JagoHacks

December 27, 2023

Inilah Cara Menampilkan Persentase Baterai di HP Samsung

Secara default, persentase sisa daya baterai HP Samsung memang tidak ditampilkan di status bar. Padahal hal ini termasuk penting sebagai indikator yang menampilkan apakah HP kamu harus segera di charge atau belum. Pasalnya jika kamu membiarkan HP Samsung kamu habis baterai kemudian baru kamu charge, hal itu akan mengurangi kualitas baterai kamu.

Sementara itu, untuk mempertahankan kualitas baterai HP Samsung, kamu harus charge HP kamu di kisaran sisa 15% sampai dengan 30%. Nah untuk mengetahui angka itu kamu harus menampilkan persentase daya baterai secara visual di status bar kamu. Nah, sekarang bagaimana cara menampilkan baterai di HP Samsung? Yuk kita simak beberapa caranya.

Menampilkan Persentase Baterai di Pengaturan

Cara menampilkan baterai di HP Samsung yang satu ini sangatlah mudah. Untuk menampilkan persentase baterainya ada beberapa langkah yang Jagoans harus ikuti. Nah caranya adalah seperti ini:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Scroll ke bawah dan temukan menu “Battery and Device Care”.
  • Kemudian ketuk bagian "Battery".
  • Kemudian pilih "More Battery Setting"
  • Lalu kamu tinggal temukan pilihan “Show battery percentage” dan ketuk slider bar untuk mengaktifkannya.
  • Selesai.

Nah, sepertinya agak sedikit panjang ya alurnya. Selain di atas, cara menampilkan baterai di HP Samsung ada satu cara lain yang lebih simple, yaitu dengan cara:

  • Usap panel pemberitahuan 2 kali sampai kamu melihat 3 titik di bagian kanan atas.
  • Kemudian ketuk 3 titik tersebut.
  • Lalu ketuk bagian "Status Bar".
  • Setelah masuk ke dalam bagian pengaturan "Status Bar", ketuk bagian slider bar “Show battery percentage” untuk menampilkan persentase baterai.
  • Selesai.

Nah itulah dua cara menampilkan baterai di HP Samsung yang tersedia dalam fitur bawaan Samsung. Sangat mudah bukan? Setelah kamu mengetahui indikator persentase baterai, kamu harus menjaganya jangan sampai HP Samsung kamu habis baterai, karena akan berakibat fatal pada kesehatan dan kualitas baterai HP Samsung kamu, Jagoans!.

Menampilkan Persentase Baterai via Aplikasi

Selain menggunakan fitur bawaan bagaimana cara menampilkan baterai di HP Samsung, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi tambahan untuk menampilkannya. Jika kamu ingin berexplorasi mengenai tampilan persentase baterai, kamu bisa mencoba menginstall aplikasi personalisasi atau aplikasi yang bisa mempercantik tampilan HP Samsung kamu.

Adapun beberapa rekomendasi aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

Enable Battery Percentage

Image Source: Google Play

Aplikasi dengan UI yang simple ini bisa jadi pilihan buat kamu yang anti ribet. Adapun cara menampilkan baterai di HP Samsung kamu menggunakan aplikasi ini adalah dengan me-reboot atau restart HP kamu setelah menginstall aplikasi ini. Karena terlalu simple dan sangat ringan, aplikasi ini tidak banyak menyediakan fitur untuk kostumisasi.

Namun, hanya dengan aplikasi ringan seperti ini, kamu bisa mendapatkan manfaat yang besar. Dengan tampilnya angka persentase baterai di HP Samsung kamu, kamu bisa memonitor kapan saja kamu harus charge HP kamu dan bisa menjaga kesehatan baterai kamu.

Baca juga: 5 Cara Mudah Melacak HP yang Hilang

AccuBattery

Image Source: Google Play

Aplikasi AccuBattery adalah aplikasi yang banyak didownload oleh para pengguna HP Android. Aplikasi yang sudah lebih dari 10juta kali didownload ini menjadi andalan bagi pengguna ponsel Android untuk memonitor kualitas baterai.

Selain dapat menampilkan persentase baterai, aplikasi ini menyuguhkan fitur yang dapat menginformasikan kesehatan baterai, daya tahan baterai, mengkalibrasi ulang baterai, dan bisa mengkalkulasi sampai kapan baterai akan habis jika dipakai dalam kondisi tertentu.

Namun disayangkan untuk menampilkan persentase baterai diluar aplikasi, kamu harus mengupgrade aplikasi ini ke mode Pro. Adapun keuntungan lain menjadi pengguna Pro, kamu akan terbebas dari iklan yang terkadang sedikit mengganggu.

Battery Widget % Level Plus

Image Source: Google Play

Battery Widget % Level Plus adalah aplikasi kostumisasi baterai. Selain bisa menampilkan persentase baterai, kamu juga bisa mengubah tampilannya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain menyediakan cara menampilkan baterai di HP Samsung, kamu juga dapat mendapatkan pemberitahuan ketika baterai penuh saat dicharge atau pada saat HP kamu sedang dalam keadaan lowbat. Selain itu kamu juga dapat mengakses pintasan akses ke GPS atau pengaturan cahaya.

Namun perlu diperhatikan ya Jagoans, untuk memulai aplikasi ini kamu harus mengizinkan beberapa akses ke aplikasi ini, seperti mengizinkan akses managing phone calls. Jika kamu merasa risih dan tidak ingin terjadi penyalahgunaan, lebih baik jangan mengizinkannya ya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi tambahan yang bisa menampilkan persenatase baterai. Tapi perlu diperhatikan ya Jagoans, sebaiknya kamu menggunakan aplikasi bawaan dari Samsung. Hal ini dikhawatirkan adanya penyalahgunaan data walaupun kecil kemungkinannya.

Menjaga Kesehatan Baterai HP Samsung

Image Source: Samsung

Setelah mengetahui bagaimana cara menampilkan baterai di HP Samsung, kamu bisa mengetahui kapan waktunya untuk charge HP kamu agar baterai tetap dalam kondisi yang prima dalam jangka waktu yang panjang. Namun, untuk mendapatkan performa baterai yang awet, kamu harus memperhatikan beberapa tips berikut:

  • Jangan menunggu HP kamu habis baterai untuk mengisi ulang daya. Kamu juga jangan mengisi ulang HP kamu sampai 100% untuk menjaga kesehatan baterai.
  • Usahakan jangan sampai overcharge. Untuk menghindari hal ini, sebisa mungkin jangan sampai meninggalkan HP kamu dalam kondisi sedang charging sambil tidur. Selain berbahaya untuk kesehatan baterai kamu, hal ini juga dapat memicu kebakaran jika HP kamu overheat.
  • Lithium-Ion memiliki performa terbaik di 20-80%. Ini merupakan hasil dari beberapa review yang menyarankan pengisian ulang HP jangan sampai 100% dan jangan sampai drop dibawah 20%.
  • Disarankan menggunakan aksesoris bawaan atau original. Untuk memastikan daya yang dibutuhkan saat pengisian ulang, kamu harus memakai asesoris pengisi daya yang original ya Jagoans. Hal ini juga dapat meminimalisir adanya korsleting saat kamu mengisi ulang jika menggunakan aksesoris yang tidak original.
  • Untuk menghindari overheat, sebisa mungkin kamu melepas casing HP saat mengisi ulang HP. Kamu juga harus menghindari menaruh HP di kasur atau sofa saat mengisi ulang karena adanya kemungkinan HP kamu akan mengeluarkan panas berlebih.

Itulah poin-poin yang harus kamu perhatikan untuk merawat baterai HP kamu agar terjaga performanya, awet, dan tahan lama.

Nah Jagoans, jika kamu ingin mengganti HP Samsung kamu dengan HP yang memiliki baterai super hemat dan memiliki daya yang awet ada beberapa rekomendasi buat kamu. Kamu bisa melihat katalog Jagofon dan mencari HP seperti Samsung Galaxy M series dan Samsung Galaxy A Series.  

Baca juga: Cara Merawat HP Bekas agar Awet Bertahun-Tahun

Kesimpulan

Merawat baterai HP acap kali memang tidak terpikirkan. Padahal dengan melakukan hal-hal kecil seperti yang disebutkan di atas dapat membantu kamu menghemat dana di kemudian hari. Anggap saja dengan melakukan hal di atas adalah sebuah investasi yang dapat meminimalisir keluarnya biaya berlebih untuk mengganti HP di masa mendatang ya Jagoans.

Jika kamu memiliki rencana mengganti HP, Jagofon adalah pilihan marketplace yang tepat. Karena Jagofon merupakan marketplace spesialis gadget/HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja gadget/HP bekas. Jagofon juga melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100% berfungsi sebelum sampai ke tanganmu.

Kapan lagi kamu beli HP/gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Ini cara baru beli HP/gadget bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!

Share on: