JagoHacks

January 18, 2024

Simak! Cara HP Android Agar Tetap Punya Performa Mulus

Source: Ibxion

Pemakaian handphone dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan penurunan performa karena beberapa faktor. Salah satu faktor utama adalah penurunan daya tahan baterai. Seiring waktu, siklus pengisian dan pengosongan baterai dapat mengakibatkan kapasitas baterai menurun, yang pada gilirannya mempengaruhi waktu pemakaian per charge. Penggunaan aplikasi dan pembaruan sistem operasi yang terus-menerus juga dapat membebani sumber daya handphone, menyebabkan kinerja umumnya menurun seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, menjaga daya baterai dengan siklus pengisian yang baik dan mengelola penggunaan aplikasi secara bijak dapat membantu mempertahankan performa handphone dalam jangka panjang. Selain itu, perawatan dan kebersihan handphone juga penting untuk pemakaian jangka panjang. Debu, kotoran, dan sisa-sisa lainnya dapat mengumpul di port pengisian, speaker, dan lubang ventilasi, yang dapat mengganggu kinerja handphone.

Source: New Mobile Price

Membersihkan handphone secara teratur dan menggunakan aksesori pelindung seperti case dan screen protector dapat membantu menjaga keadaan fisiknya. Selain itu, membatasi penggunaan aplikasi yang berat dan memastikan handphone mendapatkan pembaruan perangkat lunak yang diperlukan dapat membantu memperpanjang masa pakai dan performa handphone dalam jangka panjang.

Dengan menjaga baik sisi perangkat keras maupun perangkat lunaknya, Jagoans dapat memastikan bahwa handphone tetap berfungsi dengan optimal selama waktu yang lebih lama, loh. Lalu, bagaimana cara HP Android agar tetap punya performa mulus? Mari coba ikuti cara yang sudah Jagofon rangkum di bawah ini!

Baca juga: Ciri-ciri HP Android atau iOS yang Terkena Virus

1. Baterai Harus Dioptimalkan

Untuk menjaga kesehatan baterai HP Android-mu, pertama-tama, penting untuk memperhatikan pengisian baterai. Hindari pengisian baterai hingga 100% terus-menerus, dan sebaliknya, cobalah untuk menjaga level baterai di kisaran 20-80%. Siklus pengisian ini dapat membantu memperpanjang umur baterai. Selain itu, hindari penggunaan HP sambil diisi daya, karena hal ini dapat meningkatkan suhu dan memengaruhi baterai.

Source: Next Pit

Pilih charger yang sesuai dan resmi dari pabrikan, karena charger palsu dapat merusak baterai. Lalu pantau aplikasi yang berjalan di latar belakang. Tutup aplikasi yang tidak digunakan agar tidak terus menggunakan daya baterai secara tidak perlu. Atur juga kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan dan nonaktifkan fitur-fitur yang tidak diperlukan seperti Bluetooth dan GPS ketika tidak digunakan.

Jika memungkinkan, perbarui perangkat lunak secara teratur, karena pembaruan tersebut seringkali mencakup peningkatan efisiensi dan manajemen daya. Dengan menjalankan langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat menjaga kesehatan baterai HP Android-mu dan memastikan bahwa daya tahan baterai tetap optimal dalam penggunaan sehari-hari.

2. Jangan Terlalu Banyak Aplikasi

Cara sederhana untuk menjaga kesehatan HP Android adalah dengan tidak menginstal terlalu banyak aplikasi yang tidak diperlukan. Setiap aplikasi yang terpasang dapat menggunakan sumber daya seperti RAM dan daya baterai, sehingga semakin banyak aplikasi yang terinstal, semakin besar pengaruhnya terhadap kinerja perangkat. Pilihlah aplikasi-aplikasi yang benar-benar berguna dan sering digunakan, dan bersihkan secara berkala aplikasi yang tidak terpakai.

Source: Teach74

Dengan mengurangi jumlah aplikasi yang terinstal, kamu bisa menjaga agar ruang penyimpanan tidak terlalu terisi penuh, yang dapat memperlambat perangkat, dan pada gilirannya, menjaga kesehatan dan kinerja HP-mu. Selain itu, perhatikan juga pembaruan aplikasi yang terinstal. Pembaruan tidak hanya membawa fitur baru, tetapi juga perbaikan bug dan peningkatan kinerja.

Dengan memastikan bahwa aplikasi-aplikasi yang kamu miliki selalu diperbarui, kamu dapat menjaga agar perangkat Jagoans tetap berjalan dengan baik. Dengan pendekatan ini, kamu tidak hanya mengoptimalkan kinerja HP Android, tetapi juga memastikan penggunaan sumber daya yang lebih efisien, membuat pengalaman pengguna lebih lancar dan memperpanjang umur perangkat.

3. Jauhi dari Cipratan Air dan Debu

Untuk menjaga kesehatan HP Android agar tidak terkena air atau debu, pertama-tama, hindari penggunaan perangkat di lingkungan yang berpotensi basah atau berdebu. Simpanlah HP Anda di tempat yang aman dan hindari meletakkannya di dekat cairan atau di permukaan yang berdebu. Jika sedang hujan atau ada risiko cairan, pastikan HP Anda disimpan dalam tas atau saku yang tahan air.

Source: Android Authority

Selain itu, gunakan pelindung seperti casing anti-air dan anti-debu untuk melindungi perangkat. Hal ini akan membantu mencegah masuknya air atau debu ke dalam slot dan port perangkat, yang dapat merusak komponen internal dan mempengaruhi kinerja. Berhati-hatilah saat menggunakan HP di sekitar air atau ketika sedang makan atau minum. Jangan biarkan HP terpapar langsung pada cairan atau debu yang dapat merugikan. Jika perangkat terkena air, segera matikan dan keringkan dengan lembut menggunakan kain yang bersih.

Penting untuk diingat bahwa sebagian besar HP tidak tahan air sepenuhnya, meskipun beberapa model memiliki tingkat perlindungan tertentu. Oleh karena itu, pencegahan dengan tidak mengekspos perangkat Anda pada kondisi yang dapat merugikannya akan membantu menjaga kesehatan dan daya tahan HP Android milikmu dalam jangka panjang.

4. Jangan Mengunduh Aplikasi dari Sumber Selain Play Store

Cara penting untuk menjaga kesehatan HP Android adalah dengan berhati-hati dalam menginstal aplikasi, terutama dari sumber yang tidak terpercaya. Mengunduh aplikasi dari luar Google Play Store atau sumber-sumber yang tidak resmi meningkatkan risiko terpapar malware atau virus yang dapat merusak sistem operasi dan mengakibatkan kebocoran data pribadi. Aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya juga mungkin tidak mengalami pengawasan keamanan yang ketat, sehingga berpotensi mengancam privasi dan keamanan perangkat.

Source: Tech Advisor

Selalu disarankan untuk memperoleh aplikasi melalui toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan memeriksa izin yang diminta oleh aplikasi sebelum menginstalnya. Jika sebuah aplikasi meminta izin yang tidak relevan dengan fungsinya atau terdengar mencurigakan, sebaiknya hindari menginstalnya. Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan ini, kamu dapat menjaga kesehatan HP Android-mu dan mencegah potensi risiko keamanan yang dapat merugikan perangkat dan data pribadi kamu.

5. Pastikan Update Software Terbarumu

Menjaga kesehatan HP Android dengan mengupdate software secara teratur adalah langkah krusial untuk memastikan kinerja optimal perangkat. Pembaruan perangkat lunak tidak hanya membawa fitur-fitur baru yang mungkin meningkatkan pengalamanmu, tetapi juga mencakup perbaikan keamanan dan peningkatan performa.

Dengan memastikan bahwa sistem operasi dan aplikasi terkini, Jagoans dapat mengatasi potensi bug atau celah keamanan yang dapat dieksploitasi oleh pihak jahat. Pembaruan juga membantu mengoptimalkan penggunaan daya baterai dan memperbaiki masalah kinerja yang mungkin muncul seiring waktu. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjadwalkan pembaruan secara berkala dan memanfaatkan fitur otomatis pembaruan jika tersedia.

Source: Mobygeek

Selain mendapatkan manfaat keamanan, pembaruan software juga memastikan bahwa perangkatmu kompatibel dengan perkembangan teknologi terbaru. Dengan memperbarui perangkat lunak, Jagoans dapat menghindari masalah kekompatibilitasan dengan aplikasi atau perangkat keras baru yang mungkin muncul di masa depan.

Baca juga: HP Android Mirip iPhone Oktober 2023

Kesimpulan

Secara keseluruhan, menjaga kesehatan dan performa HP Android dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Pertama, hindari penginstalan aplikasi yang tidak diperlukan dan berasal dari sumber yang tidak terpercaya. Kedua, lakukan pembaruan perangkat lunak secara teratur untuk mendapatkan fitur terbaru, perbaikan keamanan, dan peningkatan performa.

Ketiga, atur pengaturan layar dan nonaktifkan fitur yang tidak digunakan untuk menghemat daya baterai. Keempat, hindari paparan air dan debu dengan menggunakan pelindung dan casing yang sesuai. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Jagoans dapat memastikan bahwa HP Android tetap berjalan optimal dan memiliki umur pakai yang lebih panjang.

Di Jagofon, kamu bisa menemukan banyak pilihan HP Android yang menjadi incaranmu. Jagofon merupakan marketplace yang menjual gadget/HP bekas yang sudah sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP. Dan di Jagofon, kamu bisa mendapatkan garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Beli HP/gadget bekas Jagofon sekarang sudah gak repot lagi, karena kami siap langsung mengantar gadget/HP impianmu sampai ke depan rumah. Jagofon juga menawarkan metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon. Segera temukan HP Android impianmu sekarang juga di Jagofon!

Share on: