Comparison

Galaxy A20 VS A20s : Mana Yang Lebih Worth it?

Di era sekarang, perusahan teknologi terus berlomba-lomba untuk melakukan inovasi terhadap barang elektronik mereka ataupun meluncurkan produk baru, tidak terkecuali Samsung.

Perusahaan asal Korea Selatan yang satu ini selalu bisa bikin kita takjub, apalagi dengan smartphone-nya, yang selalu di update, dan tak jarang membuat kita bingung untuk memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Di Indonesia sendiri, berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center, Samsung merupakan merk smartphone android yang paling sering digunakan masyarakat di tahun 2022.

Terkenal dengan tipe Galaxy-nya, Samsung meluncurkan dua tipe handphone Galaxy dengan fitur menarik dan harga yang sangat terjangkau, yaitu  Samsung Galaxy A20 dan Samsung Galaxy A20s.

Serupa tapi tak sama, Samsung Galaxy A20s merupakan versi terupdate dari Samsung Galaxy A20.

Untuk Jagoans yang masih bingung kira-kira lebih worth it mana antara Samsung Galaxy A20 atau A20s, simak penjelasan berikut yuk!

Samsung Galaxy A20s segera Rilis, Intip Perbandingan Spesifikasinya dengan Galaxy  A20 Berikut Ini - Tribun Wow
Source : TribunWow

Baca juga: Review Samsung Galaxy A30: HP Segala Kalangan

Spesifikasi Samsung Galaxy A20 dan Samsung Galaxy A20s

Kriteria

Samsung Galaxy A20

Samsung Galaxy A20s

OS

Android 9.0 (Pie)

Android 9.0 (Pie)

System on Chip

Samsung Exynos 7884

Qualcomm Snapdragon 450

RAM 

3 GB 

3 GB

Memori Internal

32 GB

32/64 GB

Baterai

4.000 mAh

4.000 mAh

Kamera Belakang 

Ultra Wide 5 MP (f/2.2) + 13 MP (f/1.9)

Ultra Wide 8 MP (f/2.2) + depth 5 MP + 13 MP (f/1.8) 

Kamera Depan

8 MP (f/2.0)

8 MP (f/2.0)

SIM

Dual Nano SIM

Nano SIM

Tipe USB

USB Type-C

USB Type-C

Fitur

Fingerprint,  Bluetooth 5.0 Dual

Fingerprint,  Bluetooth 4.2

Desain dan Layar

Meskipun material bodi dari kedua android ini sama dengan tampilan glossy pada belakang bodi, desain dan layar dari kedua smartphone ini memiliki beberapa perbedaan pada ukuran, desain dan fitur kamera.

Jika Jagoans  menginginkan layar yang lebih lebar, Samsung A20s dapat menjadi pilihan dengan dimensi 163.3 x 77.5 x 8 mm dengan berat 183 gram, sedangkan Samsung A20 yang hanya berukuran 158.4 x 74.7 x 7.8 mm dan berat 169 gram cocok untuk Jagoans yang ingin memiliki smartphone yang lebih kecil dan ringan.

Untuk desain layar, Samsung Galaxy A20s hanya menggunakan TFT LCD Display, hal ini merupakan perbedaan yang cukup signifikan karena di versi sebelumnya, Samsung Galaxy A20 sudah menggunakan teknologi Super AMOLED untuk layarnya.

Smartphone ini juga hadir dalam tone warna yang berbeda, Samsung Galaxy A20 hadir dengan warna yang lebih gelap dan elegan, sedangkan Samsung Galaxy A20s mempunyai pilihan warna yang lebih cerah.

Soal kamera, Samsung Galaxy A20 dan Samsung Galaxy A20s sama-sama mempunyai resolusi 13 MP untuk kamera belakang, dan 5 MP untuk kamera depan. Namun, Samsung Galaxy A20s mempunyai fitur yang lebih unggul dibandingkan pendahulunya, terutama di pengaturan kamera dan lensa ultrawide nya.

Performa dan Baterai

Source: Arena LTE

Kedua android ini memiliki RAM 3 GB dengan System on Chips (SoC) yang berbeda, dimana Samsung Galaxy A20 menggunakan Exynos 7884 dan Samsung Galaxy A20s menggunakan Qualcomm Snapdragon 450. Hal ini tentunya dapat memengaruhi performa dari kedua smartphone tersebut karena Snapdragon 450 dikenal sebagai  SoC kelas bawah, sedangkan Exynos 7884 sebagai SoC kelas menengah.

Berdasarkan skor AnTuTu Benchmark, Samsung Galaxy A20 bisa dibilang lebih baik dengan nilai 88.710, dan menjadikan pengalaman menonton film ataupun bermain game lebih kencang dan smooth dibandingkan dengan Samsung Galaxy A20s yang mendapat skor 75.800.

Meskipun sama-sama memiliki RAM 3GB, Samsung Galaxy A20s memiliki kapasitas memori internal yang lebih besar hingga 64 GB, dibandingkan dengan Samsung Galaxy A20 yang hanya mempunyai kapasitas  32 GB.

Kesamaan lain pada kedua smartphone ini yaitu baterainya yang menggunakan tipe baterai 4000 mAh dan didukung oleh teknologi fast charging 15W dengan port USB Type C yang memungkinkannya untuk mengisi daya lebih cepat dan efisien, sehingga pengguna tidak perlu cemas akan kehabisan daya di tengah hari.

Baca juga: Review Samsung S8 Tahun 2023: Masih Layak?

Kamera

Jika Jagoans mementingkan kamera untuk kebutuhan smartphone, Samsung Galaxy A20s lebih tepat untuk dipilih karena Samsung Galaxy A20s mempunyai tiga pengaturan kamera dengan fitur live focus serta Digital Zoom 4x yang dapat mengambil gambar dengan resolusi 13 MP, ultrawide lens 8 MP dan kedalaman lensa 5 MP.

Sedangkan Samsung Galaxy A20 hanya menggunakan dua pengaturan kamera dengan 13 MP dan ultrawide lens 5 MP, Untuk resolusi kamera depan, kedua Samsung Galaxy ini memiliki resolusi kamera yang sama yaitu 8 MP dengan bukaan lensa f/2 dan dapat mengambil video dengan kualitas FHD (1920 x 1080) @30fps.

Alasan Memilih Samsung Galaxy A20

Jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A20s, terdapat beberapa alasan yang menjadikan Samsung Galaxy A20 lebih cocok untuk dipilih untuk kebutuhan android kamu :

  • Lebih ringan (163 gram)
  • Menggunakan Layar  Super AMOLED
  • Mempunyai fitur NFC
  • Dual SIM
  • 0.8 versi Bluetooth yang lebih baru
  • GPU Clock Speed yang lebih cepat 120 MHz
  • Skor benchmark AnTuTu 30,23% lebih tinggi
  • Kamera dengan fitur panorama
  • Harga lebih terjangkau

Setelah mempertimbangkan alasan untuk membeli Samsung Galaxy A20, kamu dapat membeli smartphone android tersebut dengan harga resmi Rp2,088,000.  Tapi jangan khawatir Jagoans! Kamu bisa membeli Samsung Galaxy A20 ini dengan harga yang sangat terjangkau di Jagofon, mulai dari Rp1,350,000 aja.

Alasan Memilih Samsung Galaxy A20s

  • Mempunyai layar yang lebih luas (6.5 inch)
  • Kecepatan CPU 27,43% lebih cepat
  • Fitur kamera lebih unggul dengan tiga pengaturan kamera
  • Penyimpanan internal lebih banyak
  • Kamera dengan aperture 5,26% lebih lebar pada panjang fokus minimum
  • Auto-fokus untuk deteksi foto

Jika Jagoans menginginkan android dengan layar yang luas, fitur kamera yang unggul, penyimpanan internal yang lebih besar, Samsung Galaxy A20s ini cocok banget untuk dipilih, apalagi untuk Jagoans yang ingin fokus pada kebutuhan fotografi dan videografi melalui smartphone.

Dari harga resmi Rp2,499,000, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau mulai dari Rp1,430,000 di Jagofon.

Dapatkan HP Samsung Impianmu!

Source: Kompas Tekno

Sebelum membeli smartphone, Jagoans tentunya ingin membeli android yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang tersedia.

Setelah menyimak artikel tentang fitur dan kelebihan dari kedua Samsung Galaxy ini, Jagoans pastinya sudah bisa menentukan dong, ingin membeli Samsung Galaxy A20 atau Samsung Galaxy A20s

Yuk langsung aja cek smartphone yang kamu inginkan di Jagofon!

Jagofon menggunakan 90+ tes untuk memastikan semua produk berfungsi 100%, jadi jangan khawatir!

Tidak hanya handphone Samsung Galaxy, tersedia juga merek dan tipe handphone lainnya, seperti Apple, Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme, dan Infinix.

Dengan perbedaan harga yang cukup jauh dari harga resmi, membuat harga handphone di Jagofon lebih terjangkau.

Kamu bisa gunakan selisih harganya untuk membeli casing dengan motif favorit kamu, membeli kuota internet, bahkan untuk kebutuhan lainnya.

Selain itu, dengan membeli handphone di Jagofon, kamu juga mendukung gerakan untuk mengurangi e-waste di Indonesia.Yuk beli HP impian kamu di Jagofon aja!