Product

Inilah Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 5

Xiaomi Redmi Note 5 adalah handphone yang dirilis untuk kelas menengah kebawah pada tahun 2018.

Selain populer di India, Xiaomi juga terkenal di Indonesia. Karena kepopuleran ini, menarik untuk membahas kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5

Redmi Note seri 5 sangat populer di India. Hingga Xiaomi Redmi Note 5 mempunyai slogan di India yang berbunyi “India’s All Rounder” dan “India’s Camera Beast”.

Hal ini membuktikan bahwa meskipun harganya bisa dibilang cukup terjangkau, spesifikasi yang dimiliki khususnya kamera pada Xiaomi Redmi Note 5 sangat memuaskan.

Maka itu, sangat menarik untuk membahas spesifikasi lanjut akan Redmi Note 5. Berikut adalah informasi lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5.

Baca juga: Xiaomi Redmi 9A: Smartphone Terjangkau dengan Fitur Menakjubkan

Spesifikasi Redmi Note 5

Redmi Note 5 tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu Lake Blue, Rose Gold, Gold, Black, dan Red. Lake Blue adalah warna yang paling populer, diikuti dengan warna merah.

Source: pindahlubang.com

Bahan Redmi Note 5 terbuat dari Gorilla Glass untuk bagian depan dan aluminium untuk bagian belakang.

Handphone ini memiliki dimensi 158.6 x 75.4 x 8.05mm dengan berat 180g, termasuk handphone yang ringan.

Redmi Note 5 menggunakan IPS LCD, berukuran 5.99 inci dengan resolusi 1080x2106 piksel (403 ppi).

Sistem operasi dasar yang digunakan adalah Android 7.0 dan MIUI 9, fitur yang khusus hanya dimiliki oleh Xiaomi.

Redmi note 5 memiliki slot kartu untuk SIM dan microSDXC yang tergabung. SIM yang didukung adalah Hybrid Dual SIM.

Melihat harga yang ditawarkan, memori dan RAM yang tersedia pada saat itu sudah bisa dibilang cukup baik.

Pilihan memori internal dan RAM yang ditawarkan adalah 32GB dengan 3GB RAM, 64GB dengan 4GB RAM, dan 64GB dengan 6GB RAM.

Prosesor yang digunakan adalah Qualcomm SDM636 Snapdragon 636, prosesor Snapdragon seri 6 yang termasuk prosesor yang sangat canggih pada masa itu.

Samsung Galaxy A6 yang memiliki prosesor Snapdragon seri 4 saja menawarkan harga yang lebih tinggi daripada Redmi Note 5.

Salah satu kekuatan dari Xiaomi Redmi Note 5 adalah kameranya. Redmi Note 5 memiliki dua kamera belakang dan satu kamera depan, masing-masing dilengkapi dengan LED flash.

Dua kamera belakang handphone ini memiliki 12MP dengan bukaan f/1.9 dan 5MP dengan bukaan f/2.0.

Kamera depan Redmi Note 5 memiliki 13MP dengan bukaan f/2.0.

Pengambilan video sudah dapat mendukung 1080p, namun hanya bisa mendapat 30fps.

Source: GSM Arena

Redmi Note 5 dibekali dengan baterai yang cukup besar, yaitu 4.000mAh. Dikabarkan bahwa handphone ini dapat bertahan sampai dua hari.

Baca juga: Inilah 5 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10 2022

Kekurangan Redmi Note 5

Slot SIM dan microSD

Redmi Note 5 memang mendukung dua kartu SIM, namun kamu tidak bisa menggunakan memori eksternal karena slot yang digunakan untuk 1 SIM dan microSD sama.

Meskipun bukan masalah yang sangat kritis, terkadang banyak orang yang membutuhkan dua SIM untuk memisahkan nomor pribadi dan nomor untuk bekerja.

Source: iFixit.com

Desain handphone

Desain Xiaomi Redmi Note 5 termasuk membosankan. Bentukannya mirip dengan seri sebelumnya. Selain itu, desain bezel masih tebal, padahal tidak ada tombol home atau touchbar pada bawah layar. Padahal, jarak bezel tersebut bisa dimaksimalkan untuk memperbesar ukuran layar agar lebih menarik.

