Product

January 19, 2024

Harganya Puluhan Juta, Apa Sih Apple Vision Pro Itu?

Source : Tekno Kompas

Jagoans, apakah kamu pernah mendengar tentang Event WWDC? Sebagai informasi untuk Jagoans yang belum tahu, Event WWDC  atau yang dikenal dengan Worldwide World Developer adalah ajang pertemuan para developer dengan para engineer Apple.

Event WWDC ini rutin diadakan setiap tahun oleh Apple dan pertama kali dilaksanakan pada tahun 1983. Sejak masa awal WWDC, Apple menggunakan acara ini untuk mengenalkan sistem operasi atau aplikasi baru buatan mereka kepada para pengembang. Namun, tak jarang Apple juga menggunakan event WWDC untuk mengenalkan produk terbaru dari Apple.

Di event WWDC ini, para developer akan diperlihatkan sekilas pembaruan iOS, iPadOS, macOS, watchOS, dan tvOS baru, serta kesempatan untuk berinteraksi dengan para insinyur Apple melalui sesi teknik, janji temu lab tatap muka, dan Forum Pengembang Apple.

WWDC tahun 2023 yang telah diadakan di California pada bulan Juni lalu ini membawa berita yang cukup mengejutkan, dimana Apple akan menghadirkan perangkat terbarunya yang menggabungkan teknologi dengan virtual reality dengan nama Apple Vision Pro. Menarik bukan? Penasaran seperti apa fitur dan kecanggihan dari Apple Vision Pro? Yuk simak artikel berikut!

Apple Vision Pro

Source : UXPlanet.org

Untuk kamu yang hobi bermain game dan menggunakan game console, tentunya tidak asing lagi dengan AR maupun VR. Virtual Reality atau yang disingkat dengan VR, merupakan teknologi yang dapat menciptakan lingkungan atau dunia yang tidak nyata dengan menggunakan program komputer.  Virtual Reality ini akan menghadirkan suasana yang seolah-olah nyata dan memungkinkan para pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan tersebut.

Nah, Apple Vision Pro sendiri adalah mixed reality headset atau headset dengan komputasi spasial, yang sebelumnya dikenal dengan Augmented Reality (AR) yang digunakan untuk mencipatakan Virtual Reality (VR). Perangkat ini akan terintegrasi dengan ekosistem Apple dan akan mendukung berbagai aktivitas harian pengguna, mulai dari bekerja, menonton film, hingga bermain game.

Apple Vision Pro ini didesain dengan tampilan mirip seperti kacamata yang tansparan yang terhubung dengan kabel, serta terbuat dari material aluminium yang terlihat kokoh. Desainnya yang transparan ini juga memungkinkan wajah penggunanya masih tetap terlihat oleh orang lain.

Dilansir dari kompas.com, dalam berbagai video demo yang diperlihatkan oleh Apple,  pengguna akan terlihat memiliki ruang virtual tersendiri saat menggunakan perangkat ini. Meskipun dari dunia nyata, ruang virtual tersebut tidak terlihat. Gimana Jagons? canggih banget kan?

Baca juga: Inilah Cara Apple Menjadi Brand Ramah Lingkungan

Teknologi Apple Vision Pro

Source : The Verge

Apple Vision Pro dilengkapi dengan Chip M1 dan R1 untuk kontrol tangan dan suara dan juga pelacakan mata. Desain dari Apple Vision Pro juga terkesan elagan dan mewah, serta tampaknya memiliki bobot yang cukup ringan dan nyaman untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Jika berbicara soal desain, Apple Vision Pro memiliki desain kaca berbentuk 3D yang terlihat halus, dan dipadukan dengan bingkai aluminium, serta Light Seal atau Segel Cahaya yang berada diantara headset dan wajah yang tersedia dalam berbagai ukuran agar sesuai dengan bentuk wajah pengguna. Dengan fitur ini, pengguna juga tidak perlu khawatir perihal masalah pantulan cahaya, karena tidak ada kebocoran cahaya sama sekali.

