JagoHacks

February 5, 2024

Tips Mengisi Baterai HP Agar Lebih Cepat Penuh

Pembelian smartphone saat ini menjadi semakin kompleks dengan banyaknya tipe dan merek yang tersedia di pasaran. Orang sering kali dihadapkan pada beragam pilihan yang menawarkan fitur-fitur canggih dan inovatif. Namun, salah satu kekhawatiran utama konsumen adalah kinerja baterai. Baterai yang cepat habis atau tidak tahan lama pastinya dapat menjadi sumber frustrasi bagi Jagoans, kan?

Source: Tom's Guide

Seiring dengan perkembangan teknologi, produsen smartphone terus berupaya meningkatkan daya tahan baterai dengan menghadirkan fitur-fitur hemat daya dan pengisian cepat. Meskipun demikian, konsumen tetap perlu mempertimbangkan faktor ini dengan cermat sebelum memutuskan pembelian, karena baterai yang baik merupakan salah satu komponen kunci untuk pengalaman yang memuaskan dalam penggunaan HP sehari-hari.

Kekhawatiran terhadap masalah lingkungan juga semakin mempengaruhi keputusan pembelian. Konsumen yang peduli terhadap dampak lingkungan sering kali mempertimbangkan masa pakai dan daur ulang baterai saat memilih HP baru. Produsen smartphone pun mulai menanggapi permintaan ini dengan mengembangkan teknologi baterai yang lebih ramah lingkungan

Baterai dibuat dengan teknologi dapat diisi ulang berkali-kali atau bahan baku yang lebih mudah didaur ulang. Dengan demikian, selain mempertimbangkan performa dan fitur, konsumen juga semakin memperhatikan aspek keberlanjutan dan dampak lingkungan dari produk yang mereka beli, menjadikan kualitas dan daya tahan baterai sebagai salah satu pertimbangan utama dalam proses pembelian HP.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Kenapa Baterai HP Cepat Habis!

Baterai Menjadi Pertimbangan yang Penting

Source: AARP

Dalam pemilihan HP, baterai menjadi salah satu faktor kunci yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen. Hal ini disebabkan oleh pentingnya daya tahan baterai dalam mendukung penggunaan sehari-hari. Pengguna HP Android menginginkan perangkat yang dapat bertahan sepanjang hari tanpa harus terus-menerus diisi ulang.

Dengan semakin banyaknya fitur yang menguras daya, seperti koneksi internet yang aktif dan aplikasi yang berjalan secara terus-menerus, kapasitas dan kinerja baterai menjadi penentu utama dalam pengalaman Jagoans yang memuaskan.
Baterai yang baik juga merupakan faktor penentu dalam mobilitasmu. Jadi, kamu bisa tetap terhubung dan produktif tanpa harus terus mencari sumber daya untuk pengisian ulang.

Dalam situasi di mana akses ke stopkontak terbatas, seperti saat bepergian atau dalam keadaan darurat, kehandalan baterai menjadi semakin penting. Oleh karena itu, konsumen cenderung memberikan perhatian yang besar pada kualitas dan daya tahan baterai saat memilih HP baru, karena hal ini secara langsung memengaruhi kenyamanan dan kepraktisan penggunaan perangkat sehari-hari.

Fitur Fast Charging

Source: Black View

Fitur fast charging telah menjadi standar dalam banyak HP Android karena memberikan kemudahan dan kenyamanan tambahan bagimu. Dengan fast charging, Jagoans dapat mengisi daya bateraimu dengan cepat. Kamu dapat kembali menggunakan perangkatmu dalam waktu singkat setelah melakukan pengisian. Hal ini sangat berguna dalam situasi-situasi di mana waktu pengisian terbatas, seperti saat sedang terburu-buru atau saat bepergian.

Fitur ini juga membantu mengurangi kekhawatiran tentang kehabisan daya, karena dapat dengan cepat mengisi daya bateraimu saat diperlukan. Namun, meskipun fast charging memiliki banyak keuntungan, Jagoans juga perlu memperhatikan penggunaan yang berlebihan. Pengisian cepat yang terlalu sering dapat mempengaruhi umur pakai baterai dalam jangka panjang, karena proses pengisian yang cepat dapat meningkatkan suhu baterai secara signifikan.

Oleh karena itu, sementara fitur fast charging memberikan kenyamanan tambahan, penting bagi kamu untuk menggunakan fitur ini dengan bijak dan seimbang dengan upaya menjaga kualitas baterai secara keseluruhan. Berikut beberapa tips dalam pengisian baterai agar lebih cepat. Yuk, kita simak beberapa tips mengisi baterai HP agar bisa lebih cepat penuh ala Jagofon di bawah ini!

1. Menggunakan Adaptor Khusus Fast Charging

Adaptor ini dirancang khusus untuk memberikan daya yang lebih tinggi ke perangkat secara simultan, memungkinkan baterai untuk mengisi lebih cepat daripada pengisian standar. Dengan menggunakan adaptor fast charging, Jagoans dapat menghemat waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya bateraimu, sehingga kamu bisa kembali menggunakan perangkatmu tanpa harus menunggu terlalu lama.

