Product

December 27, 2023

Inilah 5 Smartphone yang Akan Rilis Pada Tahun 2024

Persaingan di industri handphone saat ini mencapai tingkat yang sangat tinggi dan diperkirakan akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang. Beberapa faktor yang menyebabkan persaingan semakin ketat termasuk inovasi teknologi yang terus-menerus, permintaan konsumen yang berkembang, dan penetrasi pasar global yang semakin luas.

Source: Indian Express

Setiap produsen handphone berlomba-lomba untuk menghadirkan fitur-fitur terbaru, kinerja yang unggul, serta desain yang menarik untuk memenangkan hati konsumen. Pentingnya ekosistem aplikasi dan integrasi dengan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan, keamanan, dan konektivitas 5G juga turut memperkuat persaingan.

Perusahaan-perusahaan terkemuka berinvestasi besar-besaran dalam riset dan pengembangan untuk merancang produk-produk yang dapat memenuhi tuntutan pasar yang terus berubah. Adopsi teknologi baru, seperti layar lipat dan kamera canggih, menjadi salah satu cara bagi produsen untuk membedakan diri mereka di pasar yang penuh tantangan ini.

Tantangan persaingan ini mendorong perusahaan untuk tidak hanya fokus pada inovasi perangkat keras, tetapi juga pada kenyamanan, ekosistem layanan, dan strategi harga. Pelanggan menjadi pihak yang semakin cerdas dan menuntut, memaksa produsen untuk terus meningkatkan kualitas produk mereka. Dengan demikian, eksplorasi pasar dan strategi pemasaran yang efektif juga menjadi kunci kesuksesan di tengah persaingan yang semakin ketat ini.

Source: Pinterest

Kecanggihan teknologi pada handphone telah membawa dampak luar biasa pada berbagai aspek aktivitas kita sehari-hari. Salah satu hal yang paling mencolok adalah kemampuan handphone untuk menghubungkan orang dari berbagai penjuru dunia melalui panggilan suara, pesan teks, dan aplikasi komunikasi instan. Selain itu, teknologi konektivitas tinggi seperti 4G dan 5G memungkinkan akses internet yang cepat dan stabil.

Tahun 2024 merupakan tahun yang cukup berat untuk para developer handphone untuk menciptakan atensi konsumen mereka masing-masing karena persaingan teknologi ini. Kira-kira sudah ada handphone yang kamu incar belum, Jagoans? Kalau belum, yuk coba simak artikel di bawah ini. Jagofon sudah merangkum 5 smartphone 2024 yang rencananya akan rilis pada nanti, nih!

Baca juga: Cek HP Murah RAM Besar Terbaik Disini!

Seri Vivo X100

Source: What Mobile 24

Vivo X100, smartphone kelas flagship yang akan dirilis pada November 2023, menjadi perhatian banyak orang karena reputasi vivo dalam menyajikan seri X dengan harga terjangkau. Mengenai spesifikasinya, X100 dikabarkan akan mengusung layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi 1260 x 2800 pixel. Smartphone ini dilengkapi fitur-fitur canggih seperti HDR10+, P3 Color Gamut, dan refresh rate 120Hz.

Kameranya juga menjadi keunggulan, dengan tiga lensa belakang (64MP + 12MP + 12MP) dan kamera depan 32MP yang mendukung OIS dan merekam video 4K. Diperkuat oleh chipset MediaTek Dimensity 9300 dan RAM 8GB, X100 menjanjikan performa tinggi untuk gaming, juga mendukung konektivitas 5G. Baterainya berkapasitas 5000mAh dengan fast charging 120W.

Untuk fitur-fitur tambahan seperti fingerprint di bawah layar, face unlock, sensor NFC, dan gyroscope menambah nilai positif. Meskipun tanpa lubang jack audio dan slot kartu, spesifikasi lengkap vivo X100 membuatnya menjadi pilihan menarik untuk berbagai kegiatan, khususnya gaming.

Realme GT 5 Pro

Source: Dienthoaihay

Realme telah mengumumkan rencana peluncuran ponsel premium terbarunya, Realme GT5 Pro, yang akan hadir dalam waktu dekat. Peluncuran ini dijadwalkan pada 7 Desember 2023 di China, dan meskipun belum dikonfirmasi apakah ponsel ini akan merambah pasar internasional, ada kemungkinan masuk ke Indonesia berdasarkan sejarah sebelumnya.

Menurut bocoran dari Digital Chat Station (DCS), Realme GT5 Pro akan mengisi segmen menengah premium dengan harga mulai dari 3.499 yuan atau sekitar Rp 7,5 juta untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB. Ponsel ini menarik perhatian dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3, memberikan nilai lebih pada harga yang relatif terjangkau.

Bocoran lainnya menunjukkan bahwa Realme GT5 Pro akan memiliki variasi RAM hingga 24 GB, layar OLED 6,78 inci dengan refresh rate 144 Hz, dan kamera canggih termasuk lensa ultrawide 8 megapiksel dan kamera telefoto periskop IMX890 50 megapiksel dengan zoom optik 2,7x. Spesifikasi tersebut menjanjikan peningkatan signifikan dalam performa dan pengalaman pengguna.

OnePlus 12

Source: Android Authority

OnePlus baru saja merilis flagship terbarunya, OnePlus 12, sebagai penerus dari OnePlus 11 yang debut pada bulan Januari sebelumnya. Ponsel ini membawa sejumlah peningkatan signifikan, termasuk penggunaan chipset Snapdragon 8 Gen 3, kamera telefoto periskop 64 MP yang mendukung zoom optik 3x atau 6x lossless zoom, dan baterai yang lebih besar dengan kapasitas 5.400 mAh.

OnePlus 12 memiliki desain yang mirip dengan pendahulunya, namun dengan beberapa perubahan, seperti posisi lubang layar yang kini berada di atas tengah layar, bukan di sudut kiri seperti OnePlus 11. Layarnya adalah LTPO AMOLED 6,82 inci dengan resolusi 3.168 x 1.440 (QHD+), refresh rate hingga 120 Hz, kecerahan 4.500 nits, dan dukungan Hasselblad pada modul kamera belakang.

Ponsel ini juga ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 3, hadir dengan opsi RAM hingga 24 GB dan penyimpanan hingga 1 TB. Fitur lainnya termasuk fast charging 100 watt, wireless fast charging 50 watt, sistem operasi Android 14, dan antarmuka ColorOS 14. Dengan spesifikasi canggihnya, OnePlus 12 menjadi pilihan menarik untuk pengguna yang mencari performa tinggi dan fitur kamera terkini.

Samsung Galaxy A15

Source: Techiside

Samsung tengah mempersiapkan peluncuran smartphone ekonomis terbarunya, Galaxy A15 5G, dengan spesifikasi yang telah bocor secara daring. Informasi ini muncul dari daftar produk di situs web retailer AS, Walmart. Meskipun belum diumumkan resmi oleh Samsung, tampaknya ponsel ini akan tersedia di AS melalui operator seluler Boost Mobile dan Cricket Wireless. Ponsel ini dijual dengan harga USD 139 atau sekitar Rp 2,1 jutaan di Walmart.

Spesifikasi yang terungkap menunjukkan bahwa Galaxy A15 5G akan menampilkan layar AMOLED, yang merupakan upgrade signifikan dari lini Galaxy A1x yang sebelumnya menggunakan panel LCD. Layarnya berukuran 6,5 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 90Hz. Ponsel ini juga dilengkapi dengan baterai 5.000 mAh dan pengisian cepat 25W.

Ditenagai oleh chipset MediaTek MT6835 (kode Dimensity 6100+), Galaxy A15 5G memiliki RAM 4GB dan penyimpanan internal 128GB yang dapat diperluas hingga 1TB. Sistem kamera belakang terdiri dari lensa utama 50MP, ultrawide 5MP, dan makro 2MP, sementara kamera selfie berukuran 13MP. Diperkirakan ponsel ini akan menjalankan Android 13 dengan antarmuka One UI 5.1 dan dilengkapi dengan sensor sidik jari di samping.

Infinix Smartphone 8

Source: Mobile Dokan

Infinix telah mengumumkan bahwa Infinix Smart 8 akan diluncurkan di Indonesia pada 5 Desember 2023, mengikuti perkenalannya secara global pada awal November. Teaser yang dibagikan melalui akun Instagram resmi Infinix memberikan gambaran tentang sejumlah detail spesifikasi, dan kemungkinan besar versi yang tiba di Tanah Air tidak akan berbeda secara signifikan dari versi globalnya.

Ponsel entry-level ini memiliki layar 6,6 inci dengan resolusi HD+ dan refresh rate 90Hz, memberikan tampilan yang jernih dan dilengkapi dengan fitur seperti Dynamic Island di iPhone, yang dapat menampilkan informasi status dan pengisian daya. Ditenagai oleh SoC Unisoc T606, Smart 8 memiliki RAM 3GB dan penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas melalui kartu microSD.

Sistem kamera mencakup kamera belakang 13MP (f/1.8) dan depth sensor VGA, sementara kamera selfie memiliki sensor 8MP. Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh dengan pengisian daya 10W dan dilengkapi dengan sensor sidik jari. Dengan spesifikasi ini, Infinix Smart 8 menjanjikan pengalaman yang memuaskan dalam kategori entry-level.

Baca juga: Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Antivirus di iPhone

Nah, itu dia 5 smartphone 2024 yang akan muncul di tahun depan. Setelah membaca penjelasannya, kira-kira mana yang terbaik menurutmu? Pelajari masing-masing kelebihan dan kekurangan smartphone 2024 yang ingin kamu miliki, supaya tidak menyesal setelah membeli, ya!

Share on: