JagoHacks

December 23, 2023

Ternyata Ini Alasan Kenapa Baterai HP Cepat Habis!

Baterai HP yang tiba-tiba abis di saat-saat penting bisa bikin hari jadi kurang oke banget, apalagi kalo sebenernya kamu nggak terlalu sering main ponsel. Nyebelin banget kan? Nah, sebenernya, baterai yang cepet abis ini nggak selalu karena baterainya udah rusak. Ada beberapa hal lain yang bisa bikin baterai jadi abis cepet, loh.

Gak cuma masalah baterai rusak aja, ternyata bisa juga karena beberapa hal, nih. Jagofon kasih tau deh beberapa penyebab kenapa baterai HP cepat habis dan juga caranya buat ngatasin baterai HP yang nggak tahan lama. Jadi, gak perlu panik dulu, ya!

Image Source: Tokopedia

Aplikasi Menyala Terus di Balik Layar

Alasan mengapa baterai HP cepat habis bisa disebabkan oleh aplikasi yang terus menyala di belakang layar. Hal ini sering terjadi ketika ada aplikasi yang bekerja secara otomatis atau terus memperbarui konten.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu menutup aplikasi yang tidak sedang digunakan dan memeriksa pengaturan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Pastikan untuk mematikan fitur pembaruan otomatis jika tidak diperlukan agar baterai HP kamu tidak cepat habis.

Hotspot atau Google Maps yang Menyala

Penyebab baterai HP cepat habis bisa juga adalah penggunaan hotspot atau aplikasi seperti Google Maps yang terus aktif. Hotspot dapat menguras baterai dengan cepat karena perangkat berfungsi sebagai titik akses internet.

Demikian pula, aplikasi Google Maps yang terus menyala untuk memberikan petunjuk arah juga dapat menjadi penyebab konsumsi daya yang tinggi. Agar baterai HP kamu tidak cepat habis, pastikan untuk mematikan hotspot dan menutup aplikasi setelah selesai digunakan.

Baca Juga: 5 Cara Paling Ampuh Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Berada di Area yang Sinyalnya Lemah

Mengapa baterai HP cepat habis seringkali terkait dengan keberadaan di area dengan sinyal yang lemah. Saat HP berjuang untuk mencari sinyal yang kuat, perangkat cenderung meningkatkan daya untuk mencapai jaringan yang lebih baik.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memilih untuk menggunakan mode jaringan yang lebih efisien, seperti 3G atau 4G, ketimbang 5G jika sinyal masih memadai. Selain itu, mematikan fitur pencarian otomatis jaringan saat tidak diperlukan juga dapat membantu menjaga daya baterai agar tidak cepat habis saat berada di daerah dengan sinyal yang kurang baik.

Kecerahan Layar yang Tinggi

Salah satu faktor yang sering diabaikan namun signifikan dalam menjawab pertanyaan kenapa baterai HP cepat habis adalah kecerahan layar yang terlalu tinggi. Layar yang bersinar terang dapat menjadi kontributor utama dalam pengurasan daya baterai.

Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar. Selain itu, mengaktifkan fitur otomatis kecerahan layar juga dapat membantu mengoptimalkan konsumsi daya dengan menyesuaikan kecerahan sesuai kebutuhan, menjadikan baterai HP lebih tahan lama.

Kesehatan Baterai Menurun

Kamu tahu, kenapa baterai HP cepat habis di gadget kesayanganmu itu seperti pahlawan tak terlihat yang bekerja tanpa henti di balik layar. Namun, seiring waktu, kesehatan baterai bisa merosot. Nah, ini bukan karena dia malas atau bosan, tapi lebih kepada proses alami yang bisa bikin dia jadi lebih rentan lelah.

Bayangkan saja, setiap kali kamu cas atau pakai gadgetmu, baterai itu sebenarnya lagi kerja keras banget. Seperti manusia yang memerlukan tidur dan istirahat, baterai juga butuh 'istirahat' dari siklus cas dan pemakaian yang terus-menerus. Kalau terus-menerus dikejar-kejar, dia bisa stres, dan kesehatannya pun bisa menurun.

Selain itu, suhu juga jadi faktor penting buat kesehatan baterai. Jangan sampai bateraimu jadi kepanasan atau kebebekan, karena itu bisa merusak strukturnya dan mempercepat proses penuaan. Jadi, selalu pastikan bateraimu nggak kepanasan atau malah kepedesan, ya!

Kesimpulan

Dalam menjawab pertanyaan "kenapa baterai HP cepat habis," kita telah mengidentifikasi beberapa faktor utama yang dapat mempengaruhi daya tahan baterai. Gimana, Jagoans? Selama ini kamu sudah menggunakan HP kamu dengan benar belum? Jika kamu mau switch HP kamu dengan versi yang lebih baik, kamu bisa lihat katalog Jagofon untuk meyakinkan keinginan kamu. Karena berbelanja di Jagofon akan terjamin kualitasnya dan dipastikan ga akan rugi.

Share on: