JagoHacks

Bingung Cek Garansi Apple? Cari Caranya Disini!

Detak Banten - Mengecek Garansi iPhone dengan Mudah: Panduan Langkah demi  Langkah
Source : Detak Banten

Jagoans, siapa yang ingin membeli iPhone di tahun 2024 ini? Sebelum membeli pastikan sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu ya Jagoans! Selain itu, penting juga untuk mengecek garansi sebelum membeli lho. Untuk kamu yang sedang mencari iPhone bergaransi, kamu dapat membelinya langsung di website Jagofon.

Baca juga : 5 iPhone ini Harganya Sudah Murah Untuk Dibeli Tahun 2024, Yuk Intip Sekarang

Di sisi lain, masih banyak orang yang belum aware atau pun sering menganggap sepele garansi. Padahal, garansi dapat memberikan perlindungan kepada iPhone terhadap kecacatan yang tidak terlihat atau pun dapat memberikan perbaikan tanpa tambahan biaya.

Nah kali ini, Jagofon akan membahas tentang garansi Apple untuk iPhone dan juga cara cek garansi Apple tersebut. Penasaran? stay tuned di artikel ini ya Jagoans!

Garansi Apple

Source : osxdaily.com

Garansi Apple berfungsi untuk memberi jaminan bahwa iPhone yang baru dibeli pengguna tidak ada kendala atau cacat produksi. Jika iPhone yang baru kamu beli mengalami cacat produksi, kamu bisa mengajukan klaim garansi.

Jangka Waktu Garansi Apple

Apple akan mengganti iPhone tersebut secara cuma-cuma, namun harus memenuhi syarat dan ketentuan dari Apple. Untuk klaim garansi, pastikan kamu juga telah menyimpan kartu garansi dan juga fraktur pembelian untuk ditunjukkan di tempat kamu membeli iPhone.

Selain itu, sebelum melakukan klaim garansi iPhone pastikan juga garansi tersebut masih berlaku, karena jika masa berlaku garansi sudah habis, pengguna tidak dapat mengajukan klaim garansi. Dilansir dari laman resmi Apple, garansi Apple berlaku selama satu tahun setelah pembelian pertama kali.

Persyaratan dan Cara Klaim Garansi Apple

Apple menjamin produk perangkat keras iPhone terhadap cacat produksi apabila digunakan secara normal sesuai dengan pedoman yang dipublikasikan oleh Apple untuk jangka waktu satu tahun sejak tanggal pembelian ritel awal. Garansi tersebut tidak berlaku untuk :

  • Komponen yang habis pakai, seperti baterai atau lapisan pelindung kecuali kerusakan disebabkan oleh cacat materi atau cacat produksi.
  • Kerusakan fisik, tidak terbatas pada goresan, penyok, dan patahnya plastik pada port, kecuali kerusakan disebabkan oleh cacat produksi.
  • Kerusakan iPhone yang disebabkan oleh kecelakaan, penyalahgunaan, api, kontak dengan cairan, gempa bumi, atau pengoperasian Produk Apple di luar pedoman yang dipublikasikan oleh Apple.
  • Kerusakan iPhone yang disebabkan oleh servis (termasuk peningkatan dan ekspansi) yang dilakukan oleh orang lain.
  • Produk iPhone yang telah dimodifikasi untuk mengubah fungsi atau kemampuan tanpa izin tertulis dari Apple.
  • Nomor seri telah dihapus atau dirusak pada iPhone atau jika Apple menerima informasi dari otoritas publik yang relevan bahwa produk tersebut telah dicuri atau jika pengguna tidak dapat menonaktifkan kode sandi atau tindakan keamanan lainnya.

Perbedaan Garansi

Source : TechPP

Untuk Jagoans yang belum tahu, terdapat dua tipe garansi untuk produk iPhone di Indonesia, yaitu garansi distributor dan garansi resmi dari Apple. Berikut perbedaan dari kedua garansi tersebut :

Garansi Apple

Garansi resmi Apple adalah garansi yang diberikan langsung oleh Apple, yang mencakup perbaikan atau pun penggantian komponen perangkat keras atau hardware iPhone yang dsiebabkan oleh kecacatan pabrik atau kerusakan yang tidak disebabkan oleh pengguna.

Di sisi lain, biasanya garansi ini berlaku satu tahun setelah pembelian. Sebelum membeli iPhone, Jagoans hendaknya memastikan masa berlaku garansinya terlebih dahulu. Jangan sampai membeli iPhone dengan garansi internasional, karena garansi tersebut tidak akan berlaku di Indonesia.

Garansi Distributor

Garansi distributor adalah garansi tambahan yang diberikan oleh distributor, atau dengan kata lain garansi dari toko di tempat kamu membeli produk iPhone.

Garansi ini bisa mencakup perbaikan dan penggantian komponen iPhone. Biasanya, masa garansi ini berlaku sesuai dengan syarat dan ketentuan toko dan dapat berbeda-beda, tergantung dari kebijakan toko.

Banyak pengguna yang bertanya apakah iPhone dengan garansi distributor merupakan iPhone asli atau tidak, hal tersebut bergantung pada distributor masing-masing. Beberapa distributor memang menjual iPhone asli dari luar negeri, tetapi sebagian distributor lainnya menjual iPhone rekondisi.

Cara Cek Garansi Apple

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan untuk klaim garansi iPhone, kamu juga harus mengetahui tentang cara cek garansi iPhone. Terdapat cara cek garansi Apple, yaitu melalui website Apple, melalui perangkat iPhone-nya sendiri, dan via Apple Support.

Cek via Website Apple

Source : Kompas

Cara pertama untuk cek garansi Apple untuk iPhone adalah dengan memeriksanya melalui webite resmi Apple. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka aplikasi browser milikmu, kemudian pergi ke website Apple https://checkcoverage.apple.com/coverage
  2. Setelah itu masukkan kode serial number dari iPhone kamu. Untuk menemukan serial number dari iPhone, kamu dapat ke menu Setting > General > About > Serial Number.
  3. Selanjutnya, masukkan kode captcha yang tertera di bawah serial number dan klik submit.
  4. Tunggu beberapa saat sampai layar menampilkan pemberitahuan garansi.
  5. Jika tulisannya coverage expired, berarti masa garansinya telah habis. Sebaliknya jika tulisan di layar menampilkan eligible, berarti iPhone tersebut masih dalam masa garansi.

Cek via iPhone

Source : KapilArya.com

Cara termudah untuk cek garansi Apple kamu adalah dengan melihatnya pada iPhone milikmu. Berikut langkah-langka yang dapat kamu ikuti untuk cek garansi via iPhone :

  1. Pertama, buka menu pengaturan atau settings pada iPhone kamu.
  2. Kemudian pilih menu about atau tentang.
  3. Seanjutnya klik pada opsi coverage, jika garansi telah habis, menu tersebut akan menampilkan opsi coverage expired.
  4. Jika masih dalam masa garansi, iPhone akan menampilkan masa garansi atau limited warranty dan jenis garansi yang berlaku.

Cek via Apple Support

Source : Apple

Cara terakhir untuk cek garansi Apple untuk iPhone adalah dengan melakukannya melalui Apple Support. Berikut caranya :

  1. Buka link mysupport.apple.com melalui aplikasi browser kamu.
  2. Selanjutnya login dengan Apple ID milikmu.
  3. Kemudian pilih opsi Lihat Bukti Perlindungan atau View Proof of Coverage.
  4. Tunggu beberapa saat hingga layar menunjukkan informasi perangkat, termasuk informasi keaslian produk dan masa garansi.

Cari iPhone Berkualitas di Jagofon

Gimana Jagoans? mudah bukan untuk cara cek garansi Apple? Nah, buat kamu yang tertarik untuk membeli iPhone bergaransi, kamu dapat langsung checkout di Jagofon lho! Selain mendapat iPhone bergaransi, semua produk Jagofon 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished.

Jagofon sendiri bukan toko, melainkan marketplace HP dan gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Setiap produk Jagofon juga sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP atau gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Cukup checkout HP atau gadget impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!

Beli HP dan gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP dan gadget impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon.

Tunggu apalagi? yuk segera dapatkan gadget dan HP impianmu hanya di Jagofon!