2. Aktifkan Airplane Mode

Mengaktifkan airplane mode saat mengisi daya smartphone merupakan cara yang efektif untuk mempercepat proses pengisian baterai. Dengan mengaktifkan mode pesawat, perangkat akan mematikan semua fitur nirkabel seperti jaringan seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth yang biasanya mengonsumsi daya baterai secara terus-menerus.

Source: Groovy Post

Dengan demikian, penggunaan daya baterai untuk keperluan lain yang tidak terkait dengan pengisian akan dihentikan, memungkinkan seluruh daya yang tersedia dialokasikan secara eksklusif untuk proses pengisian. Hal ini dapat mempercepat waktu pengisian baterai, memberikanmu keunggulan tambahan dalam memastikan perangkatmu siap digunakan dalam waktu yang lebih singkat.

3. Matikan HP Sebelum Charge

Mematikan smartphone sebelum pengisian daya dapat menjadi cara yang efektif untuk mempercepat proses pengisian baterai. Dengan mematikan perangkat, semua proses latar belakang dan aplikasi yang berjalan akan dihentikan, mengurangi beban penggunaan daya yang tidak perlu saat pengisian. Ini memungkinkan seluruh daya yang tersedia dialokasikan secara eksklusif untuk pengisian baterai.

Dengan mematikan HP terlebih dahulu, dapat membuat baterai perangkatmu lebih cepat terisi penuh. Selain itu, mematikan perangkat juga dapat membantu mencegah pemanasan berlebih yang dapat terjadi saat pengisian, yang pada gilirannya dapat membantu menjaga kualitas dan umur pakai baterai dalam jangka panjang.

Baca juga: Simak! Cara HP Android Agar Tetap Punya Performa Mulus

4. Batasi Penggunaan HP Saat Charge

Dengan mengurangi atau menghindari penggunaan aplikasi yang membutuhkan daya tinggi seperti bermain game atau streaming video, Jagoans dapat mengalokasikan lebih banyak daya baterai untuk proses pengisian. Hal ini membantu mengurangi beban kerja baterai saat pengisian sehingga daya yang tersedia dapat digunakan secara maksimal untuk mengisi baterai.

Source: Tech With Tech

Selain itu, HP juga akan menjadi cepat panas ketika digunakan sambil dicharge. Hal ini bisa membahayakan kesehatan dan keselamatanmu, loh. Dengan membatasi penggunaan HP saat pengisian tidak hanya mempercepat proses pengisian, tetapi juga membantu menjaga kualitas dan umur pakai baterai dalam jangka panjang.

5. Mengisi Daya Langsung dari Stop Kontak

Menghubungkan HP langsung ke stopkontak tanpa menggunakan perantara seperti power bank atau komputer adalah cara yang paling langsung dan efisien untuk mempercepat proses pengisian baterai. Ini karena arus listrik yang diterima dari stopkontak biasanya lebih stabil dan kuat dibandingkan dengan sumber daya alternatif lainnya, seperti port USB pada komputer.

Dengan menggunakan adaptor daya yang sesuai, Jagoans dapat memastikan bahwa perangkat Jagoans menerima daya maksimum yang diizinkan oleh perangkat tersebut, yang secara langsung mengoptimalkan proses pengisian dan mempercepat waktu pengisian baterai.

6. Jangan Pakai Wireless Charging

Meskipun teknologi wireless charging semakin populer karena kenyamanannya, pengisian menggunakan kabel cenderung lebih cepat karena transfer energi langsung melalui kabel dari sumber daya ke perangkat. Dengan menghindari wireless charging, kamu dapat memaksimalkan kecepatan pengisian bateraimu, karena metode ini tidak memerlukan konversi energi tambahan yang sering kali memperlambat proses pengisian.

Source: Mobile Fun

Baca juga: Tips Agar Kamu Menjadi Pengguna HP yang Bijak!

Kesimpulan

Dalam upaya untuk mempercepat pengisian daya HP Android, beberapa strategi dapat diterapkan, seperti yang disebutkan di atas. Dengan menggabungkan beberapa dari strategi ini, Jagoans dapat mengoptimalkan waktu pengisian dan memastikan bahwa baterai HP-mu siap digunakan dalam waktu singkat, dan kamu dapat kembali terhubung dan produktif dalam aktivitas sehari-hari.

Tetapi untuk baterai HP Jagoans yang sudah sangat tidak bisa bertahan atau bocor, ada baiknya Jagoans mengganti HP yang baru. HP baru bukan berarti harus produk yang baru, karena produk bekas pun bisa terasa seperti baru! Dengan membeli HP di Jagofon, kamu bisa mendapatkan HP yang dijamin kualitasnya jempolan.

Setiap HP sudah lolos uji kelayakan yang memastikan HP yang kamu terima pasti dengan kondisi terbaik. Pembelian HP apapun akan mendapatkan jaminan garansi mesin hingga 6 bulan, loh! Setelah membeli HP di Jagofon, jangan lupa untuk mengikuti tips pengisian baterai supaya baterai ponselmu bisa lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Share on: