Product

September 21, 2023

MacBook Pro M1 2020: Spesifikasi dan Harga Tahun 2023

Macbook Pro M1

Siapa sih yang nggak mengenal laptop besutan Apple ini? MacBook Pro pertama di dunia pertama kali dipamerkan ke publik pada 10 Januari 2006 dan telah mengalami berbagai inovasi dengan penambahan maupun penyempurnaan fitur.

Dimulai dengan model tertentu yang diperkenalkan pada akhir tahun 2020, Apple memulai transisi dari prosesor Intel ke Apple Silicon di komputer Mac. Kehadiran tipe M1 telah mencatat sejarah baru bagi Apple karena perusahaan asal Amerika Serikat ini sudah berani menghadirkan SoC custom ARM pada produk Mac-nya ketimbang menggunakan prosesor dari Intel.

Transisi ini tentunya bukan hal sepele dikarenakan prosesor M1 menawarkan performa tercepat dan terbaik dibandingkan generasi selanjutnya. Penasaran dengan keunggulan dari Macbook Pro M1 ini? Yuk cek  fitur lengkapnya di bawah ini!

Desain Masih Elegan

Resmi di Indonesia, MacBook Air M1 dan MacBook Pro M1 Mulai Rp 16 Jutaan, Ini Varian dan Spesifikasi
Sumber : Tribun News

Apple memang terkenal dengan mengusung tema yang simpel dan elegan untuk produk-produknya, termasuk desain pada MacBook Pro-nya. Laptop besutan Apple ini memiliki ukuran layar 13,3 inci dengan dukungan untuk jutaan warna dengan teknologi True Tone. Hadir dengan warna perak dan abu-abu yang menampilkan kesan mewah. Dengan dimensi tinggi 1,56 cm, panjang  30,41 cm, lebar 21,24 cm dan berat 1,4 kg menjadikan MacBook Pro ini cukup compact dan nyaman untuk digunakan. Tipe ini juga merupakan debut MacBook pertama dari Apple yang belum ada versi sebelumnya yang juga didukung oleh prosesor pertama Apple, yaitu M1.

Untuk keyboardnya, Macbook Pro M1 ini sudah menghadirkan keyboard dengan mekanisme gunting  yang memungkinkan pengguna terhindar dari masalah mekanisme debu.

Selain itu, teknologi magic keyboard juga membuat keyboard pada MacBook ini sangat nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Magic Keyboard nya juga menawarkan fitur jarak responsivitas sebesar 1 mm sehingga pengguna tidak perlu menekan papan keyboard terlalu dalam untuk pengetikan. Macbook Pro M1 juga telah dilengkapi trackpad yang berada pada bawah keyboard, yang tidak menghadirkan fisik tombol untuk mengklik kanan dan kiri, melainkan menghadirkan sensasi menekan tombol. Untuk klik kanan, dapat dilakukan dengan dua jari. Tersedia juga touch bar dengan tampilan OLED untuk berbagai shortcut yang relevan dengan aplikasi yang sedang digunakan.

Baca juga: 3 Rekomendasi Laptop Macbook Terbaik Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Performa: Chip M1 Lebih Cepat & Hemat

Menggunakan chipset pertama dari Apple, yaitu prosesor M1, MacBook Pro ini memiliki performa yang cepat dan juga hemat. Berdasarkan klaim dari Apple sendiri, MacBook Pro ini memiliki CPU 2,8 kali lebih cepat dalam mem-build X-Code, memberikan kinerja vektor dua kali lebih cepat dari Affinity Photo, serta 5,9 kali lebih cepat untuk render video menggunakan Final Cut Pro berkat kinerja dari GPU Shadow Tomb-Ridernya.

Untuk multi-task dengan membuka beberapa aplikasi yang banyak sekaligus,bertukar file, dan di seluruh macOS Big Sur, MacBook Pro ini tidak ketinggalan. Laptop ini dapat membuka apdan dapat beralih aplikasi dengan sangat cepat. Desain yang lama masih melekat pada MacBook yang satu ini, yaitu masih terdapat kipas pada bagian belakang laptop dan akan bekerja setelah beberapa saat pengguna melakukan pekerjaan yang berat.

Pada bagian belakang laptop akan terasa lebih hangat, namun ini hal ini tidak akan terlalu mengganggu kinerja dari laptop ini. Berbicara tentang port, Apple MacBook Pro ini menggunakan dua port Thunderbolt 3 di sisi kiri, dan jack audio di sebelah kanan.  Spesifikasi dari MacBook Pro M1 ini dapat dilihat di bawah :

  • CPU: Apple M1 (8-core)
  • Grafik: 8-core GPU
  • RAM: 8GB Unified PDDR4X-4266 MHz SDRAM
  • Layar: 13,3 inci, 2.560 x 1.600 layar Retina (LED backlit, IPS, kecerahan 500 nits, gamut P3 warna lebar )
  • Penyimpanan & Port: SSD 256GB : 2x Thunderbolt 3 (USB-C), jack headphone 3.5mm
  • Konektivitas: Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0
  • Kamera: 720p FaceTime HD webcam
  • Berat: 3,0 pound (1,4kg)
  • Ukuran: 11,97 x 8,36 x 0,61 inci (30,41 x 21,24 x 1,56cm; W x D x H)

Display & Kamera

Layar dari MacBook ini berukuran 13 inch dengan resolusi 2.560 x 1.600 pixel dan menggunakan teknologi Retina Display yang mendukung jutaan warna. Selain itu, layar dari laptop ini juga telah didukung fitur True Tone dengan standar warna P3 untuk warna yang lebih akurat. Bedanya, panel MacBook Pro M1 2020 lebih terang dibanding versi MacBook Air nya yang hanya mencapai 400 nits saja. Cocok untuk para Jagoans yang berprofesi sebagai editor ataupun desainer yang membutuhkan warna yang realistis.

Berbicara soal kamera, MacBook ini telah didukung kamera berkualitas HD yang memiliki resolusi 720p.  Untuk Jagoans yang sering melakukan video conference, atau mengikuti webinar, tentunya akan sangat terbantu dengan fitur kamera ini. Chip M1 yang digunakan pada Mac Book seri ini juga diklaim apple dapat mengurangi noise, white balance yang mumpuni, serta face detection yang lebih baik. Berikut perbabdingan webcam MacBook Pro M1 dnegan MacBook Pro 13 :

Sumber : Toms Guide

Baca juga: Perbedaan Macbook Air dan Pro, Mana yang Lebih Cocok Buat Kamu?

Speaker & Baterai

Fitur speaker dan baterai dari MacBook Pro M1 ini juga sudah cukup mumpuni. Dilengkapi speaker stereo dengan rentang dinamis tinggi serta jangkauan yang luas, Macbook Pro M1 ini juga mendukung pemutara audio yang menggunakan Dolby Atmos. Cocok untuk Jagoans yang senang mendengarkan musik ataupun menonton video. Selain itu, laptop ini juga memiliki tiga mikrofon berkualitas tinggi dengan jack audio 3,5 mm.

Dengan baterai yang berkapasitas besar dan menggunakan jenis Baterai lithium-polymer bawaan 58,2 watt-jam, MacBook Pro ini memiliki ketahanan baterai selama 13 jam 22 menit. Berdasarkan klaim dari Apple, baterai Macbook Pro M1 ini dapat digunakan untuk Pemutaran film aplikasi Apple TV hingga 20 jam serta web nirkabel selama 17 jam.

Kesimpulan

Setelah melihat spesifikasi dari Macbook Pro M1, beberapa poin penting yang dapat dijadikan alasan untuk membeli MacBook ini yaitu :

  • Desain yang ramping dan kuat
  • Memiliki tampilan atau display yang cerah dan colorful
  • Laptop bertenaga mumpuni dengan prosesor M1
  • Baterai dengan daya tahan yang lama
  • Dapat melakukan editing video dengan fitur ultra-high
  • Editing video dengan kualitas 4K ataupun 8K dapat dilakukan dengan mudah
  • Memiliki magic keyboard yang sangat nyaman untuk digunakan

Gimana nih Jagoans? Udah memutuskan untuk membeli MacBook Pro M1 ini? Daripada bingung mau beli yang original dimana, mending langsung ke website Jagofon aja!

Selain harganya yang terjangkau, Jagofon juga selalu memastikan produk yang ditawarkan original karena telah melewati lebih dari 90 lebih tes. Kamu juga akan mendapat garasi selama 6 bulan dan turut berkontribusi untuk mengurangi limbah elektronik lho, Jagoans! Yuk tunggu apalagi? Segera miliki gadget impian kamu dengan berbelanja di Jagofon!

Share on: