Lifestyle

December 19, 2023

Fitur AI Menarik Yang Dihadirkan Samsung di Update One UI 6

Dari awal hingga sekarang, perkembangan teknologi Samsung telah menggambarkan inovasi yang luar biasa di berbagai sektor. Perusahaan ini dikenal dengan lini produknya yang luas, termasuk perangkat elektronik konsumen, perangkat seluler, dan peralatan rumah tangga. Dalam bidang perangkat seluler, Samsung menjadi salah satu pemimpin industri dengan lini Galaxy S dan Note-nya yang terkenal.

Source: Cashify

Samsung terus mendorong batas desain dan kinerja, mengintegrasikan teknologi canggih seperti layar lipat dan kamera inovatif ke dalam produk-produk terbarunya. Mereka juga telah berinvestasi secara signifikan dalam riset dan pengembangan, terutama dalam hal teknologi layar, prosesor, dan kecerdasan buatan. Samsung terus bertahan untuk menjadi salah satu pemimpin dalam industri teknologi global.

Samsung  terlibat dalam mengembangkan solusi-solusi baru, seperti layar fleksibel dan teknologi AMOLED yang memimpin pasar. Samsung juga menjadi pemimpin dalam pengembangan teknologi RAM dan penyimpanan yang lebih cepat. Persaingan sengit di pasar teknologi, baik dari pesaing tradisional maupun pemain baru, mendorong Samsung untuk terus beradaptasi dan berinovasi.

Baca juga: Review Jujur Samsung Galaxy Z Fold3

Bagaimana Kondisi Industri Smartphone Saat Ini?

Di tahun 2024, tantangan persaingan di industri smartphone diperkirakan akan semakin intensif. Pemain utama, termasuk Samsung, Apple, dan sejumlah produsen Tiongkok seperti Huawei dan Xiaomi, kemungkinan akan terus bersaing untuk mendominasi pasar. Faktor-faktor seperti inovasi produk, harga yang kompetitif, dan penetrasi pasar di wilayah-wilayah kunci akan menjadi kritis untuk memenangkan hati konsumen.

Source: Phone Arena

Perkembangan teknologi seperti konektivitas 5G, kecerdasan buatan, dan pengembangan teknologi layar yang lebih canggih kemungkinan akan menjadi fokus utama dalam merancang produk. Produsen juga mungkin akan berusaha mengintegrasikan solusi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk mencerminkan kepedulian terhadap isu-isu lingkungan yang semakin mendesak.

Penyedia layanan dan aplikasi juga akan memainkan peran kunci dalam menarik konsumen, sehingga kemitraan strategis dan ekosistem yang kuat dapat menjadi faktor penentu dalam menghadapi persaingan. Lalu isu-isu keamanan dan privasi data, terutama setelah beberapa insiden kebocoran data besar-besaran, akan menjadi perhatian utama bagi produsen untuk membangun kepercayaan pelanggan.

Pada saat yang sama, perubahan dinamika pasar global dan perkembangan regulasi, terutama terkait dengan kebijakan perdagangan dan keamanan teknologi, dapat mempengaruhi strategi bisnis produsen. Meskipun persaingan ini membawa sejumlah tantangan, juga menciptakan peluang untuk inovasi yang lebih lanjut dan peningkatan kualitas produk.

Apa Itu "Artificial Intelligence"?

Source: New Atlas

Salah satu perkembangan yang sangat dikagumi saat ini yaitu "Artificial Intelligence" atau yang dikenal AI. Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membawa dampak positif yang signifikan dalam memudahkan kehidupan sehari-hari. Salah satu aspek utama adalah otomatisasi tugas rutin, yang memungkinkan manusia untuk fokus pada pekerjaan yang lebih kreatif dan berpikiran tinggi.

AI juga telah menyediakan solusi cerdas untuk mengatasi kompleksitas informasi dan pengolahan data. Dengan kemampuan analisis dan pembelajaran mesin, teknologi AI dapat menyederhanakan pengambilan keputusan dengan menyajikan informasi yang relevan dan terperinci.

Hal ini tidak hanya berlaku dalam konteks bisnis, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam pemilihan rekomendasi musik, film, atau bahkan pilihan menu makanan berdasarkan preferensi Jagoans. Misalnya, di dunia industri, robotika AI dapat mengambil alih pekerjaan berulang dan berpotensi membantu meningkatkan efisiensi produksi.

Pengembangan teknologi AI juga berperan dalam meningkatkan konektivitas dan pengalaman. Asisten virtual cerdas, seperti Siri, Google Assistant, atau Alexa. Dari pengelolaan jadwal harian hingga kontrol perangkat rumah pintar, kehadiran AI telah memperkaya cara kita berkomunikasi dengan teknologi sehari-hari, membuat hidup menjadi lebih efisien dan terhubung.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung 4 Jutaan Desember 2023

Apa Perkembangan AI yang Dilakukan Samsung?

Source: Nextpit

Samsung, sang innovator teknologi baru-baru ini meluncurkan pembaruan terbaru untuk perangkat Galaxy S series mereka, yaitu One UI Update 6, yang menawarkan serangkaian fitur kecerdasan buatan (AI) yang inovatif. Pembaruan ini difokuskan pada meningkatkan pengalaman fotografi, baik kamu yang merupakan fotografer serius maupun penggemar fotografi yang mencari kenyamanan dalam mengambil foto dan video berkualitas.

One UI Update 6 membawa peningkatan teknologi AI pada kamera Galaxy dengan tujuan meminimalkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menghasilkan hasil pemotretan sehari-hari yang indah. Salah satu fitur AI Samsung utama yang diperkenalkan adalah aplikasi Samsung Galaxy Enhance-X 2, yang memungkinkan kamu mengedit foto dan video secara instan dengan satu sentuhan.

Source: Samsung

Aplikasi ini menyertakan berbagai fitur AI Samsung yang menarik seperti Sky Guide, Clean Lens, Slow-mo, dan Long Exposure untuk memberikan variasi dan kreativitas dalam pengambilan gambar dan video. AI Image Clipping adalah fitur lain yang memudahkan Jagoans dalam memotong objek dari gambar dan menyimpannya sebagai stiker yang dapat ditambahkan ke foto dan video lainnya.

Terdapat juga pengaturan baru yang dapat kamu kustomisasi pengalaman fotografi mereka, seperti Quick Setting Resolusi Tinggi dan Custom Camera Widget. One UI Update 6 memberikan pengalaman yang sangat mengesankan untuk pengguna Samsung. Dengan fitur AI Samsung, bersama dengan penyederhanaan proses pengeditan foto melalui tata letak Photo Editor yang intuitif, menciptakan cara fotografi yang lebih keren dan lebih dapat disesuaikan pengguna Galaxy.

Kesimpulan

Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) perlu diarahkan menuju kebaikan dan kesejahteraan masyarakat. Pertama, penting untuk menetapkan pedoman etika yang kuat dalam pengembangan dan implementasi AI. Hal ini melibatkan transparansi, akuntabilitas, dan perlindungan privasi sebagai nilai inti.

Pengembang dan pengguna AI perlu memastikan bahwa teknologi ini digunakan dengan itikad baik, menghindari diskriminasi, dan menjaga keadilan dalam pengambilan keputusan otomatis. Selain itu, kolaborasi antara pihak-pihak yang terlibat, termasuk pemerintah, industri, dan masyarakat, sangat diperlukan.

Pembentukan regulasi yang bijaksana dan kesepakatan etika bersama akan membantu mengarahkan perkembangan teknologi AI ke arah yang bermanfaat. Pendidikan dan pemahaman yang ditingkatkan tentang AI juga merupakan kunci untuk mendorong kesadaran masyarakat akan potensi dan risiko teknologi ini.

Source: Tinht

Di Jagofon, Jagoans bisa menemukan pilhan HP Samsung yang sudah dilengkapi dengan teknologi AI. Kamu bisa mencoba dan eksplor pengalaman fotografimu lebih jauh. Jagofon adalah marketplace gadget/HP bekas pertama di Indonesia, dengan dilengkapi garansi mesin. Semua produk bekas di Jagofon sudah lolos uji kelayakan dan berkualitas terbaik.

Dengan membeli produk Jagofon, kamu bisa mendapatkan harga yang murah dibandingkan harus membeli perangkat baru. Semua part gadget/HP yang ada di Jagofon belum pernah diganti dan 100% masih original. Kalau kamu mau membeli di tempat lain dengan harga yang lebih murah dibandingkan Jagofon, hati-hati bisa jadi barang sudah refurbished.

Kamu bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan dengan menggunakan barang bekas. Hal ini dikarenakan kamu turut mengurangi limbah elektronik yang semakin hari semakin menumpuk. Mari menjadi pembeli yang bijak! Dengan kesadaran yang kuat tentang tanggung jawab bersama, kita dapat memastikan bahwa apapun yang kita lakukan dapat digunakan untuk mendukung solusi positif dalam berbagai bidang dalam menciptakan masa depan yang lebih baik.

Share on: