Lifestyle

June 21, 2023

Emoji iPhone Baru di iOS 16.4: Apa sih Maksudnya?

Emoji iPhone Baru di iOS 16.4: Apa sih Maksudnya?

iOS 16 adalah sistem operasi handphone terbaru di tahun 2023 yang dirancang oleh Apple khusus untuk iPhone. Setelah penggunaan, iOS 16 dirasa sangat mirip dengan iPadOS 16.

Dikabarkan bahwa iOS 16 menjadi sistem operasi terakhir untuk iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Rumornya, Apple akan membuat sistem operasinya menuju iOS 17 setelah iOS 16.5, yang mana tidak semua fitur pada iOS 17 mendukung iPhone 8 dan iPhone X lagi.

iOS 16 dirilis pada tanggal 27 Maret 2023 dan iOS 16.4 dirilis pada tanggal 7 April 2023, baru sekitar dua bulan setelah artikel ini ditulis.

Handphone yang mendukung iOS 16 adalah handphone yang mendukung chip prosesor A11 Bionic, yaitu iPhone 8 & 8 Plus, iPhone X, iPhone XS & XS Max, iPhone XR, iPhone 11, iPhone 11 Pro & 11 Pro Max, iPhone SE (2nd generation), iPhone 12 & 12 Mini, iPhone 12 Pro & 12 Pro Max, iPhone 13 & 13 Mini, iPhone 13 Pro & 13 Pro Max, iPhone SE (3rd generation), iPhone 14 & 14 Plus, serta iPhone 14 Pro & 14 Pro Max.

Apakah kamu sudah tahu emoji iPhone terbaru pada iOS 16.4? Pada artikel kali ini, kami ingin membahas tentang iOS 16 dan emoji terbaru dari iPhone yang ada di iOS 16.4.

iOS 16 is out now but these promised features aren't yet in it | Macworld
(Source: Macworld)

Fitur Baru iOS 16

  • Emoji terbaru
    Apple dikenal sebagai developer yang cukup rajin memperbarui pengalaman pengguna, salah satunya adalah emoji. Untuk mengetahui emoji apa saja yang baru di iOS 16.4, baca sampai bawah ya!
  • Freeform

Freeform adalah aplikasi dari Apple yang dapat digunakan sebagai papan untuk menggambar, menambah data, mengirim pesan, hingga FaceTime, yang juga dapat digunakan bersama orang lain secara real-time.

  • Airdrop
    Pada iOS 16.2, pengaturan pada Airdrop diubah “Menyala untuk semuanya” menjadi “Menyala untuk semua selama 10 menit” yang kemudian akan berubah menjadi “Hanya Kontak”
  • Lock Screen
    Fitur layar terkunci merupakan salah satu perubahan yang cukup signifikan dibuat oleh Apple. Mulai dari widget, font, warna, preset, dan lainnya. Selain itu, tampilan layar terkunci bisa dibuat lebih dari satu.
(Source: Apple)
  • Notifikasi
    Notifikasi akan muncul di bawah layar, bukan lagi di tengah atas.
  • Control Center
    Pada menu control center akan muncul aplikasi yang baru saja kamu buka agar kamu dapat membuka aplikasi itu lagi dengan cepat.
  • Mode Landscape
    Tampilan home untuk mode landscape diperbarui, dibuat khusus untuk mode landscape.
  • Cellular Network
    eSIM dari iPhone lain dapat ditransfer melalui Bluetooth.
  • Mendukung kontroler
    iOS 16 bersama dengan iPad OS 16 dan tvOS 16 mendukung untuk dihubungkan dengan Joy-Con Nintendo Switch dan Pro Controllers.

Baca juga: 4 Cara Terbaik untuk Mempersonalisasi Airpods Kamu

Peningkatan Fitur pada iOS 16

  • iMessage
    iMessage adalah aplikasi pesan khusus dibuat oleh Apple, namun pengguna dapat melihat pesan di iMessage melalui Macbook juga.
    Pesan yang sudah terkirim dibawah 15 menit dapat diedit dan terkirim dibawah 2 menit dapat dihapus. Pesan juga dapat ditandai belum dibaca. Selain itu, pengguna dapat menonton atau mendengarkan musik bersama dengan SharePlay.
  • FaceTime
    Live Captions secara otomatis akan menyalin apa yang dikatakan selama menelepon dengan FaceTime. Pengguna juga dapat menggunakan animoji dan emoji terbaru.
    Animoji adalah fitur dari Apple berupa animasi yang khusus menggunakan suara dan ekspresi wajah pengguna dengan menganimasikan emoji berupa 3D.
Use Memoji on your iPhone or iPad Pro - Apple Support
(Source: Apple)
  • Mail
    Pengiriman sebuah email sekarang dapat dijadwalkan. Email yang terkirim dibawah 10 detik dapat dibatalkan.
  • Photos
    Untuk melihat album ‘Hidden’ dan ‘Recently Deleted’ sekarang memerlukan Face ID atau Touch ID, namun bisa dimatikan di menu pengaturan. Selain itu, filter dan efek dapat disalin dari foto lain yang pernah diedit.
  • Catatan
    Pengguna dapat menambah dan menggunakan catatan yang dibuat langsung dari layar terkunci, sehingga pengguna dapat menggunakan catatan dengan lebih cepat.
  • Kontak
    Kontak yang terduplikasi akan otomatis terdeteksi dan pengguna dapat memilih untuk menggabungkannya. Kontak juga dapat dibuatkan grup untuk manajemen lebih baik dan lebih mudah untuk menyebarkan informasi pada grup tertentu.

Keamanan dan Privasi iOS 16

Mode Lockdown

Mode lockdown adalah mode khusus yang ketika diaktifkan akan meningkatkan keamanan maksimal dengan membatasi beberapa fitur sistem operasi, atau aplikasi, dengan tujuan untuk melindungi keamanan pengguna dari serangan yang dapat membahayakan. Mode lockdown dapat dimatikan pada situs web tertentu.
Tidak seperti fitur keamanan lainnya, mode lockdown ini dianggap sebagai mode yang ekstrim yang tidak dimaksudkan untuk diaktifkan. Namun, fitur ini dirancang sebagai pertahanan terhadap virus, malware, atau spyware yang canggih.
Meskipun produk Apple dikatakan bebas dari virus, serangan dapat datang kapan pun dan dari mana pun. Sehingga, tidak ada salahnya untuk lebih berjaga-jaga.

Keamanan clipboard ditingkatkan

Sekarang, aplikasi dan situs web membutuhkan izin untuk menyalin dari clipboard. Hal ini Apple lakukan untuk iPhone agar handphone dapat terlindungi dengan aman.

Safety Check / Pemeriksaan Keamanan

Pemeriksaan Keamanan mengatur ulang semua izin akses yang diberikan kepada orang, aplikasi, dan perangkat untuk akun iCloud saat diaktifkan, fitur ini dirancang untuk membantu mereka yang berada dalam hubungan yang tidak baik.

(Source: Apple)

Baca juga: Pengaturan Penting Dalam iPhone Yang Wajib Diperhatikan

Daftar Emoji Terbaru di iOS 16.4

Penambahan emoji pada iOS 16.4 termasuk cukup banyak, yaitu sebanyak 21 emoji yang kabarnya bukan emoji baru, melainkan sudah dirilis secara resmi oleh Unicode.

Unicode adalah badan standarisasi teks dan emoji internasional yang dirancang agar teks dan simbol dari semua sistem tulisan di dunia dapat ditampilkan pada layar dan digunakan dengan mudah.

(Source: Emojipedia)

Berikut adalah daftar emoji iPhone terbaru yang dirilis pada iOS16.4:

  1. Emoji wajah bergetar
  2. Emoji hati warna biru terang (sebelumnya hanya ada biru tua)
  3. Emoji hati warna abu-abu
  4. Emoji hati warna pink (sebelumnya hanya ada hati pink yang bersinar)
  5. Emoji tangan mendorong kanan
  6. Emoji tangan mendorong kiri
  7. Emoji wajah rusa
  8. Emoji keledai
  9. Emoji sayap
  10. Emoji burung hitam
  11. Emoji angsa
  12. Emoji ubur-ubur
  13. Emoji bunga ungu
  14. Emoji jahe
  15. Emoji kacang polong
  16. Emoji kipas tangan
  17. Emoji sisir rambut afro
  18. Emoji marakas
  19. Emoji seruling
  20. Emoji Khanda
  21. Emoji jaringan nirkabel

Emoji iPhone terbaru diatas dapat digunakan pada seri iPhone 8 dan terbaru. Jika kamu saat ini punya iPhone 7 kebawah, kamu belum bisa menggunakan emoji iPhone ini karena iOS yang tidak mendukung.

Kamu bisa upgrade handphone kamu ke iPhone 8 atau yang lebih baru. Sekarang harganya sudah cukup terjangkau kok. Karena diyakini bahwa Apple akan membuat emoji terbaru lainnya di iOS mendatang.

Perlukah Update ke iOS 16.4?

Jawabannya adalah Perlu.

Memperbarui sistem operasi pada iPhone dapat meningkatkan sistem keamanan dan kebal terhadap serangan virus atau malware. Jadi kamu tidak perlu memasang antivirus di iPhone diluar sistem yang didukung oleh Apple. Selain itu, memperbarui sistem operasi dapat membetulkan bug.

Ini merupakan salah satu kelebihan memperbarui sistem operasi selain adanya emoji baru dan peningkatan lainnya.

Emoji Mana yang Jadi Favoritmu?

Kamu sudah lihat informasi rinci dan emoji iPhone terbaru pada iOS16.4. Adanya upgrade sistem operasi pasti membuat handphone menjadi lebih bagus lagi.

Setelah melihat daftar emoji terbaru diatas, mana yang paling kamu suka?

Kalau penulis sih paling suka emoji wajah bergetar, karena itu merupakan salah satu bentuk ekspresi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Menggunakan emoji sebenarnya adalah hal yang menyenangkan loh.

Namun sayangnya, emoji iPhone terbaru diatas hanya dapat digunakan pada iPhone 8 atau diatasnya.Kalau kamu menginginkannya, kamu bisa cari iPhone 8 dan iPhone lainnya dengan harga yang lebih terjangkau, salah satunya di Jagofon.

Share on: