JagoHacks

Cara Cek Kode QR Organisasi Vivo

QR Code atau Quick Response Code adalah serangkaian kode 2 dimensi yang menyimpan berbagai macam informasi. Pasti Jagoans sudah tidak asing dengan istilah dan fungsi umum dari QR Code yang biasa digunakan untuk menyampaikan informasi, pembayaran digital atau menghubungkan HP ke sebuah jaringan WiFi.

Oleh sebab itu, karena fungsi QR Code yang begitu banyak, vivo memanfaatkan fungsinya dengan membuat QR Organisasi vivo. Buat kamu yang belum pernah memiliki vivo v20 atau vivo v21 pasti awam dengan fitur ini.

Penasaran apa sih QR Organisasi vivo, manfaat, dan cara cek kode nya? Yuk kita kasih paham buat kamu yang belum tahu fungsi nya di bawah ini.

Baca juga: Vivo Buka-bukaan soal Peluang Ponsel Lipatnya Masuk Indonesia

Apa itu Kode QR Organisasi Vivo?

Cara Scan Barcode dan QR Code di HP Android Tanpa Aplikasi
Image Source: HiTekno

Kode QR Organisasi vivo adalah sebuah kode respon cepat yang dikeluarkan oleh perusahaan vivo khusus untuk para penggunanya. Kode tak biasa yang memiliki ciri khas yang memiliki tampilan logo vivo sendiri ini menjadi salah satu daya tarik yang unik untuk seukuran QR Code.

Tujuan dari dibuatnya fitur ini tiada lain untuk memperluas jaringan bisnis antara mitra dan penggunanya. Sehingga segala informasi yang ingin disampaikan oleh perusahaan akan tersampaikan dengan cepat dan tidak bertele-tele.

Kamu tinggal mengarahkan ponsel ketika kamera menyala, dan BOOM semua informasi yang ingin disampaikan akan langsung terhubung langsung dengan HP vivo kamu. Selain itu juga, salah satu fungsinya mampu menambah informasi terkait penawaran-penawaran terbaru atau pembaruan lainnya yang dikeluarkan oleh vivo.

Nah, intinya QR Organisasi vivo ini adalah fitur tambahan yang berguna untuk bertukar informasi secara cepat dan efisien. Kamu akan dimudahkan dalam melakukan aktivitas digital sekaligus memiliki keamanan yang terjamin.

Manfaat Kode QR Vivo

Kode QR Organisasi Vivo, Ini! - Selisih Waktu
Image Source: Selisih Waktu

Nah, setelah mengetahui apa itu QR Organisasi vivo, sekarang beralih ke manfaatnya. Sebenarnya manfaatnya tidak berbeda dengan fungsi QR Code pada umumnya, salah satu diantaranya adalah memberikan sebuah informasi dengan cepat.

Tanpa harus mencari cara di internet kamu tinggal mengarahkan kamera vivo kamu ke arah QR Code, kamu akan langsung mendapatkan informasi berupa detail beberapa produk, pusat layanan cutomer, media promosi, bahkan bisa menghubungi tim customer service vivo.

Selain itu, manfaat lainnya adalah sebagai pemberi media informasi tambahan yang penting. Contohnya dengan menyediakan detail informasi terhadap sebuah produk baru dari vivo. Ketika kamu scan QR Code nya, kamu akan langsung diarahkan menuju situs tentang produk tersebut yang memiliki informasi rinci tentang spesifikasi, panduan penggunaan, dan review dari pengguna lain.

Kemudian, dari sisi perusahaan, QR Code ini juga bisa berperan sebagai media promosi terkait produk baru atau inovasi baru yang dikeluarkan. Sehingga memudahkan peluang untuk menambah penjualan dan menggaet mitra bisnis baru yang berguna untuk perusahaan.

Manfaat lain QR Organisasi vivo yang umum digunakan adalah untuk memudahkan proses transaksi digital. Di era yang serba cepat sekarang ini belanja menggunakan uang tunai sudah perlahan ditinggalkan. Oleh karena itu dengan hadirnya metode pembayaran menggunakan QR Code, bisa menjadi solusi belanja cepat dan aman.

Cara Cek Kode QR Organisasi Vivo

Awas Penipuan Menggunakan QR Code - Toko Barcode, ID Card Printer dan Mesin  Kasir Terlengkap
Image Source: codeshop

Mengingat fungsi dan manfaat QR Organisasi vivo yang berguna dalam hal bertukar informasi, sebagai media transaksi digital, atau aktivitas bisnis lainnya, bisa kamu manfaatkan juga pada vivo v20. Oleh sebab itu, jika kamu belum mengetahui cara cek kode QR organisasi vivo, kamu bisa lihat caranya seperti berikut.

  1. Masuk ke dalam menu "Settings"
  2. Setelah masuk ke dalam menu settings, cari pilihan "More Settings" atau pilihan sejenis karena akan berbeda di setiap model dan sistem operasi Androidnya
  3. Kemudian temukan pilihan "QR Code" lalu ketuk pilihan tersebut
  4. Setelah itu kamu akan disuguhkan dengan fitur memindai QR dan bisa membagikan kode QR pengguna untuk orang lain.

Selain fungsi di atas, kode QR Organisasi vivo memang banyak manfaatnya, contohnya saat kamu ingin terkoneksi dengan WiFi. Hal ini akan mempermukah kamu dalam urusan menghubungkan jaringan WiFi dengan HP vivo kamu. Adapun cara cek kode QR WiFi di HP vivo adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke dalam Pengaturan atau Settings pada HP vivo kamu
  2. Kemudian cari menu "Network & Internet" yang biasanya terletak di bagian awal dari daftar pengaturan
  3. Kemudian ketuk "WiFi"
  4. Setelah masuk ke menu WiFi, kamu akan diarahkan ke dalam pilihan "Network Details" kemudian kamu ketuk pilihan "Share" dan masukkan password keamanan HP vivo kamu
  5. Setelah memasukkan password, kamu akan ditampilkan kode QR WiFi, kemudian ketuk "Share Wi-Fi"
  6. QR yang tersedia siap digunakan oleh siapa saja yang berhasil memindainya tanpa harus memasukkan kode keamanan lagi, jadi kamu harus memilih kepada siapa saja kode QR WiFi ini akan dibagi ya Jagoans.

Fungsi utama dari sharing WiFi menggunakan kode QR adalah memudahkan beberapa perangkat pribadi kamu untuk terhubung dengan jaringan WiFi yang sama tanpa harus repot-repot memasukkan password WiFi tersebut. Sehingga kamu bisa menghemat waktu dan bisa mengurangi kesalahan memasukkan password tentunya.

Selain itu juga fungsi kode QR memiliki peran penting pada beberapa sektor kehidupan, contohnya pada sektor ritel, pendidikan, maupun pada sektor kesehatan.

Kode QR Pada sektor ritel contohnya mampu menampilkan spesifikasi atau deskripsi sebuah produk sehingga mampu menerangkan detail produk kepada calon pembeli dengan jelas dan cepat. Tak hanya itu, beberapa perusahaan ritel juga memanfaatkan kode QR untuk menyelesaikan transaksi yang cepat dan tentunya aman.

Untuk sektor pendidikan, kode QR bisa sangat membantu murid dan juga guru dalam menambah media belajarnya. Dengan kode QR, murid bisa mengakses beberapa soal latihan, materi tambahan, maupun menyelesaikan sebuah tugas yang sebelumnya sudah diatur oleh guru masing-masing. Jadi pemanfaatan kode QR ini cukup praktis dan mampu membantu proses belajar-mengajar.

Dalam sektor kesehatan, peran kode QR juga tak kalah penting. Saat membeli obat tertentu, kamu akan disuguhkan dengan sebuah kode QR yang berisikan informasi mengenai obat. Hal ini ditujukan untuk menambah wawasan kepada pengguna mengenai manfaat dan efek samping obat tersebut.

Baca juga: Kenali Sejarah dan Jajaran HP Vivo Disini!

Cek Vivo Terbaik di Jagofon!

Manfaat kode QR memang sudah banyak dirasakan di kalangan masyarakat. Tampaknya semua sektor sudah memanfaatkan fitur ini untuk mempermudah jalannya sebuah proses pertukaran informasi atau transaksi.

vivo, sebagai perusahaan yang selalu mengedepankan inovasi tak mau ketinggalan dengan mengembangkan produknya beserta menyediakan kode QR organisasi vivo di setiap produknya. Hal ini untuk memberikan pelayanan prima kepada penggunanya dalam hal penyampaian informasi.

Nah, jika kamu memiliki wishlist HP vivo seperti vivo v21 di tahun 2024, kamu bisa cek di website Jagofon! Jagofon adalah marketplace pertama Indonesia yang menyediakan HP bekas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu dapat checkout HP impianmu dengan metode COD atau Self-pickup ke kantor Jagofon dan konsultasi langsung dengan tim kami!