JagoHacks

Baterai HP Cepat Habis? Mungkin Ini Penyebabnya!

Baterai HP yang cepat habis tentu akan mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Terkadang kamu juga tidak tahu penyebab baterai HP yang cepat habis ini karena apa walau menggunakannya tidak terlalu sering.

Hal ini menimbulkan pertanyaan, apa yang menyebabkan baterai HP kamu cepat habis. Apakah memang masa pakainya sudah tidak layak, atau ada faktor lain yang membuat baterainya cepat habis.

Oleh karena itu, yuk kita urut beberapa kemungkinan penyebab baterai HP cepat habis dan cari tahu bagaimana menanggulanginya.

Baca juga: Tips Mengisi Baterai HP Agar Lebih Cepat Penuh

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Ada beberapa penyebab baterai cepat habis. Salah satu diantaranya adalah seperti di bawah ini.

Layar yang Terlalu Cerah

Baterai HP Cepat Habis? Mungkin Ini Penyebabnya! - Jagofon
Image Source: loop.co.id

Layar HP adalah komponen yang paling sering menyedot daya baterai. Walau bukan yang paling deras, namun layar HP terkadang menyumbang pemakaian konsumsi daya yang membuat baterai cepat habis.

Salah satu penyebabnya adalah tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi. Selain bisa berdampak langsung ke kesehatan mata, kecerahan layar yang terlalu tinggi juga bisa memakan daya baterai cukup tinggi.

Penyebab lainnya adalah daya refresh rate dan resolusi yang tinggi. Semakin tinggi refresh rate, semakin besar pula daya yang dibutuhkan. Memang sensasi menggulir layar akan semakin mulus, namun ini akan meningkatkan respon yang dibutuhkan layar sehingga membutuhkan daya yang lebih tinggi.

Namun, jika kamu pengguna iPhone 11, kamu tidak perlu mengkhawatirkan maslah refresh rate, karena ponsel hanya mendukung refresh rate mentok di 60 Hz. Entah ini sebuah kelebihan atau kekurangan, yang jelas baterai iPhone 11 akan terasa lebih awet jika kamu pakai seharian.

Pemakaian HP yang Tinggi

Baterai HP Cepat Habis? Mungkin Ini Penyebabnya! - Jagofon
Image Source: Alodokter

Semakin aktif kamu menggunakan HP, semakin cepat terkurasnya daya baterai kamu. Jika kamu menggunakan ponsel kamu sebagai alat untuk mendukung pekerjaan kamu, semakin cepat pula baterai HP akan terkuras.

Selain itu, hal ini akan memperpendek masa pakai baterai HP kamu karena tingginya intensitas pemakaian HP kamu. Apalagi jika kamu berprofesi sebagai penyedia layanan ojek online yang pasti menggunakan power bank untuk mengisi daya baterai HP kamu. Jika hal ini dilakukan setiap hari, tak ayal baterai HP lama-kelamaan akan cepat habis tanpa terasa.

Kemudian jika kamu memiliki kecenderungan bermain game mobile dengan sangat aktif, pasti permasalahan baterai cepat habis akan kamu rasakan. Dorongan untuk memainkan game dan push rank mungkin faktor pertama untuk memendekkan masa pakai baterai HP kamu juga Jagoans.

Sinyal Lemah

Baterai HP Cepat Habis? Mungkin Ini Penyebabnya! - Jagofon
Image Source: Telset.id

Saat sinyal atau jaringan provider kamu keok, HP kamu akan terus berusaha mendapatkan jaringan internet di sekitar HP. Hal ini tentu mengakibatkan adanya penambahan tugas yang menyebabkan meningkatnya daya baterai yang harus digunakan.

Namun, dengan jangkauan jaringan yang luas apalagi ditambah sinyal 5G yang mulai tersebar luas akan meminimalisir pencarian jaringan. Samsung A52 menawarkan sinyal yang stabil dan cepat untuk memenuhi kebutuhan kamu dan dijamin awet dipakai seharian. Kamu bisa beli Samsung A52 di Jagofon dengan harga yang menarik loh Jagoans! Yuk langsung cek websitenya sekarang juga.

Umur Baterai atau HP

Baterai HP Cepat Habis? Mungkin Ini Penyebabnya! - Jagofon
Image Source: CNN Indonesia

Semakin lama kamu menggunakan HP, maka kualitas baterainya pun menjadi buruk. Hal ini menjadi alasan yang kuat borosnya baterai HP kamu karena memang umur baterai dan HP kamu memang sudah usang. Alangkah baiknya kamu cek kesehatan baterai HP kamu agar bisa bersiap-siap sewaktu-waktu baterai HP kamu mati total.

Aplikasi yang Terus Berjalan

Baterai HP Cepat Habis? Mungkin Ini Penyebabnya! - Jagofon
Image Source: Suara.com

Aplikasi yang tidak kamu tutup dengan sempurna terkadang masih berjalan di balik layar. Selain menambah beban memori, hal in juga akan menambah beban daya baterai yang digunakan sehingga membuat baterai kamu cepat habis.

Kamu yang terbiasa multitasking pada HP Oppo Reno 6 pasti lupa atau mungkin sengaja untuk tidak menutup aplikasi yang sudah kamu gunakan. Hal ini untuk menambah flexibilitas berpindah antar aplikasi, namun dapat mengorbankan daya baterai cukup signifikan.

Nah saking asyiknya Oppo Reno 6 kamu pakai untuk multitasking, terkadang lupa menutup banyaknya aplikasi yang kamu pakai. Buat kamu yang mencari Oppo Reno 6 yang tak bisa dipungkiri lagi performanya, kamu bisa cek di Jagofon ya Jagoans!

Solusi Baterai HP Cepat Habis

Nah, dari beberapa penyebab baterai HP cepat habis, berikut beberapa upaya dan solusi untuk mengatasi baterai HP cepat habis.

Jaga Kecerahan Layar

Menjaga kecerahan layar adalah langkah yang mudah untuk menjaga agar baterai HP tidak cepat habis. Sebenarnya mengaturnya secara manual adalah langkah yang lebih baik, secara kecerahan layar akan tetap berada di satu tingkat tanpa mengeluarkan kecerahan secara berlebihan.

Namun untuk meningkatkan kualitas hidup, kamu bisa mengaktifkan Auto Brightness agar kecerahan layar menyesuaikan dengan pencahayaan sekitar kamu secara otomatis.

Jaga Intensitas Pemakaian

Memakai HP secara intens sudah pasti akan menguras baterai HP dengan cepat. Pemakaian HP secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan kamu. Kamu akan dihadapkan dengan mata yang kering, tulang leher yang kaku dan akan mengurangi respon motorik kamu jika menggunakan HP secara sangat intens.

Alangkah baiknya mengatur pemakaian HP agar tidak menggunakannya secara terus-menerus. Kamu bisa menjadwalkan setiap 30 menit penggunaan, kemudian berhenti selama 5 menit, atau 1 jam lalu berhenti selama 10 atau 15 menit jika memungkinkan. Selain bisa menghemat baterai, kamu juga bisa memperpanjang masa hidup dan kualitas baterai HP kamu.

Apalagi jika kamu pengguna iPhone, battery health HP kamu pasti akan drop jika kamu tidak mampu merawatnya. Namun jika kamu ingin upgrade ke iPhone 12 Pro, kamu boleh cek website Jagofon. Jangan khawatir, semua komponen iPhone di Jagofon terjamin orisinalitasnya. Battery health juga akan diberi tahu dan pasti masih layak untuk kamu gunakan di tahun 2024 ini.

Nonaktifkan Wifi dan Hotspot

Jaringan yang menyala terus akan menguras baterai HP kamu secara lumayan signifikan. Alangkah baiknya setelah digunakan, kamu langsung mematikan fitur Hotspot agar baterai tidak terkuras dengan cepat.

Baca juga: Ini Daftar iPhone dengan Baterai Paling Awet

Tutup Aplikasi Dibalik Layar

Banyaknya aplikasi di belakang layar sudah terbukti akan menguras baterai HP kamu. Terlebih para pengguna iPhone 12 yang pasti kesulitan untuk menutup beberapa aplikasi yang ada di balik layar.

Sebisa mungkin kamu menutup aplikasi secara proper guna memperpanjang durasi baterai HP kamu. Jika kamu rajin melakukan hal ini, kamu juga bisa memperpanjang battery health iPhone 12 kamu sehingga bias memperpanjang masa pakainya.

Cek Pada Teknisi

Nah, jika sudah melakukan beberapa cara di atas kemudian baterai HP kamu masih boros, mungkin saatnya kamu pergi ke teknisi dan mendapatkan pelayanan dari ahlinya.

Kemungkinan kamu memang harus mengganti baterai HP kamu dengan yang baru Jagoans. Namun jika kamu harus mengganti baterai HP, disarankan mengganti dengan produk ori ya Jagoans. Walaupun sedikit mahal, pasti baterainya akan lebih awet dan terjamin keamanannya.

Seperti belanja di Jagofon, semua produknya dijamin original dan aman. Karena Jagofon adalah marketplace pertama Indonesia yang menyediakan HP bekas dan semua produknya lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena HP punya jaminan garansi mesin 1-6 bulan. Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!