JagoHacks

Cara Menggunakan Kamera iPhone 11 Pro Untuk Hasil Maksimal

Kamera iPhone 11 Pro adalah salah satu kamera favorit di antara pengguna iPhone. Transisi kualitas kamera dari iPhone 11 yang bisa menyaingi iPhone lain yang lebih bagus membuat iPhone 11 menjadi salah satu handphone favorit.

Kalau kamu punya iPhone 11Pro, kamu bisa melakukan beberapa trik lho agar hasil jepretanmu lebih maksimal dan berkualitas. Kalau kamu mau tahu triknya, yuk simak artikel di bawah ini!

Fokus dan Pencahayaan

Salah satu kelebihan dari kamera iPhone 11 adalah fokus dan pencahayaannya. Berkat teknologi, kamu nggak perlu mengatur fokus dan pencahayaan karena iPhone akan melakukannya secara otomatis. Kamu cuma butuh klik tombol merah untuk mengambil foto, dan iPhone akan mengurus yang lainnya.

Tapi, kalau kamu mau fotonya lebih keren lagi, kamu bisa mengatur fokus dan pencahayaan secara manual untuk hasil yang lebih maksimal. Cara untuk mengatur fokus dan pencahayaan pun cukup gampang, pengguna iPhone 11 Pro cuma perlu melakukan langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi kamera untuk mengaktifkannya.
  2. Ketika layar kamera muncul, ketik di objek fokus yang diinginkan. Kamera akan fokus ke daerah yang telah diketuk.
  3. Untuk menambah pencahayaan, sentuh layar lalu bawa jari ke atas tanpa melepasnya dari layar.
  4. Kalau kamu ingin mengurangi cahaya, bawa jari ke bawah.
  5. Apabila fokus dan cahayanya sudah sesuai keinginan, ketuk tombol merah untuk mengambil foto.

Hasil Foto yang Aesthetic

Tidak jarang hasil jepretan kita masih kelihatan berbeda dari foto para influencer di media sosial. Padahal, kita juga pakai kamera yang sama yaitu iPhone 11 Pro! Kok bisa?
Jawabannya adalah trik pemotretan yang digunakan. Kita sebagai orang yang tidak tahu trik pemotretan akan asal jepret saja tanpa memikirkan angle, pencahayaan, dan pose. Padahal, hal-hal tersebut sangatlah penting untuk membuat foto aesthetic.

Trik pertama untuk mendapatkan hasil foto yang aesthetic adalah memotret subjek dengan angle yang tepat. Kalau kamu nggak tahu caranya, tenang saja karena iPhone punya fitur grid yang bisa membantumu untuk memposisikan subjek di angle yang tepat.

Kalau fitur grid belum aktif di iPhone kamu, kamu bisa mengaktifkannya dengan langkah di bawah ini:

  1. Buka Pengaturan atau Settings.
  2. Scroll ke bawah sampai pengaturan untuk Kamera muncul.
  3. Ketuk tulisan Kamera.
  4. Cari bagian Grid lalu nyalakan fiturnya.

Bagi mereka yang tidak tahu caranya menggunakan grid, kamu bisa menggunakannya untuk sistem Rule of Thirds. Menurut Rule of Thirds, subjek yang menjadi fokus kamera wajib diletakan di empat titik tengah dimana semua garis bertemu. Atau, subjek harus diletakan di salah satu garis yang ada di tengah. Dengan trik ini, jepretanmu pasti kelihatan lebih aesthetic daripada sebelumnya!

Baca juga: Perbandingan iPhone 11 dan iPhone 14: Mana Yang Lebih Baik untukmu?

Foto Sendiri dengan Hasil Maksimal

Salah satu hal yang membuat jepretan kamu lebih maksimal adalah stabilitas dari jepretannya. Meskipun iPhone ada fitur stabilizer, akan ada saatnya dimana tangan kita goyang dan hasilnya jadi blurry. Hal ini bukanlah masalah ketika kita mengambil foto sendiri, tapi bagaimana kalau kita mengambil selfie dengan banyak orang? Semakin banyak orang di frame, semakin jauh tangan kita dan semakin besar kemungkinan tangan kita jadi shaky.

Untungnya, ada solusi untuk isu ini. Dengan timer, kamu nggak usah bingung karena kamu bisa mengatur waktu handphone agar kameranya mengambil foto setelah beberapa detik. Jadi, kamu bisa menaruh handphonenya di tempat lain, dan mengatur posisimu sebelum kameranya mengambil foto dengan sendirinya.

Kekurangan dari fitur ini adalah pegangan handphone. Kalau kamu pakai timer, kamu wajib menaruh kameranya di sandaran yang kuat agar kameranya tetap tegap. Untungnya, kamu bisa menggunakan hal-hal simpel seperti botol air yang masih terisi atau tiang.

Kalau kamu mau mengaktifkan fitur timer, kamu bisa melakukan langkan di bawah ini:

  1. Buka Kamera.
  2. Cari tanda panah di atas tengah layar lalu ketuk.Akan ada menu keluar di bagian bawah layar.
  3. Geser sampai kamu menemukan ikon timer.
  4. Ketuk ikon timer lalu pilih waktu yang dimau (3 detik atau 10 detik).

Setelah mengaktifkan timer, kamu bisa menaruh iPhone kami di tempat yang dimau lalu bebas mengambil foto tanpa harus memegangnya.

Atur Kilat di Kamera iPhone 11 Pro

Penggunakan kilat untuk mengambil foto di iPhone 11 Pro cukup sering didebatkan. Banyak orang merasa bahwa kita tidak perlu kilat (atau flash) untuk mengambil foto, sedangkan beberapa orang merasa kilat masih perlu digunakan. Padahal, kamu bisa mendapatkan foto yang bagus dengan dan tanpa kilat.

Ada beberapa hal yang bisa membantumu menentukan kapan menggunakan kilat. Pertama, kamu harus melihat sekelilingmu. Apabila cahaya naturalnya cukup, kamu tidak perlu mengambil foto dengan kilat. Biasanya, kamu nggak butuh kilat ketika kamu foto di pagi sampai sore hari karena cahaya natural yang ada pada waktu tersebut.

Apabila matahari sudah terbenam dan hari sudah gelap, saatnya kamu menggunakan kilat untuk foto. Tentu saja, perlu diingat bahwa kamu cukup menggunakan kilat ketika kamu foto di luar ruangan atau di ruangan yang gelap. Kalau ruangannya punya cahaya yang cukup, kamu tidak perlu menggunakan kilat untuk foto.

iPhone 11 Pro punya fitur kilat otomatis, tapi kamu juga bisa mengaturnya secara manual dengan cara di bawah ini:

  1. Buka Kamera.
  2. Untuk menyalakan/mematikan kilat secara instan, ketuk tanda petir di kiri atas layar.
  3. Untuk menyalakan kilat otomatis, ketuk panah yang terletak di tengah atas layar.
  4. Di menu yang muncul di bawah, ketuk ikon petir.
  5. Pilih pengaturan otomatis untuk menyalakan kilat otomatis.

Baca juga: Beli iPhone 11 atau iPhone XS Max 2023? Yang Mana Yang Terbaik Untukmu

Filter Otomatis di Kamera iPhone 11 Pro

Percaya atau tidak, editing juga bisa mempengaruhi kualitas foto kamu. Dengan editing, kamu bisa mencerahkan, menggelapkan, dan memberikan efek lucu di foto kamu. Tentu saja, kalau kamu mau edit secara intens, kamu wajib belajar aplikasi editing seperti Capcut atau Photoshop.

Kalau kamu tidak mau repot belajar aplikasi editing, kamu bisa menggunakan filter di iPhone 11 Pro. meskipun hasilnya tidak se-wow aplikasi editing, kamu bisa mendapatkan foto aesthetic dengan filter yang ada. Kalau kamu mau menggunakan filternya, kamu bisa melakukan langkah di bawah ini:

  1. Buka Kamera
  2. Pastikan kamu ada di mode Foto atau Potret.
  3. Ketuk panah di tengah atas layar
  4. Geser menu di bawah sampai kamu menemukan tiga lingkaran dalam bentuk segitiga
  5. Ketuk lingkaran tersebut dan pilih filter yang kamu mau
  6. Jepret fotomu, dan filter akan muncul secara otomatis di fotonya.

Dengan trips di atas, kamu bisa membuat foto lebih menarik dan profesional. Yuk, coba tips-nya di iPhone 11 Pro kamu sekarang juga!