Product

December 21, 2023

Inilah Produk-produk Apple yang Akan Rilis Tahun 2024

Source: The Product Head

Apple telah menjelma menjadi tonggak penting dalam dunia teknologi, terkenal karena kemampuannya menghadirkan inovasi yang mengubah industri setiap tahunnya. Pendekatan mereka terhadap pengembangan produk tidak hanya sebatas meluncurkan perangkat baru, tetapi juga menciptakan solusi yang merangsang perkembangan teknologi secara keseluruhan.

Prestasi Apple dalam merancang produk yang tidak hanya memenuhi kebutuhan teknologis tetapi juga menginspirasi gaya hidup modern adalah bukti nyata dari komitmen mereka terhadap inovasi. Teknologi Face ID, chip prosesor terkini, dan perbaikan berkelanjutan pada perangkat keras dan perangkat lunak merupakan contoh bagaimana Apple tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga menciptakan tren baru.

Meskipun tidak luput dari kritik dan kontroversi, keberhasilan Apple dalam memberikan solusi teknologi yang relevan dan menarik secara konsisten menjadikan mereka sebagai pionir yang terus membentuk arah evolusi teknologi modern. Berikut Jagofon sudah merangkum informasi mengenai produk Apple yang akan rilis tahun 2024 nanti.

Baca juga: Inilah Cara Apple Menjadi Brand Ramah Lingkungan

MacBook 2024

Apple tahun 2024 dikabarkan tengah berfokus pada pengembangan MacBook Air generasi terbaru yang dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2024. Kabar ini didukung oleh prediksi dari konsultan industri layar, Ross Young, yang menyatakan bahwa MacBook 2024 baru ini kemungkinan besar akan meluncur pada tahun tersebut.

Salah satu fitur unggulan yang disorot oleh Young adalah penggunaan panel layar OLED berukuran 13 inci pada MacBook 2024. Menurut Ross Young, panel layar OLED pada MacBook Air 2024 memiliki keunikan dengan adanya dua lapisan emisi untuk warna merah, hijau, dan biru. Keunggulan ini diharapkan dapat meningkatkan kecerahan layar secara optimal dan mengurangi konsumsi daya.

Source: Medium

Selain itu, Ross Young juga menegaskan bahwa layar OLED MacBook 2024 akan mendukung ProMotion dengan rentang refresh rate mulai dari 24Hz hingga 120Hz, menjadi suatu inovasi yang belum pernah diterapkan Apple tahun 2024 pada lini MacBook Air sebelumnya.

Jika prediksi ini benar, MacBook 2024 akan menjadi yang pertama dalam lini MacBook Air yang mendukung ProMotion. Sebagai catatan tambahan, saat ini, Apple baru menyertakan dukungan ProMotion pada MacBook Pro 14 inci dan 16 inci dengan rentang refresh rate yang sama.

Di samping itu, informasi menarik lainnya adalah bahwa layar OLED belum pernah diadopsi oleh Apple untuk iPad atau Mac, dengan MacBook Air dan iPad Pro terbaru masih menggunakan panel layar LCD. Ross Young juga mencuitkan bahwa layar OLED akan diterapkan pada iPad Pro 11 inci dan iPad Pro 12,9 inci generasi baru, tetapi semua tetap harus ditunggu hingga acara resmi Apple untuk konfirmasi lebih lanjut.

iPhone 2024

Seiring dengan ketidakpastian yang mengelilingi rilis resmi iPhone 16, bocoran dan dugaan spesifikasi menjadi sorotan utama di antara para penggemar gadget. Meskipun Apple belum memberikan pengumuman resmi, tetapi sudah menunjukkan kemungkinan adopsi desain Dynamic Island pada iPhone 2024, dengan variasi punch hole pada model Pro untuk kamera depan dan integrasi Face ID di bawah layar.

Source: Mac Rumors

Terdapat juga rencana ambisius Apple untuk meningkatkan dimensi layar pada iPhone 16 Pro hingga 6,3 inci, sebuah langkah inovatif untuk memberikan pengalaman visual yang lebih mendalam. Meskipun demikian, detail lebih lanjut terkait perubahan ini masih menjadi misteri dan kemungkinan akan diungkapkan lebih lanjut oleh Apple tahun 2024 nanti menjelang peluncuran resmi produk ini.

Sementara itu, isu menarik muncul terkait kemungkinan penggunaan tombol volume solid-state pada iPhone 2024, Mark Gurman dari Bloomberg memberikan indikasi bahwa Apple berencana menerapkan tombol ini pada model mendatang, memanfaatkan hasil uji coba internal yang menunjukkan nilai dan relevansi fungsionalitas tombol tersebut.

Terlepas dari aspek teknis, desain iPhone 2024 ini juga mencuri perhatian dengan adopsi elemen desain dari perangkat Android, khususnya dalam penggantian desain poni kamera menjadi lubang punch hole. Meski demikian, laporan dari Techradar menegaskan bahwa meskipun Face ID akan terintegrasi di bawah layar, kamera depan dan belakang tetap akan terlihat.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Apple iPad Mini 4 Tahun 2023

iPad 2024

Source: Next Pit

Apple tengah menyiapkan inovasi besar untuk iPad Pro dengan rencana peluncuran layar OLED pada tahun 2024. Sejak perubahan desain besar pada tahun 2018, kini iPad 2024 menghadapi transformasi lebih lanjut yang berpotensi membawa perubahan signifikan pada tampilan dan fungsionalitas perangkat tersebut. Bocoran menyebutkan kemungkinan peningkatan kapasitas penyimpanan hingga 4TB, menggandakan kapasitas maksimal saat ini.

Selain itu, iPad 2024 diperkirakan akan mendukung rekaman video ProRes hingga 4K dalam 30fps atau 1080p dalam 30fps pada model dengan penyimpanan 128GB. Dalam hal kapasitas RAM, model-model dengan berbagai tingkat penyimpanan menawarkan RAM yang sesuai, dengan prediksi model iPad 2024 4TB akan hadir dengan RAM 24GB atau 32GB.

Peluncuran model baru ini dijadwalkan pada awal 2024 dan diperkirakan akan mencakup versi Magic Keyboard baru dengan trackpad yang lebih besar dan casing atas aluminium yang mirip dengan MacBook. Dengan ekspektasi akan chip Apple M3, opsi ukuran 11 dan 13 inci, serta berbagai peningkatan lainnya, iPad 2024 menjanjikan evolusi yang menarik dalam ranah teknologi tablet.

Apple Watch 2024

Tampaknya Apple Watch Series 9 yang dijadwalkan rilis pada tahun 2023 tidak akan menghadirkan perubahan revolusioner yang signifikan dibandingkan dengan pendahulunya, Series 8. Menurut laporan dari Mark Gurman, tampilan Series 9 diperkirakan akan sangat mirip dengan Series 8, dengan perubahan yang terbatas seperti peningkatan kecepatan prosesor dan penambahan varian warna baru.

Source: Phone Arena

Namun, berita baiknya muncul untuk tahun 2024, di mana perkiraan mengungkapkan adanya peningkatan spesifikasi yang lebih signifikan. Salah satu perubahan besar yang diantisipasi adalah penggantian panel layar dari OLED LTPO ke microLED, menjanjikan pengalaman visual yang lebih cemerlang dan efisien.

Selain itu, Apple juga disebutkan akan menghadirkan fitur pengukur tekanan darah pada model Watch X, mengabulkan harapan Jagoans yang sudah lama menanti fitur kesehatan ini di Apple Watch. Dengan potensi inovasi yang lebih besar pada tahun 2024, menunggu mungkin menjadi pilihan yang lebih bijak bagi mereka yang ingin mendapatkan pembaruan yang lebih substansial pada perangkat pintar mereka.

Baca juga: Inilah Jajaran Apple Waatch Ultra Terkini

Apple Vision Pro

Apple telah memperkenalkan inovasi terbaru mereka, Apple Vision Pro, sebuah produk mixed-reality (MR) yang menjanjikan pengalaman canggih bagi penggunanya. Pengumuman resmi dilakukan pada Juni 2023, dengan perkiraan peluncuran awal 2024. Jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, mengungkapkan bahwa peluncuran akan tertunda hingga Maret 2024 dikarenakan persiapan distribusi dan uji coba tahap akhir yang masih harus diselesaikan.

Source: Biz Crast Net

Apple Vision Pro, yang dapat digunakan dalam berbagai kegiatan seperti bekerja, menonton film, dan lainnya, memiliki bentuk kacamata melengkung yang dapat membungkus sebagian besar wajah. Diperkenalkan pertama kali di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023, produk ini memiliki berat sebagian besar berasal dari perisai tebal dan tali besar serta empuk di bagian belakang. Harganya dipatok sekitar US$3.499 atau sekitar Rp 51 juta.

Dari segi desain, Vision Pro terbuat dari paduan aluminium khusus dan dilengkapi dengan crown digital yang membantu kamu menyesuaikan tingkat imersifitas. Ikat kepalanya tersedia dalam tiga ukuran yang dapat menyesuaikan berbagai bentuk kepala. Dilengkapi dengan fitur canggih, seperti kamera IR, illuminator LED, LiDAR, dan sensor kamera tradisional, Vision Pro juga hadir dengan Vision OS yang beroperasi menggunakan chip R1 baru dan prosesor M2.

Fitur menarik lainnya adalah EyeSight, yang menggunakan tampilan melengkung pada bagian luar untuk memungkinkan orang lain melihat reaksimu ketika menggunakan Vision Pro. Produk ini diharapkan menjadi perangkat mixed-reality yang inovatif dan memikat bagi para Jagoans yang tertarik dengan teknologi.

Kesimpulan

Dengan begitu banyak inovasi dan keunggulan yang telah ditunjukkan oleh Apple dalam produk-produk sebelumnya, antisipasi terhadap produk terbaru yang dijadwalkan rilis pada tahun 2024 semakin memuncak. Diharapkan bahwa Apple akan terus mengukir prestasi baru dengan teknologi canggih, desain revolusioner, dan fitur-fitur terkini yang memenuhi tuntutan konsumen masa kini.

Keberlanjutan dedikasi Apple terhadap kualitas, keamanan, dan ekosistem yang terintegrasi membuat produk-produknya dinanti dengan penuh antusiasme. Sebagai pemimpin industri, diharapkan Apple tahun 2024 dapat memberikan pengalaman yang semakin memukau dan berdampak positif untuk penggunanya.

Apakah Jagoans sudah menantikan dengan tak sabar untuk menyambut inovasi berikutnya dari Apple? Pastinya dong! Karena Apple tahun 2024 nanti menjanjikan adanya perubahan yang cukup menarik dan canggih. Hal ini yang akan membentuk dan memperkaya cara kita berinteraksi dengan teknologi di masa mendatang.

Share on: