Product

Ini Dia Harga Terbaru Macbook Air 13 Inch M1 2020

Apple sekali lagi menunjukkan inovasinya dengan menghadirkan MacBook Air M1 2020 dengan memperkenalkan chip M1 buatannya sendiri yang menggantikan prosesor Intel di laptop besutan miliknya. Chip M1 menjadikan MacBook Air M1 sebagai salah satu laptop 13 inci terbaik yang ada di pasaran. Bisa dikatakan kemunculan MacBook Air M1 2020 adalah era baru untuk MacBook Air.

Pasalnya,  Apple memberikan lompatan besar dalam performa pada MacBook Air M1 2020 yang tipis dan ringan ini. Performa yang meningkat, efisiensi daya yang lebih baik, dan daya tahan baterai yang lebih lama, membuat laptop ini dikemas dengan baik dengan harga yang tetap terjangkau. Penasaran dengan MacBook Air M1 2020 ini? Yuk simak spesifikasinya di artikel berikut!

Tampilan Elegan nan Tipis

Macbook Air 13 Inch M1 2020
Sumber: PC Mag

MacBook Air M1 2020 hadir dengan tampilan elagan dan tipis yang mudah untuk dibawa kemana-mana. MacBook ini  memiliki dimensi berukuran 12 x 8,4 x 0,6 inci dengan berat 1,2 kg dan hampir identik dengan pendahulunya yang berbasis Intel. MacBook Air M1 ini hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu gold, silver, dan space gray yang bisa Jagoans pilih sesuai dengan preferensi Jagoans.

MacBook Air M1 2020 ini juga telah dilengkapi dengan konfigurasi GPU 8-core.  Panel Retina MacBook Air M1 2020 dengan resolusi 2560 x 1600 piksel yang dapat memberikan detail yang tajam. Teknologi P3 wide color gamut yang mendukung layar memberikan gambar yang akurat dan sesuai dengan warna aslinya. Dengan dukungan ini, fotografer atau editor video tak perlu lagi beralih ke MacBook Pro untuk mendapatkan akurasi warna yang diinginkan.

Baca juga: MacBook Pro M1 2020: Spesifikasi dan Harga Tahun 2023

Performa M1 yang Fenomenal

Sumber: MacStories

Ditenagai oleh chipset M1 dan RAM sebesar 16GB, performa MacBook Air M1 2020 bisa dikatakan mulus. Bahkan ketika Jagoans mencoba untuk melakukan multitasking, tidak ada kendala yang mencolok dan performanya tetap stabil. Pada uji multicore Geekbench 5.1 (Intel), MacBook Air M1 2020 mencapai skor 5.962, hampir seimbang dari MacBook Pro M1 dengan skor 5.925. Untuk memori internal, MacBook Air M1 2020 hadir dalam pilihan kapasitas 256 GB dan 512 GB, serta dapat di-upgrade hingga 2 TB.

Jagoans juga bisa memanfaatkan teknologi SSD (Solid State Drive) yang sangat cepat. Selain itu, MacBook Air M1  juga menyediakan kinerja penyimpanan yang sangat responsif. Dengan kemampuan menjalankan aplikasi iOS, game, serta kinerja cepat dan responsif, MacBook Air ini bisa menjadi pilihan untuk Jagoans yang mencari perangkat dengan fitur-fitur yang handal.

Spesifikasi

Detail

Tahun Peluncuran

2020

Warna

Emas, Perak, Abu-abu

Layar

Layar Retina 13,3 inci, resolusi 2560 x 1600, True Tone

Chip

Chip Apple M1 dengan CPU 8-core, GPU 7-core atau 8-core, Neural Engine 16-core

Baterai dan Daya

Baterai hingga 15 jam penggunaan web nirkabel, hingga 18 jam pemutaran film Apple TV, adaptor daya USB-C 30W

Pengisian Daya dan Ekspansi

Dua port Thunderbolt/USB 4, jek headphone 3,5 mm

Memori

8 GB memori terintegrasi, dapat di-upgrade menjadi 16 GB

Penyimpanan

SSD 256 GB, dapat di-upgrade hingga 2 TB

Papan Ketik dan Trackpad

Magic Keyboard berlampu latar, Trackpad Force Touch, Sensor Touch ID

Nirkabel

Wi-Fi 6 (802.11ax), Bluetooth 5.0

Kamera

Kamera FaceTime HD 720p dengan prosesor sinyal gambar canggih

Dukungan Layar

Mendukung resolusi asli penuh pada layar bawaan dan satu layar eksternal hingga 6K

Audio

Speaker stereo, dukungan Dolby Atmos, tiga mikrofon dengan pembentuk sinyal direksional

Persyaratan Operasi

Tegangan listrik: 100 V hingga 240 V AC, Suhu operasional: 10° hingga 35° C, Ketinggian operasional: hingga 3.000 meter

Ukuran dan Berat

Tinggi: 0,41–1,61 cm, Lebar: 30,41 cm, Tebal: 21,24 cm, Berat: 1,29 kg

Fitur Lain Macbook Air M1 2020

Macbook Air 13 Inch M1 2020
Sumber: Apple

Walaupun MacBook Air M1 telah menghadirkan chipset M1 yang juga mengandung image signal processor, resolusi kamera dari laptop ini masih belum ditingkatkan oleh Apple. Namun, kameranya masih dapat memberikan hasil yang baik. Di samping itu, dari segi video,  MacBook Air M1 menawarkan warna yang lebih baik, termasuk warna kulit, serta gambar yang lebih terang.

Menurut klaim Apple, chipset M1 juga akan memberikan daya tahan baterai sepanjang hari. Hal ini dibuktikan dalam uji daya tahan baterai web browsing pada 150 nits oleh Tom's Guide, dimana MacBook Air M1 mampu bertahan selama 14 jam 41 menit. MacBook Air M1 juga dilengkapi dengan 2 port Thunderbolt 3 USB 4, sama seperti pendahulunya yang berbasis Intel, serta jack headphone.

Fitur lainnya seperti Speaker stereo MacBook Air M1 cukup keras untuk mengisi ruang tamu besar dengan suara yang jernih. Kualitas audio juga tidak kalah menarik, karena MacBook Air M1 2020 sudah mendukung fitur Dolby Atmos, yang akan membuat pengalaman menonton film atau bermain game pengguna akan semakin mengesankan.

Baca juga: Ketahui Jenis MacBook Yang Paling Pas Buat Kamu

Kesimpulan

Macbook Air 13 Inch M1 2020
Sumber: T3

Gimana Jagoans? apakah kamu tertarik untuk membeli MacBook Air M1 2020 ini? Lalu kira-kira hal apa yang perlu dipertimbangkan sebelum memuntuskan untuk memiliki laptop ini? Simak disini!

Alasan Membeli MacBook Air M1:

  1. Chipset M1 yang Powerful: Chipset M1 unggul dalam kinerja, memberikan performa yang sangat baik dalam berbagai tugas dan aktivitas sehari-hari, termasuk pengeditan video dan gaming.
  2. Harga Terjangkau: Meskipun memiliki performa tinggi, MacBook Air M1 ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.
  3. Efisiensi Daya yang Tinggi: Berkat chipset M1 yang efisien, MacBook Air M1 memiliki daya tahan baterai yang sangat baik, menjalankan aplikasi Apple TV selama 18 jam dan berselancar di internet selama 15 jam.

Alasan Tidak Membeli MacBook Air M1:

  1. Tidak Dapat Menggunakan eGPU: Meskipun memiliki port Thunderbolt, MacBook Air M1 2020 saat ini tidak mendukung penggunaan eGPU untuk meningkatkan performa grafis.
  2. Tidak Mendukung Multiple External Display: Hanya mendukung satu monitor eksternal hingga resolusi 6K, tanpa dukungan untuk multiple display secara native.
  3. Pilihan Upgrade Terbatas: Tidak sefleksibel laptop Intel dalam hal upgrade RAM dan storage, dengan batasan hingga 16 GB RAM dan 2 TB storage.

Setelah mengetahui spesifikasi lengkap, kelebihan dan kekurangan dari MacBook Air M1 2020 apakah Jagonas tertarik untuk membelinya? Jika Jagoans mencari alternatif dengan harga yang sebanding, Jagoans dapat mempertimbangkan MacBook Pro M1 atau MacBook Air M2, yang juga menawarkan performa yang sangat baik.  

Nah, jika Jagoas sudah mantap dengan pilihan Jagoans, kini saatnya Jagoans untuk membeli MacBookMacBook Air M1 2020 di Jagofon! Dengan berbelanja di Jagofon, kamu bisa menikmati keunggulan produk berkualitas tinggi yang telah lolos quality check ketat di lebih dari 90 titik fungsi sehingga mendapatkan performa yang handal.

Jagofon juga menjamin bahwa semua produk yang ditawarkan adalah barang asli dan bebas dari komponen non-original. Selain itu, kamu juga turut berperan dalam menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah elektronik lho! Jadi, tunggu apa lagi? jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki MacBook Air M1 hanya di Jagofon!