Jika dibandingkan dengan desain Samsung S8 yang dirilis pada tahun 2017, desain handphone Xiaomi termasuk lawas.

Kelebihan Redmi Note 5

Kamera

Kamera Xiaomi Redmi Note 5 termasuk kamera yang sangat memuaskan untuk handphone sekelasnya, bahkan baik juga diantara handphone yang dirilis pada tahun tersebut.

Khususnya kamera depan yang mempunyai kemampuan 13MP dengan bukaan f/2.0. Hal yang paling menarik adalah kamera ini dilengkapi oleh teknologi AI.

Keamanan

Redmi Note 5 sudah dilengkapi dengan teknologi Biometric dengan menggunakan keamanan sidik jari.

Selain itu, sensor yang dimiliki handphone ini adalah gyro, accelerometer, proximity, hingga kompas.Performa

Xiaomi Redmi Note 5 memiliki prosesor Snapdragon 636, yang dapat membuat handphone mempunyai kinerja lebih cepat dan optimal.

Selain itu, handphone ini dilengkapi dengan pengolah grafis Adreno 509. Redmi Note 5 bisa dibilang sangat baik untuk bermain game, minimal dengan frame rate yang stabil dan grafik yang mulus pada pengaturan menengah keatas.

Hal ini juga merupakan salah satu alasan populernya handphone Xiaomi Note seri Redmi 5 selain kamera.

Source: Unbox.id

Aksesoris Redmi Note 5

Dari Xiaomi sendiri menyediakan hard case dan pelindung layar untuk Redmi Note 5.

Hard case ini dikenal sangat nyaman di tangan, tahan lama, dan melindungi handphone secara keseluruhan hingga ke bagian sudut handphone.

Selain itu, casing ini dirancang untuk mempertahankan kehalusan bahannya agar tetap nyaman untuk digunakan.

Casing ini terbuat dengan lapisan dalam mikrofiber yang lembut namun dapat tahan banting, tahan air, dan menghambat debu untuk masuk ke dalam komponen handphone.

Casing yang ditawarkan di toko resmi tidak jauh beda dengan produk lain seperti Poco. Namun saat ini, kamu dapat cari casing dan pelindung layar dengan mudah dimana pun.

Sebenarnya, aksesoris yang ada tidak menunjukkan kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5, namun alangkah lebih baiknya jika aksesoris pelindung ekstra banyak tersedia di pasaran agar handphone dapat terjaga dengan baik.

Source: Shopee

FAQ Tentang Redmi Note 5

Pertanyaan yang sering ditanyakan untuk Redmi Note 5 adalah mengenai baterai. Apakah baterai dapat dicopot? Jawabannya adalah tidak.

Lalu, apakah Redmi Note 5 memiliki fitur pengisian daya cepat? Sayangnya, fitur ini baru berlaku pada Redmi Note 5 tipe Pro.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah handphone ini memiliki fitur IR blaster yang dapat mengontrol TV, remote, dll? Jawabannya adalah bisa, sama dengan Redmi 8. Selain tv atau remote control, kamu juga dapat menyalakan AC.

Apakah keamanan dengan wajah dapat digunakan pada Redmi Note 5? Jawabannya adalah tidak, fitur ini hanya ada di tipe Pro.

Pertanyan diatas adalah yang sering muncul dan ditanyakan oleh orang yang ingin tahu informasi kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5 untuk dibandingkan dengan handphone lainnya.

Source: 91mobiles.com

Tertarik dengan Xiaomi Redmi Note 5?

Diatas tadi adalah informasi kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5.

Pada awal rilisnya handphone Xiaomi Redmi 5, harga yang ditawarkan sudah cukup terjangkau.

Memasuki umurnya yang ketujuh tahun ini, harganya pasti semakin menurun.

Hingga saat ini di tahun 2023, masih banyak yang membeli handphone Redmi Note 5 karena spesifikasi dan harga yang ada sangat worth bagi mereka.

Karena serinya sudah lumayan lama, sangat susah untuk mencari handphone ini dalam kondisi yang baru. Maka itu, banyak orang yang membeli handphone second. Harap dicatat, kamu perlu mencari toko handphone second terpercaya agar produk yang dijual bukan barang cacat dengan kualitas rendah.