone 8 Plus dengan RAM 3GB memang terbilang jadul, tidak seperti A12 Bionic pada iPhone XR atau iPhone SE.

Namun, jika ditelisik lebih dalam, ternyata A12 Bionic pada iPhone XR juga banyak mengadopsi fitur-fitur dari A11 Bionic. Secara keseluruhan, prosesor iPhone 8 dan iPhone 8 Plus masih sangat baik untuk pemakaian sehari-hari seperti telepon, surfing di internet dan juga merekam.


Baca juga: Mengapa iPhone XR Lebih Laku dari iPhone XS? Ketahui Perbedaannya!


Kamera yang Memuaskan

Source: CNet

Jangan remehkan kamera dari iPhone lama satu ini, dengan single camera 12MP, kamera belakang iPhone 8 sudah dilengkapi auto-focus, optical image stabilization dan True Tone flash. Kamera ini juga bisa merekam video pada 4k 60fps dan 1080p 240fps. Apalagi di iPhone 8 Plus, dual kameranya bahkan sudah menyediakan sensor ultra wide dan telephoto.

Di kamera depan, kedua HP ini memang masih bersoulsi 7MP, namun sudah cukup baik dengan kehadiran auto image stabilization, retina flash, auto-HDR dan face detection. Kamera depannya juga mampu merekam hingga 1080p 30fps, lho!

Umur yang Masih Panjang

Source: 9to5Mac

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, rata-rata handphone dari Apple memang dibuat untuk bertahan sampai 6 tahun. Jadi, iPhone 8 maupun iPhone 8 Plus masih baik untuk pemakaian sampai tahun 2024.

Ditambah lagi, iPhone 8 maupun iPhone 8 Plus masih mendapatkan pembaruan iOS 16, jadi masih aman jika kamu memilih iPhone ini di tahun 2023 untuk kebutuhan sehari-hari yang standar.


Baca juga: iPhone 12 Masih Layak Dipakai Sampai Sekarang, Simak Alasannya!


Kesimpulan

Source: Macworld

Berikut rangkuman Jagofon tentang kelayakan jajaran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di tahun 2023.

Pro

  • Performa dan kamera masih di level prima
  • Masih mendapatkan update iOS 16
  • Penawaran harga terjangkau

Kontra

  • Umur HP kemungkinan tidak terlalu panjang
  • Belum ada Face ID

Tidak ada yang tahu pasti kapan iPhone 8 akan benar-benar tidak bisa dipakai, namun dari berbagai ahli yang meriset berkata, kemungkinan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus masih akan layak dipakai sampai dua tahun ke depan.

Di pasaran mungkin akan susah untuk menemukan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dengan kondisi baru, mau nggak mau pengguna bisa beralih ke versi second seperti yang tersedia di Jagofon. Minim risiko dan rasa khawatir karena semua produk di Jagofon sudah teruji layak pakai dan berkualitas sama seperti HP baru. Yuk cek Jagofon sekarang!