Untuk lensanya sendiri, Apple Vision Pro didukung oleh lensa Zeiss yang pastinya nyaman untuk dipakai pengguna dan lengkap dengan kualitas audio yang mumpuni. Fitur audio dari Apple Vision Pro ini memberikan pengalaman audio spasial yang berasal dari dua pod audio yang berada di kedua sisi kepala.

Apple Vision Pro juga hadir dengan fitur kamera yang akan sangat berguna untuk panggilan video yang dapat menampilkan wajah serta gestur tangan dari pengguna. Di samping itu, Apple Vision Pro juga digadang-gadang dapat menjalankan lebih dari 100 game Apple Arcade dan dipasangkan dengan game console. Jagoans yang suka gaming, pasti akan sangat dimanjakan dengan beragam fitur yang ada pada Apple Vision Pro ini.

Selain itu, Head Band yang fleksibel pada Apple Vision Pro juga cukup nyaman, yang dilengkapi dial untuk pengencangan serta menghasilkan bunyi klik yang memuaskan. Dari sisi kanan atas headset, terdapat fitur Digital Crown yang memungkinkan pengguna untuk mengatur pergeseran antara 'asli' dan ' immersive'. Fitur ini juga dapat membuat pengguna untuk kembali ke menu 'Home'.

Prediksi Harga dan Tanggal Rilis

Source : Macrumors

Apple Vision Pro memang dilengkapi dengan beragam fitur yang mumpuni, oleh karena itu, perangkat ini diprediksi akan memiliki harga yang sangat tinggi di pasaran. Menurut laman dari Apple, Apple Vision Pro akan memulai pre-order di bulan Februari 2024 dan akan resmi diluncurkan pada bulan Maret 2024.

Apple Vision Pro ini juga diprediksi akan terjual sebanyak satu juta unit pada tahun 2024 dan diprediksi juga akan laku di pasaran sebanyak 10 juta unit pada tahun 2026 berdasarkan media Cina, Jiemiean News. Apple Vision Pro ini dibandrol dengan dengan rentang harga sekitar  3.500 dolar AS atau jika dirupiahkan mencapai 50 jutaan.

Meskipun dibandrol dengan harga yang sangat tinggi, sayangnya Apple Vision Pro ini juga memiliki kekurangan dimana perangkat ini tidak sepenuhnya wireless. Hal ini dikarenakan Apple Vision Pro harus tetap dihubungkan ke baterai eksternal, jadi ada kabel yang keluar yang harus ditambatkan ke baterai di saku pengguna.

Baca juga: Inilah Produk-produk Apple yang Akan Rilis Tahun 2024

Dapatkan Apple Vision Pro di Jagofon!

Nah gimana nih Jagoans? tertarik untuk membeli Apple Vision Pro ini? Harganya memang masih sangat tinggi nih Jagoans, apalagi harga saat harga per-rilisan. Untuk kamu yang ingin membeli tapi masih terkendala budget, mending tungguin aja produknya keluar di Jagofon! Dijamin Jagoans akan mendapat gadget dengan kualitas terbaik tapi dengan harga yang lebih terjangkau lho!

Jagofon menawarkan beragam produk gadget seperti smartphone dan tablet, Jagofon juga menyediakan berbagai produk laptop seperti MacBook series. Kamu juga tidak perlu khawatir Jagoans, semua produk yang ada di Jagofon 100% original, dan tidak ada part yang diganti atau refurbished.

Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP/gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Semua gadget dan HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP atau gadget dengan kualitas terbaik dan teruji.

Kapan lagi kamu beli HP/gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu dapat checkout HP/gadget impianmu dengan metode COD atau Self-pickup ke kantor Jagofon dan konsultasi langsung dengan tim kami!

Tunggu apalagi Jagoans? Yuk segera dapatkan beragam gadget incaranmu hanya di Jagofon!

Share on: