JagoHacks

Cara Blokir Telepon di iPhone dan Filter Panggilan yang Mengganggu

Panggilan telepon yang tidak diharapkan bisa cukup menyusahkan. Biasanya, jenis panggilan ini berasal dari nomor spam telemarketing atau bahkan dari nomor tak dikenal yang iseng. Untuk menanggulanginya, kamu bisa langsung blokir panggilan iPhone di HP-mu. Umumnya, setiap HP dilengkapi dengan fitur pemblokiran panggilan, termasuk para pengguna iPhone yang bisa langsung memblokir panggilan yang tidak dikenal.

Selain itu, jika cara pemblokiran nomor tidak efektif, kamu juga bisa memfilter nomor telepon yang tidak diinginkan. Ini bisa menjadi alternatif untuk menghindari panggilan dari nomor yang tak dikenal atau asing. Nah, bagaimana caranya memblokir dan memfilter nomor telepon di iPhone? Yuk, simak tutorialnya di bawah ini.

Sering Terganggu Panggilan Tak Dikenal? Ini Cara Ampuh Filter dan Blokir  Nomor Telepon di iPhone - IndoGamers
Image Source: IndoGamers

Menyalakan Identifikasi Panggilan

Blokir panggilan iPhone dapat membantu mengenali panggilan yang masuk menggunakan data dari Apple Business Connect, operator selulermu, dan aplikasi identifikasi panggilan yang didukung.

Caranya cukup mudah, buka Pengaturan > Telepon > Pemblokiran & Identifikasi Panggilan.

Kamu bisa mengaktifkan satu atau beberapa opsi berikut:

  1. ID Business Connect: Panggilan masuk akan diidentifikasi menggunakan informasi dari Apple Business Connect.
  2. ID Panggilan Operator: Informasi penelepon akan diidentifikasi oleh operator seluler yang didukung.
  3. App Identifikasi Panggilan: Panggilan masuk akan diidentifikasi menggunakan aplikasi identifikasi panggilan yang didukung.

Memblokir Panggilan Suara, Panggilan FaceTime, dan Pesan dari Orang Tertentu

Di aplikasi Telepon, buka tab Favorit, Terbaru, atau Pesan Suara.

Kemudian, cari nomor atau kontak yang ingin kamu blokir dan ketuk tombol Info Lainnya yang berada di sebelahnya. Setelah itu, gulir ke bawah dan ketuk opsi "Blokir Penelepon ini". Dengan melakukan itu, kamu bisa memblokir panggilan iPhone dan pesan dari nomor atau kontak tersebut.

Baca Juga: Awas Tertipu Ini Beda iPhone Inter dan iBox

Mengelola kontak yang diblokir

Jagoans juga bisa mengelola blokir panggilan iPhone Di HP-mu, buka menu Pengaturan, lalu pilih opsi Telepon. Setelah itu, cari dan ketuk opsi yang bertuliskan Kontak yang Diblokir.

Selanjutnya, ketuk tombol Edit untuk mengelola daftar kontak yang sudah diblokir. Dari sana, kamu bisa menambahkan atau menghapus kontak yang ingin diblokir atau diizinkan.

Mengirimkan Penelepon Tidak Dikenal dan Spam ke Pesan Suara

Untuk masalah blokir panggilan iPhone kamu bisa mengikuti cara ini Di HP-mu, buka menu Pengaturan, lalu pilih opsi Telepon. Setelah itu, kamu akan melihat beberapa opsi yang berbeda.

Jika ingin mengatur fitur yang memungkinkan untuk mengabaikan panggilan dari nomor yang tidak dikenali, kamu bisa pilih opsi "Heningkan Penelepon yang Tidak Dikenal". Fitur ini memberimu pemberitahuan untuk panggilan yang berasal dari nomor yang tidak ada di daftar kontakmu, panggilan keluar terbaru, dan saran dari Siri.

Jika kamu ingin memanfaatkan fitur untuk mengidentifikasi dan memblokir panggilan spam atau penipuan, kamu bisa pilih opsi "Pemblokiran & Identifikasi Panggilan". Di sini, kamu bisa mengaktifkan fitur "Heningkan Penelepon Junk" (tergantung pada dukungan operator) yang akan membisukan panggilan yang diidentifikasi sebagai spam atau penipuan oleh operatormu.

Cara Blokir Telepon di iPhone dan Filter Telepon yang Tidak Diinginkan
Image Source: TeknoKompas

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut untuk masalah blokir panggilan iPhone, kamu dapat mengelola panggilan masuk dengan lebih efektif dan menjaga agar ponselmu tetap tenang dan terhindar dari gangguan yang tidak diinginkan. Blokir panggilan tidak hanya membantu mengurangi gangguan dari panggilan spam atau telemarketing, tetapi juga melindungi privasi dan kenyamananmu.

Bagi Jagoans yang tengah mencari iPhone untuk menemani aktivitas sehari-harimu, kamu bisa menemukannya di Jagofon. Di Jagofon HP bekas yang dijual memiliki harga yang sangat terjangkau, seperti Harga iPhone XR yang bisa kamu dapatkan hanya dengan 4 jutaan. Jagofon menjamin kualitasnya karena telah melewati serangkaian tes di lebih dari 90 titik fungsi HP.

Kini, tak perlu khawatir lagi tentang keamanan saat membeli HP bekas secara online, karena Jagofon memberikan garansi mesin hingga 6 bulan. Dengan begitu, kamu bisa memiliki iPhone di tanganmu tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam!