Lifestyle

January 8, 2024

Apakah RAM 8GB Cukup Untuk Kebutuhan Macbook Pro? Lihat Jawabannya Disini.

Perdebatan tentang seberapa bagus fitur, kelebihan dan kekurangan produk Apple memang tidak ada habisnya. Harganya yang cukup pricey, tak jarang membuat banyak orang berlomba-lomba untuk membandingkan produk Apple dengan produk merk lain, mulai dari ponsel, tablet, headset wireless, smart watch, hingga laptop besutan Apple, termasuk MacBook Pro.

Ketika MacBook Pro pertama kali diluncurkan Apple pada tahun 2012, banyak yang memperdebatkan soal RAM 8 GB yang disematkan Apple pada salah satu produk andalannya ini. Pasalnya dengan beragam fitur yang ditawarkan dan harganya yang masih cukup tinggi di pasaran, membuat banyak orang ragu untuk membeli MacBook Pro.

Bahkan, setelah tahun 2023 lalu, Apple pun masih tetap mempertahankan RAM 8 GB untuk basic produk MacBook Pro atau versi MacBook standar dengan ukuran 14 inch. Ditambah dengan biaya yang signifikan untuk meningkatkan opsi memori yang lebih tinggi, keputusan Apple menyematkan RAM 8 GB sekali lagi memicu diskusi yang panjang.

Namun, hal ini bukan berarti Apple tidak melakukan inovasi pada produk-produknya. Selain ftiur dari RAM-nya yang masih mengundang banyak perdebatan, MacBook Pro ini masih banyak diminati masyarakat, terutama generasi muda.

Hal ini dikarenakan desainnya yang ramping, mewah dan elegan, serta masih terdapat banyak fitur lain yang mumpuni dengan performa dan kecepatan yang baik untuk kebutuhan pengguna dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Penasaran apakah RAM 8GB Cukup Untuk Kebutuhan Macbook Pro? Simak artikel berikut yuk!

Baca juga: 5 Tips Merawat Macbook Agar Awet dan Tahan Lama

Apa itu RAM?

Source: TechCrunch

Jika mendengar kata RAM, Jagoans pasti langsung terbayang dengan perangkat komputer ataupun ponsel. Nah, sebelum membahas RAM lebih jauh, ada baiknya Jagoans mengetahui terlebih dahulu apa itu RAM. Definisi dari RAM atau yang dikenal dengan Random Access Memory adalah memori jangka pendek yang terdapat pada komputer, laptop, ponsel, maupun MacBook Pro.

RAM sendiri berfungsi untuk menyimpan data yang dibutuhkan sebuah prosesor pada perangkat atau komputer untuk menjalankan aplikasi ataupun membuka suatu file. RAM juga dapat berfungsi untuk mempercepat pertukaran dan perputaran data pada sebuah perangkat.

Semakin besar RAM, semakin cepat pula proses pemindahan data, pembukaan dan penyimpanan data, serta pengoperasian dari perangkat tersebut. Sebelum membeli suatu perangkat seperti laptop, Jagoans perlu mempertimbangkan tujuan dari penggunaan laptop tersebut, apakah memerlukan RAM dengan kapasitas standar atau membutuhkan kapasitas yang lebih banyak.

RAM 8 GB Apakah Cukup untuk MacBook Pro?

Meskipun masih banyak perdebatan terkait dengan MacBook standar yang hadir dengan RAM 8 GB, ada beberapa hal penting yang dapat kamu pertimbangkan sebelum membeli MacBook Pro dengan RAM 8 GB dilansir dari macrumors.com :

MacBook Pro dengan RAM 8 GB

Kamu dapat membeli MacBook Pro dengan RAM 8 GB, jika :

  • Membutuhkan MacBook Pro untuk melakukan pekerjaan sehari-hari dan aktivitas laptop yang ringan, seperti membuat dokumen, browsing internet, dan menikmati mutimedia, 8 GB RAM tentunya lebih dari cukup.  
  • Dengan tambahan fitur modern yang ada pada Mac yaitu kompresi memori dan alokasi cerdas, yang akan sangat membantu macOS berjalan lancar bahkan saat melakukan pekerjaan sekaligus atau multitasking pada MacBook Pro kamu.

MacBook Pro dengan tambahan RAM

Kamu dapat menambah RAM 8GB pada MacBook Pro jika :

  • Bekerja di dunia profesional yang membutuhkan banyak pekerjaan kreatif, seperti graphic design, video editing, photo editing, 3D Modeling, software development, dan pekerjaan yang membutuhkan beragam aplikasi lain yang berat.
  • RAM yang terbatas akan menghambat pekerjaan karena akan membuat performa MacBook Pro menjadi lebih lambat dan mengurangi efesiensi. Hal ini juga berlaku terutama jika Jagoans mengerjakan pekerjaan ataupun project tingkat lanjut yang memiliki file dengan ukuran besar.

Performa MacBook Pro dengan RAM 8 GB

Source: CNBC

Walaupun di sisi lain RAM-nya masih menggunakan kapasitas 8 GB, Apple tetap melakukan inovasi dengan menambahkan fitur-fitur dan komponen baru. Contohnya saja, Apple tidak lagi bergantung pada intel prosesor, dan telah membuat prosesornya sendiri dengan nama Chip M1 untuk seri pertama. Chip ini tentunya lebih compatible dan mendukung fitur Apple lainnya.

Prosesor besutan Apple dengan nama series M ini tidak hanya efisien, tapi juga dapat bekerja dengan cepat karena sudah dilengkapi fitur core CPU dan GPU yang mumpuni di kelasnya. Produk Apple dengan chip M series juga menggunakan "unfied memory" yang mendukung efisiensi MacBook Pro.

Penerapan Apple atas memori bandwidth tinggi dan latensi rendah ini dapat menghindari keharusan mengkomunikasikan data antara lokasi memori yang berbeda, sehingga menghasilkan kinerja yang lebih efisien pada MacBook Pro.

Dengan segala kecanggihan yang ditawarkan MacBook Pro seperti arsitektur SoC yang menghasilkan performa yang lebih baik dan efisien, tidak lantas membuat produk Apple ini hadir tanpa cela. Pasalnya, memori terpadu atau unfied memory Apple ini bersifat tetap pada saat pembelian. Hal ini berarti pembeli tidak dapat melakukan peningkatan memori RAM di kemudian hari.

Baca juga: Inilah Rekomendasi MacBook Yang Cocok Untuk Gaming Tahun 2023

Kesimpulan

Untuk Jagoans yang masih bingung terkait dengan RAM 8GB dari MacBook Pro, sebenarnya RAM 8 GB bisa dibilang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi MacBook Pro dilengkapi fitur mumpuni lainnya seperti layar retina display yang tajam dan memanjakan mata, prosesor chip M1 yang cepat, dan desainnya yang ramping dan tipis yang membuatnya mudah dibawa-bawa.

Untuk Jagoans yang merupakan pekerja kreatif, memang membutuhkan RAM yang lebih besar dibandingkan dengan RAM 8 GB. Hal ini tentunya berdampak pada biaya dan harus merogoh kocek yang cukup dalam jika ingin melakukan penambahan RAM pada MacBook Pro.

Dapatkan MacBook Pro incaranmu hanya di Jagofon!

Source: The Verge

Sebelum membeli, pastikan Jagoans benar-benar mempertimbangkan kebutuhan memori Jagoans, karena memorinya bersifat permanen. Jangan sampai membeli MacBook Pro dengan kapasitas RAM yang tidak sesuai kebutuhan. Untuk kamu yang sudah memutuskan untuk membeli MacBook Pro, langsung cek di Jagofon aja yuk!

Jagofon merupakan marketplace spesialis gadget bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja gadget bekas. Kamu tidak perlu khawatir soal kualitasnya, karena Jagofon selalu melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100% berfungsi sebelum sampai ke tanganmu.

Kapan lagi kamu bisa beli MacBook Pro atau gadget bekas lain bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya lho! Produk yang ditawarkan Jagofon juga dijamin 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished, dan tentunya kamu akan mendapat full aksesoris sesuai box baru.

Beli gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar gadget impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon. Mudah banget kan? Jadi, tunggu apalagi? Yuk dapatkan beragam gadget impian kamu hanya di Jagofon!

Share on: