JagoHacks

December 27, 2023

Cara Mudah Cek IMEI HP, Simak Disini!

Pemerintah Indonesia lagi serius banget nih, Jagoans! Lagi gencar memerangi HP ilegal dengan menerapkan aturan baru terkait kontrol nomor IMEI. Penting banget nih, buat teman-teman yang punya HP, untuk mengecek apakah nomor IMEI-nya sudah terdaftar atau belum.

Jadi, IMEI itu kaya nomor identitas unik buat HP, ya. Berisi 15 digit angka yang mencerminkan asal-usul, jaringan, garansi, dan informasi operator lainnya. Sejak 18 April 2020, pemerintah mengatur ketat soal IMEI lewat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 1 Tahun 2020. Aturannya mencakup pengendalian perangkat telekomunikasi, termasuk HP, komputer, dan tablet.

Pentingnya IMEI ini buat melindungi kita dan juga memberikan kepastian hukum kepada penyedia layanan telekomunikasi. Jadi, kalau IMEI HP belum terdaftar, bisa jadi HP-nya gak bisa dipakai di Indonesia, loh. Nah, bagaimana cara cek IMEI HP-mu? Yuk, simak caranya dibawah ini!

Baca Juga: Memakai Temukan Perangkat Saya di HP

Image Source: CNN

Cek Melalui Kemasan HP

Nah, buat kamu yang mau ngecek nomor IMEI HP, ada beberapa opsi yang bisa kamu coba nih. Salah satunya, cek langsung di stiker belakang HP-nya. Contohnya, kamu beli HP Oppo Reno 6, nomor IMEI bisa kamu temuin di stiker yang ada di belakang casing HP.

Selain itu, kamu juga bisa cek nomor IMEI lewat kardus kemasan HP yang biasanya ada di bagian belakang. Semoga panduan sederhana ini bermanfaat banget buat ngecek IMEI di HP-mu. Gitu cara tau cara cek IMEI HP kamu.Cek Melalui Kode USSD

Cek Melalui Kode USSD

Cara lain yang bisa kamu coba untuk mengecek nomor IMEI di HP-mu dengan santai adalah melalui kode USSD. Gak perlu ribet, ini caranya:

  1. Buka menu panggilan di ponselmu.
  2. Ketikkan *#06#.
  3. Setelah itu, nanti bakal muncul sendiri 15 digit nomor IMEI yang terdaftar di layar ponselmu.

Gampang banget, kan? Dengan menggunakan kode USSD ini, kamu bisa langsung cek IMEI tanpa perlu ngeliatin stiker belakang HP atau cari-cari di kardus kemasannya.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Tagihan Listrik Lewat HP

Cek Melalui Website Kemenperin

Sekarang, untuk cek IMEI HP sudah terdaftar atau belum, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Catat atau salin nomor IMEI dari ponselmu. Setelah kamu bisa menemukan nomor IMEI di stiker belakang ponsel atau dengan menggunakan kode USSD *#06#.
  2. Buka situs resmi Kementerian Perindustrian di imei.kemenperin.go.id. Pastikan kamu mengakses situs yang benar-benar resmi untuk keamanan informasi.
  3. Setelah masuk ke situs, cari kolom atau formulir yang disediakan untuk memasukkan nomor IMEI. Biasanya, ada tempat khusus untuk memasukkan nomor IMEI ponsel.
  4. Masukkan atau tempelkan nomor IMEI ponselmu pada kolom yang disediakan.
  5. Klik tombol "Search" atau tombol serupa yang akan mencari informasi terkait nomor IMEI tersebut.
  6. Tunggu sebentar, dan hasilnya akan muncul. Situs tersebut akan memberikan informasi apakah nomor IMEI ponselmu terdaftar atau tidak di Kementerian Perindustrian.

Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah mengetahui status pendaftaran nomor IMEI HP-mu. Pastikan selalu menggunakan situs resmi dan terpercaya untuk menjaga keamanan data pribadi kamu. Semoga langkah-langkah ini membantu kamu dalam mengecek status IMEI HP.

Cek Melalui Penjual Langsung

Nah, kalau kamu ingin yang lebih praktis dan gak pusing mikirin cek IMEI, kamu harus tanya penjualnya langsung! Daripada, kamu malah dapet HP yang hasilnya zonk!

Jagoans yang pusing nyari HP Second tapi takut masalah IMEI Jagofon punya solusi yang bisa meredakan masalah IMEI kamu, loh! Mereka punya segala jenis status IMEI yang bisa jadi solusi buat kamu.

  1. WiFi Only (hanya bisa pakai WiFi): Buat yang cuma butuh HP buat internetan via WiFi, ini cocok banget. Gak perlu mikirin status IMEI, karena HP-nya emang fokus buat WiFi.
  2. Signal On (IMEI tidak terdaftar tapi bisa dipakai): Kalau IMEI-nya belum terdaftar di website pemerintah, tapi tenang aja, HP-nya tetap bisa dipakai dengan provider apa aja saat Jagofon cek. Praktis, kan?
  3. IMEI Verified (IMEI terdaftar): Buat yang lebih aman, IMEI-nya udah terdaftar. Jadi, gak perlu khawatir soal blokir atau masalah serius lainnya.

Jagofon ngebantu banget karena mereka ngerti kalau belum ada penjual HP yang ngasih garansi IMEI kalo HP-nya diblokir. Mereka ngertiin kekhawatiran kamu, jadi mereka kasih beragam status sinyal IMEI untuk memudahkan kamu pilih HP yang sesuai kebutuhan. Jangan khawatir, Jagofon juga tetap memberikan garansi mesin selama 30 hari secara gratis, dan bisa diperpanjang hingga 6 bulan dengan biaya tambahan. Setiap produk sudah melalui serangakain tes di 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas. Jadi, belanja HP jadi lebih aman dan nyaman dengan Jagofon!

Share on: