JagoHacks

Cara Jual HP Bekas Mudah dan Cepat Laku!

jual hp bekas

Jual HP bekas dengan cepat memang tak semudah seperti yang dibayangkan. Alih-alih ingin laku cepat, kamu malah menjual HP bekas kamu dengan banting harga yang jelas akan merugikan.

Untuk menjual HP bekas dengan mempertahankan margin harga yang tidak terlalu jauh dengan harga beli memang ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan.

Oleh karena itu, kamu bisa melihat beberapa cara jual HP bekas yang mudah dilakukan dan dijamin akan cepat laku di bawah ini.

Baca juga: Cara Merawat HP Bekas agar Awet Bertahun-Tahun

Pastikan Kondisi HP

person holding white samsung android smartphone
Image Source: unsplash.com/@plann_images

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah pastikan kondisi HP kamu masih dalam keadaan baik. Tidak adanya goresan atau gompelan pada HP yang akan kamu jual akan menambah kemungkinan laku nya HP kamu dengan cepat. Selain itu, hal ini juga akan menambah harga jual HP bekas kamu di pasaran.

Oleh karena itu sangat penting untuk Jagoans untuk merawat HP kamu. Minimal selama memakainya harus dilindungi dengan menggunakan casing dan screen protector untuk menghindari goresan dan benturan.

Selain itu untuk merawat HP agar lebih baik saat ingin dijual, kamu harus mengecek cover belakang secara berkala jika kamu menggunakan casing HP. Hal ini untuk meminimalisir tumbuhnya jamur yang akan susah dibersihkan jika sudah terlanjur tersebar pada tutupan belakangnya.

Cek Kelengkapan HP

Unboxing the Galaxy S20 FE, A Smartphone Packed With Fan-Favorite Features  – Samsung Global Newsroom
Image Source: Samsung Newsroom

Hindari menjual HP bekas kamu tanpa aksesoris bawaannya. Dengan jual HP Fullset, kamu akan mendapatkan kepercayaan lebih sekaligus menambah peluang untuk menawarkan harga yang lebih tinggi. Jadi dalam satu paket penjualan kamu masih menyediakan box, charger jika ada, kabel USB, termasuk buku-buku manual, kartu garansi, dan nota pembelian jika ada.

Oleh karena itu Jagoans, ketika kamu beli HP baru kamu harus menyimpan minimal box, kartu garansi, dan buku manualnya dengan baik. Lebih bagus lagi kamu menyimpan kabel USB atau adaptor bawaan jika kamu masih memiliki adaptor dan kabel USB yang lama.

Buat Deskripsi HP Secara Jujur

17 Postingan kocak orang jual HP di medsos ini mengundang emosi | Techno.id
Image Source: Techno.id

Saat menambahkan deskripsi HP di platform jual-beli barang bekas atau di media sosial, diusahakan menyampaikan keadaan HP kamu secara jujur. Jika HP kamu memiliki kekurangan, maka utarakan apa saja kekurangannya. Hal ini juga berguna untuk menjaga kepercayaan dengan calon pembeli.

Jika kamu mendeskripsikan HP bekas kamu secara tidak jujur, hal ini hanya akan membuang-buang waktu dan merugikan kamu sendiri. Pasalnya calon pembeli akan mengecek terlebih dahulu HP bekas yang kamu jual, jika terdapat perbedaan dengan deskripsi yang kamu tulis, pasti si calon pembeli akan membatalkan transaksi.

Alih-alih jual HP bekas, kamu malah menambah masalah karena bisa saja dicap sebagai penjual penipu deskripsi. Tak mau kan sudah jauh-jauh COD, HP bekas kamu malah tidak terjual.

Namun sah-sah saja jika kamu ingin menambah deskripsi dengan hal yang menarik untuk menambah kemungkinan HP kamu dilirik daripada HP lain.

Jika kamu bingung bagaimana cara menyusun deskripsi untuk menjual HP bekas, kamu bisa kunjungi website Jagofon sebagai referensi. Selain itu jika kamu tertarik, kamu bisa sekalian checkout HP bekas berkualitas yang ada di Jagofon!

Tentukan Harga Sesuai Pasarnya

Tips Jual Beli HP Bekas yang Aman, Jangan Gampang Tertipu
Image Source: Telset.com

Untuk menentukan harga HP bekas yang pas memang sedikit tricky. Kamu memang harus melakukan sebuah research kecil-kecilan mengenai harga pasaran HP bekas kamu. Jangan sampai harganya terlalu mahal karena akan sulit dijual. Jangan pula terlalu murah karena kamu akan merugi dan kemungkinan tidak akan mendapat kepercayaan dari calon pembeli.

Salah satu cara menentukan harga juga bisa kamu lihat dari faktor kelengkapan set HP bekas kamu dan kemulusannya. Semakin lengkap dan mulus HP nya kamu bisa saja menawarkan harga di atas rata-rata pasar. Namun, jika HP bekas yang akan kamu jual memiliki kekurangan alias minus, ya kamu harus ikhlas dan menyesuaikan dengan harga yang ada di pasaran.

Sediakan Foto dan Video Terbaik

Ini 5 Rekomendasi Ponsel Rp 1 Jutaan dengan Kapasitas Baterai dan RAM Besar
Image Source: Drid.id

Salah satu faktor lain yang dapat menambah kemungkinan lakunya HP bekas yang ingin kamu jual adalah foto dan video yang proper. Jika kamu menyuguhkan foto yang detail dengan kualitas yang bagus, tanpa deskripsi yang lengkap pun akan terlihat kondisi HP yang ingin kamu jual.

Video yang bagus juga bisa menjadi daya tarik sekaligus dapat memberikan informasi tambahan dengan detail yang lebih mendalam terkait kondisi HP. Dari video sendiri kamu bisa menunjukkan performa atau kemampuan multitasking HP kamu kepada calon pembeli.

Selain itu, foto dan video dengan kualitas baik juga bisa kamu jadikan aset untuk menjual HP bekas kamu di media sosial. Tak bisa dipungkiri, menjual barang-barang, terutama HP bisa lebih cepat mendapat respon ketika kita taruh di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Oleh karena itu, jika foto atau video HP bekas kamu memiliki kualitas terbaik, kemungkinan besar akan mendapatkan respon positif dengan lebih cepat.

Baca juga: Keuntungan Beralih ke HP Bekas dari Segi Finansial, Sosial, hingga Lingkungan

Jual HP Bekas Mudah di Jagofon

Image Source: Jagofon

Cara lain yang terbukti ampuh adalah dengan menjual HP bekas kamu di Jagofon. Ya kamu tidak salah baca, Jagofon tidak hanya jual HP bekas, namun bisa juga beli HP bekas kamu, Jagoans!

Adapun cara jual HP bekas di Jagofon adalah sebagai berikut.

  • Buka browser di HP atau laptop kamu
  • Kemudian kunjungi laman jual HP lama kamu dengan klik link berikut ini.
  • Lalu kamu diminta untuk mengisi "Personal Info" alias data diri seperti Nama, Nomor Handphone, dan Email pada kolom yang telah disediakan, kemudian klik Next jika sudah selesai.
  • Kemudian di bagian "Your device" kamu harus memasukkan informasi terkait jenis HP dan kondisinya dengan jujur
  • Setelah itu kamu tinggal isi form-nya dengan melengkapi informasi jenis HP apa yang akan kamu jual, garansi Indonesia atau Internasional, kondisi layar, kondisi fisik, apakah HP masih memiliki box penjualan?, dan apakah ada masalah lain pada HP kamu.
  • Untuk mempermudah proses penjualan, kamu tinggal klik jawaban yang tersedia pada pertanyaan-pertanyaan tentang kondisi HP kamu secara jujur ya Jagoans. Jika sudah selesai, kamu tinggal klik "See Offer"
  • Lalu kamu akan diarahkan ke halaman "Penawaran Pembelian Kembali" dengan menampilkan kondisi HP kamu yang sudah kamu jelaskan sebelumnya.
  • Kemudian di laman berikutnya, Jagofon akan menampilkan Harga Pembelian Kembali yang ditawarkan kepada kamu.
  • Jika kamu menyetujuinya, klik tombol "Klik Untuk Konfirmasi"
  • Setelah itu, prosesnya selesai dan kamu tinggal menunggu 1-2 hari kerja untuk mendapatkan informasi selanjutnya.

Emang boleh jual HP segampang dan secepat itu di Jagofon? Jika kamu ingin mencoba cara di atas, kamu bisa langsung kunjungi Jagofon ya Jagoans. Dijamin HP bekas yang akan kamu jual akan cepat laku tanpa harus repot memasarkan sendiri.

Buat kamu yang belum tahu, Jagofon adalah sebuah marketplace pertama di Indonesia yang menjual HP bekas berkualitas. Semua produk yang dijual di Jagofon dijamin kelayakannya karena sudah melalui tes di 90+ titik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!