JagoHacks

Memakai Temukan Perangkat Saya di HP

Salah satu momen menyesakkan yang terjadi adalah saat kita kehilangan HP. Pasalnya di zaman digital ini, sangat penting buat Jagoans untuk menjaga data pribadi yang mana beberapa diantaranya disimpan dalam penyimpanan HP. Hal ini juga memicu kerugian yang lebih besar jika data pribadi kamu disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Nah, untuk mencegah hal yang tidak mengenakkan terjadi, ada cara efektif yang bisa Jagoans persiapkan. Cara itu adalah dengan memakai Temukan Perangkat Saya atau Find My Device di HP Jagoans.

Untuk lebih lengkapnya, yuk kita simak bagaimana caranya memakai fitur Temukan Perangkat Saya atau Find My Device di HP.

Cara Aktifkan Temukan Perangkat Saya

Sebelum terjadi kehilangan HP, Jagoans harus mempersiapkan dan memastikan terlebih dahulu bahwa fitur Temukan Perangkat Saya aktif di HP kamu. Adapun cara untuk mengaktifkannya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Jagoans sudah login ke akun Google. Caranya dengan masuk ke Setting atau Setelan, kemudian di bagian kanan atas ada foto profil kamu. Kemudian pastikan verifikasi alamat email yang kamu buat untuk login sudah sesuai.
  • Pastikan fitur Location atau Lokasi kamu aktif.
  • Pastikan fitur Temukan Perangkat Saya aktif. Adapun cara untuk mengetahuinya adalah dengan masuk ke Setting atau Pengaturan, kemudian ketuk bagian Keamanan atau Security, jika kamu tidak menemukannya, coba cari Biometrics & Security, atau Security & Privacy atau Google > Security. Kemudian cek apakah fitur Temukan Perangkat Saya sudah diaktifkan atau belum. Jika belum ketuk slider di sebelah kanan untuk mengaktifkannya.
Image Source: eraspace
  • Pastikan fitur Simpan Lokasi Terbaru diaktifkan. Di bagian yang sama seperti mengaktifkan fitur Temukan Perangkat Saya, di bagian bawah ada fitur Simpan Lokasi Terbaru atau Send Last Location, kemudian ketuk slider untuk mengaktifkannya.
  • Pastikan device atau perangkat kamu terdaftar dan terlihat di Google Play. Adapun cara mengcek nya adalah dengan mengunjungi situs berikut: https://play.google.com/library/devices kemudian pastikan centang bagian Show in Menus atau Tampilkan di Menu.
  • Kemudian kamu bisa mengisntall aplikasi Find My Device untuk mengatur dan mengelola beberapa perangkat.

Nah, di atas adalah serangkaian cara untuk mempersiapkan dan memastikan fitur Temukan Perangkat Saya sudah aktif. Tidak ada salahnya buat Jagoans mempersiapkan untuk keadaan yang tidak diinginkan bukan? Sekarang, jika HP Jagoans sudah hilang, berikut cara untuk mencarinya.

Baca juga: 5 Cara Mudah Melacak HP yang Hilang

Cara Temukan Perangkat Saya Lewat Google

Image Source: gizchina.com

Adapun cara untuk menemukan perangkat kamu yang hilang menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya atau Find My Device adalah sebagai berikut:

  • Buka browser di PC, tablet, atau HP kemudian kunjungi situs https://android.com/find kemudian izinkan akses yang diminta Google.
  • Login menggunakan akun Google yang sama dengan HP kamu yang hilang. Jika kamu sudah login dan memiliki beberapa akun, samakan akun dengan perangkat yang hilang dengan cara klik foto profil di bagian kanan atas kemudian ganti dengan akun Google yang sama dengan perangkat yang hilang. Jika perangkat kamu yang hilang memiliki akun Google lebih dari satu, sesuaikan dengan akun utama, atau akun Google yang pertama kali kamu daftarkan.
  • Setelah semua rangkaian di atas selesai, kemudian aplikasi akan memindai perangkat kamu berada dimana. Setelah selesai memindai, perangkat yang hilang akan langsung mendapat pemberitahuan.
  • Sementara itu, kamu akan mendapat informasi lokasi perangkat kamu yang hilang di map. Namun, posisi persisnya dipastikan tidak akurat, kemudian jika fitur lokasi kamu dimatikan, atau perangkat kamu dinonaktifkan, titik yang tertera di map hanya akan menunjukkan lokasi terakhir kamu saat mematikan fitur lokasi atau menonaktifkan perangkat tersebut.
  • Namun ada beberapa fitur Find My Device yang bisa kamu coba. Beberapa fiturnya yaitu Putar Suara, Amankan Perangkat, dan Hapus Perangkat.
  • Fitur "Putar Suara" memungkinkan Jagoans untuk memutar suara pada perangkat yang hilang selama 5 menit non stop walaupun perangkat berada dalam mode senyap atau mode getar. Hal ini akan sangat membantu ketika kamu sudah mencapai radius titik yang tertera pada map.
  • Kemudian fitur "Amankan Perangkat" mempunyai fungsi mengunci perangkat kamu dengan sandi atau kombinasi kunci. Fitur ini juga memungkinkan kamu mengirimkan pesan ke perangkat yang hilang dan mencantumkan nomor HP untuk bisa dihubungi oleh penemu perangkat kamu yang hilang.
  • Kemudian ada fitur "Hapus Perangkat" adalah fitur yang akan menghapus seluruh data di perangkat kamu terkecuali data yang ada pada MicroSD. Fitur terakhir ini digunakan jika kamu sudah pasrah dan hanya ingin mengamankan data pribadi kamu. Pasalnya, setelah kamu mengaktifkan fitur ini, kamu tidak dapat menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya lagi.

Selain menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya atau Find My Device, Jagoans juga bisa menggunakan smartwatch yang terhubung dengan HP kamu. Jika kamu mempunyai smartwatch dan sudah menghubungkannya dengan HP kamu, kamu bisa menemukan HP kamu jika HP nya masih menyala, dalam radius yang dekat dan dalam keadaan masih terkoneksi bluetooth.

Adapun cara menemukan HP menggunakan smartwach yaitu dengan cara menderingkan HP kamu. Caranya dengan meyalakan smartwatch kamu, kemudian dari tampilan jam, geser ke bawah dan ketuk fitur temukan ponsel saya, kemudian tunggu sampai kamu mendengan HP berdering. HP akan terus berdering walau dalam keadaan mode senyap atau dalam keadaan mode getar.

Baca juga: 5 Cara Paling Ampuh Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Kesimpulan

Kehilangan HP merupakan hal yang bisa membuat harimu buruk. Hal ini akan makin lebih buruk jika kamu tidak mempersiapkan untuk hal ini akan terjadi di masa depan. Jadi kamu harus mempersiapkan segala sesuatu untuk meminimalisir kemungkinan yang tidak mengenakan ini.

Jika kamu sudah mempersiapkan hal ini, kamu akan menekan kemungkinan kehilangan HP kamu. Dengan sedikin memakan waktu kamu untuk memastikan dan mengaktifkan fitur Temukan Perangkat Saya atau Find my Device di HP kamu, kamu akan mendapat kesempatan untuk menemukan HP kamu lagi.

Fitur ini berlaku untuk semua perangkat, apapun OS nya. Jagoans yang mempunyai HP Android atau Apple bisa menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya atau Find My Device asalkan mendaftarkan akun Google pada perangkat kamu.

Jika kamu sudah merelakan perangkat kamu yang hilang, jangan khawatir Jagoans. Kamu bisa melihat katalog Jagofon untuk memulai lembaran baru menggunakan HP second berkualitas dari kami. Semua perangkat yang ada di dalam katalog kami dijamin 100% berfungsi karena sudah melalui 90+ tes dan IMEI nya dijamin aman dan bisa menggunakan semua SIM card Indonesia.

Selain itu, Jagofon memberikan garansi selama 30 hari dan memberikan garansi uang kembali selama 7 hari dan menawarkan perpanjangan garansi juga buat Jagoans. Selain itu, Jagoans bisa menyelamatkan dunia dengan mengurangi limbah elektronik dengan membeli berbagai perangkat dari Jagofon.

Yuk buruan cek katalog Jagofon. Kapan lagi mempunyai gadget affordable dengan kualitas yang masih sangat bagus!